Penulis Topik: kebencian  (Dibaca 1053 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9458
  • Thanked: 61 times
  • Total likes: 472
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
kebencian
« pada: Juni 03, 2014, 06:22:47 AM »

Ada orang yang terbiasa hidup dalam lumpur kebencian, memelihara amarah dan kebencian, menganggap semua itu memberi untung bagi dirinya. Padahal orang yang benci dan marah itu seperti orang yang ingin menaburkan bara apa ke wajah orang lain dengan mengambil segenggam bara dengan tangannya langsung, maka sebelum wajah orang lain terluka tangannya sendiri yang akan terluka parah.

Berikut contoh pikiran-pikiran yang muncul dari kebencian.

Kebencian Seorang Anak Pada Ayah

“Setiap terkenang wajahnya, sakit rasanya hati ini. Ketika terbayang wajahnya dipelupuk mataku, maka luluh lantak bangungan cinta dan kasih sayang, terbakar habis oleh api kebencian. Mengapa dia begitu buruk perangainya, menyebalkan, menjijikan. Aku menyesali, mengapa ia hadir di dalam hidupku, bahkan menjadi sebab lahirnya aku ke dunia ini. Lebih menusuk jantungku rasanya, karena harus kusebut dia dengan sebutan `ayah`.  Rasanya lebih baik aku tidak lahir ke dunia ini dari pada harus memiliki ayah seperti dia.

Namanya saja `ayah`, tapi tidak pernah mendidik dan membesarkanku. Baju sepotong, celana sepotong, sandal atau sepatu, seingatku tak pernah ayah membelikanku. Permintaanku untuk dibelikan sebatang pensil atau sebuah buku, tak pernah dikabulkannya hingga sekarang, apalagi untuk membiayai sekolahku. Dia juga tidak peduli pada pendidikanku.. Tapi setelah aku tumbuh besar, ayah meminta aku berbakti padanya. Dengan tanpa rasa malu mengingatkanku pada hak-hak orang tua untuk dihormati, lebih dari itu untuk dipatuhi. Sangat menyebalkan. Kurasa di dunia ini, tidak ada yang lebih menyebalkan selain ayahku, tidak ada yang lebih membencikan selain suami ibuku.”

Pikiran-pikiran tersebut di atas muncul dari hati seorang anak yang terluka. Ketika hati yang luka direalisasikan di dalam pikiran, ucapan dan perbuatan, maka luka itu tidak menjadi sembuh melainkan semakin luka. Tapi kasih, itulah yang membuat luka itu perlahan menjadi sembuh. Berikut adalah pikiran-pikiran yang penuh kasih.

Seandainya karena suatu hal, anda membenci ayah anda, maka pancarkanlah rasa kasih sebagaimana berikut :
“Semoga ayahku dikaruniai kesehatan, kekuatan, dicerahkan pikirannya, menjadi tenang dan damai hatinya. Semoga ia memperoleh kasih sayang dari Tuhan dan sesama makhluk Tuhan. Semoga dosa dan kesalahannya diampuni.

Semoga ayahaku dibebaskan dari segala penderitaan, menuju kebahagiaan. Semoga Tuhan menunjukan jalan kebenaran baginya. semoga ayahku diberi ketenangan... semoga diberi kedamaian... semoga diberi ketenangan... semoga diberi kedamaian....”

Doa dan harapan seperti itu, bukan saja akan bermanfaat bagi ayah Anda, tapi yang lebih utama dalah menyembuhkan luka yang ada di dalam hati Anda bila Anda pernah merasa terluka kebencian dan amarah Anda kepada ayah Anda.

Kebencian Buruh pada Perusahaan

“Gue udah kerja belasan tahun, banyak jasa yang gue berikan sama ini perusahaan, tapi sekarang gue dipecat begitu aja tanpa alasan yang jelas. Habis manis sepah dibuang. Anjing banget! Tapi perusahaan ini gak punya nyali, mecat gak gerani ngeluarin surat PHK. Gue dipecat dengan cara dianggap gak ada, biar gue memberikan surat pengunduran diri. Nama gue sudah dihapus dari daftar absen, tapi gw gak dikasih surat PHK.

Gue punya harga diri, perusahaan gak bisa memperlakukan gw seperti itu. Lihat aja, gue pasti bakal melaporkan perusahaan ini kepada depnaker, bahkan gue polisikan. Gue bakal bongkar kebobrokan ini perusahaan biar mampus sekalian.” Inilah pikiran-pikiran seorang karyawan pada perusahaan yang memecatnya. Dia terluka, dengan merealisasikan luka hatinya, maka dia semakin sakit.

Tapi berikut ini pikiran yang dipenuhi kasih, “semoga semua makhluk berbahagia. Setelah aku keluar dari sini, semoga perusahaan ini lebih maju lagi. Semoga teman-teman yang masih bekerja, dapat bekerja dengan tenang, aman dan nyaman. Semoga kesejahtraan mereka meningkat. Semoga manajemennya berubah menjadi lebih baik. Semoga orang-orang jahat menjadi insyaf, para koruptor bertobat. Ketidak adilan semoga tersingkirkan. Semoga para buruh mau peduli, memahami keadilan dan ketidak adilan, dan mau bergerak untuk menegakan keadilan, melindungi orang-orang yang lemah, melawan kedzaliman. Saya akan melaporkan perusahaan ini kepada dinas tenaga kerja atas dasar belas kasihan kepada para buruh yang terindas oleh peraturan perusahaan yang dzalim, bukan atas kebencian kepada mereka yang jahat dan bersalah. Saya akan berbuat atas dasar kasih, bukan atas dasar amarah dan kebencian. Semoga semua makhluk memperoleh kedamaian.”

Janganlah memelihara amarah dan kebencian, tapi peliharalah dirimu dari amarah dan kebencian. Sesungguhnya amarah dan kebencian, seperti api neraka yang berwarna merah dan kuning yang akan membakar dirimu!

« Edit Terakhir: Pebruari 01, 2017, 04:44:53 AM oleh Kang Asep »
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Offline Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9458
  • Thanked: 61 times
  • Total likes: 472
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Re:kebencian
« Jawab #1 pada: Pebruari 01, 2017, 04:47:29 AM »
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Tags:
 

GoogleTagged



Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
0 Jawaban
1243 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 30, 2013, 05:56:54 PM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
1603 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 22, 2014, 10:35:40 PM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
1110 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 26, 2014, 01:39:31 AM
oleh Kang Asep
1 Jawaban
1461 Dilihat
Tulisan terakhir April 04, 2015, 10:18:52 AM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
1221 Dilihat
Tulisan terakhir April 29, 2015, 10:27:24 AM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
241 Dilihat
Tulisan terakhir November 26, 2016, 07:39:43 PM
oleh Kang Asep
3 Jawaban
315 Dilihat
Tulisan terakhir September 28, 2017, 02:27:00 AM
oleh Husain
0 Jawaban
101 Dilihat
Tulisan terakhir September 28, 2017, 10:06:44 PM
oleh Kang Asep

Ilmu Logika

Proposisi Syllogisme Kupas Logika TTS

Meditasi

Menenangkan Pikiran Mengembangkan Kekuatan-Kekuatan