Penulis Topik: Kesalahfahaman Terhadap Meditasi  (Dibaca 681 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9342
  • Thanked: 57 times
  • Total likes: 382
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Kesalahfahaman Terhadap Meditasi
« pada: Maret 30, 2014, 02:12:38 AM »
Sebagian orang menganggap bahwa Meditasi merupakan pekerjaan buang-buang waktu belaka. Hal itu karena mereka merasa tidak dapat menemukan apapun yang berarti dalam meditasi. Mereka hanya menemukan bahwa meditasi hanyalah kegiatan mengatur atau memperhatikan gerakan nafas keluar masuk yang akhirnya sangat membosankan.

Walaupun diantara mereka ada yang percaya bahwa praktik meditasi dapat melahirkan kemampuan-kemampuan supranatural tertentu, tetapi itu merupakan jangakauan yang jauh. Misalnya, jika benar bahwa melalui praktik meditasi pengetahuan yang luas dapat digali, tapi mereka lebih memilih menggali pengetahuan eksternal dengan membuka buku-buku ilmu pengetahuan. Karena itu dianggap lebih mudah, praktis dan lebih bermanfaat bagi kehidupan. Sementara pengetahuan internal yang diperoleh melalui meditasi lebih sulit dijangkau, prosesnya terlalu panjang, dan setelah pengetahuan itu ditemukan, mereka tidak dapat melihat nilai luhur dai pengetahuan itu. Jika Anda sependapat dengan anggapan-angggapan tersebut, berarti sebenarnya Anda tidak tahu apa-apa tentang meditasi.

Anggapan bahwa meditasi merupakan pekerjaan yang sia-sia itu mirip anggapan bahwa tidur itu tidak menghasilkan apapun yang berharga. Jika bekerja menghasilkan uang dan belajar menghasilkan ilmu, maka apakah yang dihasilkan tidur ? tidak ada uang, tidak ada ilmu yang diperoleh. Padahal, kalau orang tidak dapat tidur, dia menghadapi masalah besar, bisa jadi ia tidak akan dapat bekerja dengan benar dan belajar dengan benar.

Tidur tidak berarti tidak melakukan apapun. Bahkan Tidur Nyenyak merupakan pekerjaan besar yang menghasilkan hal berharga di dunia ini. Kebutuhan manusia akan tidur, sama halnya dengan kebutuhan akan makanan dan minuman, merupakan sesuatu yang tidak bisa tidak, mesti terpenuhi. Jika tidak, maka manusia akan menderita dan menghadapi masalah besar. Demikian pula dengan Meditasi, merupakan suatu kebutuhan yang mau tidak mau mesti terpenuhi. Masalahnya, jika benar meditasi merupakan kebutuhan dasar yang harus terpenuhi, mengapa banyak orang yang tidak bermeditasi dan mereka baik-baik saja ?

Setiap orang bermeditasi sebagaimana setiap orang makan setiap hari. Bedanya ada orang yang makan dengan aturan sehat, ada juga yang tanpa aturan sehat. Ada yang makan dengan berpedoman pada ajaran agama, ada yang tidak. Demikian pula dengan meditasi, ada yang melakukannya dengan meditasi formal, ada pula yang tidak. Ada yang bermeditasi dengan aturan yang benar, ada pula dengan aturan yang salah. Ada yang menyadari yang dilaukannya merupakan meditasi ada pula yang tidak.

Ketidaktahuan dan atau kesalahfahaman orang terhadap meditasi, sama halnya dengan ketidaktahuan dan atau kesalahfahaman orang terhadap logika. Mereka menolak Logika, padahal Mustahil Menolak Logika. Mereka menolak meditasi, padahal mustahil menolak meditasi. Mereka mengharamkan logika, padahal mereka sendiri berlogika. Mereka mengharamkan meditasi, padahal mereka juga bermeditasi. Mereka menuduh bahwa logika itu merupakan ajaran orang kafir. Sebenarnya logika itu ajaran nabinya sendiri. Seperti itu pula mereka menuduh meditasi merupakan ajaran agama orang lain, padahal ajaran meditasi termaktub di dalam kitab suci yang mereka yakini kebenarannya. Mereka adalah kumpulan orang yang salah faham terhadap meditasi. Untuk menghindari kesalahfahaman ini, sebaiknya fahami terlebih dahulu Definisi Meditasi.
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Tags:
 

GoogleTagged



Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
4 Jawaban
1961 Dilihat
Tulisan terakhir November 18, 2015, 09:48:24 PM
oleh Monox D. I-Fly
0 Jawaban
363 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 06, 2016, 02:49:19 PM
oleh Kang Asep
1 Jawaban
248 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 20, 2016, 01:39:25 AM
oleh Kang Erik
0 Jawaban
271 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 21, 2016, 08:54:15 PM
oleh Sultan
0 Jawaban
113 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 27, 2016, 12:18:29 PM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
155 Dilihat
Tulisan terakhir September 22, 2016, 08:43:37 PM
oleh comicers
0 Jawaban
150 Dilihat
Tulisan terakhir November 14, 2016, 02:05:20 AM
oleh Kang Asep
6 Jawaban
324 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 30, 2016, 10:10:50 AM
oleh kang radi
0 Jawaban
33 Dilihat
Tulisan terakhir November 05, 2017, 12:34:25 AM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
25 Dilihat
Tulisan terakhir November 11, 2017, 10:08:13 PM
oleh Kang Asep

Ilmu Logika

Proposisi Syllogisme Kupas Logika TTS

Meditasi

Menenangkan Pikiran Mengembangkan Kekuatan-Kekuatan