Penulis Topik: Logika Mistik  (Dibaca 535 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9275
  • Thanked: 55 times
  • Total likes: 355
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Logika Mistik
« pada: Mei 20, 2016, 10:49:59 AM »
Lima Alasan Menggunakan Logika pada bidang Mistik


Logika Mistik adalah Logika yang diterapkan pada bidang mistik. Jadi, di sini mistisisme menempati material syllogisme.

Saya mengajak orang untuk mengenal dan menganalisa dunia mistik dengan logika. kenapa ? ada lima alasan berikut :

Alasan Pertama, karena banyak manusia manusia yang akrab dengan dunia mistik, namun tersesat akibat tidak mampu mensikapi fenomena-fenomena mistis dengan benar

Ada seorang wanita bernama Maya. Sejak remaja, dia ini perilakunya agak nakal. Pergaulannya kurang baik dan jauh dari kehidupan bergama. Orang tua dan saudaranya sudah bosan menasihati dia. Tapi dia seolah tidak mau mendengarkan nasihat-nasihat itu.

Suatu hari, dia mendapat bisikan gaib yang menyuruh dia mengenakan kerudung. seketika dia berubah drastis. sehari-harinya mengenakan jilbab, shalat lima waktu, sekaligus menjalankan shalat-shalat sunnah, serta rajin pula melakukan puasa sunnah. Ajaibnya, dia sebelumnya tidak bisa baca tulis al Quran. sejak mendapat bisikan gaib itu dia langsung mampu membaca al Quran dengan baik, serta langgam Qira'ah yang sangat menyentuh hati dan bukan dari Qira'ati Sab'ah.

Suatu hari, Sang Guru berjumpa dengan Maya. beliau berkata, "Sep, hati-hatilah! perempuan itu diikuti oleh jin!"

saya katakan, "saya tahu. tapi biarlah. jinnya nyuruh yang baik-baik kok, nyuruh shalat, puasa, ngaji dan sebagainya. si Maya itu kan asalnya boro-boro mau shalat dan puasa, pake hijab aja gak mau."

sang Guru berkata,"ye.. kamu ini. tahu tidak, jin itu bisa lebih berbahaya dari narkoba."

saya diam. rasa hati tidak percaya.

omongan guru saya ternyata benar. Jin yang tadinya nyuruh Maya shalat dan puasa, lalu secara perlahan-lahan membelokan dia ke jalan yang sesat serta mulai mengubah-ubah syariat Islam. kira-kira mirip dengan Lia Eden. Maya ini merupakan salah satu contoh wanita yang tersesat, karena tidak dapat mensikapi fenomena-fenomena mistik dengan benar. Dia meyakini semua ucapan "makhluk gaib" sebagai kebenaran. tapi omongan orang tuanya makhluk yang tidak hanya terdengar suara, tapi juga terlihat wujudnya, yang jelas menyayanginya, dia tidak mau percaya, gak mau dengar. Dia tidak memiliki standar yang jelas dalam menilai "benar-salah". dan di negeri ini, orang yang seperti itu Maya itu banyak sekali jumlahnya.

Alasan Kedua, karena banyak juga orang yang jauh dari dunia mistik, tidak memahami kebenaran dunia mistik, sehingga melakukan kebodohan dan kedzaliman akibat tidak mengerti dunia mistik tersebut.

salah satu contoh yang jelas adalah kakek saya dikubur hidup-hidup oleh kekuatan kehendak publik karena menganggapnya telah meninggal. padahal telah saya katakan dengan jelas, bahwa kakek saya tersebut bukan meninggal, melainkan sedang meraga sukma. namun, tidak ada yang percaya dan tidak ada yang memberi kesempatan pada saya untuk membuktikan, termasuk dari keluarga sendiri.

Alasan Ketiga, di dunia ini terdapat dua alam yang saling bersinggungan, yaitu alam kasar dan halus. alam dhahir dan gaib. manusia sendiri terdiri dari jasmani dan ruhani. Kehidupan manusia selalu bersentuhan dengan dunia mistik, sadar atau tidak. sehingga manusia tidak saja menghadapi hal-hal yang bersifat jasmani, tapi juga yang bersifat ruhani, tidak hanya menghadapi masalah ilmiah, tapi juga masalah mistik. Manusia tidak dapat menyelesaikan segala masalah yang dihadapinya. tapi dengan pengetahuan yang dimilikinya, manusia dapat menyelesaikan banyak masalah. Melengkapi diri dengan pengetahuan mistik, berarti menambah kemampuan diri untk menyelesaikan masalah-masalah yang dapat diselesaikan oleh ilmu mistik.

Alasan Keempat, Untuk mematangkan ilmu logika, maka kita dapat mengasahnya dengan ilmu bidang apa saja, seperti ilmu politik, filsafat, agama dan termasuk mistik. saya menyebut "mistisisme sebagai tantangan logika", karena mistisisme bukan saja tantangan untuk berpikir logis, tapi juga memiliki daya tarik yang kuat terhadap alam pikiran.

Alasan Kelima, saya menjadikan Logika sebagai perisai kebatinan. Setelah melalui perjalanan spiritual yang panjang, maka saya menemukan kebenaran-kebenaran secara bathiniyah, yang bila hal itu diungkapkan kepada orang yang belum siap akal pikirannya, nisaya saya akan dituduh sebagai orang kafir. Karena itu, salah satu alasan saya mengajarkan ilmu logika adalah untuk mempersiapkan orang-orang untuk siap dan mampu mencerna apa yang akan saya sampaikan dalam bidang ilmu kebatinan, sehingga mereka dapat melihat kebenarannya. jika melihatnya sebagai kesalahan, maka dapat melakukan penyangkalan dengan prosedur yang benar. Tapi untuk melihat kebenaran ini, tentu harus ada kemauan untuk menggunakan ilmu logika pada bidang mistik.

saya tidak mengharuskan setiap orang mempelajari ilmu logika maupun mistik. tapi logika adalah fitrah. dan mistik adalah sesuatu yang tidak terpisahkan dari pribadi setiap insan. setiap orang mengalami kejadian mistik, hanya ada yang menyadarinya dan ada yang tidak. saya hanya mendorong orang-orang untuk menyadari apa yang terjadi pada dirinya.
« Edit Terakhir: Mei 20, 2016, 11:00:59 AM oleh Kang Asep »
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Offline Sultan

  • Sang Pengembara Yang Mencari Kepingan - Kepingan Pecahan Cermin Kebenaran Yang Berserakan Di Segala Penjuru Alam Semesta
  • Sahabat
  • ***
  • Tulisan: 180
  • Thanked: 1 times
  • Total likes: 21
  • Jenis kelamin: Pria
  • Spiritualitas dan Kebatinan
    • Lihat Profil
Re:Logika Mistik
« Jawab #1 pada: Mei 20, 2016, 08:48:55 PM »
Saya mau tanya kang, Orang yang bernama Maya seperti yang akang maksud itu tempat tinggalnya di tempat akang tinggal ??
Kebenaran itu ibarat cermin yang pecah berkeping - keping. Masing - masing kepingnya adalah kebenaran. Namun kepingan - kepingan pecahan cermin tersebut berserakan di segala tempat. Tugas kitalah untuk memungut kepingannya satu per satu kemudian menyusunnya agar menjadi cermin yang utuh.
 

Offline Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9275
  • Thanked: 55 times
  • Total likes: 355
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Re:Logika Mistik
« Jawab #2 pada: Mei 21, 2016, 10:29:02 AM »
agak jauh. beda kecamatan.
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Tags:
 

GoogleTagged



Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
Mistik

Dimulai oleh Kang Asep Definisi

0 Jawaban
3034 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 24, 2012, 04:17:01 PM
oleh Kang Asep
1 Jawaban
1515 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 03, 2012, 03:10:21 PM
oleh Kang Asep
3 Jawaban
2431 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 14, 2013, 02:54:49 PM
oleh Kang Asep
6 Jawaban
2571 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 11, 2015, 11:42:09 AM
oleh Monox D. I-Fly
11 Jawaban
20532 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 21, 2015, 12:35:28 PM
oleh Ziels
4 Jawaban
1332 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 05, 2013, 10:42:19 PM
oleh patriana
1 Jawaban
899 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 21, 2015, 11:57:44 PM
oleh gumalta
1 Jawaban
952 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 18, 2014, 07:36:53 AM
oleh Sandy_dkk
3 Jawaban
797 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 27, 2014, 06:34:39 PM
oleh kang radi
0 Jawaban
402 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 20, 2016, 07:37:03 AM
oleh Kang Asep

Ilmu Logika

Proposisi Syllogisme Kupas Logika TTS

Meditasi

Menenangkan Pikiran Mengembangkan Kekuatan-Kekuatan