Penulis Topik: Teorema Godel  (Dibaca 261 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Online Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9276
  • Thanked: 55 times
  • Total likes: 355
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Teorema Godel
« pada: Desember 03, 2016, 02:03:53 AM »
Nomor : PST.KI/Mat-002/6802
Edisi : 1 Desember 2016
judul : Teorema Godel
Penulis  : Sandy   
Tujuan : Mengenal Teorema Godel
==================================

teorema Godel itu seperti sebuah kamus definisi, ambil suatu contoh Kamus Besar Bahasa Indonesia. setiap baris dari kamus tersebut mengandung dua unsur, yaitu definiendum (kata yang didefinisikan) dan definiens (kata-kata yang digunakan untuk mendefinisikan). definiendum dalam kamus tersebut adalah kata dalam bahasa Indonesia, definiensnya pun juga menggunakan kata-kata dalam bahasa Indonesia. kamus tersebut tak akan pernah bisa menjelaskan dirinya sendiri secara tuntas hanya menggunakan suatu sistem tertutup bahasa Indonesia saja. jika setiap kata dalam bahasa Indonesia didefinisikan dalam kamus tersebut, maka kamus tersebut lengkap namun tidak mungkin konsisten tanpa dimasuki bahasa non-Indonesia. tapi jika setiap definiensnya menggunakan kata-kata dalam bahasa Indonesia, maka dipastikan tidak setiap kata dalam bahasa Indonesia menjadi definiendum dalam kamus tersebut , tidak lengkap. jika kamus tersebut lengkap dan konsisten menggunakan bahasa Indonesia, maka kamus tsb tidak akan bisa dipahami.

ada dua kata kunci dalam teorema Godel, yaitu "incomplete" dan "inconsistent". "incomplete" saya rasa maksudnya sudah bisa dengan mudah kita pahami, tidak lengkap. namun "inconsistent" disitu perlu ada pelurusan makna, bukan berarti dalam suatu sistem logika maupun matematika terdapat kontradiksi di dalamnya, namun itu berarti bahwa untuk bisa menjadi sistem pemahaman yang lengkap maka harus mendapat infiltrasi dari luar sistem itu sendiri.

"aksioma" itu sendiri adalah bentuk infiltrasi, bukan sesuatu yang dibangun oleh landasan logis maupun matematis. dia adalah dasar argumen yang tidak lagi membutuhkan argumen, sementara yang dibangun oleh landasan logis (konklusi) dan matematis (teorema) pastinya memiliki argumen.
« Edit Terakhir: Pebruari 10, 2017, 07:23:39 AM oleh Kang Asep »
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Offline Purnama

Re:Teorema Godel
« Jawab #1 pada: Desember 03, 2017, 11:10:24 AM »
Ada paradoks Katalog Russell, yang bisa juga menjadi alternatif penjelas teorema Godel sekaligus mungkin bisa membuktikannya.

Biasanya dalam suatu perpustakaan ada katalog, yaitu daftar buku-buku yang dikoleksi oleh perpustakaan tsb beserta letaknya di rak perpustakaan agar memudahkan pencarian. Karena katalog tsb juga merupakan buku di perpustakaan itu, maka ada katalog yang terdapat dirinya sendiri dalam daftar. Tapi tidak setiap katalog demikian, beberapa katalog tidak memuat dirinya sendiri dalam daftar.

Katalog-katalog yang ada diperpustakaan-perpustakaan kemudian dikumpulkan dalam perpustakaan khusus, perpustakaan katalog. Tentunya perpustakaan khusus tsb juga mempunyai katalog. Ada suatu katalog yang khusus memuat daftar "katalog yang tidak memuat dirinya sendiri", sebut saja katalog khusus ini adalah katalog K. Pertanyaannya, apakah katalog K akan memuat dirinya sendiri?

Jika katalog K tidak memuat dirinya sendiri, berarti katalog K tidak lengkap, karena ada katalog yang tidak memuat dirinya sendiri tapi tidak terdaftar pada katalog K.

Jika katalog K memuat dirinya sendiri, berarti katalog K tidak konsisten, karena ada katalog yang memuat dirinya sendiri tapi terdaftar pada katalog K.

Maka mustahil katalog K adalah katalog yang lengkap lagi konsisten.
 

Tags:
 

GoogleTagged



Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
52 Jawaban
9231 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 13, 2013, 06:08:16 PM
oleh Kang Asep
6 Jawaban
1952 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 30, 2015, 12:41:21 AM
oleh Sandy_dkk
0 Jawaban
266 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 12, 2016, 06:26:01 AM
oleh Kang Asep

Ilmu Logika

Proposisi Syllogisme Kupas Logika TTS

Meditasi

Menenangkan Pikiran Mengembangkan Kekuatan-Kekuatan