Perlihatkan Tulisan

Seksi ini mengijinkan Anda untuk melihat semua tulisan yang dibuat oleh anggota ini. Catatan bahwa Anda hanya bisa melihat tulisan yang dibuat dalam area di mana Anda memiliki akses terhadapnya.


Topik - Kang Asep

Halaman: [1] 2 3 ... 298
1
Proposisi / Tablo Semantik
« pada: Januari 18, 2018, 03:54:26 PM »
Struktur Konsep
====================
1. Tablo Semantik
1.1. Manfaat Tablo Semantik
====================

1. Tablo Semantik
Edisi : 13 Januari 2018, 17:17:38

Tablo semantik adalah metoda untuk menguji validitas argumen dengan bentuk diagram yang berbasis pada Analisis Model Logic, Strategi Pembalikan dan Operasi Penyederhanaan.

Sebelum mempelajari lebih jauh, terdapat sepuluh aturan Tablo yang perlu benar-benar difahami dan bahkan dihafal, sehingga memudahkan dalam mempelajari teori-teori Tablo Semantik secara lebih mendalam.

1.1. Manfaat Tablo Semantik
 Edisi : 18 Januari 2018, 15:30:14

Apa manfaat Tablo Semantik ? Yaitu untuk menguji validitas argumen yang lebih mudah dan ringkas dibanding dengan menggunakan Tabel Kebenaran.

Dengan Tabel Kebenaran, kita harus menyusun seluruh nilai yang mungkin, yaitu jumlah barisnya sebanyak 2^n, di mana  n = banyaknya jumlah variabel. Sehingga untuk 5 variabel saja akan membutuhkan 32 baris. Ini tabel yang besar. Dengan Tablo Semantik, analisis Logika dapat dibuat lebih mudah dan sederhana, karena tidak seluruh nilai dikemukakan.

Bandingkan perbedaan pengerjaan analisis logic menggunakan tabel kebenaran dengan menggunakan tablo semantik.

Tabel Kebenaran :


Tablo Semantik :



2
Cerpen / Menjadi Anak Yang Kuat
« pada: Januari 17, 2018, 03:05:11 PM »
Menjadi Anak Yang Kuat
Edisi : 17 Januari 2018, 15:04:20

Kutip dari : Remi [1]
-----------------------------
Waktu saya tinggal dengan ibu Barberin, badan saya kurus, kebnayakan o rang yang melihat saya berkata bahwa saya "anak kota", artinya anak yang biasa dimanjakan, dipingit. Kaki tangan saya dikatakan terlalu keci.

Masih saya ingat vitalis dahulu berkata kepada Bapak Barberin, yaitu pada waktu saya ditawarnya sebagai seekor hewan yang ditentukan harganya menurut kekuatan tubuhnya. Tetapi semenjak saya tidak melhiat tempat tidur lagi, maka kaki dan tangan saya menjadi kuat, pun dada saya tidak pernah berasa sesak lagi, melainkan longgarlah nafas saya, meski bagaimanapun beratnya pekerjaan, atau berapa juga jauhnya perjalanan saya.
======================

Cerita ini mengingatkan saya pada adiku sewaktu dia masih kecil. Ibuku membiarkan adikku bermain-main dengan tanah. Tak jarang membawanya ke kebun. Si adik tumbuh sehat dan tubuhnya gemuk. Tidak pernah sekalipun adikku dibawa ke dokter karena suatu pernyakit. Apabila sakit panas, ibuku hanya melumuri tubuhnya dengan ulekan bawang dan kayu putih pada malam hari. Keesokan harinya, adikku sudah dapat bermain-main kembali.

Melihat adikku tumbuh sehat dan kuat, bu Yuni, salah seorang tetangga kami merasa heran. Kepada ibuku dia berkata, "saya heran melihat anakmu tumbuh sehat dan kuat. Padahal anakmu sering bermain - main di tanah. Sedangkan anak saya kurus, sering sakit-sakitan dan sering pergi ke dokter.  Sayapun sering memberinya vitamin. Tidak saya izinkan anak saya bermain-main di lantai, karena takut kuman. Apalagi hingga becek-becekan atau hujan-hujanan. Tapi anak saya sering sakit-sakitan. Apa sebenarnya rahasia mu, sehingga anakmu sehat dan kuat ?"

Ibuku tertawa dan berkata, "Entahlah …. Anak saya empat. Tidak satupun yang diimunisasi sekwatu bayi. Dan saya biarkan anak-anak bermain di tanah."

Sejak saat itu, bu Yuni tidak lagi terlalu protective. Meniru ibuku, dia membiarkan anak balita nya bermain-main di atas tanah. Dan ternyata hal itu membuat anaknya jauh lebih sehat.

______________
(1) Hector Malot "Sebatang Kara", Hal. 84

3
Cerpen / Alasan Menceraikan Istri
« pada: Januari 16, 2018, 03:25:03 PM »
Alasan Menceraikan Istri
Edisi : 16 Januari 2018, 15:11:13

Setahu saya, Diana adalah istri yang baik, sayang dan setia pada sumianya. Karena itu Saya terkejut mendengar Yadi hendak menceraikan Diana. Saat berjumpa dengan Yadi, saya menanyakan alasan dia menceraikan istrinya.

Saya : Yad, Diana adalah istri yang baik dan dia tulus mencintaimu. Tapi kamu hendak menceraikan dia. Apa kamu tidak kasihan padanya ?
Yadi : Justru, karena aku kasihan padanya, maka aku menceraikannya.
Saya : Lho .. Kok kasihan tapi menceraikannya. Maksudnya bagaimana ?
Yadi : Sejak kami menikah, saya mencoba berwiraswasta. Tapi selalu gagal. Jangankan untung, modal pun ludes. Segala perhiasan milik Diana telah habis ku jual. Sekarang kami miskin, bahkan aku tidak sanggup membelikan istriku bedak, apalagi perhiasan. Aku kasihan padanya. Cintaku hanya membawanya sengsara. Dia wanita yang baik dan cantik, aku berharap, setelah menceraikannya dia menemukan pria yang dapat membahagiakannya.
Saya : tapi, Diana mancintai kamu dan tidak ingin berpisah denganmu. Bukankah kau akan menyakitinya bila kau menceraikannya ?
Yadi : sama saja. Mengikat dia dalam tali pernikahan dengaku, juga menyengsarakannya. Semoga saja, sakitnya perceraian itu tidak lama.
Saya : Diana bercerita pada saya, bahwa dia tidak ingin berpisah denganmu. Dia rela walaupun hidup miskin. Bahkan  Diana rela untuk dimadu, seandainya kau memang punya wanita idalam lain, asalkan kau jangan menceraikannya.
Yadi : tak ada. Saya tak ada wanita idaman lain. Saya tahu, Diana rela hidup sengsara dengan saya, tapi saya tidak rela melihatnya hidup susah. Saya ingin dia hidup bahagia.

Saya tak dapat berkata-kata lagi.

4
Komentari Gambar / Mobil Terbang Jaman Now
« pada: Januari 15, 2018, 05:15:25 PM »

5
Humor Tak Bohong / Sedang Hamil
« pada: Januari 10, 2018, 10:50:07 AM »

6
Puisi / Tiada Cinta
« pada: Januari 09, 2018, 10:07:12 PM »
Tiada Cinta

Dalam kesunyian yang mencekam ini
Aku teringat padamu
Mana berita, mana ceritamu
Oh.. aku sunyi

Lupakah sudah Kata janjimu
Yang kau ucapkan dahulu
Mana janjimu
Mana sumpahmu
Oh... terlalu

Mengapa kau biarkan
Aku merana

Mungkinkah sudah tiada cinta lagi
Hilang di senja hari

Ataukah sudah Lupakan diriku
Tinggal aku sendiri

Dinyanyikan oleh :
Benyamin S & Ida Royani

https://www.youtube.com/watch?v=BXUCerSYhPo

7
Kupas Logika / Salah Memahami Sebab
« pada: Januari 09, 2018, 07:50:20 AM »
salah memahami sebab
Edisi : 09 Januari 2018, 07:47:16

1 ) 99 % orang yang diet itu bertubuh gemuk. Jadi diet itu merupakan penyebab tubuh gebuk

2) 99 % pecandu narkoba adalah perokok. Karena itu merokok merupakan sebab orang menjadi pecandu narkoba.

3) Pada umumnya, mereka yang berumah tangga lebih kaya dari mereka yang belum menikah. Jadi, menikah merupakan sebab orang bisa hidup lebih kaya.

4) banyaknya OTT yang dilakukan oleh KPK menunjukan di negeri banyak koruptor. Karena itu, sebaiknya KPK jangan terlalu banyak melakukan OTT, sehingga di negera ini tidak terlalu banyak koruptor.

5) dalam rapat manajemen mini market , ada yang bilang, "setiap kali kita melakukan promosi produk dengan memasang iklan di koran, brosur dan spanduk, produk kita menurun. Jadi, sebaiknya kita berhenti melakukan promosi".

Apa kesalahan yang terdapat dalam pernyataan-pernyataan di atas ?

8
Humor Tak Bohong / Kecebur
« pada: Januari 08, 2018, 08:50:12 PM »

9
Komentari Gambar / Permainan Asyik
« pada: Januari 08, 2018, 11:03:43 AM »

10
Budha / Mencari Jawaban
« pada: Januari 07, 2018, 04:39:50 PM »
Mencari Jawaban
Edisi : 07 Januari 2018, 16:36:36

Rakyat bersedih, keluarga kerajaan berduka. Tentu apalagi kekasih yang ditinggal pergi. Pengeran Sidhata telah memutuskan untuk pergi jauh meninggalkan istana, meninggalkan segala bentuk kemewahan untuk menjadi seorang pertapa. Dia menjelajahi hutan-hutan, berteman dengan binatang buas dan burung-burung, berkelana demi mencari kebenaran. Dimanakah kebenaran itu hendak dia dapatkan ?

Yashodara terperangah, mendengar ringkikan kuda Chana. Segala hati berdebar karena angan-angan, "ah... Jangan-jangan Chana kembali membawa pangeran." Tetapi kuda tinggalah ringkikan, tanpa penunggang yang dinantikan.

"Kupikir Chana membawa pangeran kembali, tapi di sana hanya ada si Kanthak seorang diri." Si Kanthak, kuda kesayangan pengeran Sidharta terikat pada sebuah pohon di halaman istana, tanpa tuannya.

Chana datang ke tengah keluarga kerajaan dengan wajah tertunduk, mata sendu dan berbunga air mata yang masih juga ditahannya, sampai akhirnya jatuh ke permukaan bumi. Sang Raja bertanya padanya, "Chana, mana pangeran ?"

Dengan berlinangan air mata, Chana menjawab, "tidak .... Dia tidak ikut dengaku."

Semua orang tertegun dengan hati yang terkoyak. Chana melanjutkan dengan suara yang parau bersama irama jatuhnya titik air mata. "Aku memohon agar aku diizinkan untuk ikut dengan pengeran, namun pengeran terus menolak. Dia mengatakan `aku akan kembali bila aku telah mendapatkan jawaban atas pertanyaanku. Sampaikan pesanku pada ayahku bahwa perang tidak pernah menyelesaikan apapun. Dan sampaikan pesanku kepada ibuku bahwa aku memang tidak pernah melihat ibu yang melahirkanku. Namun ia sangat berarti bagiku. Aku sangat berhutang budi padanya. `."

11
Komentari Gambar / Rumah tanpa Kabel Listrik
« pada: Januari 07, 2018, 11:24:01 AM »

12
Kupas Logika / Ulama Su
« pada: Januari 07, 2018, 06:33:31 AM »
Definisi Ulama (yang Pertama)
Edisi : 07 Januari 2018, 06:30:56

Kutip dari : rianyuda
-------------------------
definisi : Ulama (Arab:العلماء Ulamāʾ, tunggal عالِم ʿĀlim) adalah pemuka agama atau pemimpin agama yang bertugas untuk mengayomi, membina dan membimbing umat Islam baik dalam masalah-masalah agama maupum masalah sehari hari yang diperlukan baik dari sisi keagamaan maupun sosial kemasyarakatan.

Kalau tidak masuk definisi ini berarti bukan ulama
==================

Pertanyaan : Menurut Anda, adakah yang disebut dengan ulama Su` ?
Rian : Ada kang
Asep : Apakah ulama suu wajib dibela ?
Rian : (belum ada jawaban)

Dialog ilustrasi :

A : Setiap ulama harus dibela
B : Adakah yang disebut ulama Suu
A : Ada
B : jika demikian, ulama suu harus dibela

silogisme formal.

Setiap ulama suu adalah ulama
Setiap ulama harus dibela
jadi, setiap ulama suu harus dibela

Benarkah ?

Jadi,

A) Setiap ulama harus dibela
O) Sebagian ulama tidak harus dibela

Mana yang benar ?

13
Meditasi / Mendengarkan Suara Hati
« pada: Januari 06, 2018, 11:49:29 AM »

14
Kupas Logika / Perokok Pasif
« pada: Januari 06, 2018, 08:02:25 AM »
perokok pasif
Edisi : 06 Januari 2018, 07:59:57

http://bit.ly/2Cwr7ec

Pacar Dela meninggal, dan rokok yang dituduh sebagai penyebabnya. Padahal pacar Dela tidak pernah merokok. Dikatakan bahwa dia terpapar asap rokok orang-orang yang merokok di sekitarnya. Lalu mengapa bukan orang-orang yang merokok itu yang meninggal duluan ? Katanya, perokok pasif itu lebih berbahaya dari perokok aktif.  Bagaimana bisa begitu ? Sedangkan para perokok tidak hanya menghisap rokok itu sendiri, tapi menelannya asap itu hingga ke perut.

"rokok menyebabkan serangan jantung temanmu, tapi tidak menyebabkan serangan jantungmu." ini satire untuk menggambarkan keheranan saya soal kasus rokok. Bukannya saya membela perokok, hanya berprinsip bahwa sesuatu tidak harus saya aku benar karena dikatakan oleh para ahli. Sehingga atas dasar rasa heran itu, saya mengajukan pertanyaan.

15
Syllogisme / Strategi Pembalikan
« pada: Januari 06, 2018, 07:41:08 AM »
strategi pembalikan
Edisi : 06 Januari 2018, 07:03:45

Strategi dalam pengerjaan AML adalah dengan strategi pembalikan, yaitu dengan memberikan nilai F pada Kesimpulan, untuk melihat apakah nilai F pada kesimpulan dapat muncul bersama premis-premis dengan nilai T. Jika dapat, berarti Argumentasi tidak valid. Sedangkan apabila tidak dapat, berarti argumentasinya valid.

Alasan mengapa harus menggunakan strategi pembalikan ? Atau mengapa harus memberikan nilai F pada kesimpulan ? Hal itu karena nilai F pada kesimpulan hanya dihasilkan dari satu kondisi, sedangkan nilai T dihasilkan dari berbagai kondisi. Jika premis pertama bernilai T dan Premis kedua bernilai F, maka kesimpulan mestilah bernilai F. Dengan demikian apabila terdapat satu kondisi saja di mana premis-premis yang seluruhnya bernilai T, bersama dengan kesimpulan yang bernilai F, maka hal itu cukup untuk menunjukan bukti bahwa argumentasi tidaklah valid. Ini diesebut dengan counter model.


Contoh Kasus :  Japar dan Surti adalah suami istri

Jika Japar berkelakukan baik, maka Surti merasa senang. Jika Surti tidak merasa senang, maka Surti minta cerai. Jadi, jika Surti tidak minta cerai, maka Japar berkelakukan baik.

Apakah argumentasi di atas valid ? Mari kita uji dengan Strategi Pembalikan.

A = Japar berkelakuan baik
B = Surti merasa senang
C = Surti minta cerai

Expresi Logika :
{A→ B, ¬ B → C } ⊨ ¬ C → A

Berikan dulu nilai F untuk kesimpulan. V(¬ C → A) ≡ F

Kemudian lakukan langkah-langkah berikut :

Pertama, Cek dengan kesimpulan
1) Jika V(¬ C → A) ≡ F, maka pasti V(¬ C) ≡ T, sedangkan V(A) ≡ F
2) Jika V(¬ C) ≡ T, maka pasti V(C) ≡ F
3) Jadi, V(A) ≡ F dan V(C) ≡ F

Kedua, Cek dengan premis 2
1) jika V(¬ B → C) ≡ T, sedangkan  V(C) ≡ F, maka pasti V(¬ B) ≡ F
2) Jadi,  V(¬ B) ≡ F , dan V(B) ≡ T

Ketiga, Cek dengan premis 1
Jika V(A→ B) ≡ T, sedangkan V(A) ≡ F dan  V(B) ≡ T, maka hal ini merupakan kondisi yang mungkin, karena F-T ≡ T

Keempat, kesimpulan
Jadi, terdapat kondisi di mana V(A→ B) ≡ T dan V(¬ B → C) ≡ T, sedangkan  Jika V(¬ C → A) ≡ F

Dengan demikian, argumentasi pernyataan di atas tidaklah valid.

Halaman: [1] 2 3 ... 298

Ilmu Logika

Proposisi Syllogisme Kupas Logika TTS

Meditasi

Menenangkan Pikiran Mengembangkan Kekuatan-Kekuatan