Penulis Topik: Definisi Algoritma  (Dibaca 72 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9592
  • Thanked: 61 times
  • Total likes: 483
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Definisi Algoritma
« pada: Maret 25, 2018, 04:30:51 AM »
Definisi Algoritma
Edisi : 22 Maret 2018

"Algoritma adalah langkah-langkah penyelesaian masalah secara terstruktur dan sistematis". Demikian kata Bu Falahah, dosen yang mengajar saya ketika kuliah dahulu. Ungkapannya tentang definisi Algoritma seolah masih terngiang di telinga saya hingga sekarang. Karena term "penyelesaian masalah" langsung menarik minat saya.
Walaupun sewaktu kuliah, saya tidak cukup berprestasi dalam bidang algoritma, tapi Bu Falahah telah dapat memotivasi saya untuk terus menekuni bidang algoritma, sedikit demi sedikit.

Dalam hidup ini, kita selalu dihadapkan kepada banyak masalah yang harus kita selesaikan. Kemampuan masing-masing orang dalam menyelesaikan masalah itu berbeda-beda. Saya pikir, algoritma dapat membantu saya dalam meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah. Itulah mengapa, dari definisinya saja saya sudah merasa tertarik dengan algoritma.

Pada waktu itu, Bu Falahah memberikan berbagai contoh sederhana tentang bagaimana maksud dari menyelesaikan masalah, mulai dari masalah membuat kue hingga mengerjakan PR matematika. Setelah saya menyimak penjelasan Bu Falahah, maka saya menyimpulkan bahwa "menyelesaikan masalah" di sini sama artinya bukan berarti semua masalah dapat diselesaikan dengan Algoritma. Seperti pada akhirnya saya menghadapi masalah keuangan yang tidak dapat saya atasi, sehingga harus berhenti kuliah di tengah jalan.

Bila kita menghadapi suatu masalah, kita berpikir "apakah kita dapat menyelesaikan masalah ini, ataukah tidak ?" Bila dapat, maka "struktur dan sistematika dari langkah-langkah yang kita lakukan, itulah algoritma".

Ada prosedur yang harus kita lakukan untuk sampai pada suatu kondisi tertentu yang kita harapkan. Seperti misalnya "bagaimana caranya Anda sampai ke kampus Universitas atau ST pada pukul 7 pagi ?" Apakah hal ini merupakan masalah atau bukan bagi Anda ? Bukan masalah Anda, bila Anda bukan mahasiswa atau dosen yang harus pergi ke kampus. Juga, tidak Anda rasakan sebagai masalah bagi Anda yang memang tidak sulit datang ke kampus tepat pukul 7. Tapi bagaimana bila Anda punya kawan , mahasiswa baru, tidak tahu rute yang paling efektif pergi ke kampus ? Maka soal pergi ke kampus dapat menjadi masalah bagi dia. Lalu Anda mencoba menjelaskan langkah-langkah yang harus dilakukan teman Anda. Misal Anda tinggal di Cibiru Bandung. Dan kampus Anda ada di Jl. Jakarta Bandung. Anda dapat berkata "naiklah bus, dan carilah kampus STIMIK pagi-pagi benar". Ini juga sudah merupakan algoritma, karena anda telah menjelaskan langkah-langkah nya. Tapi, algoritma seperti itu dapat menjadi ambigu bagi kawan Anda, soalnya banyak bus lewat, bisa-bisa kawan Anda naik bus jurusan Lebak Bulus. Tujuan dari pengajaran teori-teori algoritma bukan hanya dapat memberi instruksi serta menjelaskan langkah-langkah pengerjaan instruksi tersebut, melainkan juga menyusunnya secara sistematis, terstruktur, jelas, efektif, ringkas , fungsional dan tanpa ambiguitas.

Contoh :

1. Maunya jalan kaki atau naik ojeg ke jalan raya ?
2. ‎kalau jalan kaki, bangunlah selambatnya pukul 4 pagi,
3. ‎lalu mandi, berpakaian rapi lalu pergilah jalan kaki hingga ke jalan raya.
4. ‎jika naik ojeg, bangunlah selambatnya pukul 5. Lalu ke lakukan prosedur 3.
5. ‎naik bus jurusan alun-alun
6. ‎berhentilah di jalan Jakarta, 300 meter setelah lampu merah
7. ‎Berjalan ke arah barat, sampai ketemu plang bertuliskan "STIMIK".
8. ‎itulah kampus nya, dan masuklah

Jika, ternyata di jalan Jakarta ada dua kampus STIMIK, berarti algoritma di atas belumlah selesai, belum dapat dieksekusi dan masih harus diperbaiki hingga semua instruksi jelas dapat dilakukan tanpa ambiguitas.

Ambiguitas juga tidak saja bergantung pada pihak yang memberi instruksi. Tapi juga bergantung pada pihak yang di beri instruksi. Misalnya, anda memberi uang pada istri Anda dan Anda berkata "simpanlah uang tersebut !" Maka istri anda akan menyimpan di tempat yang aman. Tapi kalau anda memberi instruksi pada anak kecil, maka dia bisa saja menyimpan uang sembarangan, sehingga anda perlu memperjelas instruksi Anda " Simpanlah uang itu di lemari kamu. Bila kamu perlu ambil saja secukupnya. Tolong dihemat." Tak perlu bilang begitu kepada istri Anda, karena dia sudah tahu prosedur yang benar.

Sekarang, algoritma pada umumnya diterapkan dalam bahasa pemrograman, yaitu bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi dengan mesin komputer. Karena itu, instruksi yang digunakan harus jelas, tidak ambigu dan dapat dieksekusi oleh komputer tersebut. Akan tetapi, penerapan algoritma sebenarnya tidak sebatas pada bidang bahasa pemrograman. Tapi juga bisa diterapkan dalam berbagai bidang lainnya, termasuk dalam bidang filsafat, seni diskusi atau Dialektika Logika.

Akhir kata, setelah melalui banyak proses penelaahan, saya ingin memberikan definisi tersendiri tentang algoritma, yaitu "langkah-langkah pengerjaan suatu instruksi secara bertahap, terstruktur dan sistematis". Maksud dari definisi ini sama saja dengan apa yang di sampaikan Bu Falahah, hanya dengan istilah yang berbeda. Anda pun diperbolehkan membuat definisi baru tentang algoritma. Definisi boleh beda, yang penting sama-sama dapat membuat algoritma yang berguna.
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Tags: Algoritma 
 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
4 Jawaban
2732 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 03, 2013, 03:05:12 PM
oleh Kang Asep
16 Jawaban
2608 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 24, 2015, 11:39:32 AM
oleh kang radi
8 Jawaban
1638 Dilihat
Tulisan terakhir April 27, 2013, 05:31:53 AM
oleh Kang Asep
Definisi Bid'ah

Dimulai oleh ratna « 1 2 3 » Definisi

32 Jawaban
8773 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 14, 2013, 12:39:01 PM
oleh ratna
2 Jawaban
1943 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 28, 2014, 05:11:09 AM
oleh Kang Asep
Definisi

Dimulai oleh Kang Asep Definisi

0 Jawaban
1697 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 28, 2014, 10:15:49 AM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
312 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 20, 2016, 09:24:28 AM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
172 Dilihat
Tulisan terakhir September 06, 2016, 09:27:22 AM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
33 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 31, 2017, 04:19:51 AM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
49 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 31, 2018, 04:52:13 AM
oleh Kang Asep

Ilmu Logika

Proposisi Syllogisme Kupas Logika TTS

Meditasi

Menenangkan Pikiran Mengembangkan Kekuatan-Kekuatan