Penulis Topik: Tujuh Langkah Menyederhanakan Pola Makan  (Dibaca 952 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9592
  • Thanked: 61 times
  • Total likes: 483
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Tujuh Langkah Menyederhanakan Pola Makan
« pada: Januari 16, 2015, 07:29:53 AM »

Asep: Pola makan sehari2 sangat mempengaruhi kemajuan meditasi. Meditator harus menyederhanakan pola makannya. berlebihan dalam makan dan minum menyebabkan hambatan yang besar dalam meditasi.
Asep: Sebagian orang tidak ada kendala dalam hal menyderhanakan makanan. tapi sebagian orang tidak mudah mengendalikan diri dalam hal makan dab minum, memiliki nafsu yg besar terhadap makanan sehingga pola mkannya berlebihan.

Asep: Islam telah memberikan tuntunan yang lengkap tentang pola makan sederhana. Allah berfirman, "kuluu wasyrabuu walaa tusyrifuu, innallaha laa yuhibbul musyrifiin" (makan dan minumlah, dan jangan berlebihan, sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yg berlebihan).

Asep: Takaran makan pun sudah dijelaskan, imam Jakfar shadiq berkata "laa takul illa indal ju'" (jangan makan, kecuali ketika lapar!). dan nabi saw bersabda,"tempat yang paling buruk yang harus di isi oleh anak manusia adalah perutnya. bila perut itu harus di isi, isilah sepertiga untuk maknan, sepertiga untuk mninuman, dan sepertiga untuk udara!"

Asep: dapat mematuhi adab Islam dalam hal mkan saja sudah merupakan bentuk praktik meditasi yg hebat. tp hal itu tidak mudah dipraktikan. krn umumnya manusia punya nafsu yg berlebihan terhadap makanan.

dewi mutiara: Taaaaah abi mah sok full tank wae({})

Asep: he... sami ..=D

Asep: Sepulang dari peperangan yg besar, yg banyak darah trtumpah, Rasulullah saw bersabda pada para sahabatnya,"Kalian beranjak dari perang yang kecil menuju perang yg besar". Tentu para sahabat heran, bagaimana perang yg sedemikian dshsyat dianggap perang yang kecil, perang mna lagi yg harus mereka hadapi ? Rasul Allah menjelaskan bahwa melawan nafsu yang terdapat di dalam diri sendiri itulah yg merupakan perang yg lebih besar. maka tidak heran, bila ada yg mengatakan bhwa jihad mengalahkan nafsu mkan adalah jihad yg lebih besar dari pergi ke medan perang dengan menenteng senjata melawan orang kafir. dengan begitu, soal menahan nafsu makan ini tidak layak dianggap sepele.

Kang Asep: Walaupun sedemikian berat soal pengendalian diri terhadap makanan, tapi kita harus terus mencoba dan terus mencoba untuk mengendalikan diri, jangan putus asa. usaha untuk terus mencoba itu adalah penting sebagai bentuk kekuatan tekad dan keteguhan hati yang dalam istilah meditasi disebut vitaka.

Kang Asep: Langkah-langkah yang dapat dilakukan agar kita dapat mengendalikan nafsu makan adalah sebagai berikut :

Kang Asep: Pertama, dengan menyadari, memahami dan mengakui diri. #Bila kita masih memiliki pola makan yang buruk, kurang sehat, berlebihan, maka kita jangan malu mengakui hal itu kepada diri kita dan kepada diri orang lain. karena pengakuan ini merupakan pertanda bahwa kita memiliki kemauan untuk berubah menjadi lebih baik.

Kang Asep: Kedua, dengan memahami sebab akibat. #Kita perlu untuk terus menyelidiki, mengetahui hal-hal apa saja yang membuat kita berlebihan dalam pola makan. dan juga memahami bagaimana efek-efeknya di dalam tubuh kita sendiri akibat dari makan berlebihan. Kita dapat mengamati munculnya hal-hal menyakitkan dan perasaan tidak nyaman pada tubuh maupun batin kita akibat perut yang penuh sesak dengan makanan. hubungan sebab akibat ini perlu untuk selalu kita amati, agar semakin kuat keinginan kita dalam pengendalian diri.

Kang Asep: Ketiga, mengembangkan rasa malu.  #saya misalnya, harus memelihara dan mengembangkan rasa malu, sebagai praktisi meditasi dan bahkan sebagai instruktur meditator, tapi masih kurang terkendali dalam pola makan. bisa saja saya tidak malu, tapi saya wajib merasa malu. malu pada diri sendiri, malu pada orang lain, malu para murid-murid, malu pada teman, dan terutama malu pada Tuhan, karena telah tidak mengikuti perintahNya untuk tidak berlebihan dalam pola makan.

Kang Asep: Keempat, dengan mengejek diri sendiri. #"Padahal gak lapar, tapi kok saya jajan, dasar serakah!" begitu contohnya, ketika saya mengejek diri sendiri. semakin sering saya mengejek diri sendiri, semakin memiliki kekuatan untuk menahan diri terhadap makanan. dan ketika orang lain mengejek saya, tidak sakit hati sedikitpun. karena saya lebih banyak mengejek diri sendiri dari pada orang lain.

Kang Asep: Kelima, dengan mendorong orang lain menyederhanakan pola makan. #Ketika kita berusaha menyemangati orang lain untuk menyederhanakan pola makannya, itu sama dengan menyemangati diri sendiri dalam pengendalian diri. maka semangati orang lain !

Kang Asep: Keenam, dengan mengembangkan persepsi. #Ini berarti penggunaan ad hominem. kita mengembangkan persepsi yang menjijikan tentang makanan. seperti misalnya kita merenungkan bahwa seenak-enaknya makanan itu adalah madu. dan apakah madu itu ? itu adalah air liur lebah. kok kita suka ya dengan air liur lebah ? dan kembangkan juga persepsi betapa buruknya kebiasaan pola makan berlebihan, dan betapa indahnya orang yang dapat terkendali makan secara sempurna.

Kang Asep: Ketujuh, dengan meditasi radikal. #Bila kita sudah terlalu muak dengan kebiasaan pola makan berlebih yang kita lakukan, maka jalan pintas untuk menghentikannya adalah dengan memaksa melakukan revolusi mental melalui meditasi yang radikal. dengan meditasi selama 5 hingga 7 jam, maka kita dpat langsung mengubah pola makan kita. tentu saja, meditasi radikal ini bukan sesuatu yang mudah, butuh tekad dan semangat yang kuat. saya sendiri lebih memilih latihan pengendalian diri secara bertahap dari pada harus mengubahnya melalui meditasi yang radikal.
« Edit Terakhir: Januari 16, 2015, 07:34:45 AM oleh Kang Asep »
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Tags:
 

GoogleTagged



Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
14 Jawaban
6274 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 18, 2015, 10:29:48 AM
oleh Monox D. I-Fly
3 Jawaban
2431 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 16, 2012, 06:45:41 AM
oleh Kang Asep
4 Jawaban
3609 Dilihat
Tulisan terakhir April 16, 2013, 02:08:41 PM
oleh ratna
0 Jawaban
380 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 13, 2015, 11:29:36 AM
oleh Kang Asep
15 Jawaban
2496 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 31, 2015, 01:24:01 PM
oleh Sandy_dkk
0 Jawaban
765 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 21, 2015, 04:28:06 PM
oleh Kang Asep
1 Jawaban
929 Dilihat
Tulisan terakhir April 23, 2016, 11:35:52 AM
oleh Ardi lg
3 Jawaban
1137 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 29, 2016, 10:27:28 AM
oleh Ziels
0 Jawaban
441 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 21, 2016, 06:38:46 PM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
46 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 19, 2018, 06:35:25 AM
oleh Kang Asep

Ilmu Logika

Proposisi Syllogisme Kupas Logika TTS

Meditasi

Menenangkan Pikiran Mengembangkan Kekuatan-Kekuatan