Penulis Topik: Rumusan Permasalahan Pokok Forum  (Dibaca 1251 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Online Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9202
  • Thanked: 55 times
  • Total likes: 342
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Rumusan Permasalahan Pokok Forum
« pada: Pebruari 25, 2013, 07:28:03 PM »
Gunakan pengetahuan untuk menolong! Ilmu adalah cahaya. Maka ia berfungsi sebagai penerang bagi seseorang gyang berada dalam kegelapan.

Setiap pengetahuan adalah penerang. Ketika pengetahuan ini mengubah seseorang dari tidak tahu menjdi tahu, berarti orang ini telah diterangi oleh pengetahuan. Teapi tidak setiap perubahan dari tidak tahu menjdi tahu itu merupakan suatu pertolongan. Ilmu matematika adalah ilmu yang bermanfaat untuk menyelesaikan masalah-masalah matematika. Tapi tidak cocok diajarkan pada orang yang dalam kondisi hampir tenggelam, karena yang dia butuhkan adalah sebuah pelampung yang bisa menyelematkan nyawanya.

Melalui artikel ini saya ingin mengingatkan kepada para pecinta ilmu agar mereka tidak terbuai oleh ilmu. Khususnya kepada seluruh anggota forum Logika, saya menghimbau bahwa seluruh proses kegiaatan belajar kita di forum ini, hendaknya dengan tujuan untuk menolong pi9hak yang membutuhkan pertolongan.

Agar dinamika forum sejalan dengan visi forum, maka sebaiknya setiap postingan kita berlandaskan kepada rumusan permasalahan yang jelas, sehingga gerak pemikiran adalah “Bagaimana menyelesaikan suatu masalah yang mendesak untuk diselesaikan?”

Adapun rumusan permasalahan yang mendasari berdirinya forum ini adalah adanya problem-problem logic sehingga arah pemikiran forum inia dalah bagaimana menyelesaikan problem-problem logic terseb ut.

Di dunia ini tentunya banyak masalah penting yang harus diselesaikan, tapi kita tidak bisa menyelsaikan semua masalah yang ada di dunia ini seorang diri. Ada banyak ahli yang berkompeten untuk menyelesaikan masalah di bidang masing-masing. Dan kita sebagai pemikir logic, hendaknya mampu menyelesaikan persoalan-persoalan logika.

Rumusan permasalahan forum yang pokok ini jangan sampai kita lupakan. Kita harus mengerti bahwa adanya ruang untuk diskusi umum, di mana para member boleh memposting apa saja, hanyalah bumbu penyegar agar ilmu logika tidak terasa tawar, dan dalam proses mempelajarinya, kita tidak merasa jenuh.

Forum ini juga selalu mengundang orang-orang untuk bergabung, dan mengizinkan pada tamu untuk memposting apa saja yang ingin mereka bagikan di sini. Walaupun mereka belum menyelami visi forum, dan belum bergerak sesuai visi forum, tapi apapun yang mereka posting di forum ini, tentu merupakan sumbangan yang berharga bagi forum. Adapun para pemikir logic dan para manajer forum, hendaknya bergerak sesuai arah pemikiran forum.

Saya sendiri sebagai admin forum ini, seringkali atau mungkin sangat sering memposting artikel-artikel yang dikutip dari buku-buku mazhab syiah, seolah-olah saya seorang syiah dan mengusung mazhab syiah, sehingga tidak heran bila ada orang yang meyakini  bahwa visi forum ini adalah untuk menyebarkan ajaran syiah. Hal ini keliru. Visi forum ini adalah terciptanya bangsa yang cerdas dengan logika. Adapun ajaran-ajaran syiah merupakan tantangan logika itu sendiri. saya hanya ingin menyebarkan ilmu logika, lalu menyodorkan faham syiah sebagai material syllogisme dan berkata, “Silahkan uji kebenaran ajaran syiah ini dengan ilmu logika!” tentunya tantangan logika tidak dibatasi oleh faham syiah, tapi apapun yang bisa disebut atau dikatakan, atau bisa ditulis dalam bentuk kalimat, itulah yang termasuk kepada material syllogisme yang berpotensi sebagai tantangan logika.

Jika Anda sekedar mencari ilmu di forum ini, maka apakah bedanya dengan mencari ilmu di forum lain? Google pun menawarkan lautan pengetahuan yang tidak akan kunjung habis Anda pelajari seumur hidup Anda. Dengan demikian, forum ini tidak akan memiliki cukup arti dan manfaat bagi Anda. Agar forum ini memiliki arti yang beharga bagi Anda, maka pengetahuan utama yang perlu Anda pelajari di forum ini adalah Logika, sehingga setelah memahami dasar-dasar berpikir logis, dan sepakat bahwa berpikir harus menggunakan logika, maka Anda layak disebut pemikir logic, Anda menjadi anggota komunitas para pemikir logic dan tidak sekedar anggota forum. Semakin lama Anda beraktifitas di forum ini, seharusnya Anda semakin mahir berpikir logic, sehingga Anda layak disebut Ahli logika yang berkompeten untuk menyelesaikan masalah-masalah logika.

Dengan memahami rumusan pokok permasalahan forum, atau apa yang menjadi dasar pemikiran, visi dan misi forum, maka dapat diharapkan bahwa akan tumbuh suatu semangat di dalam diri Anda sebagaimana semangat visi misi yang menjiwai forum.
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

 

GoogleTagged



Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
Mabuk Forum

Dimulai oleh Kang Asep Puisi

5 Jawaban
1409 Dilihat
Tulisan terakhir April 04, 2015, 07:37:16 PM
oleh Monox D. I-Fly
0 Jawaban
1185 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 28, 2012, 06:28:21 PM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
801 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 02, 2012, 04:53:21 PM
oleh Kang Asep
6 Jawaban
3908 Dilihat
Tulisan terakhir November 14, 2013, 02:44:49 PM
oleh Kang Asep
2 Jawaban
615 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 01, 2014, 04:30:11 PM
oleh kang radi
2 Jawaban
619 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 05, 2015, 12:01:46 AM
oleh Kang Asep
3 Jawaban
1535 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 14, 2015, 06:10:44 PM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
419 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 14, 2016, 09:05:19 AM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
146 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 31, 2017, 03:33:00 AM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
57 Dilihat
Tulisan terakhir September 08, 2017, 05:32:47 AM
oleh Kang Asep

Ilmu Logika

Proposisi Syllogisme Kupas Logika

Meditasi

Menenangkan Pikiran Mengembangkan Kekuatan-Kekuatan