Penulis Topik: Sensasi Menjadi Ringan  (Dibaca 110 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9465
  • Thanked: 61 times
  • Total likes: 472
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Sensasi Menjadi Ringan
« pada: Pebruari 25, 2018, 06:52:34 AM »
Sensasi Menjadi Ringan
Edisi : 25 Februari 2018, 06:54:50

Sultan, [15.02.18 01:01]
---------------------------
Saya mau konsultasi soal praktek meditasi saya Kang.

Saya baru saja usai bermeditasi dan hendak menceritakan pengalaman meditasi saya pada malam ini dan malam kemarin.

Kali ini saya tidak ingin bertele - tele dan ingin to the poin pada masalah meditasi yang ingin saya pertanyakan kepada akang.

Ketika saya telah mencapai tahap Konsentrasi tertentu berdasarkan tanda - tanda dari masuknya seseorang ke dalam tahap konsentrasi tertentu tersebut yang saya pahami dengan sebaik - baiknya, ada sedikit hal aneh yang saya alami.

Pada malam kemarin dalam meditasi saya mengalami sensasi "ringannya tubuh".
Tubuh saya serasa "tak bermassa", amat halus sekali, seakan - akan "nyaris lenyap".
==================

Itu merupakan hal yang biasa terjadi dalam meditasi. Walaupun dikatakan "biasa", tetapi bukan artinya sering terjadi. Biasa di sini maksudnya, bahwa semua meditator yang melakukan praktik meditasi dengan prosedur yang benar, niscaya mengalami hal serupa tadi. Kejadian seperti itu biasa, namun jarang terjadi.  Hal yang membuatnya jarang terjadi adalah karena untuk memasuki tahap konsentrasi jhana-4 itu tidaklah mudah.  Misalnya, sebagai bekal hidup sehari-hari, saya sendiri tidak memerlukan pengembangan konsentrasi hingga jhana-4. cukup masuk hingga jhana-1 atau jhana-2, lalu kembali kepada kehidupan.

Apabila telah memasuki jhana ke-4, maka tubuh secara bertahap menjadi ringan. Hukum Gravitasi menjadi semakin tidak bekerja pada tubuh kita. Pengurangan gravitasi ini terjadi secara bertahap sampai akhirnya tubuh melayang di udara. Tentang kisah tubuh melayang ini, dapat dibaca pada tulisan saya berjudul "Pindapata".

Video Biksu terbang saat meditasi :
1) https://www.youtube.com/watch?v=SnLj8DMqaC8
2) https://www.youtube.com/watch?v=BTbO4l-YgS0

Lihat juga penjelasan tentang kekuatan meditasi di sini :
https://www.youtube.com/watch?v=NnjJCs4YUCA

Kisah terbang saat sedang bermeditasi merupakan kisah yang populer di kalangan meditator. Walaupun tidak semua meditator dapat melakukannya, namun sensasi tubuh menjadi ringan, itu dialami oleh hampir semua meditator.  Saya sendiri dalam kurun waktu 18 tahun, hanya satu kali saya mengalami peristiwa tubuh melayang saat sedang bermeditasi. Pada kesempatan lain, hal itu terjadi pada kakak seperguruan. Saat kami bermeditasi bersama di sebuah tanah lapang, tiba-tiba salah seorang kakak seperguruan melayang di udara. Sementara dia sendiri tidak menyadarinya sampai turun kembali ke bumi. Dan pada peristiwa lainnya, salah seorang kakak seperguruan saya melayang diudara, namun tidak dapat turun sendiri sehingga guru kami menarik kakinya, menormalkan kembali energinya, sehingga dapat berdiri kembali di atas bumi seperti manusia pada umumnya.

Dapat melayang di udara merupakan menunjukan kemampuan super. Hal ini membuat sebagian orang terobsesi untuk mendapatkan kemampuan seperti itu. Akan tetapi, semakin diinginkan, semakin seseorang bernafsu untuk mendapatkan kemampuan seperti itu, maka semakin jauh darinya. Kenapa ? Karena hawa nafsu adalah musuh kesadaran. Sedangkan lahirnya kekuatan-kekuatan supranatural seperti itu berasal dari berkembangnya konsentrasi dan  kesadaran.  Sehingga apabila kesadaran dikalahkan oleh hawa nafsu, maka kesadaran tidak akan berkembang, dan mustahil kekuatan-kekuatan supranatural tersebut akan terlahir.

Lenyapnya segala keinginan dan emosi, itu merupakan syarat yang diperlukan untuk "menyatu dengan alam".  Karena itu, apabila seorang meditator tiba-tiba sadar bahwa tubuhnya sedang melayang di udara dan lalu menjadi gembira karenanya, niscaya dia akan jatuh ke bumi. Ini menunjukan bahwa bagi meditator, "merasa gembira" pun terlarang, maka apalagi terobsesi untuk memiliki kekuatan supranatural tertentu, sehingga menjadikan meditasi untuk mencapai tujuan yang tidak tepat.

Emosi berkembang karena adanya peristiwa baru sensasional yang dialami. Jangankan tubuh melayang di udara, sensasi tubuh terasa ringan pun membuat meditator pemula itu bisa mengalami gejolak emosi yang bermacam-macam, seperti perasaan gembira, atau sebaliknya merasa takut. Emosi apapun yang muncul, keduanya akan menghentikan laju perkembangan batin. Rasa gembira memadamkan energi seperti air memadamkan api. Rasa takut dapat membuat jantung berdebar-debar, dan menarik kembali seluruh energi ke "kandang" nya. Akan tetapi, tidak perlu untuk dipaksakan. Apabila Anda merasa takut atau terlalu gembira saat mengalami peristiwa baru yang sensasional, maka segera hentikanlah dulu meditasinya.  Karena apabila dipaksakan, bukan hanya sekedar kehilangan energi-energi yang terlah berkembang, tetapi bahkan Anda dapat kehilangan nyawa Anda. Karena rasa takut atau rasa gembira berlebihan dapat membuat energi bergerak ke arah yang salah dan mematikan.

Sebagai contoh sederhana, apa yang dialami oleh sahabat Isa as yang bertubuh cebol. Ketika sampai di pesisir pantai, Nabi Isa membaca bismillah dan mulai melangkahkan kaki nya ke atas air. Mukjizat terjadi. Beliau dapat berjalan di atas air tanpa tenggelam. Tanpa pikir panjang, sahabatnya itu meniru apa yang dilakukan nabi Isa as, membaca basmalah dan berjalan mengikuti Isa as. Setelah berjalan beberapa meter jauhnya, sahabat tersebut tersadar bahwa dia mengalami mukjizat, dapat berjalan di atas air. Lalu munculah Pikiran yang bermacam-macam sehingga dia merasa gembira. Dia berpikir bahwa dia nanti akan memberitahukan hal tersebut kepada teman-temannya. Karena emosi kegembiraan tersebut, maka serta merta si sahabat kehilangan kekuatannya dan langsung tercebur ke laut hingga seluruh pakaiannya basah. Isa as menarik tangannya dan menanyakan bagaimana bisa tenggelam. Sahabatnya itu menceritakan apa yang dipikirkannya sebelum dia tenggelam.

Kisah tersebut dicertakan oleh Abu Zahra kepada saya. Ini merupakan kisah yang dapat mengilustrasikan bagaimana sebenarnya "kegembiraan" merupakan musuh dari kesadaran. Demikian pula hal nya rasa takut. Karena itu, teruslah berlatih sampai ketika muncul peristiwa-peristiwa baru dalam Meditasi, itu tidak lagi membuat kita merasa gembira pun tidak membuat takut. Lihat pula tulisan saya yang berjudul "Kegembiraan".
« Edit Terakhir: Pebruari 25, 2018, 06:56:29 AM oleh Kang Asep »
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Offline Ziels

Re:Sensasi Menjadi Ringan
« Jawab #1 pada: Maret 07, 2018, 02:13:49 AM »
kapan hari saya liat di youtube ada juga teknik melayang tapi bukan soal meditasi yaitu magnetic levitation, kurleb adalah sebuah perangkat berbentuk kotak yg diberi arus listrik lalu diatasnya diberi magnet dan hasilnya magnet tsb melayang diatas kotak sembari berputar-putar.

Yg saya lihat alat tsb digunakan sebagai display semisal tanaman pot atau untuk perhiasan.

Untuk prinsip kerjanya saya belum tahu hehe sorry infonya cuma sekian dan sory oot tapi topiknya mirip2 lah karena sama2 ada media, kecenderungan dan mungkin ada titik/posisi tertentu yg tidak ketarik maupun tertolak jauh.

 

Tags:
 

GoogleTagged



Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
0 Jawaban
1666 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 08, 2012, 01:39:34 PM
oleh Kang Asep
98 Jawaban
40520 Dilihat
Tulisan terakhir September 10, 2013, 12:43:06 PM
oleh ratna
2 Jawaban
929 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 29, 2013, 08:32:34 AM
oleh Awal Dj
1 Jawaban
1073 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 07, 2013, 08:11:50 PM
oleh Sandy_dkk
4 Jawaban
2788 Dilihat
Tulisan terakhir November 03, 2013, 06:56:28 AM
oleh Kang Asep
1 Jawaban
424 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 26, 2015, 09:18:00 AM
oleh joharkantor05
0 Jawaban
471 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 24, 2015, 04:19:23 PM
oleh Kang Asep
3 Jawaban
817 Dilihat
Tulisan terakhir September 06, 2015, 12:56:40 AM
oleh Ziels
2 Jawaban
665 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 18, 2016, 07:11:37 PM
oleh Ziels
0 Jawaban
97 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 08, 2017, 06:11:01 AM
oleh Kang Asep

Ilmu Logika

Proposisi Syllogisme Kupas Logika TTS

Meditasi

Menenangkan Pikiran Mengembangkan Kekuatan-Kekuatan