Penulis Topik: SHAUM BULAN RAMADHÂN [16]  (Dibaca 1119 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Abu Zahra

SHAUM BULAN RAMADHÂN [16]
« pada: Juli 17, 2013, 05:34:07 AM »
SHAUM BULAN RAMADHÂN [16]

Syarat niat safar pada waktu malam atau keluar sebe-lum zawâl, jika tidak demikian maka tidak boleh buka
عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ مُسْلِمٍ عَنْ أَبِي عَبْدِ اللَّهِ ع قَالَ إِذَا سَافَرَ الرَّجُلُ فِي شَهْرِ رَمَضَانَ فَخَرَجَ بَعْدَ نِصْفِ النَّهَارِ فَعَلَيْهِ صِيَامُ ذَلِكَ الْيَوْمِ وَ يَعْتَدُّ بِهِ مِنْ شَهْرِ رَمَضَانَ.
   Dari Muhammad bin Muslim dari Abû 'Abdillâh as ber-kata, "Apabila orang safar pada bulan Ramadhân, lalu dia ke-luar setelah pertengahan siang, maka dia wajib menshaumi hari itu dan dia menghitungnya dari bulan Ramadhân." 

عَنِ الْحَلَبِيِّ عَنْ أَبِي عَبْدِ اللَّهِ ع أَنَّهُ سُئِلَ عَنِ الرَّجُلِ يَخْرُجُ مِنْ بَيْتِهِ يُرِيدُ السَّفَرَ وَ هُوَ صَائِمٌ قَالَ فَقَالَ إِنْ خَرَجَ مِنْ قَبْلِ أَنْ يَنْتَصِفَ النَّهَارُ فَلْيُفْطِرْ وَ لْيَقْضِ ذَلِكَ الْيَوْمَ وَ إِنْ خَرَجَ بَعْدَ الزَّوَالِ فَلْيُتِمَّ يَوْمَهُ.
   Dari Al-Halabi dari Abû 'Abdillâh as bahwa beliau te-lah ditanya tentang orang, dia keluar dari rumahnya hendak sa-far sedang dia shaum, beliau berkata, "Jika dia keluar sebelum pertengahan siang, hendaklah dia berbuka, dan wajib memba-yar hari itu, dan bila dia keluar setelah zawâl, dia wajib me-nyempurnakan shaum hari itu." 
 
عَنْ عُبَيْدِ بْنِ زُرَارَةَ عَنْ أَبِي عَبْدِ اللَّهِ ع فِي الرَّجُلُ يُسَافِرُ فِي شَهْرِ رَمَضَانَ يَصُومُ أَوْ يُفْطِرُ قَالَ إِنْ خَرَجَ قَبْلَ الزَّوَالِ فَلْيُفْطِرْ وَ إِنْ خَرَجَ بَعْدَ الزَّوَالِ فَلْيَصُمْ.
   Dari 'Ubaid bin Zurârah dari Abû 'Abdillâh as tentang orang, dia safar pada bulan Ramadhân, apakah dia shaum atau berbuka? Beliau berkata, "Bila dia keluar sebelum zawâl, hen-daklah dia berbuka dan jika dia keluar setelah zawâl hendak-lah dia shaum." 
 
عَنْ عُبَيْدِ بْنِ زُرَارَةَ عَنْ أَبِي عَبْدِ اللَّهِ ع قَالَ إِذَا خَرَجَ الرَّجُلُ فِي شَهْرِ رَمَضَانَ بَعْدَ الزَّوَالِ أَتَمَّ الصِّيَامَ فَإِذَا خَرَجَ قَبْلَ الزَّوَالِ أَفْطَرَ.
 Dari 'Ubaid bin Zurârah dari Abû 'Abdillâh as berkata, "Bila orang keluar pada bulan Ramadhân setelah zawâl, dia sem-purnakan shaum, dan bila dia keluar sebelum zawâl dia ber-buka."   

عَنْ سَمَاعَةَ قَالَ قَالَ أَبُو عَبْدِ اللَّهِ ع مَنْ أَرَادَ السَّفَرَ فِي رَمَضَانَ فَطَلَعَ الْفَجْرُ وَ هُوَ فِي أَهْلِهِ فَعَلَيْهِ صِيَامُ ذَلِكَ الْيَوْمِ إِذَا سَافَرَ لَا يَنْبَغِي أَنْ يُفْطِرَ ذَلِكَ الْيَوْمَ وَحْدَهُ وَ لَيْسَ يَفْتَرِقُ التَّقْصِيرُ وَ الْإِفْطَارُ فَمَنْ قَصَّرَ فَلْيُفْطِرْ.
   Dari Samâ'ah berkata: Abû 'Abdillâh as telah berkata, "Siapa yang hendak melakukan safar pada bulan Ramadhân, lalu terbit fajar sedang dia di ahlinya, maha hendaklah dia shaum pada hari itu, apabila dia dafar tidak boleh buka pada hari itu saja, tidak berbeda mengqashar dan berbuka, siapa yang wajib qashr, maka hendaklah berbuka." 
 
عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ أَبِي حَمْزَةَ عَنْ عَلِيِّ بْنِ يَقْطِينٍ عَنْ أَبِي الْحَسَنِ مُوسَى ع فِي الرَّجُلِ يُسَافِرُ فِي شَهْرِ رَمَضَانَ أَ يُفْطِرُ فِي مَنْزِلِهِ قَالَ إِذَا حَدَّثَ نَفْسَهُ فِي اللَّيْلِ بِالسَّفَرِ أَفْطَرَ إِذَا خَرَجَ مِنْ مَنْزِلِهِ وَ إِنْ لَمْ يُحَدِّثْ نَفْسَهُ مِنَ اللَّيْلَةِ ثُمَّ بَدَا لَهُ فِي السَّفَرِ مِنْ يَوْمِهِ أَتَمَّ صَوْمَهُ.
   Dari 'Ali bin Yaqthîn dari Abû Al-Hasan Mûsâ as me-ngenai orang dia safar pada bulan Ramadhân, apakah dia ber-buka di rumahnya? Beliau berkata, "Jika berniat pada waktu malam hendak safar dia berbuka jika dia keluar dari rumah-nya, dan jika tidak berniat dari waktu malam, kemudian tam-pak baginya untuk safar dari hari itu dia sempurnakan shaum-nya." 

عَنْ أَبِي بَصِيرٍ قَالَ سَمِعْتُ أَبَا عَبْدِ اللَّهِ ع يَقُولُ إِذَا أَرَدْتَ السَّفَرَ فِي شَهْرِ رَمَضَانَ فَنَوَيْتَ الْخُرُوجَ مِنَ اللَّيْلِ فَإِنْ خَرَجْتَ قَبْلَ الْفَجْرِ أَوْ بَعْدَهُ فَأَنْتَ مُفْطِرٌ وَ عَلَيْكَ قَضَاءُ ذَلِكَ الْيَوْمِ.
   Dari Abû Bashîr berkata: Saya telah mendengar Abû 'Abdillâh as mengatakan, "Jika kamu hendak safar pada bulan Ramadhân, lalu kamu berniat keluar dari malam, maka jika kamu keluar sebelum fajar atau setelahnya, maka kamu berbu-ka dan atasmu mengqadhâ hari tersebut." 

Musafir boleh berbuka sekalipun dia mengetahui ke-datangannya itu sebelum zawâl, jika dia shaum dan datang sebelumnya sah shaumnya dan memadai bagi-nya dan seandainya dia masuk dalam keadaan junub 
عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ مُسْلِمٍ عَنْ أَبِي عَبْدِ اللَّهِ ع فِي حَدِيثٍ قَالَ فَإِذَا دَخَلَ أَرْضاً قَبْلَ طُلُوعِ الْفَجْرِ وَ هُوَ يُرِيدُ الْإِقَامَةَ بِهَا فَعَلَيْهِ صَوْمُ ذَلِكَ الْيَوْمِ وَ إِنْ دَخَلَ بَعْدَ طُلُوعِ الْفَجْرِ فَلَا صِيَامَ عَلَيْهِ وَ إِنْ شَاءَ صَامَ.
   Dari Muhammad bin Muslim dari Abû 'Abdillâh as da-lam sebuah hadîts berkata, "Bila dia memasuki saatu daerah sebelum terbit fajar dan dia hendak bermukim di sana, maka dia wajib shaum pada hari itu, dan jika dia masuk setelah fa-jar, maka tidak ada shaum atasnya dan jika dia mau dia sha-um." 
 
عَنْ رِفَاعَةَ بْنِ مُوسَى قَالَ سَأَلْتُ أَبَا عَبْدِ اللَّهِ ع عَنِ الرَّجُلِ يُقْبِلُ فِي شَهْرِ رَمَضَانَ مِنْ سَفَرٍ حَتَّى يَرَى أَنَّهُ سَيَدْخُلُ أَهْلَهُ ضَحْوَةً أَوِ ارْتِفَاعَ النَّهَارِ قَالَ إِذَا طَلَعَ الْفَجْرُ وَ هُوَ خَارِجٌ لَمْ يَدْخُلْ فَهُوَ بِالْخِيَارِ إِنْ شَاءَ صَامَ وَ إِنْ شَاءَ أَفْطَرَ.
    Dari Rifâ'ah bin Mûsâ berkata: Saya bertanya kepada Abû 'Abdillâh as tentang orang dia datang pada bulan Rama-dhân dari safar hingga dia melihat bahwasanya dia akan masuk kepada keluarganya pada waktu duha atau siang telah mening-gi, beliau berkata, "Apabila fajar telah terbit sedang dia ada di luar belum masuk, maka dia memilih, jika dia mau, dia shaum dan bila dia mau, dia berbuka." 

عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ مُسْلِمٍ قَالَ سَأَلْتُ أَبَا جَعْفَرٍ ع عَنِ الرَّجُلِ يَقْدَمُ مِنْ سَفَرٍ فِي شَهْرِ رَمَضَانَ فَيَدْخُلُ أَهْلَهُ حِينَ يُصْبِحُ أَوِ ارْتِفَاعِ النَّهَارِ قَالَ إِذَا طَلَعَ الْفَجْرُ وَ هُوَ خَارِجٌ وَ لَمْ يَدْخُلْ أَهْلَهُ فَهُوَ بِالْخِيَارِ إِنْ شَاءَ صَامَ وَ إِنْ شَاءَ أَفْطَرَ.
    Dari Muhammad bin Muslim berkata: Saya bertanya kepada Abû Ja'far as tentang orang dia datang dari safarnya pada bulan Ramadhân, lalu dia memasuki keluarganya ketika pagi atau siang telah meninggi, beliau berkata, "Jika fajar te-lah terbit sedang dia berada di luar dan belum masuk kepada keluarganya, maka dia memilih, jika dia mau, dia shaum, dan bila dia mau, dia  berbuka." 

عَنْ أَحْمَدَ بْنِ مُحَمَّدٍ قَالَ سَأَلْتُ أَبَا الْحَسَنِ ع عَنْ رَجُلٍ قَدِمَ مِنْ سَفَرٍ فِي شَهْرِ رَمَضَانَ وَ لَمْ يَطْعَمْ شَيْئاً قَبْلَ الزَّوَالِ قَالَ يَصُومُ.
   Dari Ahmad bin Muhammad berkata: Saya bertanya ke-pada Abû Al-Hasan as tentang orang yang datang dari safar pada bulan Ramadhân sedang dia bebum memakan sesuatu se-belum zawâl, beliau berkata, "Dia shaum." 
 
عَنْ يُونُسَ فِي حَدِيثٍ قَالَ قَالَ فِي الْمُسَافِرِ يَدْخُلُ أَهْلَهُ وَ هُوَ جُنُبٌ قَبْلَ الزَّوَالِ وَ لَمْ يَكُنْ أَكَلَ فَعَلَيْهِ أَنْ يُتِمَّ صَوْمَهُ وَ لَا قَضَاءَ عَلَيْهِ يَعْنِي إِذَا كَانَتْ جَنَابَتُهُ مِنِ احْتِلَامٍ.
   Dari Yûnus dalam sebuah hadîts berkata: Beliau berka-ta tentang musafir dia masuk kepada keluarganya sedang dia dalam keadaan junub sebelum zawâl dan dia belum makan apa-apa, "Maka atasnya menyempurnakan shaumnya dan ti-dak ada qadhâ atasnya yaitu apabila janâbah-nya itu karena ihtilâm (mimpi basah)." 
Al-Shadûq meriwayatkan dengan isnâd-nya dari Yûnus bin 'Abdurrahmân dari Mûsâ bin Ja'far as yang semisalnya.

Orang yang tidak shaum karena safar dianjurkan me-nahan diri dalam sisa harinya
عَنْ عُثْمَانَ بْنِ عِيسَى عَنْ سَمَاعَةَ قَالَ سَأَلْتُهُ عَنْ مُسَافِرٍ دَخَلَ أَهْلَهُ قَبْلَ زَوَالِ الشَّمْسِ وَ قَدْ أَكَلَ قَالَ لَا يَنْبَغِي لَهُ أَنْ يَأْكُلَ يَوْمَهُ ذَلِكَ شَيْئاً وَ لَا يُوَاقِعُ فِي شَهْرِ رَمَضَانَ إِنْ كَانَ لَهُ أَهْلٌ.
    Dari 'Utsmân bin 'Îsâ dari Samâ'ah berkata: Saya berta-nya kepadanya tentang orang yang safar yang masuk kepada keluarganya sebelum zawâl matahari sedang dia telah makan, dia berkata, "Tidak layak baginya makan sesuatu pada (sisa) harinya itu dan tidak juga menggauli (istrinya) dalam bulan Ramadhân jika dia punya istri." 

عَنِ الزُّهْرِيِّ عَنْ عَلِيِّ بْنِ الْحُسَيْنِ ع فِي حَدِيثٍ قَالَ وَ أَمَّا صَوْمُ التَّأْدِيبِ فَأَنْ يُؤْخَذَ الصَّبِيُّ إِذَا رَاهَقَ بِالصَّوْمِ إِلَى أَنْ قَالَ وَ كَذَلِكَ الْمُسَافِرُ إِذَا أَكَلَ أَوَّلَ النَّهَارِ ثُمَّ قَدِمَ أَهْلَهُ أُمِرَ بِالْإِمْسَاكِ بَقِيَّةَ يَوْمِهِ وَ لَيْسَ بِفَرْضٍ.
   Dari Al-Zuhri dari 'Ali bin Al-Husain as dalam sebuah hadîts berkata, "Dan adapun shaum ta`dîb (pendidikan), yaitu dididik anak menjelang usia dewasa dengan shaum." Sampai beliau berkata, "Dan demikian juga orang yang safar apabila telah makan pada awal siang, kemudian dia datang kepada keluarganya, diperintahkan untuk menahan diri dari sisa hari-nya, tetapi ini bukanlah suatu keharusan." 
 
عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ مُسْلِمٍ قَالَ سَأَلْتُ أَبَا عَبْدِ اللَّهِ ع عَنِ الرَّجُلِ يَقْدَمُ مِنْ سَفَرٍ بَعْدَ الْعَصْرِ فِي شَهْرِ رَمَضَانَ فَيُصِيبُ امْرَأَتَهُ حِينَ طَهُرَتْ مِنَ الْحَيْضِ أَ يُوَاقِعُهَا قَالَ لَا بَأْسَ بِهِ.
   Dari Muhammad bin Muslim berkata: Saya bertanya kepada Abû 'Abdillâh as tentang orang dia datang dari safar setelah 'ashar dalam bulan Ramadhân, lalu dia mendapatkan istrinya ketika dia bersih dari haid (pada hari itu), bolehkah dia menggaulinya? Dia berkata, "Tidak mengapa dengannya."   

Tidak boleh membayar shaum bulan Ramadhân da-lam safar kecuali dengan niat mukim sepuluh hari
عَنْ عَلِيِّ بْنِ جَعْفَرٍ عَنْ أَخِيهِ أَبِي الْحَسَنِ ع فِي حَدِيثٍ قَالَ سَأَلْتُهُ عَنِ الرَّجُلِ يَكُونُ عَلَيْهِ أَيَّامٌ مِنْ شَهْرِ رَمَضَانَ وَ هُوَ مُسَافِرٌ يَقْضِي إِذَا قَامَ فِي الْمَكَانِ قَالَ لَا حَتَّى يُجْمِعَ عَلَى مُقَامِ عَشَرَةِ أَيَّامٍ.
Dari 'Ali bin Ja'far dari saudaranya Abû Al-Hasan as dalam sebuah hadîts dia berkata: Saya bertanya kepadanya tentang orang yang punya kewajiban membayar shaum bulan Ramadhân sedang dia dalam safar, apakah dia membayarnya apabila dia bermukim di tempat yang dituju? Beliau berkata, "Tidak boleh hingga dia bermukim sepuluh hari." 
 
عَنْ عُقْبَةَ بْنِ خَالِدٍ عَنْ أَبِي عَبْدِ اللَّهِ ع فِي رَجُلٍ مَرِضَ فِي شَهْرِ رَمَضَانَ فَلَمَّا بَرَأَ أَرَادَ الْحَجَّ كَيْفَ يَصْنَعُ بِقَضَاءِ الصَّوْمِ قَالَ إِذَا رَجَعَ فَلْيَصُمْهُ.
Dari 'Uqbah bin Khâlid dari Abû 'Abdillâh as tentang seorang lelaki yang sakit di bulan Ramadhân, maka tatkala dia sembuh dia bermaksud menunaikan haji, bagaimanakah dia berbuat dengan membayar shaum? Beliau berkata, "Kalau dia sudah kembali, maka dia shaum." 
 
عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ الْحَسَنِ عَنْ جَدِّهِ عَلِيِّ بْنِ جَعْفَرٍ عَنْ أَخِيهِ مُوسَى ع قَالَ سَأَلْتُهُ عَنِ الرَّجُلِ يَتْرُكُ شَهْرَ رَمَضَانَ فِي السَّفَرِ فَيُقِيمُ الْأَيَّامَ فِي مَكَانٍ هَلْ عَلَيْهِ صَوْمٌ قَالَ لَا حَتَّى يُجْمِعَ عَلَى مُقَامِ عَشَرَةِ أَيَّامٍ فَإِذَا أَجْمَعَ عَلَى مُقَامِ عَشَرَةِ أَيَّامٍ صَامَ وَ أَتَمَّ الصَّلَاةَ.
    Dari 'Abdullâh bin Al-Hasan dari kakeknya 'Ali bin Ja'-far dari saudaranya Mûsâ as dia berkata: Saya bertanya kepa-danya tentang orang yang meninggalkan shaum bulan Rama-dhân dalam safar, lalu dia bermukim beberapa hari di suatu tempat, apakah wajib atasnya shaum? Beliau berkata, "Tidak hingga dia himpunkan bermukim sepuluh hari, bila dia him-punkan bermukim sepuluh hari, dia shaum dan shalat sempur-na (tidak di-qashr)." 

Tidak boleh shaum kafarat dalam safar
عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ مُسْلِمٍ عَنْ أَبِي عَبْدِ اللَّهِ ع قَالَ سَأَلْتُهُ عَنِ الظِّهَارِ عَنِ الْحُرَّةِ وَ الْأَمَةِ قَالَ نَعَمْ إِلَى أَنْ قَالَ وَ إِنْ ظَاهَرَ وَ هُوَ مُسَافِرٌ أَفْطَرَ حَتَّى يَقْدَمَ وَ إِنْ صَامَ فَأَصَابَ مَا لَا يَمْلِكُ فَلْيَقْضِ الَّذِي ابْتَدَأَ فِيهِ.
Dari Muhammad bin Muslim dari Abû 'Abdillâh as dia berkata: Saya telah bertanya kepada beliau tentang zhihâr ter-hadap perempuan merdeka dan hamba sahaya, beliau berkata, "Ya." Sampai beliau berkata, "Jika dia melakukan zhihâr se-dang dia dalam safar, dia berbuka (tidak shaum kafarat) sam-pai dia datang, dan jika dia shaum lalu dia mendapatkan apa yang dia tidak miliki (shaum dalam safar), maka hendaklah dia membayar shaum yang dia telah memulai padanya." 

 

Tags:
 

GoogleTagged



Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
0 Jawaban
944 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 22, 2013, 07:13:00 AM
oleh Abu Zahra
0 Jawaban
900 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 22, 2013, 07:22:23 AM
oleh Abu Zahra
0 Jawaban
1246 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 22, 2013, 07:23:38 AM
oleh Abu Zahra
0 Jawaban
1064 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 22, 2013, 07:25:31 AM
oleh Abu Zahra
0 Jawaban
972 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 22, 2013, 11:45:24 AM
oleh Abu Zahra
0 Jawaban
1060 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 17, 2013, 04:26:34 AM
oleh Abu Zahra
0 Jawaban
1012 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 17, 2013, 04:29:20 AM
oleh Abu Zahra
0 Jawaban
848 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 17, 2013, 04:30:52 AM
oleh Abu Zahra
0 Jawaban
891 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 17, 2013, 04:45:29 AM
oleh Abu Zahra
0 Jawaban
873 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 17, 2013, 05:12:59 AM
oleh Abu Zahra

Ilmu Logika

Proposisi Syllogisme Kupas Logika TTS

Meditasi

Menenangkan Pikiran Mengembangkan Kekuatan-Kekuatan