Penulis Topik: Tak Bisa dan Tak Mungkin  (Dibaca 2177 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9592
  • Thanked: 61 times
  • Total likes: 483
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Tak Bisa dan Tak Mungkin
« pada: November 06, 2014, 01:24:28 PM »

“Tak bisa dan tak mungkin!” itulah hal yang saya sampaikan saat Lidya menggodaku, mengajakku pada perbuatan seks yang menyimpang, yang tidak sah.

“Walaupun saya suka dan saya mau, tapi saya tak bisa dan tak mungkin melakuannya.” Demikian saya tegaskan.

Lidya tampak heran, lalu bertanya, “Kenapa?”

“Bagaimana bisa dan bagaimana mungkin saya dapat menyentuh tubuhmu, bila setiap kali saya hendak melakukannya, ada sesuatu di dalam diriku yang seolah-olah menusuk jantungku? Bagaimana caranya saya akan dapat bercinta denganmu?”

Lidya semakin heran, “Menusuk jantungmu? Apakah hal itu juga terjadi saat kamu hendak bercinta dengan istrimu ?”

“Tidak.”

“Aneh, kok begitu ?”

“Mungkin saya tahu alasannya, mungkin juga tidak mengetahui. Tapi saya rasa, jika saya tahu, tidak perlu saya uraiakan alasannya saat ini, yang penting kamu tau, apa alasanku menolak ajakanmu.” Saya.

Rupanya Lidya tidak percaya alasan saya, sehingga dia berkata, “saya rasa, kamu tidak menyukai saya, sehingga kamu membuat alasan yang mengada-ada. Kalau gak mau, bilang aja gak mau, gak usah bikin alasan yang aneh-aneh!”

“Wallahu, saya bersumpah, bahwa saya menyukai cantiknya wajahmu, dan perasaan saya sangat tergoda oleh keindaha tubuhmu. Tetapi saya, tidak bisa dan tidak mungkin menyentuh tubuhmu atas dorongan hasrat birahi. Ada kekuatan-kekuatan gaib yang mencegahku melakukan hal itu. Billahi, saya benar-benar mersakan itu.” saya mencoba meyakinkan dengan sumpah.

“Saya tidak cukup mengerti apa yang kamu katakan. Kamu ini orang yang aneh. Tapi entah mengapa, saya menyukaimu.” Lidya tampak bingung. 

“Jika kamu belum mengerti apa yang kukatakan, maka semoga orang-orang yang menyaksikan pembicaraan kita ini dapat memahaminya dan menjadikannya sebagai pelajaran!” kata saya.

“Lha ... bagaimana mereka tahu, kan mereka enggak denger pembicaraan kita ?” Lidya heran.

Saya menjawab, “Bukan mereka yang berdiri di sana itu, tapi mereka, para pembaca medialogika.org, bila dialog kita ini saya tulis dan saya posting ke forum, semoga menjadi bahan renungan!”

Sungguh memang, ada sesuatu yang memaksa saya berbuat kebajikan dan mencegahku berbuat kemunkaran. Semoga saja itu adalah kekuatan yang terpancar dari shalatku, sebagaimana firman Allah, “Inna shalata tanha anil fahsya i wal munkar.”  sesungguhnya, shalat itu mencegahmu dari pebuatan keji dan munkar[1].

Walaupun demikian, tidak semua jenis kebajikan dapat saya lakukan, dan tidak semua dosa dan kesalahan dapat terhindari. Hanya, semain saya rela mengalah pada kekuatan-kekuatan yang membimbingku, maka kekuatan itu semakin kuat dan semkain menunjukan eksistensinya[2]. Dengan demikian, semakin banyak jenis kebaikan yang dapat saya lakukan dan semakin banyak dosa yang dapat saya hindari.

Bagaimana dengan Anda, apakah ada di dalam dirin Anda kekuata ajaib yang memaksa Anda berbuat kebaikan ? adakah sesuatu yang menusuk jantung Anda, ketika Anda hendak berbuat dosa dan kesalahan, sehingga Anda membatalkan niat jahat Anda ? pasti hal yang sama ada di dalam diri Anda, karena setiap manusia memiliki pembimbing yang sama[3].

Jika Anda mengalami, merasakan hal sebagaimana yang saya alami dan saya rasakan, maka Anda tidak sulit menerima konsep “kemaksuman para imam”. Jika manusia biasa saja bisa meraih ishmah, yaitu pengetahuan batin yang mencegahnya dari perbuatan keji dan munkar, maka bagaimana dengan para imam, hamba yang disucikan Allah[4] ? tentu mereka benar-benar terjaga dari perbuatan dosa.
 1.  Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al Quran) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadah-ibadah yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan(Q.S 29:45).
 2. Lihat cerpen : Biji Pusaka Nurweda
 3.  maka Allah mengilhamkan kepada jiwa itu (jalan) kefasikan dan ketakwaannya, (Q.S 91:8)
 4.  Rasululla SAW bersabda, "Aku , Ali, Hasan, Husein dan sembilan keturunan Husain adalah maksum dan suci". (Bukhori As-Shaheh vol.II, hal 189)
« Edit Terakhir: November 06, 2014, 01:27:16 PM oleh Kang Asep »
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Offline wa2nlinux

Re:Tak Bisa dan Tak Mungkin
« Jawab #1 pada: November 07, 2014, 04:30:39 AM »
Hal esensi yg sama saya alami namun dalam mimpi kang, jadi menambah informasi terima kasih :)
 

Offline Sandy_dkk

Re:Tak Bisa dan Tak Mungkin
« Jawab #2 pada: November 07, 2014, 10:52:42 AM »
ada rasa yang sangat menyiksa saat kita melakukan sesuatu, sementara kita tahu bahwa sesuatu itu adalah kezhaliman.

tapi bagaimana saat kita melakukan sesuatu, sementara kita tidak tahu bahwa sesuatu itu adalah kezhaliman? apakah rasa siksaan itu juga ada?
Agama tidak berguna bagi orang gila!
 

Offline Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9592
  • Thanked: 61 times
  • Total likes: 483
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Re:Tak Bisa dan Tak Mungkin
« Jawab #3 pada: November 07, 2014, 01:44:16 PM »
tidak akan ada.

ada dua jenis pengetahuan.

pertama, pengetahuan tentang bentuk-bentuk kejahatan.

karena kita mengetahui sesuatu itu jahat, maka kita akan tersiksa karena kita melakukan bentuk kejahatan yang kita ketahui tersebut.

kedua, pengetahuan tentang akibat dari perbuatan jahaat.

karena mengalami suatu siksaan, maka dia tahu bahwa apa yang dilakukannya merupakan suatu bentuk kejahatan.

dikatakan "Tuhan mengampuni dosa akibat ketidak tahuan".

lalu ada yang berkata, "kalau begitu, lebih baik kita tidak tahu agar kita tidak berdosa".

tapi di dalam tubuh dan batin manusia terdapat alarm, yang jika dia melakukan suatu perbuatan dzalim, maka alarm itu berbunyi. lalu, bagaimana dapat dia menjadi "tidak tahu" bentuk kedzaliman, kecuali alarmnya itu sudah rusak ?
« Edit Terakhir: November 07, 2014, 01:50:56 PM oleh Kang Asep »
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Offline Sandy_dkk

Re:Tak Bisa dan Tak Mungkin
« Jawab #4 pada: November 07, 2014, 09:43:29 PM »
luar biasa...

ternyata kita tak bisa menolak untuk tahu bahwa apa2 yang kita lakukan merupakan kezhaliman atau bukan. kecuali alarm tubuh dan batinnya sudah rusak.

ketika kita melakukan sesuatu dan tak ada alarm yang dirasakan oleh kita, maka itu merupakan tanda bahwa apa yang kita lakukan bukan merupakan kezhaliman. sekali lagi, dengan syarat bahwa alarm tubuh dan batin kita tidak rusak.

lalu, apakah ada cara untuk mengetahui bahwa alarm tubuh dan batin kita masih berfungsi atau tidak?



tadinya saya berpikir, bahwa karena alarm tsb merupakan tanda bahwa kita melakukan perbuatan zhalim, maka untuk mengetahui bahwa alarm tsb masih berfungsi atau tidak kita harus melakukan perbuatan zhalim.
akan tetapi jika kita bersengaja melakukan perbuatan zhalim, itu artinya kita telah memiliki jenis pengetahuan pertama (pengetahuan tentang bentuk-bentuk kezhaliman), maka  rasa yang menyiksa muncul karena adanya pengetahuan yang pertama tsb. jadi percobaan untuk mengetahui apakah alarm tubuh dan batin masih bisa memberikan jenis pengetahuan kedua tanpa didahului adanya jenis pengetahuan pertama menjadi mentah dibuatnya.

nah, adakah cara untuk mengetahui bahwa alarm tubuh dan batin kita masih berfungsi atau tidak? adakah cara untuk mengetahui bahwa alarm tubuh dan batin masih bisa memberikan jenis pengetahuan kedua tanpa didahului adanya jenis pengetahuan pertama?
jangan2 ketika saya melakukan sesuatu sementara saya tidak memiliki jenis pengetahuan pertama dan alarm saya tidak memberikan suatu tanda, itu karena alarm saya telah rusak, bukan karena apa yang saya lakukan bukan merupakan kezhaliman? na'uzubillah.
Agama tidak berguna bagi orang gila!
 

Offline Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9592
  • Thanked: 61 times
  • Total likes: 483
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Re:Tak Bisa dan Tak Mungkin
« Jawab #5 pada: November 07, 2014, 10:00:43 PM »
Kutip dari: sandy
lalu, apakah ada cara untuk mengetahui bahwa alarm tubuh dan batin kita masih berfungsi atau tidak?

kita memiliki sepuluh jari. bagaimana kita tahu bahwa kesepuluh jari tersebut masih berfungsi dengan baik ? mudah, hanya tinggal mengamatinya saja dengan seksama. demikian pula dengan "alarm batin" yang kita miliki, hanya perlu memperhatikan saja dengan seksama. sebagaimana firman Allah "Innal insana linafsihi lanadzirah" sesungguhnya manusia itu melihat kepada dirinya

yang menyebabkan manusia tidak dapat melihat kepada kebenaran yang ada di dalam dirinya adalah syaitan. oleh karena itu, Allah berfirman, "Innaladziina taqau idza massahu thaaifum mina syaitaani tadzakkaruu. faidzaahum mubsiruun". sesungguhnya orang yang bertaqwa itu, apabila disentuh syaitan, mereka segera berdzikir. seketika itu juga mereka melihat".
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Offline gumalta

Re:Tak Bisa dan Tak Mungkin
« Jawab #6 pada: Agustus 17, 2015, 01:03:57 AM »
Bagaimana dengan Anda, apakah ada di dalam dirin Anda kekuata ajaib yang memaksa Anda berbuat kebaikan ? adakah sesuatu yang menusuk jantung Anda, ketika Anda hendak berbuat dosa dan kesalahan, sehingga Anda membatalkan niat jahat Anda ?

Dulu waktu iya. sekarang nggak, kayaknya :confuse:
 

Offline ratna

  • Global Moderator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 1862
  • Thanked: 2 times
  • Total likes: 22
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re:Tak Bisa dan Tak Mungkin
« Jawab #7 pada: Agustus 17, 2015, 07:24:36 PM »
nggak yakin?
 

Offline Ziels

Re:Tak Bisa dan Tak Mungkin
« Jawab #8 pada: Agustus 17, 2015, 09:26:51 PM »
Dulu waktu iya. sekarang nggak, kayaknya :confuse:

Sepertinya kita senasib, atau mungkin benar seperti apa yg dikatakan kang Ratna. Nggak yakin apa sekarang lebih baik drpada dulu atau sama atau lebih buruk atau gak tahu.
 

Offline gumalta

Re:Tak Bisa dan Tak Mungkin
« Jawab #9 pada: Agustus 17, 2015, 10:47:18 PM »
Frekuensinya/keseringannya aja yang kurang.
Kalo sekarang yang saya sadari, kadang walaupun saya sadar itu salah dan tetap saya lakukan, "alarm"-nya ga "nyala". Biasa aja..
Kalo pun ternyata "alarm"-nya nyala (seperti kejadian dalam waktu dekat ini dan beberapa bulan yang lalu), namun frekuensinya bisa dikatakan sedikit/jarang.
 

Offline Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9592
  • Thanked: 61 times
  • Total likes: 483
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Re:Tak Bisa dan Tak Mungkin
« Jawab #10 pada: Agustus 18, 2015, 11:06:27 AM »
Betul. jika kita sering mengabaikan alarm. lama-lama alarmnya seakan-akan gak bunyi.

seperti orang yang rumahnya pinggir jalan raya, dia tidur nyenyak walaupun klason kendaraan ramai bunyi di jalanan. beda kalo yang bisa tidur di kampung yang sepi. bila ada orang membunyikan klakson di halamannya, dia akan terkejut dan bangun dari tidur.
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Tags:
 

GoogleTagged



Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
0 Jawaban
1049 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 25, 2012, 09:45:17 PM
oleh Kang Asep
3 Jawaban
1219 Dilihat
Tulisan terakhir September 11, 2015, 09:07:37 AM
oleh gumalta
7 Jawaban
3619 Dilihat
Tulisan terakhir April 13, 2015, 02:13:00 AM
oleh Ziels
3 Jawaban
1740 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 17, 2013, 05:41:19 AM
oleh Abu Zahra
0 Jawaban
903 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 15, 2013, 09:14:34 AM
oleh Kang Asep
3 Jawaban
1457 Dilihat
Tulisan terakhir September 09, 2013, 10:17:39 AM
oleh kang radi
25 Jawaban
6462 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 16, 2014, 06:54:32 AM
oleh Kang Asep
2 Jawaban
9618 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 22, 2016, 02:32:34 PM
oleh Afot
7 Jawaban
1576 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 01, 2016, 03:53:34 PM
oleh Monox D. I-Fly
8 Jawaban
2665 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 21, 2015, 09:31:13 PM
oleh Seremonia

Ilmu Logika

Proposisi Syllogisme Kupas Logika TTS

Meditasi

Menenangkan Pikiran Mengembangkan Kekuatan-Kekuatan