Komunitas Para Pemikir

Rubrik Para Ahli => Programing => Topik dimulai oleh: Kang Asep pada April 07, 2018, 08:57:09 PM

Judul: Tujuan Normalisasi
Ditulis oleh: Kang Asep pada April 07, 2018, 08:57:09 PM
Tujuan Normalisasi
Edisi : 3 April 2018

Dalam sistem database ada yang disebut dengan Normalisasi. Apa itu Normalisasi ? Lihat dalam tulisan berjudul "Normalisasi".

Tujuan dari normalisasi adalah sebagai berikut :

Pertama, pengelompokan.
Data dihimpun dalam kelompok-kelompok, sehingga masing-masing kelompok merupakan bagian terkecil dari sistem dan tidak dapat dipecah lagi.

Misalnya pada suatu tabel terdapat data mahasiswa, mata kuliah dan dosen. Masing-masing mahasiswa mengambil lebih dari satu mata kuliah. Satu dosen dapat mengajar lebih dari satu mata kuliah. Satu mata kuliah dapat diajarkan lebih dari satu dosen. Semua itu ditulis dalam satu tabel dengan field-field sebagai berikut :

NIM :
Nama Mahasiswa :
Tempat Tanggal Lahir :
Alamat :
Mata Kuliah :
Semester :
Jumlah Modul :
Dosen :
Alamat Dosen :
No. Kontak :

Dengan sistem normalisasi, data tersebut harus dipisah menjdi tiga tabel, yaitu :
1) tabel Mahasiswa
2) ‎tabel mata kuliah
3) ‎tabel dosen

Kedua, non pengulangan.
Normalisasi mencegah terjadinya penulisan data secara berulang-ulang.

Dengan tabel yang tidak normal, akan terjadi penulisan data yang berulang-ulang.

Nama          | Mata Kuliah
Ahmad.      | Filsafat
Ahmad.      | Ilmu Logika

Dengan tabel normal, akan terhindar dari penulisan data yang berulang-ulang seperti itu.

Ketiga, integritas
Dengan normalisasi, sebuah database akan terintegrasi, sehingga dapat diakses dengan cepat, mudah dan dapat menampilkan data akurat seperti yang diharapkan.

Keempat, lokalisasi.
Suatu waktu, ada kemungkinan kita.ingin melakukan perubahan terhadap struktur data, menghapus, upgrade atau menambah. Masalah akan terjadi, bila tabel yang tidak normal, sehingga mengakibatkan perubahan pula pada data lainnya yang tidak ingin dirubah. Misalnya terjadi perubahan pada data dosen yang mengajar. Dan ini mengakibatkan harus melakukan perubahan pula pada semua data mahasiswa. Tapi dengan tabel normal, maka yang perlu dilakukan hanya upgrade pada tabel mata kuliah saja. Inilah yang dimaksud dengan lokalisasi. Dengan tabel normal, setiap.kelompok data akan terlokalisasi, sehingga ketika ada masalah-masalah pada suatu kelompok data, kita dapat fokus pada kelompok itu saja dan tidak menimbulkan kekacauan pada kelompok data lainnya.