Penulis Topik: Konkret dan Abstrak  (Dibaca 3793 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 5108
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Konkret dan Abstrak
« pada: Juli 28, 2012, 07:02:21 PM »

Setiap kata itu bisa dikategorikan kepada salah satu dari dua kelompok kata, yaitu Konkret dan Abstrak. “manusia”, misalnya, ia merupakan kata yang termasuk  kepada kelompok konkret. Kenapa? Karena wujud manusia tersebut dapat dengan mudah dilihat dengan pancaindra. “Ahmad adalah manusia”. “Ahmad” dapat dilihat sebagai bagian dari jenis manusia. Tetapi “kemanusiaan” merupakan kata yang abstrak. Kenapa? Karena wujud “kemanusiaan” tidak dapat dilihat oleh pancaindra, melainkan melalui sebuah pengertian.

Misalnya, “dalam sebuah bencana alam, manusia-manusia yang memiliki kepedulian melakukan aksi kemanusiaan.” Ketika ditanya, “mana yang dimaksud dengan manusia-manusia?” maka dapat ditunjuk orang-orang sebagai wujud atau benda. Sedangkan apabila ditanya, “mana kemanusiaan?” tidak ada suatu benda yang dapat ditunjuk sebagai “kemanusiaan”. Manusia itu sendiri, bukanlah kemanusiaan. Beras, mie instan, obat-obatan, dan semacamnya adalah bahan-bahan yang diperlukan oleh para korban bencana alam, tapi bahan-bahan itu tidak disebut “kemanusiaan”. Orang tidak dapat berkata, “mie instan ini adalah kemanusiaan”, tapi ia dapat berkata, “mie instan ini adalah bahan makanan yang dibutuhkan oleh korban bencana alam.” Jadi, apakah kemanusiaan?

Kemanusiaan adalah sifat-sifat yang layak ada pada diri seorang manusia yang bejiwa sosial. Seperti contohnya, sifat saling membantu, saling menolong saling menghargai, dan lain sebagainya. Sifat-sifat tersebut tidak dapat dilihat langsung wujudnya oleh mata, atau terdengar oleh telinga, melainkan harus difahami melalui sebuah pengertian atau definisi. Oleh karena itu, “kemanusiaan” termasuk kepada kelompok kata yang abstrak.

Bintang, kuda, laut, pasir, awan dan matahari, ini adalah contoh-contoh kata yang termasuk pada kelompok konkret.

Kebahagiaan, kesedihan, negara, kenegaraan, bangsa, masyarakat, dan kekuasaan, ini adalah contoh-contoh kata yang termasuk pada kelompok abstrak.
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.

Tags: