Penulis Topik: Ketika Anak kecil bertanya tentang kambing  (Dibaca 2120 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline arya

Ketika Anak kecil bertanya tentang kambing
« pada: Desember 17, 2012, 07:36:25 PM »
Ketika Anak kecil bertanya tentang kambing


Mungkin bagi kita yang sedah dewasa dan pernah melihat atau bahkan pernah mencicipi daging kambing, sudah bisa menjelaskan bagaimana sebenarnya bentuk binatang yang bernama kambing itu. lain halnya dengan anak kecil yang masih berumur 3 atau 4 tahun yang hanya baru mengetahui beberapa benda-benda tertentu saja yang hanya ada disekitarnya. atau mungkin orang dewasa tapi mengalami kebutaan total sejak lahir dan tidak pernah bersentuhan dengan namanya kambing.

Anak : "kambing itu apa sih, Yah"
ayah : "kambing itu hewan atau binatang"
anak : "bentuknya seperti apa"
ayah : "kambing itu binatang berkaki empat dan berbulu"

Ketika ada seekor kucing lewat, anak itu bertanya lagi

anak : "ini kambing ya yah"
ayah : "bukan, klu yang ini namanya kucing"
anak : "oh.."

Dengan daya ingatnya,  selanjutnya si anak dapat mengenali binatang yang bernama kucing setiap dia melihatnya.

Pada suatu saat, si anak dan ayahnya menonton sebuah acara telvisi yang bertajuk mengenai binatang.

Ayah : "Nah itu yang namanya kambing, dia memanggil mamaknya, 'embeeee....'"
anak : "Oh itu yang namanya kambing, lucu ya suaranya"

Terus si anak mencoba menebak salah satu binatang yang sedang ditampilkan di acara telvisi tersebu.

anak : "Itu kambing juga ya, yah"
ayah : "nah, itu namanya lain lagi, klu yang itu namanya domba"
anak : "kok bisa, apa sih bedanya kambing dengan domba"

si ayah sejenak berpikir, mencari jawaban atas pertanyaan anaknya itu.

ayah : "Kambing itu lebih bau daripada domba"
anak : "emang bau kambing gimana sih"

nampaknya si ayah lama2 frustasi.

ayah : "Yang jelas kambing lebih bau dari ayah"
anak : "!&?^%#%@*@"


===

Penalaran adalah proses berpikir yang bertolak dari pengamatan indera (pengamatan empirik) yang menghasilkan sejumlah konsep dan pengertian. Berdasarkan pengamatan yang sejenis juga akan terbentuk proporsisi-proporsisi yang sejenis, berdasarkan sejumlah proporsisi yang diketahui atau dianggap benar, orang akan menyimpulkan sebuah proporsisi yang baru yang sebelumnya tidak diketahui. Proses inilah yang disebut menalar.

Definisi diambil dari : http://tree-network.blogspot.com/2012/07/penalaran-proposisi-premis-dan-term.html

===

Mampukah seseorang berpikir tanpa pengamatan empirik?
« Edit Terakhir: Desember 17, 2012, 07:42:28 PM oleh arya »
 

Online Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9465
  • Thanked: 61 times
  • Total likes: 472
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Re:Ketika Anak kecil bertanya tentang kambing
« Jawab #1 pada: Desember 17, 2012, 07:43:01 PM »
Kutip dari: arya
Mampukah seseorang berpikir tanpa pengamatan empirik?

tidak mungkin mampu. semua penalaran harus berlandas kepada pengetahuan indrawi yang bersifat empiris. bahkan ada kelompok yang ektrem menolak Logika karena berkeyakinan bahwa ilmu yang benar itu melulu berisfat empirik. kalau menurut saya, empirik dan logika harus seiring sejalan. keduanya memiliki peran masing-masing yang sama-sama penting.
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Offline arya

Re:Ketika Anak kecil bertanya tentang kambing
« Jawab #2 pada: Desember 17, 2012, 09:50:52 PM »
tidak mungkin mampu. semua penalaran harus berlandas kepada pengetahuan indrawi yang bersifat empiris. bahkan ada kelompok yang ektrem menolak Logika karena berkeyakinan bahwa ilmu yang benar itu melulu berisfat empirik. kalau menurut saya, empirik dan logika harus seiring sejalan. keduanya memiliki peran masing-masing yang sama-sama penting.

saya setuju dengan kang asep. bahkan klu menurut saya logika bisa disebut tool atau alat bantu dalam proses penalaraan empirik.

=

dari percakapan diatas, antara anak dan ayah, pada akhirnya anak tersebut dapat mengenali bentuk kambing dari acara televisi tersebut. Dan bila si anak tersebut melihat kambing seperti apa yang dilihatnya ditlevisi maka ia akan menyebutnya bahwa binatang yang dilihatnya itu adalah kambing.

Berbeda dengan si ayah yang telah banyak mengetahui dari hewan yang bernama kambing tersbut. hal itu dapat dilihat bagaimana sang ayah dapat membedakan antara kambing dan domba dari baunya. sehingga boleh jadi bapaknya itu pernah melihat langsung atau bersentuhan langsung dengan kedua binatang tersebut. atau boleh jadi ayahnya pernah memelihara kedua binatang tsbt.

dari kasus tersbut pengamatan empiris ada dua macam :

1. Pengamatan empiris secara langsung dimana subjek terlibat langsung pada obyek yang diamatinya.
2. Pengamatan empiris secara tidak langsung dimana subjek tidak terlibat lansung dengan obyek yang diamatinya. seperti halnya diatas informasi/berita berasal dari ayahnya (teori) dan televisi (visualisasi).

Sepertinya informasi dari hasil pengamatan empiris secara langsung akan lebih meyakinkan dibanding dengan pengamatan empiris secara tidak langsung.

Betul juga kata "sang guru" nya kang asep. Klu mau tau rasa manisnya kopi, mendingan minum aja langsung kopi itu. tanpa harus tau teori "rasa manis". (Setelah diminum kopi itu rasanya pahit karena gak pake gula  :)).
 

Offline ratna

  • Global Moderator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 1862
  • Thanked: 2 times
  • Total likes: 20
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re:Ketika Anak kecil bertanya tentang kambing
« Jawab #3 pada: Desember 27, 2012, 08:58:11 AM »
mungkin ini out of topic, akan tetapi mungkin kang Asep berkenan menguraikan kambing dengan 10 kategori menurut aristoteles sehingga bisa diketahui hakikat kambing itu, sekalian belajar kang....
 

Online Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9465
  • Thanked: 61 times
  • Total likes: 472
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Re:Ketika Anak kecil bertanya tentang kambing
« Jawab #4 pada: Desember 27, 2012, 12:46:39 PM »
Hakikat sesuatu itu hanya bisa diketahui melalui definisi. sedangkan kategori adalah untuk menguraikan sesuatu itu ke berbagi aspek.

(1) zatnya = kambing
(2) sifat = suranya lucu, lebih bau dari domba
(3) tempat = di padang rumput atau di kandang kambing, si anak melihatnya di TV
(4) tempo = anak itu melihat kambing ketika bersama ayahnya
(5) jumlah = jumlah yang kambing yang dilihat oleh si anak, mungkin 1 ekor atau lebih.
(6) kepunyaan = kambing mempunyai 4 kaki
(7) hubungan = kambing segolongan dengan domba, tapi beda jenis
(8) kedudukan = kambing sebagai hewan peliharaan manusia
(9) tindakan = kambing memanggil mamaknya "embeee"
(10) akibat = akibat suaranya itu, kambing tampak lucu
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Offline Monox D. I-Fly

Re:Ketika Anak kecil bertanya tentang kambing
« Jawab #5 pada: Maret 13, 2015, 10:53:46 AM »
Saya jadi ingat waktu masih SD dulu. Waktu itu saya berkesimpulan bahwa ciri fisik bahwa suatu hewan termasuk jenis burung adalah mempunyai sayap, paruh, dan bulu. Kemudian saya mulai berfikir, jangan-jangan nyamuk itu juga burung?
 
The following users thanked this post: Kang Asep

Offline Ziels

Re:Ketika Anak kecil bertanya tentang kambing
« Jawab #6 pada: Januari 30, 2016, 12:03:04 PM »
Saya jadi ingat waktu masih SD dulu. Waktu itu saya berkesimpulan bahwa ciri fisik bahwa suatu hewan termasuk jenis burung adalah mempunyai sayap, paruh, dan bulu. Kemudian saya mulai berfikir, jangan-jangan nyamuk itu juga burung?

iya juga nih burung ++ sepertnya, bisa berjalan vertikal, horizontal dan diatas air, bisa terbang dan mungkin bisa berenang (bayi nyamuk- obat abate) tp gak tau bisa kebal trhdap api atau tdk.
 

Tags:
 

GoogleTagged



Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
0 Jawaban
2746 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 23, 2012, 04:36:10 AM
oleh Kang Asep
2 Jawaban
2631 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 16, 2012, 07:17:08 AM
oleh Kang Asep
12 Jawaban
3263 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 25, 2015, 11:35:58 AM
oleh Kang Asep
11 Jawaban
3928 Dilihat
Tulisan terakhir April 29, 2015, 10:47:47 AM
oleh Kang Asep
10 Jawaban
14282 Dilihat
Tulisan terakhir April 19, 2013, 05:12:04 AM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
859 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 03, 2013, 01:55:35 PM
oleh Kang Asep
11 Jawaban
3733 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 25, 2014, 07:08:34 PM
oleh Sandy_dkk
0 Jawaban
539 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 18, 2015, 06:30:13 PM
oleh JINNAN
0 Jawaban
642 Dilihat
Tulisan terakhir April 29, 2015, 08:16:48 PM
oleh Kang Asep
3 Jawaban
911 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 08, 2016, 10:38:21 AM
oleh Monox D. I-Fly

Ilmu Logika

Proposisi Syllogisme Kupas Logika TTS

Meditasi

Menenangkan Pikiran Mengembangkan Kekuatan-Kekuatan