Penulis Topik: Meditasi Hidup  (Dibaca 9 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Sultan

  • Sang Pengembara Yang Mencari Kepingan - Kepingan Pecahan Cermin Kebenaran Yang Berserakan Di Segala Penjuru Alam Semesta
  • Sahabat
  • ***
  • Tulisan: 179
  • Thanked: 1 times
  • Total likes: 21
  • Jenis kelamin: Pria
  • Spiritualitas dan Kebatinan
    • Lihat Profil
Meditasi Hidup
« pada: November 12, 2017, 03:35:30 PM »
???? Meditasi Hidup ????

Ada sebuah konsep meditasi yang prosesnya dilakukan setiap saat demi saat dalam kehidupan. Saya menyebutnya sebagai "Meditasi Hidup".
Meditasi hidup ini, tidak dilakukan dengan praktek khusus yang terpisah dari kegiatan dan aktifitas - aktifitas umum yang biasa kita lakukan dalam kehidupan sehari - hari seperti kebanyakan praktek - praktek meditasi secara umum. Tetapi dilakukan dengan dinamis, secara bersamaan dan menyatu dengan "setiap saat" kehidupan sehari - hari kita.

Praktek dari meditasi hidup ini sebenarnya sangat sederhana bagi saya, yaitu dengan menyadari, berkonsentrasi, dan terfokus terhadap apa pun yang kita lakukan dalam kehidupan sehari - hari, secara setiap saat dan dilakukan sepanjang hidup kita.
Misalnya ketika kita sedang berjalan, maka sadari, berkonsentrasi, dan terfokuslah secara sepenuhnya bahwa kita sedang berjalan. Ketika kita sedang bekerja, maka sadari, berkonsentrasi, dan terfokuslah secara sepenuhnya bahwa kita sedang bekerja. Ketika sedang berkendara, maka sadari, berkonsentrasi, dan terfokuslah secara sepenuhnya bahwa kita sedang berkendara. Dan lain sebagainya.
Praktek dari meditasi ini pun tidak hanya sebatas menyadari, berkonsentrasi, dan berfokus terhadap kegiatan dan aktifitas - aktifitas kita sehari - hari yang "tampak mata" atau bersifat eksternal saja seperti berjalan, bekerja, berkendara, dan sebagainya, tetapi juga menyadari, berkonsentrasi, dan berfokus terhadap aktifitas - aktifitas mental-batin yang tidak tampak mata dan hanya bisa kita rasakan secara internal di dalam benak.
Misalnya ketika kita sedang bersenang hati dan bergembira, maka sadari, berkonsentrasi, dan terfokuslah secara sepenuhnya bahwa kita sedang bersenang hati dan bergembira. Ketika kita sedang marah, jengkel, atau bersedih, maka sadari, berkonsentrasi, dan terfokuslah secara sepenuhnya bahwa kita sedang marah, jengkel, atau pun bersedih. Ketika kita sedang patah hati, maka sadari, berkonsentrasi, dan terfokuslah secara sepenuhnya bahwa kita sedang patah hati ????.
Dengan demikian, praktek dari meditasi hidup ini adalah menyadari, berkonsentrasi, dan berfokus secara sepenuhnya terhadap aktifitas - aktifitas eksternal mau pun internal secara setiap saat dan secara universal/keseluruhan dalam kehidupan sehari - hari kita, dan dilakukan sepanjang hidup.
Atau di dalam istilah buddhismenya, disebut sebagai "menyadari keseluruhan fenomena tubuh-batin yang terjadi pada diri kita".

Bila praktek meditasi hidup ini sungguh - sungguh kita lakukan dengan baik dan benar dalam kehidupan sehari - hari kita sepanjang hidup, maka kita akan dapat mencapai kondisi "Samadhi" dalam setiap saat kehidupan sehari - hari kita sepanjang hidup.
Pengertian sederhana dari kondisi samadhi dalam konteks tulisan ini adalah "Konsentrasi yang kokoh/teguh" atau "Batin yang menyatu" atau "Batin yang tak tergoyahkan/terganggu" atau "Batin yang terpusat dengan setiap saat kehidupan sehari - hari kita".

Buah - buah dari tercapainya kondisi samadhi ini di antaranya adalah ketenangan, kedamaian, dan ketentraman batin dalam setiap saat kehidupan sehari - hari kita sepanjang hidup.
Ketenangan, kedamaian, dan ketentraman yang dihasilkan dari tercapainya kondisi samadhi ini, akan menghilangkan berbagai masalah mental di dalam diri kita yang sering timbul sebagai masalah sehari - hari. Seperti "keruwetan" pikiran dan perasaan dengan berbagai pikiran dan perasaan liar yang mengganggu atau dalam istilah bahasa Jawa yang saya ketahui "Kemrungsung", kekhawatiran-kegelisahan akan masa depan, kesedihan akan masa lalu, dan lain sebagainya akibat dari "lepasnya" kesadaran, konsentrasi, dan fokus kita terhadap "saat ini". Sebab, dengan selalu menyadari, berkonsentrasi, dan berfokus secara sepenuhnya pada "saat ini" dalam kehidupan sehari - hari, maka hal - hal yang tidak berada pada "saat ini" dan berbagai pikiran-perasaan liar akibat terlepasnya konsentrasi dan fokus seperti kekhawatiran-kegelisahan akan masa depan dan kesedihan akan masa lalu serta keruwetan perasaan-pikiran dengan berbagai perasaan dan pikiran liar yang mengganggu seperti

yang telah disebutkan tadi akan lenyap.

Keruwetan perasaan dan pikiran, kekhawatiran dan kegelisahan akan masa depan, dan kesedihan akan masa lalu juga merupakan sebagian sebab dari timbulnya berbagai penyakit fisik mau pun mental dalam dunia medis dan psikologi. Sebagian kondisi mental-batin adalah sebab dari timbulnya berbagai penyakit mental mau pun fisik dalam dunia medis dan psikologi.
Praktek meditasi hidup yang kita lakukan dengan baik dan benar, akan memberikan kontribusi positif yang besar bagi kesehatan diri kita.
Sebab, praktek meditasi hidup yang dilakukan dengan baik dan benar, akan membuahkan ketenangan, kedamaian, dan ketentraman batin yang akan menyingkirkan berbagai masalah mental-batin, karena tercapainya kondisi samadhi.
Dengan demikian, maka praktek meditasi hidup yang dilakukan dengan baik dan benar dapat terjamin untuk menjaga kesehatan jiwa dan raga kita.

Selalu menyadari, berkonsentrasi, dan terfokus secara sepenuhnya pada "saat ini" di dalam kehidupan sehari - hari sepanjang hidup kita, merupakan essensi dari meditasi hidup.
Dengan praktek meditasi hidup yang baik dan benar, maka kondisi samadhi akan tercapai.
Jika kondisi samadhi telah tercapai, maka dalam kehidupan sehari - hari kita akan selalu tenang, damai, dan tentram serta sehat jiwa dan raga.
Kebenaran itu ibarat cermin yang pecah berkeping - keping. Masing - masing kepingnya adalah kebenaran. Namun kepingan - kepingan pecahan cermin tersebut berserakan di segala tempat. Tugas kitalah untuk memungut kepingannya satu per satu kemudian menyusunnya agar menjadi cermin yang utuh.
 

Tags:
 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
1 Jawaban
893 Dilihat
Tulisan terakhir April 16, 2015, 04:01:13 PM
oleh Monox D. I-Fly
5 Jawaban
863 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 20, 2013, 07:15:40 AM
oleh Kang Asep
8 Jawaban
1129 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 05, 2015, 05:10:40 AM
oleh kang radi
0 Jawaban
318 Dilihat
Tulisan terakhir April 19, 2015, 12:40:17 PM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
292 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 14, 2015, 11:46:37 AM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
400 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 24, 2015, 08:14:43 AM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
295 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 12, 2015, 05:16:32 PM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
421 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 08, 2016, 02:46:52 PM
oleh Kang Asep
1 Jawaban
296 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 29, 2016, 11:14:15 AM
oleh kang radi
0 Jawaban
171 Dilihat
Tulisan terakhir November 06, 2016, 02:32:37 PM
oleh Kang Asep

Ilmu Logika

Proposisi Syllogisme Kupas Logika

Meditasi

Menenangkan Pikiran Mengembangkan Kekuatan-Kekuatan