Penulis Topik: Fully Parenthesized Ekspression  (Dibaca 132 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9342
  • Thanked: 57 times
  • Total likes: 383
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Fully Parenthesized Ekspression
« pada: Agustus 04, 2017, 05:34:45 AM »
Struktur
====================
1. fpe :violent-smiley-007:
2. Parsing
3. Skema
====================



1. Fpe
Edisi : 03 Agustus 2017, 23:35:59

Tujuan :
1) memamahami definisi FPE
2) mengetahui fungsi FPE
3) dapat memberi contoh ambiguitas dalam komunikasi sehari-hari
4) memahami gambaran penggunaan FPE dalam bahasa pemrograman
=======================

Apa yang dimaksud dengan FPE ?

FPE merupakan singkatan dari Fully Parenthesized Expression. Definisinya, fpe adalah penanda ungkapan yang berfungsi untuk menghindari ambiguitas yang dapat menimbulkan salah tafsir. Di dalam sebuah ekpresi logika, fpe menggunakan tanda kurung. Tetapi terdapat perbedaan antara tanda kurung dengan fpe. Jadi, tidak setiap tanda kurung adalah fpe. Untuk membedakan antara tanda kurung biasa dengan fpe dilihat dari fungsinya. Jika tanda kurung tersebut memisahkan satu kalimat dengan kalimat lainnya, sehingga terbebas dari ambiguitas, maka itu adalah fpe.

Pengertian fpe dapat dillihat dari pernyataan berikut :

Clyde has written a program that can evaluate arithmetic expressions. There is just one problem - the expressions must be fully parenthesized![1]

Yang berarti :

Clyde telah menulis sebuah program yang bisa mengevaluasi ekspresi aritmatika. Hanya ada satu masalah - ungkapan harus benar-benar ditandai!


Contoh  Ekspresi tanpa fpe:

A ∧ B ∨ C

contoh kalimat, seorang ayah mengirim pesan whatsapp pada anaknya :

ayah akan membelikanmu hadiah baju dan sepatu atau sepeda

Bagi si ayah, perkataan tersebut tidaklah ambigu, karena dia tahu maksud yang dia katakan. Tapi bagi si anak pernyataan tersebut ambigu Karena mengandung dua kemungkinan maksud :

1) jika kamu mendapat sepeda, itu berarti kamu tidak mendapat baju dan sepatu.
2) jika kamu mendapat sepda, itu berarti kamu tetap mendapat baju, tetapi tidak mendapatkan sepatu.

Si anak bertanya-tanya, manakah maksud si ayah.

Bandingkan dengan pernyataan berikut :

1) ayah akan membelikanmu baju dan sepatu atau ayah hanya membelikanmu sepeda.
2) ayah akan membelikanmu baju dan sepatu, jika tidak, maka ayah akan membelikanmu sepeda
3) jika ayah membelikanmu sepeda, maka ayah tidak membelikanmu sepatu dan baju. Tapi jika ayah membelikanmu sepatu dan baju, maka ayah tidak membelikanmu sepeda.
4) (ayah akan membelikanmu baju dan sepatu) atau (sepeda)

kalimat-kalimat tersebut bebas dari ambiguitas.

Dalam komunikasi sehari-hari, ambiguitas dapat diatasi dengan cara menanyakan maksud yang sebenarnya kepada si ayah. Jika tidak ditanyakan pun, anak dapat menunggu ayahnya pulang. Jika ternyata ayahnya hanya membelikan sepeda, tapi tidak membelikan sepatuh dan baju, maka tahulah maksud perkataan si ayah tadi. Tapi bayangkan bila ambiguitas seperti itu muncul dalam semacam surat perjanjian proyek triliunan rupiah ? Itu dapat menimbulkan masalah besar. Dan apabila pernyataan ambigu seperti itu ditulis dalam sebuah script pemrograman, maka program akan menjadi error saat dioperasikan.  Karena itu, ambiguitas harus dihilangkan dalam pernyataan-pernyataan penting untuk menghindari salah tafsir. Dalam surat-surat pernjanjian resmi, ambiguitas dihindari dengan memperbanyak pasal-pasal yang menafsirkan pasal-pasal lainnya yang dianggap masih ambigu. Sedangkan dalam bahasa logika dan pemgoraman, digunakan teknik tersendiri untuk menghindari ambigu, yaitu disebut FPE.

Contoh Fpe dalam rumus excel :

rumus OL Excel

IFERROR(IF(B4=1;LEFT(C3;1)+1;IF(B4="N";C3&".1";IF(B4="C";MID(C3;1;LEN(C3)-1)&RIGHT(C3;1)+1;LEFT(C3;(B4*2)-2)&MID(C3;B4*2-1;1)+1)));B4)

apabila satu tanda kurung dari rumus tersebut dihapus, maka program menjadi error. Jadi fungsi tanda kurung tersebut difungsikan sebagai fpe, yaitu membuat pernyataan-pernyataan dan intruksi yang jelas, dapat dikerjakan oleh mesin,  tidak ambigu, tidak membuat komputer jadi "pusing".

Sebagian orang sudah terbiasa dengan bahasa pemgoraman, sehingga tidaklah sulit untuk membaca dan mengerti maksud pernyataan-pernyataan yang termuat dalam rumus excel di atas. Itu hanyalah contoh sederhana penggunaan operasi logika dalam bahasa pemrograman. Untuk pemrograman yang lebih besar, script-scriptnya lebih rumit dan kompleks.

Tapi bagi sebagian orang lagi, memahami maksud pernyataan-pernyataan yang termuat dalam rumus OL Excel tadi bukanlah hal mudah. Hal ini tidak perlu dikhawatirkan, karena pada kesempatan ini rumusan tesebut hanya digunakan sebagai gambaran tetang bagaimana penggunaan fpe dalam pemrograman, sehingga anda pada kesempatan ini tidak perlu untuk mengerti isi rumus dan menggunakan rumus. Tetapi hanya sebagai sedikit tambahan, Rumus Excel pada contoh di atas berfungsi untuk membuat outline number pada excel. Apabila Anda ingin mencobanya, maka saya jelaskan sebagai berikut :

rumusan masalah :

saya ingin membuat tabel harga bahan alumunium dengan ms. Excel. Tetapi saya ingin daftar tersebut ditulis menggunakan outline number atau nomor berlevel seperti yang bisa dilakukan di ms. Word. Contoh outline number :

1.
1.1
1.2
1.2.1
1.3
dst.


Tetapi di excel, saya tidak menemukan tool untuk membuat outilne numeber seperti itu. Akhirnya saya membuat rumus sendiri untuk menciptakan outline number.

Langkah-langkah :

1) buat field seperti berikut :

ol excel.png

2) copas rumus OL Excel ke kolom C4.
3) drag rumus hingga 10 baris.
3) kolom level untuk di isi dengan huruf dan angka. Hurur terdiri dari C dan N, di mana C artinya Continue, berfungsi untuk melanjutkan ke nomor berikutnya dengan level yang sama. Contohnya :


1.1
1.2
1.3
dst.

Adapun N, artinya "Next" untuk melanjutkan penomoran ke level berikutnya. Contohnya :

1.
1.1
1.1.1
dst

adapun angka digunakan untuk mundur ke level tertentu. Silahkan Anda mencobanya sendiri !

ol excel 01.png
_______________
http://www.spoj.com/problems/BRACKETS/


Selanjutnya >>> Parsing

Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Tags:
 

GoogleTagged



Ilmu Logika

Proposisi Syllogisme Kupas Logika TTS

Meditasi

Menenangkan Pikiran Mengembangkan Kekuatan-Kekuatan