Penulis Topik: Cara Untuk Mengerti  (Dibaca 864 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9384
  • Thanked: 60 times
  • Total likes: 416
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Cara Untuk Mengerti
« pada: Januari 11, 2015, 08:00:12 AM »

Bisa jadi, kita sulit untuk mengerti  makna dari sebuah definisi, apalagi untuk menilai kebenarannya. Hal itu dipengaruhi oleh landasan pengetahuan kita sendiri. Misalnya istilah “Model Data”. Bagi programer, istilah Model Data bukan merupakan istilah asing, tanpa perlu definisi mereka bisa mengerti maksudnya, apa itu model data. Dia melihat dari pengalaman sehari-hari, dari contoh-contoh, hal-hal mana saja yang biasanya mereka sebut sebagai “Model Data”, sehingga ketika suatu waktu mereka diminta medefinisikannya, maka mereka dapat menciptakan definisinya sendiri.

Berbeda halnya dengan Anda yang awam dalam pemrograman, ketika mendengar istilah “Model Data”, maka yang terbayang dalam benak Anda mungkin jauh meleset dari makna yang sebenarnya. Agar gambaran itu sesuai dengan maksud yang sebenarnya dari istilah “Model Data”, maka Anda memerlukan definisinya. Jika definisinya masih belum membuat Anda mengerti, maka yang Anda butuhkan selanjutnya adalah contoh objek dan klasifikasinya.

Contoh definisi Model Data :

Model Data merupakan hasil analisa data-data perusahaan yang dirancang dan diimplementasikan ke dalam database pada saat database dibuat

Apakah itu merupakan sebuah Definisi atau Proposisi ? Apakah itu merupakan definisi yang benar ? Apakah kita memiliki alat ukur untuk menimbang kebenaran sebuah definisi ? Apakah Anda mengerti maksud dari definisi tersebut ?

Jika Anda belum mengerti istilah “analisa data perusahaan”, “analisa data yang diimplementasikan” , “database” dan “analisa data yang diimplementasikan”, maka dipastikan Anda tidak mengerti maksud dari definisi tersebut. jadi, untuk memahami maksud dari suatu definisi, tentu Anda perlu memahami makna setiap istilah yang terdapat di dalam definisi tersebut. Karena itu, sebenarnya Anda butuh terhadap definisi-definisi dari istilah-istilah yang terkandung dalam definisi, sepeti apa definisi dari “database”, apa definisi dari “analisa data”. Tetapi, penyelidikan realitas terus menerus melalui definisi kuranglah efektif. Akan lebih baik bila Anda langsung melakukan observasi, melihat dan mengamati langsung contoh-contoh objeknya atau mencoba memahaminya melalui klasifikasi.

Contoh Model Data :



[1]

Dengan melihat contoh model data, apakah Anda mengerti apa yang dimaksud model data ? kenapa objek tersebut disebut model data ? jika belum, berarti melihat contoh belum memenuhi syarat untuk kita memahami sesuatu. Yang kita butuhkan selanjutnya adalah klasifikasi, yang menjelaskan adanya beragam bentuk yang disatukan dalam satu lingkungan jenis karena kesamaan sifat.

Yang berikut juga merupakan contoh model data :



Walaupun yang ini juga disebut model data, tapi bentuknya berbeda dengan yang pertama tadi. “Beda bentuk, tapi sama-sama disebut model data”. Jadi, apa alasan yang membuatnya sama-sama dimasukan ke dalam jenis “model data” ? Ini berarti pertanyaan untuk menanyakan sifat yang mempersatukan kedua bentuk tadi ke dalam satu lingkungan jenis.

Misalnya saya jelasnya sifat yang mempesatukan ragam bentuk tadi adalah “yang menjelaskan hubungan antar data”. Jika Anda mengerti maksud dari term sifat ini, maka Anda mengerti alasan ragam bentuk tadi dikategorikan ke dalam jenis model data, dan bahkan Anda mengerti apa itu model data. Tapi bila Anda belum mengerti maksud dari “hubungan antar data”, berarti Anda masih perlu definisi selanjutnya.


Jadi, langkah-langkah untuk mengerti makna sebuah definisi adalah :

Pertama, memperhatikan istilah-istilah yang termuat dalam definiens dari definiendum (yang di definisikan), untuk menimbang, istilah mana yang belum difahami maksudnya.
Kedua, untuk memahami maksud dari istilah-istilah tersebut, bisa melalui definisinya. Ini disebut definisi turunan Level 1. dan definisi yang pertama tadi disebut definisi utama.
Ketiga, bila definisi istilah yang terkandung dalam definiens belum cukup untuk membuat kita mengerti definisi utama tadi, maka penyelidikan terhadap pengertian sesuatu itu dapat  dengan cara observasi atau melihat langsung contoh-contoh objek.
Keempat, memperhatikan ragam bentuk dari contoh dan menemukan sifat yang mempersatukannya dalam satu lingkungan jenis.

Dengan melewati emapt langkah tersebut merupakan jaminan bahwa kita mengerti sesuatu melalui definisinya.
 1. Sumber Gambar : http://informatika.web.id/
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Offline Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9384
  • Thanked: 60 times
  • Total likes: 416
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Re:Cara Untuk Mengerti
« Jawab #1 pada: Januari 11, 2015, 10:02:43 AM »
kata kunci dalam langkah-langkah penyelidikan untuk memahami sesuatu itu adalah :

Definisi > Term > proposisi > klasifikasi

contoh-contoh itu termuat dalam proposisi, sedangkan sifat pemersatu ragam bentuk terdapat dalam klasifikasi. sebenarnya keseluruhannya termuat dalam definisi. semua langkah-langkah ini untuk menguraikan definisi.
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Tags:
 

GoogleTagged

com


Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
Cara mikir

Dimulai oleh arya « 1 2 ... 9 10 » Diskusi Umum

140 Jawaban
37530 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 28, 2013, 09:20:11 AM
oleh dw4ryf
0 Jawaban
794 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 20, 2013, 02:24:59 PM
oleh Awal Dj
2 Jawaban
4056 Dilihat
Tulisan terakhir April 16, 2013, 02:14:12 PM
oleh Awal Dj
0 Jawaban
2521 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 07, 2013, 07:05:17 PM
oleh nanamari
1 Jawaban
1217 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 04, 2015, 12:46:35 AM
oleh gumalta
5 Jawaban
1091 Dilihat
Tulisan terakhir November 12, 2015, 07:13:44 PM
oleh Monox D. I-Fly
0 Jawaban
303 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 30, 2015, 10:56:32 AM
oleh joharkantor05
1 Jawaban
506 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 31, 2015, 10:22:01 AM
oleh joharkantor05
1 Jawaban
553 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 31, 2015, 10:20:17 AM
oleh joharkantor05
1 Jawaban
376 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 04, 2016, 10:31:26 AM
oleh Monox D. I-Fly

Ilmu Logika

Proposisi Syllogisme Kupas Logika TTS

Meditasi

Menenangkan Pikiran Mengembangkan Kekuatan-Kekuatan