Penulis Topik: Susah Bosannya  (Dibaca 859 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9592
  • Thanked: 61 times
  • Total likes: 482
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Susah Bosannya
« pada: Agustus 10, 2013, 01:38:33 AM »
Apakah Anda sering merasa bosan ? apakah Anda berusaha menghindari rasa bosan itu ?

saya tidak tahu, apakah Anda mempunyai pengalaman yang serupa dengan pengalaman saya atau tidak terkait dengan perasaan bosan, coba saja bandingkan sendiri!

Hobi saya adalah membaca dan menulis. kalau sudah hobi dengan ini, sepertinya sulit menemukan rasa bosannya. karena buku-buku, koran, majalah, dan media internet menyajikan banyak informasi yang selalu menarik. sejak zaman SMU dulu, saya bisa sampai seminggu tidak keluar rumah hanya untuk membaca dan menulis di dalam kamar. apalagi di zaman internet seperti sekarang, makin kerasa di dalam kamar, berselancar di dunia maya, susah untuk bisa merasa bosan.

tampaknya, pengalaman "asyik dengan dunia internet" itu bukan pengalaman saya seorang. beberapa kawan saya melaporkan hal yang sama. waktu saya mengajarkan meditasi pada seorang kawan, dia tidak tahan melakukannya dalam waktu setengah jam saja. lalu dia berkata, "saya heran, kenapa saya tidak kuat duduk diam dalam setengah jam meditasi. padahal kalau di depan komputer, saya bisa tiga hari tiga malam. padahal sama-sama diam. cuma jari jemari aja yang banyak bergerak. dan selama tiga hari tiga malam itu, gak ada bosan-bosannya. tapi kok untuk meditasi, setengah jam saja bosannya bukan main."

selanjutnnya, kalau Anda mencari di google, dengan kata kunci "internet Adictive", Anda bisa menemukan berbagai kasus, di mana banyak orang yang "kecanduan dengan internet". lalu, apakah saya atau Anda adalah orang yang termasuk "kecanduan internet" ?

saya ingin tahu, bagaiimana tanggapan dan pengalaman Anda dengan hal ini. apakah anda juga jarang merasa bosan kalau berhadapan dengan internet ? apakah Anda merasa sama bersemangatnya bila berhadapan dengan buku-buku ? ataukah Anda malas membaca buku, walaupun anda gemar browsing di internet ? Atau sebagaimanapun Anda bersemangat, akhirnya Anda akan bertemu juga dengan rasa bosan ?

kalau saya, munculnya perasaan bosan itu adalah momen yang ditunggu-tunggu. kenapa ? sebab bagi saya, bila saya merasa bosan dengan buku-buku dan internet, maka itu merupakan pertanda saya harus segera bermeditasi. rasa bosan itu bagaikan lonceng sekolah, untuk memberi tahu bahwa sudah waktunya masuk kelas. bagi saya, rasa bosa adalah bunyi lonceng, waktunya saya bersemedi. ketika masuk ke alam meditasi, saya dihadapkan kepada dunia yang lebih menakjubkan dari pada apa yang ditawarkan oleh buku-buku dan internet. semua informasi yang bisa saya peroleh dari sana, merupakan hal yang sangat berharga bagi saya, setiap ciri khas pengetahuan yang muncul dari alam meditasi sudah pasti disertai dengan munculnya kebahagiaan. masalahnya, susah sekali saya menemukan kondisi bosan. buku-buku dan internet, selalu menjadi sajian yang "terlalu menarik" bagi saya. Apakah Anda juga sama seperti yang saya rasakan ini ?

bagaimana saya bisa merasa bosan, kalau bosan itu memang saya tunggu-tunggu? ketika baru sedikit saja merasa bosan, lalu saya sadar bahwa saya mulai bosan, sayapun girang, karena "bel" meditasi akan segera berbunyi. karena girang, rasa bosan pun hilang. karena rasa bosan hilang, bel meditasi pun tak jadi berbunyi. jadi gak bosan-bosan.

sekarang saya benar-benar ingin tahu, bagaimana pengalaman Anda sendiri terkait hal ini ?

silahkan baca juga artikel lainnya yang terkait :

problem semangat
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
2 Jawaban
1479 Dilihat
Tulisan terakhir April 26, 2013, 09:15:22 AM
oleh kang radi
0 Jawaban
475 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 09, 2014, 01:17:17 PM
oleh Kang Asep

Ilmu Logika

Proposisi Syllogisme Kupas Logika TTS

Meditasi

Menenangkan Pikiran Mengembangkan Kekuatan-Kekuatan