Penulis Topik: Lima Cara Menenangkan diri dalam Perdebatan  (Dibaca 135 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Online Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9203
  • Thanked: 55 times
  • Total likes: 342
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Lima Cara Menenangkan diri dalam Perdebatan
« pada: September 14, 2016, 08:04:27 PM »
Tetaplah tenang Ketika anda di dalam proses perdebatan. kendalikan diri Anda dengan sebaik-baiknya. ketenangan yang anda miliki tersebut merupakan reputasi Anda. apabila anda terlihat emosional dan lepas kendali maka reputasi anda akan rusak.

bersikap tenang merupakan hal yang sangat penting. cara yang sudah pasti akan membuat Anda harus menelan kekalahan pahit dalam sebuah perdebatan adalah "meneriaki orang lain". saya Teringat saat melihat seorang ayah yang berteriak kepada anaknya yang masih kecil ,"aku ini ayah yang sangat sayang kepada anak. kamu harus melakukan apa yang ayah Katakan!" nada suaranya berbicara lebih lantang daripada makna kata katanya Sayangnya kita juga tahu bahwa kesabaran adalah salah satu hal yang paling cepat hilang dalam banyak perdebatan. Mudah saja untuk Mengatakan agar tetap tenang. Tetapi bagaimana caranya?
 
pertama, Ingatlah bahwa dalam sebuah perdebatan, orang lain terkadang sengaja mengatakan hal-hal yang bertujuan mengusik anda. mereka tahu bahwa jika anda lepas kendali anda akan mulai mengatakan sesuatu yang menjerumuskan diri anda sendiri. anda akan kalap sehingga pupuslah peluang anda untuk memenangi perdebatan itu.

perhatikan betapa jarangnya para politikus kawakan terlihat mengumbar amarah. mereka tahu bahwa kehilangan kesabaran berarti mengorbankan reputasi mereka di mata para pemilih. Jadi jangan sampai Anda terjebak sebuah komentar yang sengaja dilontarkan untuk menyulut amarah anda. sebaiknya Anda menanggapinya dengan tenang dan tunjukan bahwa anda tidak mudah terpancing. waspadalah jika  ada orang yang ingin memancing emosi Anda. hindari situasi yang dapat memicu amarah anda. jika anda merasa akan marah, Tenangkan diri Anda sejenak dan Kembalilah Padaku permasalahan pokok. jika orang itu mengatakan sesuatu yang berupa serangan pribadi terhadap anda, tidak usah Anda hiraukan.
 
sebagai contoh dapat diperhatikan pada dialog antara Bop dengan Tom berikut ini:
 
Tom berkata, " kau ini rasis"
 
Bob menjawab, "Kita Sedang membahas boleh atau tidaknya melakukan diskriminasi positif di kantor ini. boleh atau tidak boleh, itu saja. Apa pendapatmu Tom?"
 
Tom menanggapi dengan cerdas dan tepat. Tom tidak terpancing untuk melayani celaan Bob. tetapi Tom segera mengembalikan ke pokok permasalahan atau memilih untuk kembali pada tema pembicaraan nya. Ya, bisa saja Tom membalas dengan perasaan yang juga bersifat pribadi. tetapi Dialog itu tidak akan mencapai tujuan semula. jika Tom tetap tidak berhenti mencerca Bob. pilihan terbaik bagi Bob adalah menggantikan pembicaraan itu.

kedua, kenali isyarat-isyarat ketika Anda mulai lepas kendali. biasanya terdapat sejumlah gejala fisik wajah terasa panas detak jantung semakin cepat dan emosi meluap. kenali gejala-gejala yang Anda rasakan ketika dilanda Amarah, supaya Anda dapat mengambil langkah langkah pencegahan dini.  waspadalah ! situasi tertentu dapat membuat Anda naik pitam. beberapa orang akan marah bila mereka di tentang keyakinannya. jika anda dapat mengenali situasi yang rawan bagi diri anda, maka anda dapat mewaspadainya.

ketiga, jika detak jantung Anda semakin cepat dan anda merasa tak kuasa lagi membendung amarah. jangan mengucapkan sepatah katapun! Tarik nafas dalam-dalam dan lepaska perlahan-lahan !. mungkin anda sebaiknya berkata," kurasa kita sebaiknya tidak membahas hal ini sekarang !" Jika perlu menjauhlah pergi dan minumlah segelas air atau jika mungkin berbaringlah katakanlah berulang-ulang kepada diri sendiri," Saya tidak akan marah ini hanya masalah kecil!"
 
anda akan mampu mengatasi masalah dengan cara yang lebih baik setelah anda kembali tenang. jika anda tidak dapat meninggalkan tempat itu, hitung sampai 10 secara perlahan-lahan. lakukan sesuatu untuk menghapuskan hal yang menjengkelkan itu dari benak anda , jika anda merasakan terlibat dalam situasi yang memancing amarah ! rencanakan upaya yang akan anda lakukan bila Anda mulai tidak dapat menahan diri!
 
keempat, menyatakan dengan tegas bahwa perkataan orang lain telah membuat Anda marah boleh jadi juga dapat berguna. mengakui bahwa anda marah akan membantu Anda dan lawan bicara Anda memahami dampak percakapan itu bagi anda. di sisi lain Anda tetap dapat mengakui sudut pandang orang itu misalnya dengan berkata "saya mengerti bahwa apa yang Anda katakan itu bersumber dari sudut pandang religius, tetapi saya tetap merasa sangat jengkel mendengarnya."
 
kelima, jagalah agar nada suara Anda Tetap tenang dan teratur. banyak orang yang berteriak tanpa sadar jika anda merasa telah mengerahkan tenaga ketika berbicara Anda mungkin sudah berteriak. jadi turunkan kembali nada suara anda. jika anda sangat marah anda mungkin akan menjadi lebih agresif daripada yang anda kira. kita sering tergoda untuk mengimbangi volume dan nada suara lawan bicara jika mereka mulai berbicara dengan lantang. anda pun cenderung akan berbuat demikian waspadai hal itu yang membiarkan amarah mereka menjalar pada diri Anda.

disadur dari : Cara Tepat Berdebat, hal 40-41
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Tags:
 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
13 Jawaban
3960 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 06, 2013, 07:30:57 AM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
1043 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 07, 2013, 11:02:50 AM
oleh Awal Dj
0 Jawaban
916 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 23, 2013, 03:07:17 PM
oleh Awal Dj
0 Jawaban
1024 Dilihat
Tulisan terakhir April 08, 2013, 10:44:40 AM
oleh Awal Dj
0 Jawaban
1164 Dilihat
Tulisan terakhir April 25, 2013, 10:57:16 AM
oleh Abu Zahra
2 Jawaban
9513 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 31, 2013, 07:09:22 AM
oleh Kang Asep
1 Jawaban
1134 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 30, 2015, 10:16:44 AM
oleh Monox D. I-Fly
2 Jawaban
593 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 27, 2016, 03:19:23 PM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
158 Dilihat
Tulisan terakhir April 25, 2017, 09:35:54 PM
oleh Sultan
2 Jawaban
38 Dilihat
Tulisan terakhir November 15, 2017, 04:39:40 PM
oleh Sultan

Ilmu Logika

Proposisi Syllogisme Kupas Logika

Meditasi

Menenangkan Pikiran Mengembangkan Kekuatan-Kekuatan