Penulis Topik: Karena Banyak Orang Bertanya Tentang Keyakinan Saya  (Dibaca 3150 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9342
  • Thanked: 57 times
  • Total likes: 383
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Karena Banyak Orang Bertanya Tentang Keyakinan Saya
« pada: September 10, 2012, 04:36:09 PM »
mulanya saya tidak ingin mengupas masalah keyakinan saya pribadi. tapi karena banyak orang yang terus menerus bertanya tentang apa yang saya yakini, maka inilah jawaban saya.

Banyak orang bertanya, “Apakah keyakinan Anda, Sunni atau Syiah?”

Umumnya saya tidak menjawab pertanyaan tersebut karena khawatir orang yang bertanya menjadi bingung, atau bahkan menjadi gila karena terlalu sulit memahami jawaban yang saya berikan kepadanya. Oleh karena itu, sebelum menjawab pertanyaan tersebut, maka saya saya ingatkan bahwa apabila Anda bukan orang yang terbiasa dengan filsafat, sebaiknya anda tidak usah meneruskan membaca tulisan ini. Sebab, saya tidak akan bertanggung jawab bila anda menjadi bingung kemudian.

Karena orang terus menerus bertanya, baik di dunia nyata maupun di dunia maya tentang apa yang menjadi keyakinan saya, maka saya jawab, “keyakinan saya bukan syiah bukan pula sunni. Bukannya bukan syiah, bukan pula bukannya sunni”. Apakah jawabannya membingungkan? Jika membingungkan, maka itu sesuai dengan pertanyaannya yang membingungkan. Tidak akan ada jawaban yang benar bagi sebuah pertanyaan yang salah, kecuali jawaban yang salah pula. Jadi jawaban salah = jawaban benar. Bingung lagi?

Meyakini bahwa imam Mahdi telah terlahir merupakan keyakinan syiah. Tapi apakah saya meyakini bahwa imam Mahdi telah terlahir? Tidak. Jadi saya tidak memiliki keyakinan syiah yang ini.

Meyakini bahwa imam Mahdi belum terlahir saat ini merupakan keyakinan sunni. Tapi apakah saya meyakini bahwa imam Mahdi belum terlahir? Tidak. Jadi, saya tidaklah memiliki keyakinan sunni yang ini.

Meyakini bahwa tidak semua sahabat adalah adil merupakan keyakinan syiah. Tapi, apakah saya yakin bahwa tidak semua sahabat adil? Tidak. Jadi, saya tidak memililiki keyakinan syiah yang ini.

Meyakini bahwa seluruh sahabat nabi itu adil merupakan keyakinan sunni. Tapi apakah saya meyakini bahwa semua sahabat adil? Tidak. Jadi saya tidak memiliki keyakinan sunni yang ini.

Tidaklah dapat dikatakan, “Keyakinan saya syiah” ataupun “Keyakinan saya sunni”. Lalu, apa yang saya yakini?

Saya meyakini bahwa alam semesta ini ada. Inilah keyakinan saya, juga merupakan keyakinan syiah maupun sunni. Jadi keyakinan saya tidak dapat dikatakan bukannya bukan keyakinan syiah, bukannya pula bukan keyakinan sunni. Memangnya, keyakinan akan adanya alam semesta itu keyakinan siapa?

Kalau memang ada yang penasaran, ingin mengetahui lebih jauh tentang hal-hal apa saja yang saya yakini, maka akan saya kemukakan sebagiannya. Sebagai berikut :

Saya meyakini bahwa tubuh manusia merupakan bagian dari benda hidup.
Saya meyakini benda hidup itu merupakan bagian dari benda.
Saya meyakini bahwa manusia membutuhkan oksigen untuk bernafas.
Saya meyakini bahwa segala makhluk memiliki sebab keberadaannya.
Saya meyakini bahwa segala makhluk mengalami perubahan.
Saya meyakini  bahwa saya telah terlahir ke dunia ini, menjadi semakin tua dan akhirnya akan mati..

Saya meyakini bahwa ada manusia yang baik, ada juga manusia yang jahat.
Saya meyakini bahwa ada manusia yang berlaku adil, ada juga yang dzalim.
Saya meyakini bahwa diantara umat manusia itu ada manusia bijaksana dan ada juga manusia yang tidak bijaksana.

Saya meyakini bahwa umat manusia memiliki keyakinan yang sangat beragam.
Saya meyakini bahwa umat manusia telah, sedang dan akan berselisih faham.
Saya meyakini bahwa manusia sehat itu mempunyai kemampuan berpikir.
Saya meyakini bahwa manusia mempelajari sesuatu dengan cara mempergunakan pikirannya.
Saya meyakini  bahwa manusia butuh kejernihan pikiran untuk dapat belajar dengan benar.   

Saya meyakini bahwa kehendak manusia mendahului perbuatannya.
Saya meyakini bahwa setiap perbuatan melahirkan suatu akibat.
Saya meyakini bahwa seorang manusia dapat bersedih karena ia tidak memperoleh apa yang diinginkannya.
Saya meyakini bahwa seorang manusia dapat menjadi gembira, karena ia memperoleh apa yang menjadi keinginannya.
Saya meyakini bahwa sebagian manusia diperbudak oleh keinginannya sendiri sampai mereka jatuh pada suatu penderitaan yang dalam.

Saya meyakini bahwa kekuatan konsentrasi membawa seseorang kepada kedamaian.
Saya meyakini bahwa kekuatan konsentrasi menjadi pondasi kejernihan pikiran dalam memahami segala sesuatu sebagaimana adanya.
Saya meyakini bahwa seseorang yang telah sampai kepada konsentrasi yang sempurna, maka terbentang baginya tiga jalan, yaitu jalan ilmu pengetahuan, jalan kesucian dan jalan mistik.
Saya meyakini bahwa terkadang, ucapan dan perbuatan orang-orang bijaksana membingungkan orang bodoh.
Saya meyakini bahwa orang bodoh perlu diajari ilmu secara bertahap.

Saya meyakini bahwa bila A adalah B, sedangkan B adalah C, maka pastilah A itu C.

Itulah sebagian dari keyakinan-keyakinan yang bisa saya sebutkan, maka sekarang saya coba tanya, keyakinan siapakah itu? apakah itu keyakinan syiah apakah keyakinan sunni?

Seandainya anda faham dengan semua itu, tentulah anda tidak akan bertanya lagi, apakah saya sunni atau syiah.

Bagi saya, sebagian orang sunni sunni maupun syiah adalah orang-orang yang terjebak di alam konsepsi, alam pemikiran yang idealis. Saya tidaklah seperti mereka itu. keyakinan seharusnya berpijak pada pengetahuan yang benar. Pengetahuan yang benar haruslah berpijak pada fakta-fakta yang ada di dalam semesta. Inilah konsep keyakinan yang saya miliki.

Selanjutnya, segala fakta yang bisa ditangkap oleh pencaindra adalah fakta yang perlu difahami dengan akal pikiran. Dan Logika adalah yang mengatur jalannya pikiran ini, sehingga terlahirlah kebenaran hakiki darinya. Sampai di sini saja batas pengetahuan yang bisa dicapai oleh kekuatan pikiran manusia. Tetapi, kebenaran apapun yang bisa diperoleh oleh pikiran, bukanlah kebenaran yang sesungguhnya, melainkan hanya kebenaran yang menjadi pengantar kepada kebenaran ilahiah, yang letaknya di luar tapal batas pikiran manusia. Walaupun terletak di luar tapal batas pikiran, tapi manusia dapat menyelaminya, bukan dengan pikirannya, tetapi dengan jiwanya. 

Selanjutnya, mari kita lihat siapa yang tercerahkan dengan jawaban ini? Siapa yang menjadi bingung? Siapa yang menjadi bersedih? Siapa yang berpura-pura tak peduli? Dan siapa yang akan murka dengan kemurkaan yang setengah gila?
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Offline Ratno Golan

Re:Karena Banyak Orang Bertanya Tentang Keyakinan Saya
« Jawab #1 pada: September 11, 2012, 05:48:14 AM »
jika demikian saya termasuk yang bersedih
 

Offline Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9342
  • Thanked: 57 times
  • Total likes: 383
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Re:Karena Banyak Orang Bertanya Tentang Keyakinan Saya
« Jawab #2 pada: September 12, 2012, 10:15:09 PM »
jika demikian saya termasuk yang bersedih

ketika saya menulis kata-kata di atas, "tercerahkan", "bersedih", "pura-pura" dan "murka", maka terbayang pulalah siapa orang-orangnya. tidaklah saya katakan hal-hal tersebut demikian, kecuali karena memang melihat adanya potensi terjadinya efek-efek tersebut pada orang yang berbeda-beda. tapi tidak ada yang bisa saya lakukan selain membiarkan semua reaksi mental seperti persepsi, dugaan, prasangka, keyakinan, kegembiraan, kemarahan atau kebencian yang harus muncul untuk muncul.

bila kang Ratno bersedih, maka akang boleh mengemukakan alasan-alasannya bila mau. boleh juga menyimpannya sebagai rahasia di dalam hati.
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Offline ratna

  • Global Moderator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 1862
  • Thanked: 2 times
  • Total likes: 17
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re:Karena Banyak Orang Bertanya Tentang Keyakinan Saya
« Jawab #3 pada: September 15, 2012, 09:30:11 AM »
  Seandainya boleh saya ibaratkan, ID Kang_asepr itu seperti misteri, yang merangsang sebagian orang untuk berusaha mengenali siapa sesungguhnya kang asepr berikut keyakinannya itu, melalui pemikiran gagasan ataupun wacana yang sering akang sampaikan di banyak waktu dan tempat. Ini bisa diketahui dari banyaknya respon di setiap kali akang hadir, baik sebagai pengusung tema maupun sebagai komentator. Diantara respon - respon itu ada yang tampak keras dan ada juga yang datar - datar saja, baik yang sifatnya positif maupun negatif, tapi biarlah, seperti kata pepatah rambut boleh sama hitam tetapi isi kepala tentu berbeda, bahkan ini sangat indah berhubungan dengan manusia dan dinamika pemikirannya, tetapi ada semangat yang hampir sama dari semua itu, yakni semangat untuk mengetahui lebih jauh, semangat yang berangkat dari rasa penasaran, dan diantaranya adalah saya sendiri.
  Adapun hal positif yang bermanfaat yang bisa saya ambil dari kang asep maupun respon respon yang mengemuka, sebagiannya adalah..bahwa saya mengetahui di dalam agama ini ada beberapa aliran yang berbeda salah satunya adalah syiah dengan konsep konsepnya yang bersifat baru bagi saya yang kemudian membuat saya tertarik untuk mengetahui lebih jauh, dan juga aliran salafi wahabi.
  Jika kemudian saya merasa bersedih, ini hanyalah karena saya ingin ID Kang_asepr dengan keyakinannya, tetaplah menjadi sesuatu yang misterius sehingga pertanyaan pertanyaan seputar kang asep dan keyakinannya ini tetaplah gencar disampaikan dan berbagai argumenpun tetaplah muncul kepermukaan sedemikian rupa, sehingga saya dapat belajar baris perbaris dari keramaian pertanyaan dan argumennya itu. Tetapi tak apalah toh masih ada sebagian lagi yang masih disembunyikan....Jadi kesedihan saya hanyalah bentuk lain dari kekawatiran saja kang, mohon maaf dan tetap semangat kang.
 

Offline Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9342
  • Thanked: 57 times
  • Total likes: 383
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Re:Karena Banyak Orang Bertanya Tentang Keyakinan Saya
« Jawab #4 pada: September 15, 2012, 10:13:12 AM »
apapun reaksi orang terhadap saya, tentu saya harus selalu menerimanya dengan lapang dada, apakah itu reaksi positif atau negatif. Demikian sang Guru mengajari saya.

dulu saya kadang sedih, kecewa, marah atau jengkel dengan kelakukan murid-murid yang kadang malas dalam belajar, melanggar aturan, tidak patuh, serta menyimpang dari keharusan, sehingga saya mengeluhkan semua itu kepada guru, tapi sang Guru menjawab, "Jika mereka telah sempurna dalam kebajikannya, untuk apa mereka datang kepada mu?"

Sang Guru telah mengingatkan bahwa justru kewajiban saya adalah mengajari orang malas sehingga ia bersemangat, mengajari pelanggar aturan sehingga ia patuh, mengubah kebodohan menjadi kebijaksanaan. jdi, seandainya ada reaksi-reaksi negatif dari orang lain, itu adalah memang sudah lahan pekerjaan saya.

akan tetapi, kekhawatiran, kesedihan, kemarahan, dan kebencian, tidak selalu merupakan hal buruk. Allah menganugrahkan semua perasaan itu bukanlah tanpa manfaat, melainkan ada manfaatnya. mereka yang bersedih, hendaklah bersedih dengan benar, dan dimanfaatkan untuk hal benar. mereka yang marah, hendaklah marah dengan cara yang benar, dimanfaatkan untuk hal-hal yang benar, sebagaimana seharusnya mereka memanfaatkan kegembiraan dengan cara yang benar, untuk hal yang benar.
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Offline kucingrumah

Re:Karena Banyak Orang Bertanya Tentang Keyakinan Saya
« Jawab #5 pada: Oktober 08, 2012, 09:42:12 PM »
Keyakinan yang menarik kang (pertanyaan yang salah, jawaban yang salah = jawaban yang benar)
keyakina itu urusan masing-masing individu, orang lain hanya bisa berkomentar  :) :) :) :) :) :) :) >: :D
 

Offline Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9342
  • Thanked: 57 times
  • Total likes: 383
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Re:Karena Banyak Orang Bertanya Tentang Keyakinan Saya
« Jawab #6 pada: Oktober 09, 2012, 11:49:31 AM »
nah betul begitu.
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Offline perduto

Re:Karena Banyak Orang Bertanya Tentang Keyakinan Saya
« Jawab #7 pada: Oktober 10, 2012, 01:49:40 AM »
intermeso.
Setelah melewati proses antah berantah, klak-klik link internet, saya terdampar di forum ini.
hmm taqline yang menggoda, komunitas pemikir. mulai membaca cepat sebagian thread, kemudian terdampar(lagi-lagi) ke thread ini.

Bisa dibilang inilah adalah tulisan yang "mencerahkan", memberi informasi dengan siapa saya berkomunikasi. Hingga akhirnya sesuai salah satu judul thread anda: mencari yang sepemikiran (isinya belum saya baca haha) saya mantap mengklik tombol registrasi.  :)

meski mata sudah 2,5 watt, karena ini sudah dini hari.
meski awalnya rada kagok dengan beberapa istilah, karena tampilan forum ini bahasa indonesia.
meski harus mengerutkan dahi, karena ketika menekan tombol "ganti capcha" justru kembali ke page persetujuan.
meski jumlah anggotanya masih tidak banyak, tapi karena bagi saya kualitas itu diatas kuantitas, akhirnya saya tetap mengklik tombol registrasi  :)

salam kenal semuanya...
 

Offline Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9342
  • Thanked: 57 times
  • Total likes: 383
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Re:Karena Banyak Orang Bertanya Tentang Keyakinan Saya
« Jawab #8 pada: Oktober 10, 2012, 02:38:53 PM »
salam kenal kang perduto. selamat bergabung! slamat Berdiskusi! dan semoga Anda betah di sini!
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Offline Seremonia

Re:Karena Banyak Orang Bertanya Tentang Keyakinan Saya
« Jawab #9 pada: Januari 10, 2015, 12:27:32 PM »
Keyakinan Kang Asep dikembalikan kepada Al Quran, karena ketika sesuatu ajaran diterjemahkan lebih lanjut, maka tafsir berikutnya boleh jadi masih jauh atau sedemikian dekat atau sesuai dengan Al Quran.

Namun ketika segala sesuatu dikembalikan kepada induknya dan berharap memperoleh yang terbaik, maka entah sunni atau syiah atau apapun, maka yang diharapkan hanyalah perbaikan pemahaman terus menerus terhadap bagaimana mengaplikasikan Al Quran.

Dengan tidak menegaskan berkubu kepada salah satu sunni atau syiah, maka jelas anda menginginkan kebenaran secara apa adanya dan mengharapkan kebenaran dapat lebih jelas dipahami secara apa adanya.

Bayangkan sebuah buku cerita yang sudah sering dibaca oleh banyak orang di masa buku tersebut dicetak, dimana banyak pembaca mengenal dekat secara pribadi dengan pengarang buku tersebut, sehingga dikenal mereka sebagai orang yang paling dekat dengan pengarang buku atau paling tidak asisten dari pengarang buku. Melalui mereka pulalah kita dapat mengenal alur cerita dari buku tersebut. Tetapi karena pada akhirnya setiap orang meninggal dan hanya menyisakan pemahaman tertulis, maka inipun menjadi sarana penterjemahan (penafsiran lebih lanjut). Banyak pola penafsiran yang sedemikian bertolak belakang terjadi di antara banyak kalangan yang berusaha menafsirkan buku cerita tersebut.

Namun ada beberapa orang yang berusaha mempelajari alur dari buku cerita tersebut melalui pengarang buku yang sebenarnya telah meninggal. Berbeda dengan Al Quran, dimana Al Quran dibuat oleh Allah, dan Allah menjamin untuk memelihara Al Quran, maka ada kalangan yang mengembalikan penjelasan langsung kepada pembuat Al Quran itu sendiri.

Dan Kang Asep adalah satu diantara mereka yang mengembalikan penjelasan Al Quran kepada PemilikNya.

Jadi, apa keyakinan Kang Asep? Keyakinan Kang Asep adalah sejauh bagaimana Kang Asep mampu melihat kebenaran dari Tuhannya secara langsung, yang kemudian dicerna lagi menurut akal sehat untuk melihat kesesuaian satu terhadap lainnya (Al Quran+Hadits+Realita) yang masih dalam batas kebenaran.
« Edit Terakhir: Januari 10, 2015, 12:31:07 PM oleh Seremonia »
Saya bebas bukan karena memiliki pilihan, tetapi saya bebas karena saya bersandar kepada Tuhan!
 

Offline Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9342
  • Thanked: 57 times
  • Total likes: 383
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Re:Karena Banyak Orang Bertanya Tentang Keyakinan Saya
« Jawab #10 pada: Januari 10, 2015, 12:39:18 PM »
Kutip dari: seremonia
Dengan tidak menegaskan berkubu kepada salah satu sunni atau syiah, maka jelas anda menginginkan kebenaran secara apa adanya dan mengharapkan kebenaran dapat lebih jelas dipahami secara apa adanya.
...

Dan Kang Asep adalah satu diantara mereka yang mengembalikan penjelasan Al Quran kepada PemilikNya.


 :PDT_Armataz_01_37:
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Offline Monox D. I-Fly

Re:Karena Banyak Orang Bertanya Tentang Keyakinan Saya
« Jawab #11 pada: Maret 25, 2015, 11:27:28 AM »
Alhamdulillah, berarti Kang Asep merupakan orang yang mengerti akan adanya "wilayah abu-abu". Jujur saya nggak suka dengan orang-orang yang hanya melihat dunia sebagai dua sisi hitam dan putih: Kalau nggak Syi'ah ya Sunni, kalau nggak Sunni ya Syi'ah. Dari situ melebar lagi: Syi'ah bilang Sunni antek Yahudi, Sunni sendiri bilang Syi'ah yang antek Yahudi, padahal dua-duanya musuh Yahudi. Ini yang tidak saya suka. Saat ada banyak musuh, mereka cenderung berkesimpulan bahwa musuh-musuh mereka saling berkerjasama. Padahal seringkali musuh mereka yang banyak itu juga saling bermusuhan. Dunia ini battle royale Bung, musuh dari musuh belum tentu teman!
 

Offline Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9342
  • Thanked: 57 times
  • Total likes: 383
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Re:Karena Banyak Orang Bertanya Tentang Keyakinan Saya
« Jawab #12 pada: Maret 25, 2015, 11:35:58 AM »
Artikel terkait di sini => Pluralisme
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Tags:
 

GoogleTagged



Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
2 Jawaban
2553 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 16, 2012, 07:17:08 AM
oleh Kang Asep
11 Jawaban
3819 Dilihat
Tulisan terakhir April 29, 2015, 10:47:47 AM
oleh Kang Asep
10 Jawaban
14135 Dilihat
Tulisan terakhir April 19, 2013, 05:12:04 AM
oleh Kang Asep
1 Jawaban
8851 Dilihat
Tulisan terakhir September 09, 2015, 10:59:09 PM
oleh Monox D. I-Fly
3 Jawaban
1726 Dilihat
Tulisan terakhir November 17, 2015, 12:46:55 AM
oleh Monox D. I-Fly
0 Jawaban
934 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 10, 2015, 07:21:09 AM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
378 Dilihat
Tulisan terakhir September 14, 2015, 12:54:57 AM
oleh m88a1097
3 Jawaban
878 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 08, 2016, 10:38:21 AM
oleh Monox D. I-Fly
0 Jawaban
183 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 31, 2016, 10:57:01 AM
oleh seorang
0 Jawaban
127 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 14, 2017, 04:33:21 PM
oleh nurbajubatik

Ilmu Logika

Proposisi Syllogisme Kupas Logika TTS

Meditasi

Menenangkan Pikiran Mengembangkan Kekuatan-Kekuatan