Penulis Topik: Antara Definisi dan Konsep  (Dibaca 1140 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Monox D. I-Fly

Antara Definisi dan Konsep
« pada: Mei 02, 2015, 10:19:47 AM »
Kutip dari: superstring39
sepertinya kita memiliki pandangan yang berbeda tentang memahami fisika. bagi saya hal yang pertama dalam mempelajari fisika adalah fenomena fisisnya. pahami dan bayangkan fenomena atau kejadiannya rasakan seakan-akan kita berada dalam sistem tersebut, setelah itu baru belajar cara menghitungnya. matematika itu hanya alat (tools) dalam fisika, dan bukan sebaliknya.

Yup. Aku dulu bingung sama fisika soalnya aku nggak menguasai konsepnya. Padahal aku suka matematika lho, tapi yang bikin aku nggak suka fisika walaupun suka matematika adalah: Kalau matematika kan semisal jawabannya nggak ketemu masih bisa diakali pakai cara lain (jadi kayak nge-game gitu), tapi kalau fisika kan rumusnya cuma itu-itu aja, jadi kalau nggak ingat rumusnya ya udah, mentog deh, jadi sama aja kayak pelajaran hafalan. Tapi ku mulai sedikit paham waktu liat ngajarin anak SMP soal percepatan. Aku liatin satuannya m/(s^2) yang berrarti (m/s)/s dimana m/s adalah satuan kecepatan dan s adalah satuan waktu. Berarti percepatan itu pertambahan kecepatan setiap detik. Aku baru sadar karena selama ini yang diajarkan di sekolah-sekolah tentang percepatan, dsb. adalah definisi, bukan konsep. Anak SMP mah jelas bakalan bingung kalau cuma dejejali definisi-definisi tanpa tahu maksudnya gimana.

(Diskusi di Forum Sains tanggal 24 Juli 2013)
 

Offline Sandy_dkk

Re:Antara Definisi dan Konsep
« Jawab #1 pada: Mei 09, 2015, 10:21:47 AM »
entahlah...

saya jadi teringat perdebatan antara Prof. Iwan Pranoto (profesor matematika) dan Prof. Yohanes Surya (profesor fisika) tentang 4x6 dan 6x4.
Prof. Iwan Pranoto dengan latar belakang matematika murni (matematika sebagai metode berpikir yang terbebas dari kenyataan ilmiah) tidak mempermasalahkan perbedaan 4x6 dan 6x4, sementara Prof. Yohanes Surya dengan latar belakang matematika terapan (matematika yang berdasar pada kenyataan ilmiah) ketat dengan perbedaan antara keduanya.

itu sedikit gambaran antara matematika murni dan matematika dalam sains.
Agama tidak berguna bagi orang gila!
 

Offline hamaslover

Re:Antara Definisi dan Konsep
« Jawab #2 pada: Mei 09, 2015, 11:21:23 AM »
Waktu sekolah dalam mata pelajaran Fisika ini saya selalu mendapat nilai jelek. Bahkan sampai kuliah, mata kuliah ini tidak sanggup saya lewati sampai 2 kali mengulang, tetapi alhamdulillah pada akhirnya Mata Kuliah tersebut dihapus jadi masalah saya hilang. Hehe..

Seiring berjalannya waktu, akhirnya saya faham kenapa saya sulit sekali memahami fisika maupun matematika yang tingkat kerumitannya sudah akut. Karena saya terlalu terfokus pada rumus-rumus yang sekilas terlihat sangat memusingkan itu, hingga akhirnya tercipta suggesti bahwa ilmu tersebut sangat sulit dimengerti. Hal ini juga disebabkan oleh cara guru saya mengajar, mereka semua hanya menyampaikan sesuatu yang mungkin disebut "definisi" itu sementara konsepnya ditinggalkan! Sampai sekarang saya tidak pandai dalam ilmu matematika maupun fisika yang penuh rumus itu.
 

Offline Monox D. I-Fly

Re:Antara Definisi dan Konsep
« Jawab #3 pada: Mei 10, 2015, 05:44:41 PM »
entahlah...

saya jadi teringat perdebatan antara Prof. Iwan Pranoto (profesor matematika) dan Prof. Yohanes Surya (profesor fisika) tentang 4x6 dan 6x4.
Prof. Iwan Pranoto dengan latar belakang matematika murni (matematika sebagai metode berpikir yang terbebas dari kenyataan ilmiah) tidak mempermasalahkan perbedaan 4x6 dan 6x4, sementara Prof. Yohanes Surya dengan latar belakang matematika terapan (matematika yang berdasar pada kenyataan ilmiah) ketat dengan perbedaan antara keduanya.

itu sedikit gambaran antara matematika murni dan matematika dalam sains.

Ya yang saya maksudkan memang seperti postingan hamaslover di bawah:
Waktu sekolah dalam mata pelajaran Fisika ini saya selalu mendapat nilai jelek. Bahkan sampai kuliah, mata kuliah ini tidak sanggup saya lewati sampai 2 kali mengulang, tetapi alhamdulillah pada akhirnya Mata Kuliah tersebut dihapus jadi masalah saya hilang. Hehe..

Seiring berjalannya waktu, akhirnya saya faham kenapa saya sulit sekali memahami fisika maupun matematika yang tingkat kerumitannya sudah akut. Karena saya terlalu terfokus pada rumus-rumus yang sekilas terlihat sangat memusingkan itu, hingga akhirnya tercipta suggesti bahwa ilmu tersebut sangat sulit dimengerti. Hal ini juga disebabkan oleh cara guru saya mengajar, mereka semua hanya menyampaikan sesuatu yang mungkin disebut "definisi" itu sementara konsepnya ditinggalkan! Sampai sekarang saya tidak pandai dalam ilmu matematika maupun fisika yang penuh rumus itu.

Definisi itu penting, namun untuk mempelajarinya dibutuhkan konsep. Anak-anak SMP biasanya kalau cuma dikasih definisi malah bakal dihafalkan tanpa mengerti maksudnya, karena terkadang definisi yang digunakan menggunakan bahasa yang terlalu berat dicerna anak seusia mereka. Selain itu, buku-buku pelajaran biasanya tidak menyambungkan antara definisi dan rumus, sehingga siswa merasa keduanya adalah hal yang tidak begitu bersinggungan dan cenderung sekedar menghafalkan keduanya. Konsep diperlukan untuk menyambungkan kedua hal tersebut.
 

Offline Akang

Re: Antara Definisi dan Konsep
« Jawab #4 pada: Mei 10, 2015, 06:12:29 PM »
apa bedanya definisi dengan konsep ?
 

Offline Monox D. I-Fly

Re:Antara Definisi dan Konsep
« Jawab #5 pada: Mei 10, 2015, 06:26:41 PM »
Konsep digunakan untuk mempermudah dalam pengertian memahami definisi.
 

Tags:
 

GoogleTagged



Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
0 Jawaban
1117 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 21, 2012, 04:25:37 PM
oleh Kang Asep
3 Jawaban
4588 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 20, 2012, 10:57:19 AM
oleh ratna
0 Jawaban
2247 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 24, 2012, 01:37:17 PM
oleh Kang Asep
4 Jawaban
14644 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 20, 2013, 05:41:02 PM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
2412 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 09, 2013, 12:22:18 AM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
1348 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 22, 2014, 01:34:47 PM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
1050 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 14, 2014, 12:18:00 AM
oleh Kang Asep
1 Jawaban
760 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 26, 2014, 10:10:28 AM
oleh ratna
0 Jawaban
270 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 10, 2016, 10:05:13 AM
oleh Kang Asep
5 Jawaban
123 Dilihat
Tulisan terakhir November 17, 2017, 06:31:35 AM
oleh Sultan

Ilmu Logika

Proposisi Syllogisme Kupas Logika TTS

Meditasi

Menenangkan Pikiran Mengembangkan Kekuatan-Kekuatan