Penulis Topik: Pernikahan secara Islam [3]  (Dibaca 804 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Abu Zahra

Pernikahan secara Islam [3]
« pada: Agustus 22, 2013, 08:33:00 PM »
Ikrar Shalat dan Doa pada Malam Pertama
Hadapkanlah istri ke kiblat, suami duduk tepat di belakangnya, peganglah ubun-ubun istri dan ucap-kanlah ikrar berikut:

   اللَّهُمَّ بِأَمَانَتِكَ أَخَذْتُهَا, وَ بِكَلِمَاتِكَ اسْتَحْلَلْتُ فَرْجَهَا, فََإِنْ قَضَيْتَ لِي مِنْهَا وَلَدًا فَاجْعَلْهُ مُبَارَكًا سَوِيًّا, وَ لاَ تَجْعَلْ لِلشَّيْطَانِ فِيْهِ شِرْكًا وَ لاَ نَصِيْبًا.
Allahumma biamânatika akhaztuhâ, wa bikalimâti-ka istahlaltu farjahâ, fa`in qadhaita lî minhâ waladan faj-‘alhu mubârakan sawiyyâ, walâ taj‘al lisysyaithâni fîhi syirkan wa lâ nashîbâ.
Ya Allah dengan amanat dari-Mu aku mengambilnya (sebagai istri), dan dengan kalimat-kalimat-Mu aku telah menghalalkan kemaluanya, jika Engkau mentakdirkan bagi-ku seorang anak darinya, maka jadikanlah dia orang yang diberkahi lagi sempurna,  dan janganlah Engkau menjadi-kan padanya sekutu dan bagian untuk setan."   
Dianjurkan pula suami mencuci kaki istrinya, kemudian setelah mencuci kedua kakinya, dia tum-pahkan air bekas mencuci kakinya ke sekeliling rumah yang mereka huni, dan dimulai dari pintu depan.
 
رُوِيَ عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ قَالَ : أَوْصَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ آلِهِ : عَلِيَّ بْنَ أَبِي طَالِبٍ عَلَيْهِ السَّلاَمُ فَقَالَ : يَا عَلِيُّ إِذَا دَخَلَتِ الْعَرُوسُ بَيْتَكَ فَاخْلَعْ خُفَّيْهَا حِينَ تَجْلِسُ وَ اغْسِلْ رِجْلَيْهَا وَ صُبَّ الْمَاءَ مِنْ بَابِ دَارِكَ إِلَى أَقْصَى دَارِكَ فَإِنَّكَ إِذَا فَعَلْتَ ذَلِكَ أَخْرَجَ اللَّهُ مِنْ بَيْتِكَ سَبْعِينَ أَلْفَ لَوْنٍ مِنَ الْفَقْرِ وَ أَدْخَلَ فِيهِ سَبْعِينَ أَلْفَ لَوْنٍ مِنَ الْبَرَكَةَ وَ أَنْزَلَ عَلَيْهِ سَبْعِينَ رَحْمَةً تُرَفْرِفُ عَلَى رَأْسِ الْعَرُوسِ حَتَّى تَنَالَ بَرَكَتُهَاكُلَّ زَاوِيَةٍ فِي بَيْتِكَ وَ تَأْمَنَ الْعَرُوسُ مِنَ الْجُنُونِ وَ الْجُذَامِ وَ الْبَرَصِ أَنْ يُصِيبَهَا مَا دَامَتْ فِي تِلْكَ الدَّارِ.
Telah diriwayatkan dari Abû Sa'îd Al-Khudri berkata: Rasûlullâh saw telah berwasiat kepada ‘Ali bin Abî Thâlib as, "Wahai 'Ali, apabila pengantin perem-puan telah masuk ke dalam rumahmu, maka tanggalkanlah alas kakinya ketika dia duduk, cucilah kedua kakinya dan tumpahkanlah air (bekas mencuci kedua kakinya) dari pintu rumah hingga ke ujung rumahmu, maka sesungguhnya ka-mu apabila melakukan yang demikian niscaya Allah akan mengeluarkan dari dalam rumahmu tujuh puluh ribu macam kemiskinan, dan memasukkan ke dalamnya tujuh puluh ribu macam dari keberkahan, dan menurunkan atasnya tujuh pu-luh rahmat yang senantiasa berkibar-kibar di atas kepala pengantin sehingga keberkahannya meliputi setiap sudut rumahmu, dan pengantin tersebut akan terbebas dari pe-nyakit mania, kusta dan sopak selama dia tinggal di rumah tersebut" 

Khotbah Nikah
Khotbah nikah boleh dilakukan oleh pengantin pria, dan mungkin ini lebih utama, tetapi juga boleh disampaikan oleh orang lain. Tema khotbah nikah bia-sanya menceritakan kebesaran Allah, dan pernikahan adalah salah satu dari tanda-tanda kebesaran-Nya. Khotbah nikah ini disampaikan setelah atau sebelum akad nikah. Di bawah ini, saya terjemahkan dua khot-bah nikah, dari Rasûlullâh saw dan Imam ‘Ali Al-Ri-dhâ as.

Khotbah Abû Thâlib
   Diasampaikan oleh Abû Thâlib bin 'Abdul Mu-ththalib ketika dia menikahkan Muhammad saw kepa-da Khadîjah Al-Kubrâ as.

الْحَمْدُ ِللهِ الَّذِي جَعَلَنَا مِنْ زَرْعِ إِبْرَاهِيْمَ وَ ذُرِّيَّةِ إِسْمَاعِيْلَ, وَ جَعَلَ لَنَا بَيْتًا مَحْجُوجًا وَ حَرَمًا يُجْبَى إِلَيْهِ ثَمَرَاتُ كُلِّ شَيْ‏ءٍ, وَ جَعَلَنَا الْحُكَّامَ عَلَى النَّاسِ فِي بَلَدِنَا الَّذِي نَحْنُ فِيْهِ. ثُمَّ إِنَّ ابْنَ أَخِي مُحَمَّدَ بْنَ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَبْدِ الْمُطَّلِبِ لاَ يُوزَنُ بِرَجُلٍ مِنْ قُرَيْشٍ إِلاَّ رَجَحَ, وَ لاَ يُقَاسُ بِأَحَدٍ مِنْهُمْ إِلاَّ عَظُمَ عَنْهُ, وَ إِنْ كَانَ فِي الْمَالِ قَلَّ فَإِنَّ الْمَالَ رِزْقٌ حَائِلٌ وَ ظِلٌّ زَائِلٌ, وَ لَهُ فِي خَدِيْجَةَ رَغْبَةٌ وَ لَهَا فِيْهِ رَغْبَةٌ, وَ الصَّداَقُ مَا سَأَلْتُمْ عَاجِلُهُ وَ آجِلُهُ مِنْ مَالِي وَ لَهُ خَطَرٌ عَظِيْمٌ وَ شَأْنٌ رَفِيْعٌ وَ لِسَانٌ شَافِعٌ جَسِيْمٌ, فَزَوِّجْهُ وَ دَخَلَ بِهَا مِنَ الْغَدِ.
Segala puji bagi Allah yang telah menjadikan kami tanaman Ibrâhîm dan keturunan Ismâ'îl, dan Dia telah men-jadikan bagi kami rumah yang terjaga dan tanah yang suci yang kepadanya didatangkan buah-buahan setiap sesuatu, dan Dia telah menjadikan kami orang-orang yang berpe-ngaruh atas manusia di negeri kami yang kami ada pada-nya. Kemudian putra saudaraku Muhammad bin 'Abdullâh bin 'Abdul Muththalib, dia tidak ditimbang dengan seorang lelaki dari Quraisy melainkan dia lebih berbobot, dan tidak dianalogikan dengan seseorang dari mereka melainkan dia lebih agung darinya, dan jika dia sedikit dalam hal harta maka sesungguhnya harta itu rezeki yang menjadi pengha-lang dan bayangan yang mudah hilang. Dia punya kecinta-an kepada Khadîjah dan Khadîjah pun mencintainya. Dan mahar yang kalian minta baik yang cepatnya maupun yang lambatnya dibayar dari hartaku, dia punya kedudukan yang agung dan keadaan yang tinggi dan lidah pemberi pertolo-ngan yang besar, maka nikahkanlah dia dan hari esok dia masuk kepadanya.
 
Khotbah Rasûlullâh saw
Disampaikan oleh Rasûlullâh saw ketika beliau menikahkan putrinya yang bernama Fâthimah as ke-pada Amîrul Mu`minîn as.

الْحَمْدُ لِلَّهِ الْمَحْمُودِ بِنِعْمَتِهِ الْمَعْبُودِ بِقُدْرَتِهِ الْمُطَاعِ سُلْطَانُهُ الْمَرْهُوبِ عِقَابُهُ وَ سَطْوَتُهُ الْمَرْغُوبِ إِلَيْهِ فِيْمَا عِنْدَهُ النَّافِذُ أَمْرُهُ فِي سَمَائِهِ وَ أَرْضِهِ الَّذِي خَلَقَ الْخَلْقَ بِقُدْرَتِهِ وَ دَبَّرَهُمْ بِحِكْمَتِهِ وَ أَمَرَهُمْ بِأَحْكَامِهِ وَ أَعَزَّهُمْ بِدِيْنِهِ وَ أَكْرَمَهُمْ بِنَبِيِّهِ مُحَمَّدٍ إِنَّ اللهَ تَبَارَكَ وَ تَعَالَى عَظَمَتُهُ جَعَلَ الْمُصَاهَرَةَ سَبَبًا لاَحِقًا وَ أَمْرًا مُفْتَرَضًا وَ شَجَّ بِهَا الأَحْلاَمَ وَ أَزَالَ بِهَا الآثَامَ وَ أَكْرَمَ بِهَا الأَنَامَ فَقَالَ عَزَّ مَنْ قَائِلٌ وَ هُوَ الَّذِي خَلَقَ مِنَ الْماءِ بَشَرًا فَجَعَلَهُ نَسَبًا وَ صِهْرًا وَ كَانَ رَبُّكَ قَدِيرًا وَ أَمْرُ اللهِ يَجْرِي إِلَى قَضَائِهِ وَ قَضَاؤُهُ يَجْرِي إِلَى قَدَرِهِ وَ لِكُلِّ قَضَاءٍ قَدَرٌ وَ لِكُلِّ أََجَلٍ كِتَابٌ يَمْحُوا اللَّهُ مَا يَشَاءُ وَ يُثْبِتُ وَ عِنْدَهُ أُمُّ الْكِتَابِ إِنَّ اللهَ أَمَرَنِي أَنْ أُزَوِّجَ فَاطِمَةَ مِنْ عَلِيٍّ وَ قَدْ أَوْجَبْتَهُ عَلَى أَرْبَعَمِائَةِ مِثْقَالٍ مِنْ فِضَّةٍ إِنْ رَضِيَ عَلِيٌّ بِذَلِكَ فَقَالَ عَلِيٌّ رَضِيْتُ عَنِ اللهِ وَ عَنْ رَسُولِهِ فَقَالَ صَلَوَاتُ اللهِ عَلَيْهِ وَ آلِهِ جَمَعَ اللهُ بَيْنَكُمَا وَ أَسْعَدَ جَدَّكُمَا وَ أَخْرَجَ مِنْكُمَا كَثِيْرًا طَيِّبًا.
Segala puji bagi Allah yang terpuji dengan karunia-Nya, yang ditaati kekuasaan-Nya, yang didambakan rahmat yang ada di sisi-Nya, yang diselenggarakan perintah-Nya baik di langit-Nya maupun di bumi-Nya, yang menciptakan makhluk-Nya dengan kekuasaan-Nya, yang mengatur de-ngan hikmah, perintah dan hukum-hukum-Nya, yang mengu-atkan mereka dengan ajaran-Nya dan yang memuliakan me-reka dengan nabi-Nya Muhammad. Sesungguhnya Allah yang maha berkah dan maha tinggi keagungan-Nya telah menjadikan kekeluargaan melalui pernikahan sebagai sebab yang kuat dan aturan yang telah ditetapkan. Dengan perni-kahan Dia belah mimpi-mimpi, dengannya Dia hilangkan dosa-dosa dan dengannya Dia muliakan ummat manusia. Allah yang maha mulia berfirman:

   وَ هُوَ الَّذِي خَلَقَ مِنَ الْمَاءِ بَشَرًا فَجَعَلَهُ نَسَبًا وَ صِهْرًا وَ كَانَ رَبُّكَ قَدِيْرًا.
Dan Dialah yang menjadikan manusia dari air, lalu Dia menjadikanya punya hubungan nasab dan shihr (hu-bungan melalui pernikahan), dan Tuhanmu maha kua-sa.
Perintah Allah berjalan dengan qadhâ-Nya dan qa-dhâ-Nya berjalan dengan qadr-Nya, setiap qadhâ ada qadr-nya dan setiap ajal ada kitabnya yang Allah hapus dan Dia tetapkan apa yang dikehendaki-Nya dan di sisi-Nya ada Ummul Kitâb. Sesungguhnya Allah telah memerintahku un-tuk menikahkan Fâthimah kepada ‘Ali, sungguh aku telah melaksanakannya dengan mahar 400 mitsqâl perak jika ‘Ali rela." ‘Ali berkata, "Saya telah rela kepada Allah dan Ra-sûl-Nya." Beliau berkata, "Semoga Allah menyatukan kali-an berdua, memberikan kebahagiaan kepada kemuliaan ka-mu berdua dan mengeluarkan keturunan yang banyak lagi baik dari kamu berdua."   
 

Tags:
 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
0 Jawaban
846 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 20, 2013, 11:11:36 AM
oleh Abu Zahra
0 Jawaban
780 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 22, 2013, 08:31:33 PM
oleh Abu Zahra
0 Jawaban
781 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 22, 2013, 08:34:19 PM
oleh Abu Zahra
0 Jawaban
788 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 22, 2013, 08:35:26 PM
oleh Abu Zahra
0 Jawaban
797 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 22, 2013, 08:37:28 PM
oleh Abu Zahra
7 Jawaban
2614 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 28, 2013, 08:34:46 AM
oleh ratna
0 Jawaban
805 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 08, 2014, 12:01:54 AM
oleh Kang Asep
1 Jawaban
709 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 23, 2015, 02:18:11 AM
oleh Ziels
0 Jawaban
284 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 24, 2015, 01:11:13 PM
oleh joharkantor05
0 Jawaban
166 Dilihat
Tulisan terakhir September 03, 2016, 08:45:34 PM
oleh Kang Erik

Ilmu Logika

Proposisi Syllogisme Kupas Logika TTS

Meditasi

Menenangkan Pikiran Mengembangkan Kekuatan-Kekuatan