Penulis Topik: Titik Pencerahan Saya Sebagai Seorang Katolik  (Dibaca 7453 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline verdilaurent

Titik Pencerahan Saya Sebagai Seorang Katolik
« pada: November 06, 2013, 09:39:37 AM »
Saya adalah cucu pertama dan satu-satunya yang berani menanyakan perihal keyakinan kakek saya dari pihak ibu. Seluruh anaknya, termasuk ibu saya pun tidak pernah mendengar cerita ini.

Ketika berlibur di rumah kakek saya, di Magelang, saya melihat kakek saya membaca tulisan Arab di belakang sebuah undangan. Karena tidak tertulis artinya dalam bahasa Indonesia, saya pun menanyakan artinya. Kakek saya kemudian mengartikan kalimatnya satu persatu.

Dihinggapi rasa penasaran, saya bertanya lagi pada kakek saya, apakah beliau menjadi seorang Katolik ketika akan menikah dengan nenek saya. Kakek saya memang terlahir dari keluarga muslim golongan Muhamadiyah, di daerah Rambeanak, Kab. Magelang. Beliau lahir pada tahun 1925, dan menikah dengan nenek saya pada tanggal 26 Desember 1950. Bulan depan adalah ulang tahun perkawinan mereka yang ke 63.

Beliau pun mulai cerita sewaktu masih sekolah di Sekolah Rakyat (SR) yang dahulu namanya Tweede Inlandsche School, atau Sekolah Ongko Loro, yang diadakan di halaman sebuah kapel (gereja kecil) Katolik. Setiap kali melewati depan pintu kapel, kakek saya melihat sosok seseorang dibelakang altar, tepatnya di depan tabernakel, selalu melambaikan tangan kearahnya.

Ketika usianya menginjak 17 tahun, kakek saya pun berniat untuk belajar agama Katolik pada gurunya sewaktu di SR, yang juga seorang Pastur. Pada Pastur tersebut kakek saya minta dibaptis setelah terlebih dahulu mendalami pelajaran agama Katolik.

Setelah bercerita, kakek saya mengucapkan syahadat milik umat Islam pada saya, dengan mengubah kalimat keduanya.

Quote (selected)
ašhadu al lā ilāha illa llāh
wa ašhadu anna isa ruhullāh

Cerita kakek saya dikala usia saya yang kurang lebih 17 tahun tersebut, telah menjadi suatu titik pencerahan bagi saya untuk lebih mengimani Kristus. Saya pun juga berusaha mencari ayat dalam Al-Quran yang mendukung pernyataan kakek saya tersebut. Dan saya menemukan ayat ini.

Quote (selected)
Q.S. An-Nissa':171

Wahai Ahli Kitab, janganlah kamu melampaui batas dalam agamamu, dan janganlah kamu mengatakan terhadap Allah kecuali yang benar. Sesungguhnya Al-Masih, Isa putra Maryam itu, adalah utusan Allah dan (yang diciptakan dengan) kalimat-Nya yang disampaikan-Nya kepada Maryam, dan (dengan tiupan) roh dari-Nya. Maka berimanlah kamu kepada Allah dan rasul-rasul-Nya dan janganlah kamu mengatakan: (Ilah itu) tiga, berhentilah (dari ucapan itu). (Itu) lebih baik bagimu. Sesungguhnya Allah Ilah Yang Maha Esa, Maha Suci Allah dari mempunyai anak, segala yang di langit dan di bumi adalah kepunyaan-Nya. Cukuplah Allah sebagai pemelihara. (QS 4:171)

2 orang adik ipar kakek saya, atau adik kandung nenek saya adalah seorang biarawan Katolik. Dimana adik laki-laki nenek saya telah menjadi seorang Uskup, sedang adiknya yang perempuan adalah seorang suster.

Sungguh sangat berat rasanya bagi saya memiliki seorang kakek, yang juga seorang Uskup, dimana semasa masih menjadi Pastur, telah memberkati pernikahan kedua orang tua saya. Bagaimana tidak berat jika saya harus mencari jodoh yang seiman Katolik. Lagipula saya adalah anak satu-satunya yang dimiliki orang tua saya.

Saya pun berprinsip, lebih baik tidak menikah daripada mendapatkan jodoh yang tidak seiman. Tetapi pada tahun 2005, saya pun lega karena dapat menikah secara Katolik, dan diberkati pula oleh kakek Uskup saya.
« Edit Terakhir: November 06, 2013, 09:44:11 AM oleh verdilaurent »
 

Offline Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9264
  • Thanked: 55 times
  • Total likes: 353
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Re: Titik Pencerahan Saya Sebagai Seorang Katolik
« Jawab #1 pada: November 06, 2013, 03:10:58 PM »
apa yang dimakud dengan pencerahan oleh kang verdi ?
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Offline verdilaurent

Re: Titik Pencerahan Saya Sebagai Seorang Katolik
« Jawab #2 pada: November 06, 2013, 03:55:27 PM »
Suatu titik dimana kita berada di persimpangan dan merasa kebingungan dalam memilih arah yang akan kita lalui. Titik pencerahan yang saya maksud dalam hal ini adalah masalah keyakinan.

Ketika itu, saya masih SMA dan beberapa teman saya menjadi mualaf hanya karena ikut pacar, padahal belum tentu menikah. Mereka yang dahulunya fanatik terhadap iman Katolik, hancur karena kesombongan mereka.

Saya pun masih jomblo ketika lulus SMA.
 

Offline Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9264
  • Thanked: 55 times
  • Total likes: 353
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Re: Titik Pencerahan Saya Sebagai Seorang Katolik
« Jawab #3 pada: November 06, 2013, 04:12:15 PM »
sejauh mana kang verdi pernah mempelajari Islam ?
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Offline verdilaurent

Re: Titik Pencerahan Saya Sebagai Seorang Katolik
« Jawab #4 pada: November 06, 2013, 07:41:16 PM »
^hanya sebatas menambah ilmu saja Kang. Mempelajari keyakinan orang lain akan menambah keimanan kita. Saya lebih suka berdebat masalah agama, hanya dengan yang seiman. Dengan begitu, kita bisa saling introspeksi akan kekurangan kita.

Pencerahan disini dapat diartikan juga berubahnya paradigma (cara pandang) kita akan sesuatu, dalam hal ini iman Katolik saya yang semakin dikuatkan.

Contoh lain pencerahan adalah seorang anak yang nilai mata pelajarannya selalu buruk, tiba-tiba ada sedikit kemajuan, hingga akhirnya menjadi juara kelas.
 

Offline Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9264
  • Thanked: 55 times
  • Total likes: 353
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Re: Titik Pencerahan Saya Sebagai Seorang Katolik
« Jawab #5 pada: November 06, 2013, 09:42:16 PM »
Bagaimana dalam keyakinan kang Verdi, Tuhan itu satu atau tiga ?
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Offline verdilaurent

Re: Titik Pencerahan Saya Sebagai Seorang Katolik
« Jawab #6 pada: November 07, 2013, 10:14:41 AM »
Tuhan itu satu. Tetapi tiga pribadi, Allah Bapa, Allah Putra dan Allah Roh Kudus. Dan sebagaimana tertulis dalam Al-Quran sendiri, Isa Al-Masih, berarti Yesus adalah Firman Allah Yang Hidup, yang lahir dari tiupan Roh Allah melalui Gabriel.
 

Offline Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9264
  • Thanked: 55 times
  • Total likes: 353
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Re: Titik Pencerahan Saya Sebagai Seorang Katolik
« Jawab #7 pada: November 07, 2013, 01:55:42 PM »
^ kalau begitu, berarti Tuhan memiliki tiga kepribadian yang berbeda ?
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Offline comicers

Re: Titik Pencerahan Saya Sebagai Seorang Katolik
« Jawab #8 pada: November 07, 2013, 04:38:16 PM »
berasa de javu, kemaren kang Badra ngaku Katolik mantan Islam, sekarang kang verdi jg ngaku kakeknya Katolik mantan Islam. lama2 MediaLogika udah jadi kek FaithFreedom aja nieh. :not speak:

Jadi inget ane sama Uskup Soegija & FX Hadi Rudyatmo katanya juga Katolik mantan Islam

^ kalau begitu, berarti Tuhan memiliki tiga kepribadian yang berbeda ?

kalo mau tau tentang Trinitas, dimari udah sering dibicarain nih: http://www.laskarislam.com/t1061-saksi-yehuwa-melawan-kristen-trinitas
 

Offline Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9264
  • Thanked: 55 times
  • Total likes: 353
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Re: Titik Pencerahan Saya Sebagai Seorang Katolik
« Jawab #9 pada: November 07, 2013, 06:21:37 PM »
^ saya mau tau apa yang ada di pikirannya kang verdi.
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Offline comicers

Re: Titik Pencerahan Saya Sebagai Seorang Katolik
« Jawab #10 pada: November 07, 2013, 06:49:24 PM »
^ saya mau tau apa yang ada di pikirannya kang verdi.

emang Kang Asep pernah gak ngomentarin statement murtad di FaithFreedom ?
 

Offline Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9264
  • Thanked: 55 times
  • Total likes: 353
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Re: Titik Pencerahan Saya Sebagai Seorang Katolik
« Jawab #11 pada: November 07, 2013, 06:58:33 PM »
sudah terlalu sering. dan sudah bosan. tapi di sini belum bosan, sebab bermanfaat untuk memperbanyak post forum. biar lebih banyak pengunjungnya. he..he..
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Offline verdilaurent

Re: Titik Pencerahan Saya Sebagai Seorang Katolik
« Jawab #12 pada: November 07, 2013, 08:32:05 PM »


Peristiwa pembaptisan Yesus, seringkali dinterpretasikan sebagai manifestasi dari tiga pribadi dalam Trinitas.

Quote (selected)
Matius 3:16-17

Sesudah dibaptis, Yesus segera keluar dari air dan pada waktu itu juga langit terbuka dan Ia melihat Roh Allah seperti burung merpati turun ke atas-Nya, lalu terdengarlah suara dari sorga yang mengatakan: "Inilah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan."

Gereja Katolik pun mengadopsi pembaptisan dalam nama Bapa, Putra, dan Roh Kudus berdasarkan ayat berikut.

Quote (selected)
Matius 28:18-20

Yesus mendekati mereka dan berkata: "Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi. Karena itu pergilah, dan jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa, dan Anak, dan Roh Kudus, dan ajarkanlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman."

Lebih lengkapnya boleh dibaca di artikel berikut: Apa ajaran Alkitab mengenai Tritunggal?
 

Offline verdilaurent

Re: Titik Pencerahan Saya Sebagai Seorang Katolik
« Jawab #13 pada: November 07, 2013, 08:36:20 PM »
berasa de javu, kemaren kang Badra ngaku Katolik mantan Islam, sekarang kang verdi jg ngaku kakeknya Katolik mantan Islam. lama2 MediaLogika udah jadi kek FaithFreedom aja nieh. :not speak:

Jadi inget ane sama Uskup Soegija & FX Hadi Rudyatmo katanya juga Katolik mantan Islam

kalo mau tau tentang Trinitas, dimari udah sering dibicarain nih: http://www.laskarislam.com/t1061-saksi-yehuwa-melawan-kristen-trinitas

SY/JW atau apapun itu, hanyalah perusak iman umat Kristiani. Saya pribadi sangat salut akan kaderisasi yang mereka lakukan, dengan mengkikis iman umat Katolik yang rata2 jarang membaca Alkitab.
 

Offline Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9264
  • Thanked: 55 times
  • Total likes: 353
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Re: Titik Pencerahan Saya Sebagai Seorang Katolik
« Jawab #14 pada: November 07, 2013, 10:36:59 PM »
jika :

The Father adalah Tuhan
The Son adalah Tuhan
The Holy Spirit adalah Tuhan

maka :

Sebagian tuhan adalah The Son.

benarkah ?
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Tags:
 

GoogleTagged



Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
0 Jawaban
1297 Dilihat
Tulisan terakhir April 24, 2012, 04:37:40 AM
oleh Kang Asep
6 Jawaban
3365 Dilihat
Tulisan terakhir November 28, 2012, 08:16:17 PM
oleh Kang Asep
6 Jawaban
3266 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 26, 2013, 03:51:56 PM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
575 Dilihat
Tulisan terakhir April 09, 2013, 01:07:29 PM
oleh Awal Dj
1 Jawaban
8731 Dilihat
Tulisan terakhir September 09, 2015, 10:59:09 PM
oleh Monox D. I-Fly
1 Jawaban
1303 Dilihat
Tulisan terakhir November 04, 2013, 08:28:18 PM
oleh verdilaurent
4 Jawaban
914 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 11, 2015, 11:50:18 AM
oleh Monox D. I-Fly
0 Jawaban
621 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 04, 2015, 10:35:48 AM
oleh Kang Asep
10 Jawaban
1484 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 01, 2016, 10:50:25 PM
oleh comicers
0 Jawaban
216 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 27, 2016, 07:38:03 AM
oleh comicers

Ilmu Logika

Proposisi Syllogisme Kupas Logika TTS

Meditasi

Menenangkan Pikiran Mengembangkan Kekuatan-Kekuatan