Penulis Topik: Kehebatan Ilmu Supranatural  (Dibaca 274 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9342
  • Thanked: 57 times
  • Total likes: 385
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Kehebatan Ilmu Supranatural
« pada: Pebruari 16, 2017, 01:42:33 PM »
Kategori : Cerpen
Edisi : 16 Februari 2017
Judul : Kehebatan Ilmu Supranatural
Hikmah : Ilmu Supranatural tidaklah membut diri merasa hebat, sehingga jadi berbangga-bangga diri. Ilmu apapun, bila semakin dipelajari, maka akan semakin membuat diri kita merasa kerdil, karena sadar bahwa terlalu banyak yang belum diketahui, hanya sedikit sekali yang telah dimengerti, menyadari begitu lemahnya dan menyadari kemaha-kuasaan Allah.
============

Semua terpesona saat melihat guru saya memperlihatkan berbagai kemampuan supranatural nya. Orang-orang terkagum-kagum dan menyatakan ingin belajar. Tapi guru saya berkata,"semua ini sudah saya wariskan pada Asep. Silahkan belajar sama Asep saja."

Sejak saat itu para tetangga rajin datang ke rumah. Bahkan apabila saya lembur kerja hingga larut malam, saya ditunggui depan pintu rumah. Mereka senang bercengkrama dengan saya. Kadang lupa pulang, ngobrol hingga adzan subuh tiba. Yang mereka inginkan tak lain adalah untuk menggali ilmu-ilmu supranatural. Padahal saya sudah meluangkan waktu pada hari Minggu, di mana saya bersedia untuk mengajar. Mereka belum cukup puas dan ingin belajar lebih banyak.

Suatu malam, saya pulang cukup larut, hampir tengah malam. Saya lihat tak ada seseorang pun yang menunggu depan pintu rumah saya. "Alhamdulillah. Gak ada yang nunggu, saya pengen istirahat."

Sayapun masuk rumah, cuci kaki dan muka, lalu ngeloyor ke tempat tidur guna melepas lelah. "Hmmmm.. nyaman rasanya...Setelah seharian kerja, kini bersantai di samping anak dan istri yang sejak tadi sudah terlelap. "

Hampir saja kesadaran saya tenggelam di alam mimpi, ketika tiba-tiba ada yang mengetuk pintu rumah. "Duh.. orang mau tidur, tengah malam ketuk-ketuk pintu juga."

Ternyata itu pak Diwan, tetangga saya. Dia berkata,"Kang Asep, maaf tengah malam mengganggu. Saya pulang kerja sengaja gak makan dulu, nunggu kang Asep. Pengen makan bareng."

Ngantuk rasanya, tapi tuh orang bilang menahan lapar karena pengen makan bareng. Jadinya saya gak tega menolak. Akhirnya Tengah malam, keluyuran, nyari nasi goreng.

Sambil nunggu nasi goreng, pak Diwan berkata,"Kalo saya punya kemampuan seperti kang Asep, saya sudah kaya. Kalo Kang Asep mau mengkomersilkan, saya siap jadi menejer nya."

Dalam hati,"hmmmm orang ini ahli bisnis rupanya." Saya berkata,"saya tidak menjual ilmu ini, pak. Guru saya mewariskannya pada saya atas dasar kasih sayang beliau pada saya, bukan karena saya menukarnya dengan sejumlah uang."

"Tapi gak ada salahnya kan, kalo dikomersilkan? Yang lain juga banyak kok yang punya keahlian seperti kang Asep, dikomersilkan. Mereka sukses. Contoh nya Limbad, Ki Joko Bodo dan masih banyak lagi." Bujuk pak Diwan.

Saya menjawab,"saya tidak punya keahlian seperti Limbad atau Ki Joko Bodo. Soal boleh atau tidak untuk dikomersilkan, saya tidak tahu. Yang saya tahu, saya tidak berminat komersil. Dan guru saya juga tidak suka murid-murid nya mengkomersilkan ilmu yang dipelajari darinya. Saya tidak akan menjual, tapi kalo bapak ingin belajar, kewajiban saya untuk mengajarkan."

"Oh gitu, ... Ok deh kalo gitu saya akan belajar. Saya akan bangga bila bisa seperti kang Asep, memiliki kemampuan supranatural dan muridnya banyak." Kata Pak Diwan.

Saya berkata,"tapi saya tidak bangga dengan diri saya sendiri karena banyaknya murid. Banyak orang yang tertarik untuk berguru pada saya, untuk mempelajari ilmu ini. Tapi perhatikan, adik-adik saya, kakak dan sepupu saya sendiri tidak ada yang berminat untuk mempelajari nya. Walaupun saya sering membujuk rayu mereka untuk belajar. Kemarin Minggu, ketika kita sedang belajar, paman saya datang ke rumah. Dan saya mengajak nya untuk bergabung. Dia menolak dan berkata ; saya gak ada waktu buat belajar gituan, boro-boro katanya. Dia sibuk cari uang. Saya baru bisa merasa bangga bila apa yang saya pelajari dapat berguna bagi keluarga dan masyarakat."

"Kok aneh ya. Padahal itu ilmu yang hebat." Kata pak Diwan.

Saya menjelaskan,"Ilmu ini hebat. Letak kehebatan ilmu ini, bukan karena dapat membuat anda menjadi sakti dan merasa hebat, tapi justru karena membuat anda merasa kecil, hina dan tak berdaya, sehingga menggantungkan diri sepenuhnya pada Allah. Dengan melihat diri yang begitu rapuh, maka bagaimana akan muncul unsur-unsur kesombongan ? Bagaimana akan merasa hebat dan bangga diri ? Banyak orang menindas orang lain karena merasa dirinya berkuasa dan memiliki kekuatan. Orang yang seperti itu, bila belajar ilmu ini maka akan seperti bangun dari mimpi, menyadari bahwa kekuatan dan kehebatan nya hanyalah ilusi. Dirinya tak lain hanyalah tulang rapuh terbungkus daging yang lembek."

"Tapi apa yang diperlihatkan oleh gurunya kemarin itu luar biasa Lo kang Asep. " Ujar Diwan.

"He..He.. tidak seperti yang anda pikirkan. Guru saya juga manusia. Dia terdiri dari tulang dan daging seperti Anda, pak. Bila kelilipan, matanya terasa pedih. Bila tangannya tertusuk duri, dia juga berdarah. Bila lapar, perutnya juga keroncongan dan butuh asupan makana.   Bila dia selamat dari bahaya, itu benar-benar hanyalah pertolongan dari Allah, bukan karena kekuatan dan kehebatan sang guru. Juga, ketika dia dapat menunjukan karamah-karamahnya, itu karena Allah berkenan memuliakan nya serta menutup aib dan kelemahan-kelemahannya. Sebenarnya di sisi Allah semuanya sama. Gak ada yang hebat. Gak ada yang luar biasa. Yang membedakan hanyalah kadar ketakwaan nya."

"Oke deh... Pokoknya saya pengen belajar. Mari menyantap nasi goreng ini !" Kata pak Diwan.
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Tags:
 

GoogleTagged



Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
32 Jawaban
9309 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 28, 2017, 01:42:02 AM
oleh Kang Asep
12 Jawaban
4281 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 09, 2013, 07:13:46 AM
oleh Kang Asep
27 Jawaban
9183 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 23, 2013, 11:39:17 PM
oleh Sandy_dkk
2 Jawaban
1684 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 28, 2014, 05:07:09 AM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
459 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 23, 2014, 04:37:55 PM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
484 Dilihat
Tulisan terakhir April 06, 2015, 09:38:45 AM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
688 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 08, 2016, 08:46:41 PM
oleh Kang Asep
1 Jawaban
501 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 14, 2016, 11:36:02 AM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
138 Dilihat
Tulisan terakhir September 16, 2016, 05:19:26 PM
oleh Kang Asep
1 Jawaban
417 Dilihat
Tulisan terakhir September 17, 2016, 02:28:49 PM
oleh Kang Asep

Ilmu Logika

Proposisi Syllogisme Kupas Logika TTS

Meditasi

Menenangkan Pikiran Mengembangkan Kekuatan-Kekuatan