Penulis Topik: Konsep Diskusi dan Promo Forum Logika  (Dibaca 2316 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9592
  • Thanked: 61 times
  • Total likes: 483
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Konsep Diskusi dan Promo Forum Logika
« pada: Oktober 24, 2012, 01:37:17 PM »

Banyak cara untuk mempromosikan forum.  Diantaranya adalah dengan menaruh link forum di berbagai media lain, seperti di facebook, G+, blog atau di forum-forum diskusi lain. Hal lain yang mungkin bisa menarik adalah dengan membagikan buku gratis panduan penggunaan forum. Selain contoh-contoh tersebut, masih banyak cara lain yang bisa dilakukan. Dan khusus untuk forum logika ini, segala promo yang dilakukan harus berlandaskan kepada suatu konsep untuk membantu sesama, tidak berlandaskan kepada konsep untuk keuntungan yang bersifat duniawi, bukan dengan konsep untuk mengajari, dan bukan pula berlandaskan kepada kehendak untuk membangun debat publik serta melawan ideologi-ideogi tertentu.

Konsep promo forum logika ini berangkat dari kondisi forum-forum diskusi yang memprihatinkan, di mana para pendiskusi tidak lagi membangun diskusi yang sehat, indah dan menyenangkan, melainkan lebih banyak membangun debat yang saling menjatuhkan, saling menentang, saling mencoba mengalahkan pihak lawan, dan saling menonjolkan ego masing-masing. Sepertinya keadaan yang memprihatinkan tersebut berangkat dari ketidak fahaman tentang hakikat diskusi. Oleh karena itu untuk seluruh member forum logika, perlu diupayakan untuk memahami hakikat diskusi sendiri dimana diskusi didefinisikan sebagai “Usaha saling membantu sesama dalam memahami sesuatu melalui jalan komunikasi.” Dengan demikian, tidak ada diskusi, bila suatu komunikasi tidak bermakna “saling membantu”.

Perhatikan mereka yang gemar berdebat di forum-forum diskusi online, tampaknya semua orang merasa dirinya paling pintar dan bertindak sebagai juru dakwah, pengajar, penasihat, dan yang lebih tahu dari orang lain. Semua orang sepertinya ingin mengajari orang lain, dan tidak ada yang sudi menjadi murid bagi yang lain. Kondisi ini terjadi bukan saja karena kesalahan-kesalahan pribadi mereka, tetapi juga kemungkinan karena kesalahan dalam manajemen forum, yaitu ketika moderator tidak mencoba meluruskan diskusi agar sesuai dengan hakikatnya. Akibatnya orang-orang tidak mempedulikan orang-orang yang sejatinya membutuhkan bantuan, atau pencerahan dari ilmu yang dimilikinya, tetapi lebih fokus mencari orang-orang yang pendapat-pendapatnya bisa ditentang dan didebat.

Setiap orang membutuhkan bantuan. Inilah konsep yang perlu di fahami oleh seluruh anggota forum logika. Saya, anda, dia, mereka dan kita semua adalah orang-orang yang membutuhkan bantuan. Oleh karena itu, yang harus selalu dibidik pada diri orang lain adalah “bantuan apa” yang dibutuhkan olehnya, dan “bantuan apa” yang bisa saya berikan kepadanya, bukannya, “keyakinan apa yang salah sehingga harus dibantah dan dipersalahkan”.  Adapun mempromosikan forum ini mengandung artik “menawarkan bantuan”, kepada pihak yang diperkirakan membutuhkannya. Bantuan yang ditawarkan oleh forum ini adalah ilmu Logika.

Ilmu adalah cahaya. Ilmu yang kita miliki adalah cahaya yang kita miliki. Dan setiap orang tentu membutuhkan cahaya, ketika ia berada dalam kegelapan.  Memang, tidak setiap orang merasa membutuhkan ilmu logika. Dan ini bukan suatu masalah. Tidak semua membutuhkan ilmu matematika, tidak semua membutuhkan ilmu biologi, tidak semua membutuhkan emas, bahkan mungkin tidak semua orang membutuhkan uang. Bedanya, kalo kita menawarkan uang, orang-orang dengan segera menerima bantuan itu dan akan sulit menemukan orang yang enggan diberi uang. Sedangkan bila kita tawarkan ilmu logika, sebaliknya, akan sulit menemukan orang dengan segera menerimanya, dan kebanyakan orang-orang menolak. Akan tetapi, atas dasar suatu keyakinan bahwa di luar sana mungkin masih banyak orang yang merasa membutuhkan bantuan ilmu logika untuk menyelesaian problematika dalam kehidupannya, maka promosi forum sebagai bentuk “penawaran bantuan” terus dilakukan.

Sebagai pribadi manusia yang memiliki banyak kelemahan dari berbagai sisi, kitapun membutuhkan banyak bantuan orang lain. Oleh karena semangat untuk terus mencari bantuan orang lain merupakan hal yang manusiawi. Kami misalnya, sebagai pengelola forum logika membutuhkan bantuan anda semua untuk mendukung dan membangun forum ini. Hanya dengan bantuan anda semua, kami lebih mudah untuk bisa menawarkan bantuan kepada orang lain. Anda mendukung forum logika, berarti anda telah memberikan bantuan yang besar pada kami. Dan kami akan membantu orang lain yang membutuhkan bantuan Logika. Sebagaimana saya katakan dari awal, bahwa konsep dasar diskusi dan promo forum adalah “saling membantu terhadap sesama”.  Konsep dasar ini “wajib diketahui” oleh seluruh member forum. Admin forum, para moderator dan jajaran pengurus akan selalu mewaspadai, bila terjadi penyimpangan-penyimpangan dari konsep dasar ini, maka akan segera diluruskan. Semoga anda berkenan menyampaikan saran, pendapat, dukungan dan bantuan bagi forum logika dengan cara bergabung dengan kami dan bersama-sama mencapai visi forum, mencapai cita-cita terwujudnya bangsa yang cerdas dengan logika.
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Tags:
 

GoogleTagged



Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
2 Jawaban
1132 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 14, 2013, 05:02:32 AM
oleh Kang Asep
6 Jawaban
1801 Dilihat
Tulisan terakhir April 26, 2015, 08:35:55 AM
oleh Ziels
1 Jawaban
1363 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 13, 2013, 10:24:41 AM
oleh Kang Asep
1 Jawaban
1525 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 02, 2015, 11:41:58 PM
oleh Monox D. I-Fly
1 Jawaban
782 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 26, 2014, 10:10:28 AM
oleh ratna
0 Jawaban
1318 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 12, 2014, 01:10:12 AM
oleh Kang Asep
5 Jawaban
1357 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 10, 2015, 06:26:41 PM
oleh Monox D. I-Fly
1 Jawaban
926 Dilihat
Tulisan terakhir April 23, 2016, 11:35:52 AM
oleh Ardi lg
0 Jawaban
462 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 12, 2015, 08:38:12 AM
oleh Kang Asep
5 Jawaban
350 Dilihat
Tulisan terakhir November 17, 2017, 06:31:35 AM
oleh Sultan

Ilmu Logika

Proposisi Syllogisme Kupas Logika TTS

Meditasi

Menenangkan Pikiran Mengembangkan Kekuatan-Kekuatan