Penulis Topik: Akibat Perbedaan Definisi  (Dibaca 501 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9589
  • Thanked: 61 times
  • Total likes: 482
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Akibat Perbedaan Definisi
« pada: Agustus 10, 2015, 08:22:01 AM »

Ada banyak forum yang menyerang ideologi Syiah. Bagi saya, hadirnya forum-forum seperti ini tidak masalah. Bagi orang Syiah sendiri, forum-forum seperti itu merupakan promo gratis. Justru dengan adanya para penyerang syiah ini, orang-orang jadi lebih tertarik belajar syiah, Berpikir dan menyelami lebih jauh tentang apa dan bagaimana itu syiah.

Tetapi, perhatikanlah! Siapa pengelola forum-forum tersebut ? Apakah dia memiliki cara berpikir objektif dan rasional ? apakah materi-materi yang disajikaonnya berisi kebenaran atau hasutan belaka ? Apakah tujuannya untuk mengungkapkan kebenaran ataukah sekedar untuk menebarkan kebencian ? Lihatlah dengan seksama !

Saya kadang masuk ke dalam forum atau blog penyerang syiah. Bukan untuk membela ideologi syiah. Saya merasa tidak perlu membela syiah. Kaum syiah dapat membela diri mereka sendiri dengan segala argumentasi yang mereka miliki. Tapi saya masuk untuk memperkenalkan Logika, mendorong orang-orang untuk berpikir dengan adil dan bijaksana.

Salah satu contoh forum penyerang syiah adalah forumsyiah.com. Forum ini masih sepi. Anggotanya masih sedikit. Salah satu tema yang diangkatnya adalah tentang 12 khalifah. Mulai dari hadis ini :

Quote (selected)
Jabir bin Samurah berkata, "Aku mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Islam senantiasa kuat dan berkuasa sampai kedua belas khalifah." Kemudian beliau mengucapkan kata-kata yang tidak aku fahami, lantas aku bertanya kepada ayahku, "Apa yang dikatakan beliau?" dia menjawab, "Mereka semua dari bangsa Quraisy." [Shahih Muslim 3395]

Sebut ini hadis “Kekuasaan 12 Khalifah”.

Admin FSI menyangkal bahwa hadis tersebut merupakan bukti kebenaran syiah. Apa alasannya ?

Mari kita lihat alasannya yang pertama :

Kutip dari: FSI
Pertama, dari 12 imam yang diakui Syiah, fakta sejarah membuktikan hanya 2 orang yang pernah menjadi khalifah memimpin negara Islam, yaitu Ali RA & Hasan RA. Jadi yang 10 lagi sama sekali tidak pernah menjadi khalifah. Ali RA menjadi khalifah setelah Abu Bakar RA, Umar RA & Usman RA, sedangkan Hasan RA hanya menjadi khalifah selama 6 bulan lalu menyerahkan kekhalifahan dan berbaiat kepada orang yang Syiah anggap kafir, Mu'awiyah RA. Apakah bukan suatu bentuk penghinaan untuk seorang pemimpin muslim jika dia melakukan hal itu? Bahkan Syiah percaya semua imam kecuali Mahdi melakukannya!!!

Dari alasan pertama ini saja sudah terlihat jelas, bahwa admin FSI ini tidak bijak dalam berargumentasi, tidak relevan, mengindikasikan adanya perbedaan Definisi tentang khalifah antara dia dengan syiah.

Kita tahu, benar bahwa menurut keyakinan sunni, hanya 2 orang dari 12 imam syiah yang menjadi khalifah (P1). Ini berarti, pada bagian ini saya tidak menyangkal pernyataan admin FSI. Itu sudah saya tegaskan benar. Tapi, saya menyangkal jika P1 merupakan bukti kekeliruan aqidah syiah. Itu namanya gak nyambung. Seperti orang bicara kuda, lalu dia bicara kuda lumping. Lain ladang lain tambak. Lain dihadang lain ditembak. Tapi rupanya admin FSI tidak menyadari ketidaknyambungan ini. Karena itu, kemudian saya beritahukan :

Kutip dari: kang asep
Benar.
Menurut sunni, dari 12 imam itu hanya 2 orang yang menjadi khalifah
Menurut syiah, dari 12 imam itu seluruh menjadi khalifah.

Menurut syiah, khalifah pertama itu Ali bin Abi Thalib
Menurut sunni, khalifah pertama itu Abu Bakar Ash Shidiq

Perbedaan pengakuan itu karena perbedaan definisi.

Adapun perbedaan definisi, mustahil dapat dicarikan titik temunya. Jika ingin sampai pada titik temu, mesti ada kesepakatan definisi.

Setelah dijelaskan demikian, seorang dengan id Bung Tomo berkomentar :

Kutip dari: bung Tomo
Menurut Sunni, Ali RA & Hasan RA pun bukan imam seperti yang didefinisikan Syiah. Yang pasti semua sepakat & sejarah membuktikan bahwa hanya 2 dari 12 imam Syiah yang pernah berkuasa memimpin negara Islam kan?

“Yang pasti semua sepakat”. Ini yg perlu diperhatikan, benar atau salah ? benarkah semua sepakat ? atau hanya khayalan dia saja ? Struktur pemikirannya harus diperjelas, siapa saja yang sepakat di situ ? kalau “semua ulama sunni” sepekat, maka bisa jadi benar. Tapi jika dikatakan sunni dan syiah sepakat, maka itu mustahil. Jelas, sunni dan syiah tidak sepakat. Maka harus jelas, siapa yang termasuk dalam “semua sepakat”. Struktur konsep dari bung Tomo ini belum jelas. Tapi kebodohan bung Tomo ini sudah jelas dan pasti.

Kutip dari: kang asep
Sepakat.
Tapi sunni dan syiah tidak sepakat

Hadis Sunni itu berbicara tentang izzah (jaya/kuat/hebat) negara Islam di bawah kepemimpinan 12 khalifah itu.
 

Orang ini terus berbicara dari sudut pandangnya sendiri. Pake kacamata kuda. Padahal sudah saya tegaskan berkali-kali bahwa hal itu benar. Tapi harus difahami, benarnya itu dari sudut pandang siapa ? Ya benar dari sudut pandng dia saja atau dari sudut pandang sunni, bukan dari sudut pandang syiah.

Kutip dari: bung Tomo
Jadi mau sepakat ataupun tidak soal definisi khalifah, tetap saja hadis itu tidak mendukung kepercayaan Syiah.

Ini yang saya sangkal. Karena jelas benar, hadis tersebut tidak mendukung kepercayaan syiah. Lagi-lagi harus diperhatikan, benar menurut siapa ? ya menurut pikiran dia atau sunni.

Pertama, Hadis Kekuasaan 12 Khalifah mendukung kepercayaan syiah (P2)
Kedua, Hadis Kekuasaan 12 Khalifah tidak mendukung kepercayaan syiah (P3).

Yang pertama itu bernilai benar menurut syiah dan bernilai salah menurut sunni.
Yang kedua itu bernilai salah menurut syiah dan bernilai benar menurut sunni.

Masing-masing punya cara pandang dan penilaian yang berbeda. Adalah tindakan yang Bodoh, jika s Tomo ini berpikir, “Karena sesuatu itu benar menurut sunni, maka syiah juga harus mengakui bahwa hal itu benar. Bila menurut sunni itu salah, maka syiah juga harus mengakui salah.” Ini cara pandang bodoh alias stupid.

Tampaknya admin fsi atau si Tomo berpikir bahwa nilai benar atau salah yang mereka berikan harus diakui oleh syiah, karena mereka memiliki bukti-bukti kebenarnanya atau kesalahannya berdasarkan nash maupun logika. Ha..ha... mustahil. Lihat dan perhatikan, sebanyak apapun, sekuat apapun bukti kebenaran yang mereka kemukakan, mustahil dapat diterima oleh syiah, karena objek yang dibicarakannya berbeda akibat perbedaan Definisi. Semua bukti-bukti yang dimiliki si Tomo baru bisa berfungsi terhadap syiah, jika sudah ada kesepakatan definisi.
« Edit Terakhir: Agustus 10, 2015, 08:28:00 AM oleh Kang Asep »
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Tags:
 

GoogleTagged



Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
22 Jawaban
4698 Dilihat
Tulisan terakhir November 01, 2014, 03:18:14 PM
oleh Sandy_dkk
1 Jawaban
1041 Dilihat
Tulisan terakhir November 19, 2014, 09:42:57 AM
oleh sweetchild
0 Jawaban
2253 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 05, 2015, 04:09:23 PM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
410 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 07, 2015, 12:19:05 PM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
470 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 25, 2015, 10:47:18 AM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
522 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 26, 2015, 01:01:13 PM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
375 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 27, 2016, 08:11:03 AM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
399 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 27, 2016, 10:45:27 AM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
448 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 27, 2016, 10:52:29 AM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
156 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 04, 2018, 04:57:52 PM
oleh comicers

Ilmu Logika

Proposisi Syllogisme Kupas Logika TTS

Meditasi

Menenangkan Pikiran Mengembangkan Kekuatan-Kekuatan