Penulis Topik: Gemar Menentang  (Dibaca 311 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9592
  • Thanked: 61 times
  • Total likes: 483
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Gemar Menentang
« pada: September 21, 2016, 08:35:28 AM »
Gemar Menentang adalah salah satu bentuk penyakit mental dari tujuh penyakit mental yang melemahkan akal. Ciri orang yang mengidap penyakit ini, selalu berusaha menentang orang lain dengan berbagai cara dan gemar berdebat. seolah dia tidak mengerti bahasa cinta, mengasihi, mendukung dan setuju, dia hanya mengerti bahasa penolakan, ketidak-setujuan dan kebencian.

Jika di dalam forum-forum diskusi, orang yang mengidap penyakit gemar menentang akan diam bila orang lain berkata benar. dia tidak senang mengatakan "setuju", "sepakat" atau menunjukan dukungan. seolah dai menutup mata dan telinganya, bila orang mengatakan hal-hal benar. dia bersikap acuh tak acuh. tapi bila orang lain mengatakan hal-hal yang salah menurut padangannya, dia akan segera bereaksi, menentang, menyangkal, menolak dan menyatakan ketidak setujuannya. orang yang demikian perlu dibantu untuk disembuhkan.

cara penyembuhan penyakit "gemar menentang" bukanlah dengan berdebat dengannya. tapi berbuat sebaliknya dengan yang dia lakukan. yaitu, bila dia mengatakan hal-hal yang baik, yang benar, yang bermanfaat, maka kita meresponnya, kita mendukung dan menyatakan setuju. tapi sebaliknya, bila dia mengatakan hal-hal salah, buruk, kotor, mencaci dan sebagainya, maka kita jangan meresponnya. sebab, merespon ungkapan-ungkapan buruknya akan semakin memperparah penyakitnya.

Bila seseorang sembuh dari peryakit mental yang melemahkan akal, maka dia akan berpikir jernih dan objektif. Dia akan menyangkal sesuatu dengan cara yang benar dan bermanfaat. dan tidak sungkan-sungkan pula mendukung dan menerima pandangan orang lain yang memang benar.

Misalnya, dalam forum-forum diskusi online, jika kita membagikan banyak ide dalam waktu dua atau tiga tahun lamanya. tidak mustahil ide-ide yang kita bagikan ada yang keliru.  tapi mustahil keliru semuanya. adapun orang yang "gemar menentang" akan menganggap salah semuanya. dari waktu ke waktu, yang dia lakukan hanyalah menentang kita. mengapa dia tidak mengesampingkan hal-hal yang salah dan mengambil apa yang benar ? atau mengapa dia mengaku yang benar sebagai benar, disamping mengoreksi hal-hal yang salah ?

Bandingkan dengan orang yang tidak sungkan-sungkan memberikan kritik, mengoreksi dan membantah, tapi dengan tujuan yang baik. dia ingin membantu kita untuk mengerti. sehingga kritikannya, bantahannya, benar-benar dirasakan sebagai hal bermanfaat oleh kita, dan tidak terlihat sebagai penyakit "gemar menentang".

Untuk terhindar dari penyakit "Gemar Menentang" ini, cobalah untuk berbuat seimbang, berpikir jernih dan objektif. boleh kita membantah pernyataan orang lain, tapi bukan untuk berbantah-bantahan. niatkan dalam diri kita, bila kita menyangkal orang lain, tujuannya benar-benar untuk membantunya. maka berikan bantuan ini pada pihak yang membutuhkannya. jangan memberikan bantuan pada mereka yang tidak membutuhkan. selain itu, biasakan pula menggunakan bahasa "mendukung kebaikan dan kebenaran", yaitu jika orang lain mengungkapkan hal-hal baik dan benar, tapi juga di sisi lain mengungkapkan hal buruk dan salah, maka kita dapat mengesampingkan sisi yang buruk dan salah itu, serta mendukung hal baik dan benar, agar orang orang lain memiliki gairah untuk mengembangkan kebaikan dan kebenaran di dalam dirinya.
« Edit Terakhir: September 21, 2016, 08:44:30 AM oleh Kang Asep »
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Tags:
 

GoogleTagged



Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
2 Jawaban
2108 Dilihat
Tulisan terakhir September 11, 2015, 10:19:45 AM
oleh Monox D. I-Fly
0 Jawaban
948 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 01, 2014, 01:04:34 AM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
449 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 16, 2016, 07:49:47 AM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
203 Dilihat
Tulisan terakhir September 16, 2016, 01:41:04 PM
oleh Sultan
0 Jawaban
424 Dilihat
Tulisan terakhir September 27, 2016, 10:20:13 PM
oleh Kang Asep
1 Jawaban
382 Dilihat
Tulisan terakhir September 11, 2017, 12:46:22 AM
oleh Sultan

Ilmu Logika

Proposisi Syllogisme Kupas Logika TTS

Meditasi

Menenangkan Pikiran Mengembangkan Kekuatan-Kekuatan