Penulis Topik: Taqiyah  (Dibaca 858 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline ratna

  • Global Moderator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 1862
  • Thanked: 2 times
  • Total likes: 22
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Taqiyah
« pada: Oktober 10, 2013, 09:13:41 AM »
Assalamualaikum Ustads Abu!


Jika saya dihadapkan pada situasi yang sulit, misalkan saya ditangkap oleh suatu kaum dimana kaum itu akan membunuh siapapun yang mengaku beragama islam sedangkan yang beragama Budha Hindu Kristen atau selainnya dilepaskan. Maka ketika saya ditanya oleh kaum itu, " Apa agamamu?" akan saya jawab, " Agamaku adalah sama dengan agamanya Yesus putera Bunda Maria Sang Perawan Suci itu. Kemudian kaum itu bertanya lagi, kamu kristen ya?" Lalu saya jawab," Jika kamu menyebut agama Yesus dengan nama kristen, maka saya adalah beragama kristen!"

Pertanyaan

Apakah yang saya lakukan tersebut dinamakan Taqiyyah?
Apakah menurut Ustads jawaban-jawaban saya adalah dusta?


Permisalan yang lain, suatu kali saya hendak diberi peringatan oleh atasan saya. Kemudian atasan saya memanggil saya dan bertanya," Jam 08;00 saya datang ke lokasi kerjamu tapi saya tidak menemukan kamu disana, padahal jam 08:00 tepat kamu sudah harus berada disana. Oleh karena kealpaanmu itu maka saya akan berikan surat peringatan kepadamu!" Lalu saya mendebat untuk membela diri," Tapi Pak, saya datang tadi pagi itu jam 07 lebih, hanya saya lupa lebihnya berapa menit karena saya tidak membawa absen saya, juga saya tahu ketika bapak berjalan pergi dari lokasi kerja saya, lalu setelah datang ke lokasi kerja lalu saya langsung ke WC untuk memenuhi hajat. Untuk itu saya mohon bapak mengerti dan menerima alasan saya. Faktanya saya memang datang lebih dari jam 08:00. Nah apakah yang saya lakukan itu termasuk kepada Taqiyah dan Apakah saya telah berdusta?
 

Offline Abu Zahra

Re: Taqiyah
« Jawab #1 pada: Oktober 14, 2013, 08:09:15 PM »
misal yang pertama, ancamannya dibunuh, seperti yang terjadi pada 'Ammar bin Yasir, dan Rasulullah saw membenarkan, yang demikian disebut taqiyyah. Misal kedua hanya sebatas peringatan, dan Islam mengajarkan kita disiplin, jadi jangan lindungi ketidakdisiplinan dengan dusta.
« Edit Terakhir: Oktober 14, 2013, 08:29:37 PM oleh Abu Zahra »
 

Tags: taqiyah 
 

GoogleTagged



Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
4 Jawaban
1952 Dilihat
Tulisan terakhir April 05, 2013, 08:23:41 PM
oleh Sandy_dkk
0 Jawaban
515 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 27, 2015, 08:09:18 AM
oleh Kang Asep

Ilmu Logika

Proposisi Syllogisme Kupas Logika TTS

Meditasi

Menenangkan Pikiran Mengembangkan Kekuatan-Kekuatan