Penulis Topik: Kalimat Hikmah (kumpulan dari majalah Qiblati)  (Dibaca 785 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline kang radi

  • Master
  • *
  • Tulisan: 1061
  • Thanked: 3 times
  • Total likes: 11
  • Jenis kelamin: Pria
  • Kemelekatan yang tak terasa
    • Lihat Profil
Kalimat Hikmah (kumpulan dari majalah Qiblati)
« pada: Pebruari 24, 2014, 01:59:42 PM »

Kriteria pria idaman adalah ia bertanggungjawab terhadap istrinya dalam hal nafkah. Sehingga seorang pria harus memiliki jalan hidup yang jelas dan tidak boleh ia hidup tanpa arah yang sampai menyia-nyiakan tanggungannya. Sejak dini atau pun sejak muda, ia sudah memikirkan bagaimana kelak ia bisa menafkahi istri dan anak-anaknya.


 


Istiqamah yg paling pokok ialah istiqamahnya hati. Jika hati seorang hamba istiqamah maka anggota badan yang lain pun akan istiqamah. Diriwayatkan dari shahabat Anas radhiyallaahu ‘anhu secara marfu’, “Tidak akan istiqamah (dengan sempurna, pent) keimanan seorang hamba sampai hatinya istiqamah, dan hati seorang hamba tidak akan istiqamah sampai lisannya bisa istiqamah.” (HR. Ahmad).


 


Saat kita mampu menahan diri untuk tidak menuruti segala keinginan nafsu, maka kita akan menjadi rajanya. Tapi, jika kita mengikuti segala keinginan nafsu, maka kita akan berubah total menjadi hambanya. Orang yg bisa bersabar dari bujukan nafsunya, ia akan menjadi mulia. Bahkan lebih mulia dari Malaikat. Orang jg bisa juga menjadi lebih hina dari Hewan, kala ia mengikuti segala keinginan nafsunya.


 


Sebenarnya dalam kehidupan di dunia kenikmatan Allah senantiasa tercurah kepada segenap hamba-hambaNya. Bahkan jumlah nikmat yang diterima setiap orang selalu saja jauh melebihi kemampuan orang itu untuk mensyukurinya. Jangankan kemampuan bersyukur seseorang melebihi nikmat yang ia terima dari Allah, bahkan sebatas mengimbanginya saja sudah tidak akan pernah sanggup.


 


ALLAH SWT berfirman, ‘Hai orang-orang yg beriman, hendaklah kamu jadi orang-orang yg selalu menegakkan (kebenaran) karena ALLAH, menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kepada ALLAH, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan’ #QS. 5:8 :)


 


 


5 HIKMAH SHALAT JAMAAH:


 


1. Shalat berjamaah adalah shalat yg paling utama jika di banding shalat sendirian.


 


2. Shalat berjamaah mendidik ketaatan & keteraturan.


3. Bila diangkat sebagai IMAM harus tahu situasi & kondisi ma’mum.


4. Dengan sering shalat berjama’ah mendidik kita agar hidup jangan suka sendirian, hidup mesti bergaul dgn oran…g lain.


5. Shalat berjamaah mendidik kebersamaan.


 


‘Dakwah tak kenal henti; Mari belajar dari Nabi Yusuf yg tetap berdakwah walau dalam penjara, Nabi Yaqub yg tetap menanamkan aqidah kepada anak-anaknya meski ia sedang sakaratul maut, Rasulullah saw. yg tetap memimpin ummat hingga akhir hayatnya. Inilah dakwah, tak kenal henti. Tetap sampaikan kebaikan dr sedikit yg kita ketahui.’ (Nasehat Syaikh Abu Hafs/ulama Yaman dlm Muhadhoroh di Masjid PogungRaya Jogjakarta) :)


 


‘Seorang Mukmin adalah cermin bagi Mukmin lainnya; Seorang Mukmin adalah saudara bagi Mukmin lainnya. Ia harus menjadi penopang dari ketidakberdayaannya dan menjadi motivator di belakangnya..’ (HR. Abu Daud, 4918. Al-Bukhari, 239) :)


 


Saat terjatuh, jangan lupa bahwa engkau pernah berdiri; Saat berduka, jangan lupa bahwa engkau pernah bahagia. Bangunlah, kamu pasti bisa..’


 


ALLAH SWT berfirman, ‘Dan mintalah pertolongan (kepada ALLAH) dengan sabar dan (mengerjakan) sholat. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk, (yaitu) orang-orang yang meyakini, bahwa mereka akan menemui Tuhannya, dan bahwa mereka akan kembali kepada-Nya..’ #QS. Al-Baqarah: 45 :)


 


Menggunjing adalah api. Kayu bakarnya adalah orang yang digunjing. Ia hanya melahirkan permusuhan. Hal itu mengembangbiakkan wabah penyakit di hati, lisan, dan seluruh anggota badan. Sang penggunjing akan hidup seperti pembuat onar yang merisaukan. Ia menjadi sumber penyakit. Ia tidak tahu lagi apa yang dilakukan dan bagaimana cara menutupi keburukannya.


 


‘Seriuslah di hati terdalam secara jujur ingin mencintai ALLAH, tidak usah digembar-gemborkan. Kemudian berusahalah sekuat tenaga mencari ilmu dari orang yang yakin kepada ALLAH. Supaya kita ketularan yakin kepada ALLAH, berkumpullah kepada orang-orang yang yakin kepada ALLAH dan bermujahadahlah untuk bisa yakin dan patuh kepada ALLAH..’ (Aa Gym) :)


 


Mari kita luruskan kembali niat dalam hati ini bahwa apapun aktivitas kita hari ini, semua itu ditujukan hanya untuk mengharapkan ridho ALLAH dan dilakukan dengan cara-cara yang diridhoi ALLAH :)


 


Indikator yang paling mudah untuk membedakan apakah seseorang itu muslim atau non muslim adalah melakukan shalat. Kalau suka shalat berarti MUSLIM, kalau tdk pernah shalat berarti dia itu KAFIR atau MUNAFIK. Telah bersabda Rasulullah saw,”Garis pemisah antara seorang muslim & musyrik atau kafir adalah meninggalkan shalat.” (H.R. Muslim)


 


Berbahagialah orang yg sibuk memikirkan aib-nya sendiri, sehingga ia lupa akan aib orang lain. Merugi-lah orang yg sibuk memikirkan aib orang lain, sehingga ia lupa akan aib dirinya sendiri..’


 


Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah berkata, “Ketika gagal membujuk manusia untuk melakukan perbuatan haram, setan berusaha menyibukkan manusia dengan hal-hal mubah, sehingga melalaikan hal-hal yang wajib.”


 


“Ada dua hal yang harus selalu kamu ingat, yaitu kebaikan orang lain terhadap kamu, dan keburukan kamu terhadap orang lain. Dan dua hal yang harus segera kamu lupakan, yaitu kebaikan kamu terhadap orang lain, dan keburukan orang lain terhadap kamu..” :)


 


 


Ali bin Abi Thalib ra. pernah berwasiat :


‘Dunia akan pergi berlalu, dan akhirat akan datang menjelang, dan keduanya mempunyai anak-anak. Maka jadilah kalian anak-anak akhirat dan jangan menjadi anak-anak dunia. Sesungguhnya pada hari ini hanya ada amal tanpa hisab (perhitungan), dan besok hanya ada hisab (perhitungan) tanpa amal..’ (HR. Al-Bukhari secara mu’allaq) :)


 


 


Dunia ini indah karena ukhuwah yg saling memberi tanpa batas; ada sapa dalam duka, ada keberanian dalam ketakutan, ada maaf dalam khilaf, ada nasehat dalam kasih sayang, ada do’a dalam kerinduan, dan ada harap dalam kelemahan diri. Semoga ALLAH senantiasa menaungi kita dengan cinta-Nya. Cinta kepada-Nya di atas segalanya..’ :)


 


 


“Terkadang manusia lebih suka mempertahankan kewibawaannya daripada bertanya kepada dirinya sendiri untuk apa kewibawaannya itu.”


 


*Kata-kata Hoofd Penghulu kepada KH. Ahmad Dahlan dalam dialog di film ‘Sang Pencerah’


 


Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda : “Sesungguhnya Allah itu Maha lembut. Dia suka akan kelembutan. Allah akan memberikan balasan dari kelembutan yang tidak diberikan atas sikap keras dan kasar serta lainnya.” (HR. Bukhari, Muslim, Tirmidzi, Ahmad)


 


Empat Resep Supaya Terhindar dari Kerugian.. [Surat 103 Al-'Ashr]..


 


 


1. Mencari Ilmu.


 


2. Mengamalkan Ilmu.


 


3. Mendakwahkan Ilmu.


4. Bersabar ketika mencari ilmu, mengamalkan dan mendakwahkannya.


 


Seribu jalan menuju roma, tapi hanya ada satu jalan menuju sorga. Dengan kendaraan takwa melalui rute Al-Qur’an dan Sunnah..!


 


Hidup adalah rangkaian ujian tiada henti, slesai ujian ini akan datang ujian lain.. maka seorang ulama mengatakan, ujian akan selesai dan bisa istirahat dngn tenang jika tlah dimasukan oleh Alloh ke dalam surganya kelak.!


 


mengorbankan akherat demi dunia, konyol itu namanya.! ibarat menjual berlian tuk membeli bangkai.!


 


Hidup di dunia, ibarat mimpi disiang bolong.! apapun mimpinya.! smua yg dimiliki dalam mimpi tidak akn terbawa ktika tersentak terbangun di alam akherat, hanya amal sholeh yg akn mnjadi cahaya penyelamat.


 


Seorang muslim yang tidak shalat, maka bersiaplah untuk menerima kesedihan di atas kesedihan..


 


 


Hadapilah takdir Allah dengan ikhlas, bukan dengan bersedih dan gelisah, apalagi marah. Karena takdir Allah pasti terjadi. Berprasangka baik kepada Allah terutama dalam takdirnya, Kita harus pandai menyikapi hikmah dibalik semua keputusan Allah.


Sabar, usaha, doa, tawakkal dan nantikan jalan keluarnya


 


 


Diriwayatkan, bahwa seorang salaf mengatakan,


“Diam adalah ibadah tanpa kelelahan, keindahan tanpa perhiasan, kewibawaan tanpa kekuasaan, Anda tidak perlu beralasan karenanya, dan dengannya aibmu tertutupi.” (Lihat Hashaaidul Alsun, hlm. 175-176)


 


Ketika cinta menyapa, jgn pernah silau dgn indahnya, tapi renungkanlah apakah cinta itu dpt menghantarkan kita ke jalan Allah atau malah sebaliknya. Maka hati-hatilah dgn hatimu. Jgn pernah memberi harapan jika tidak sanggup untuk bersungguh-sungguh untuk setia di jalan Allah.


 


Sebab kebahagiaan yang hakiki adalah dgn mengingat Allah, dan ketenangan hidup adalah dgn ibadah. Barangsiapa mengabaikan hak Allah maka dia dengan mudah akan mengabaikan hak selain Allah. (www.asysyariah.com)


 


Rasulullah berkata: Diantara tanda kebaikan islam seseorang yaitu dia meninggalkan hal-hal yang tidak bermanfaat baginya. (HR Ibnu Hibban, dll)


 


Jika engkau sholat, kerjakanlah seperti sholat orang yang akan berpisah (dgn dunia); janganlah berbicara dgn perkataan yg engkau nanti akan meminta maaf di hari esok, dan jgnlah berharap terhadap apa yg dimiliki oleh orang lain. (shahih ibnu majah)


 


Barangsiapa disibukkan dengan ibadah wajib sehingga tidak sempat mengerjakan ibadah sunnah maka dia termaafkan. Barangsiapa disibukkan dgn ibadah sunnah sampai dia melalaikan ibadah wajib maka ia adalah orang yang tertipu. (Fathul Bari: 11/442)


 


Imam Syafi’i berkata: Nyanyian merupakan perkara melalaikan yang dibenci, menyerupai kebatilan. Barangsiapa memperbanyak nyanyian maka dia orang yang jahil, persaksiannya ditolak.


 


(kitab muntaqan nafis min talbis iblis, ringkasan kitab karya ibnul jauzi yang hidup tahun 508-597 hijriyah)


 


Sesungguhnya orang2 yg beriman itu adalah mereka yg apabila disebut nama Allah maka gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan kepada mereka ayat2-Nya maka bertambahlah iman mereka, dan kepada Tuhanlah mereka bertawakal. (QS AL ANFAL: 2)


 


Allah berfirman: Dan tetaplah memberi peringatan, karena sesungguhnya peringatan itu bermanfaat bagi orang-orang yg beriman. (QS ADZ DZARIYAT: 55)


 


Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan suatu kaum sampai mereka merubah keadaan yg ada pada diri mereka sendiri. (QS AR RA’D: 11)


 


Sunnah Rasulullah bagaikan perahu nabi Nuh, barangsiapa menaikinya maka dia akan selamat, dan barangsiapa enggan maka dia akan tenggelam. (www.kajian.net)


 


Sudahkah Anda Membaca Al-Qur’an Hari Ini?..Berapa Ayat yang Anda Baca Hari Ini?..Berapa Ayat yang Anda Pahami Hari Ini?…..Berapa Ayat yang Anda Renungkan Hari Ini?..Sudahkah Anda Mengamalkannya?..Sudahkah Anda Hidup Di Bawah Naungan Al-Qur’an?.. (www.hatibening.com)
 

Tags:
 

GoogleTagged



Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
0 Jawaban
1142 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 02, 2012, 04:39:52 AM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
850 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 21, 2013, 11:54:34 AM
oleh Awal Dj
7 Jawaban
2714 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 10, 2013, 05:05:39 AM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
697 Dilihat
Tulisan terakhir November 22, 2013, 10:48:27 PM
oleh Kang Asep
3 Jawaban
892 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 02, 2015, 08:08:30 PM
oleh kang radi
Hikmah

Dimulai oleh Kang Asep Filsafat

0 Jawaban
728 Dilihat
Tulisan terakhir April 24, 2015, 10:10:06 AM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
439 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 27, 2016, 03:29:41 PM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
226 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 06, 2016, 11:09:42 AM
oleh Kang Asep
5 Jawaban
562 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 04, 2017, 11:50:13 PM
oleh Kang Asep
70 Jawaban
1148 Dilihat
Tulisan terakhir November 24, 2016, 09:23:37 PM
oleh comicers

Ilmu Logika

Proposisi Syllogisme Kupas Logika

Meditasi

Menenangkan Pikiran Mengembangkan Kekuatan-Kekuatan