Penulis Topik: Konjungsi Introduksi  (Dibaca 152 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9589
  • Thanked: 61 times
  • Total likes: 482
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Konjungsi Introduksi
« pada: Maret 11, 2018, 05:56:41 AM »
Aturan pertama dari Deduksi Alami disebut Konjungsi Introduksi. Aturannya sangat sederhana dan mudah diingat, sebagai berikut :

Jika ditemukan A, sedangkan pada kesempatan yang sama atau di lain kesempatan ditemukan B, maka dapat disimpulkan A dan B, ditulis sebagai berikut :

                 A                   B
                 ‎-----------------
                 ‎.       A ∧ B
Misalnya :
Anda mengetahui bahwa Sinta berparas cantik. Di kemudian hari, Anda mengetahui bahwa Sinta itu pintar. Maka dapat anda simpulkan bahwa Sinta itu berparas cantik dan pintar.

Walaupun aturan ini sederhana, namun yang perlu anda ingat adalah istilah nya, dan juga memahami bahwa ini merupakan aturan pertama Deduksi Alami.

Sebagaimana aturan dalam memindahkan budak catur. Itu sebenarnya sederhana saja. Asa yang bergerak lurus, serong, leter L, dan ada yang hanya boleh bergerak satu langkah saja. Tapi aturan langkah bidak catur yang sederhana tersebut, tidak sederhana lagi kala sudah bermain catur, apalagi bila dihadapkan pada lawan yang handal.

Perumpamaan lainnya seperti nyetir mobil. Dari Jakarta ke Bandung aturannya sederhana saja, kalau tidak belok kanan ya belok kiri. Tapi aturan sederhana tersebut, akan digabungkan dengan berbagai peraturan lainnya yang pelik.

Demikian pula aturan-aturan Deduksi Alami, yang pertama ini sangat mudah dan sederhana. Dan akan tetap mudah lagi sederhana, bila aturannya disimak satu persatu hingga aturan yang ke sebelas. Tapi bila Anda ketinggalan kajiannya, maka pada bab-bab berikutnya akan mengalami kesulitan dalam memahami cara kerja Deduksi Alami.

Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Tags:
 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
0 Jawaban
924 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 28, 2014, 05:30:35 PM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
244 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 10, 2018, 05:27:22 AM
oleh Kang Asep

Ilmu Logika

Proposisi Syllogisme Kupas Logika TTS

Meditasi

Menenangkan Pikiran Mengembangkan Kekuatan-Kekuatan