Penulis Topik: Kualitas Perhatian  (Dibaca 764 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9592
  • Thanked: 61 times
  • Total likes: 482
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Kualitas Perhatian
« pada: Januari 22, 2015, 10:54:29 AM »

  Perhatikan gerak nafas Anda, ketika udara bergerak masuk dan keluar lewat lubang hidung. Pertama anda akan merasakan bahwa gerak nafas tersebut tak bertuah, ia hanya tarikan dan hembusan nafas biasa saja.

  tapi coba lakukan hal berikut : perhatikan nafas, masuk keluar, hitung satu, masuk keluar, hitung dua, dan seterusnya hingga 10 hitungan. berhenti sejenak untuk merasakan apakah ada perubahn pada batin anda ? jika anda mengamati dengan benar, anda akan merasakan perubahan dalm batin anda. hanya dengan meditasi sesederhana itu, anda dapt merasakn tuah dari perhtian terhdap gerakan nafas anda.

  tapi, bila efeknya belum cukup anda rasakan, maka cobalah ulangi lagi hingga 10 hitungan. berhenti lagi sejenak untuk meraskan prubahan pada batin anda.

  setiap 10 hitungan disebut satu putaran atau satu putaran besar gerak nafas. mungkin anda akan merasakan perubahan itu pada putaran ke 2 atau ke 3. sebenarnya putaran pertama pun sudah memberikan perubahan pada batin berupa perasaan yg lebih tenang dan nyaman. tapi kalau efeknya terlalu kecil, meditator yg belum cukup tajam pengamatannya tidak dapat merasakan adanya prubahan itu! seolah2 kondisi batin tetap sama. oleh karenan itu, untuk dpat meraskan prubahan ada dua cara, prrtama pertajam pengatan atau yg kedua, tingkatkan konsentrasi dengan memperpanjang durasi latihan.

  jeda berhenti antara putaran pertama dengan putaran kedua jangan terlalu lama. semakin pendek jedanya semakin baik. bahkan kalau mampu, lakukan 10 putaran nafas tanpa jeda. dijamin anda merasakan prubahan pada batin anda sehingga meraskan ketenangan dan kenyamanan hati.
  menarik dan mengeluarkan nafas disebut satu putran kecil. kualitas meditasi ditwntukan seberapa fokus perhatiab anda dalam satu putaran kecil ini.

  sekarang coba anda lakukan satu putaran kecil nafas yg berkualitas. caranya duduk dengan tenang, tegakan punggung, rentangkan tangan di atas lutut,  arahkan pandan mata anda ke ujung hidung. jaga posiainya seperti itu, jangan berubah seolah2 anda patung, tak ada yg bergerak keculi nafas anda. saat nafas masuk bacalah tasbih dalam hati. dan saat nafas keluar baca hamdalah. cukup satu putaran kecil ini. berhenti sejenak untuk evaluasi, apakah anda telah melakukan satu putaran kecil yg berkualitas atau tidak.

  jika pikiran anda melamun, berpikir, atau banyak teringat objek2 lain selain nafas di satu putaran kecil ini, maka anda gagal melakukan satu putaran kecil yg berkualitas. tapi bila anda fokus, dapat mengabaikan segla hal lain selain nafas, maka anda berhasil melakukan satu putaran kecil berkualitas. catat hal prnting ini, kualitas prthatian.

  bila setiap putaran kecil bekualitas, mska setelah 10 putaran krcil, anda mendapatkan 1 putaran besar berkualitas. dan 1 putaran berkualitas ini yg akan membuat anda meraskan cita rasa meditasi, tuah dari gerak nafas anda.

  anda orang bermeditasi hingga 7 atau 8 jam, tapi tidak mengalami perkembmgan apapun. itu karena dia hanya melakukan duduk diam dan memprthatikan nafas, tanpa menjamin kualitas.prrhatiannya trhadp nafas.
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Tags:
 

GoogleTagged



Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
0 Jawaban
1137 Dilihat
Tulisan terakhir November 05, 2013, 03:19:19 PM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
269 Dilihat
Tulisan terakhir April 01, 2015, 11:16:21 AM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
438 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 19, 2015, 09:13:32 AM
oleh Kang Asep

Ilmu Logika

Proposisi Syllogisme Kupas Logika TTS

Meditasi

Menenangkan Pikiran Mengembangkan Kekuatan-Kekuatan