Penulis Topik: Membina Hubungan dengan Imam Mahdi ajf  (Dibaca 904 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Agate

  • Pemikir
  • ****
  • Tulisan: 269
  • Thanked: 4 times
  • Total likes: 11
  • Jenis kelamin: Pria
  • Akal merupakan Makhluk yg paling dicintaiNya
    • Lihat Profil
Membina Hubungan dengan Imam Mahdi ajf
« pada: April 24, 2015, 07:42:10 AM »
Sekedar berbagi ke sesama pecinta Ahlulbayt AS

Beberapa panduan dari Ayatullah Bahjat untuk dapat memiliki kelaikan berjumpa atau menjalin hubungan dengan Imam Mahdi Ajf:
Dalam menjawab pertanyaan orang yang ingin berziarah dan berjumpa dengan Imam Zaman,
Ayatullah Bahjat berkata, “Perbanyaklah menghadiahkan shalawat kepada Imam Zaman disertai dengan doa ta’jil (Allahummahummah shalli ‘ala Muhammad wa âli Muhammad wa ajjjil farajahum) juga sering-seringlah berkunjung ke Masjid Jamkaran dan tunaikan shalat-shalat (yang dianjurkan di masjid ini).”
Pada kesempatan lain, Ayatullah Bahjat berkata terkait dengan ruang-ruang untuk membina hubungan dengan Imam Zaman Ajf: “Jalan-jalan untuk menjalin hubungan dengan Tuhan adalah menaati Tuhan dan menaati Imam Zaman Ajf. Dan untuk melaksanakan ketaatan tersebut harus menjalankan apa yang terkadung dalam risalah amaliyah yang benar.”(Di zaman ghaibnya Imam Mahdi ajf.Sebagai  orang awam Untuk menjalankan risalah amaliyah yang benar tentu kita harus belajar fikih dari Marja yg kita taklid dan menerapkannya sehingga  dalam keseharian kita mampu mengenal benar salahnya perbuatan kita sendiri).
 
          Pada kesempatan lainnya, dalam menjawab pertanyaan seputar bagaimana kita dapat menguatkan hubungan dengan para Imam Maksum As, Ayatullah Bahjat berkata, “Taat dan menunaikan perintah Tuhan setelah mengenal-Nya akan menuai kecintaan kepada-Nya. Dan kecintaan terhadap orang-orang yang dicintai Tuhan yaitu para nabi dan washi dimana nabi dan washi yang paling dicintai Tuhan adalah Nabi Saw dan Ahlulbaitnya As dan imam yang terdekat kepada kita adalah Imam Mahdi Ajf.”

Cara-cara lainnya untuk merajut hubungan dengan Imam Zaman Ajf yang telah dijelaskan di antaranya adalah:
1.     Berdoa untuk keselamatan Imam Zaman Ajf … (Allahumma kunliwaliyyik…)
2.     Doa Ahd  dimana Imam Shadiq As bersabda, “Barangsiapa membaca doa ini selama empat puluh pagi  (hari) maka ia akan menjadi penolong Imam Mahdi Ajf.”
3.     Membaca ziarah Ali Yasin  yang terdapat pada kitab Mafatih al-Jinan dan Imam Mahdi Ajf sendiri menasihatkan, “Kapan saja kalian ini menaruh perhatian kepada kami, maka bacalah doa ini.”
4.     Membaca ziarah Jamiah al-Kabirah yang disebutkan pada kitab Mafâtih al-Jinân.

              Karena itu kita dapat menjalin dan membina hubungan dengan Imam Zaman Ajf. Akan tetapi dengan kehendak, usaha dan upaya kita juga memperkuat hubungan hati kita ini dan juga dengan upaya maksimal dan penghambaan serta menjauhi segala dosa kita dapat bersua secara langsung dengan Imam Zaman Ajf. Bahkan kita dapat sampai pada tingkatan sehingga Imam Zaman sendiri yang datang kepada kita. Namun kita harus memperhatikan poin ini bahwa apabila seseorang mengamalkan amalan-amalan ini namun belum berhasil untuk berjumpa dengan Imam Zaman Ajf maka ia tidak boleh berputus asa. Ia harus lebih banyak berusaha dalam memperoleh kelaikan untuk berjumpa dengannya. Dan, tidak boleh dilupakan bahwa boleh jadi manusia telah memiliki kelayakan namun untuk sampai pada Imam Zaman Ajf boleh jadi tidak maslahat untuknya.
          Poin lainnya yang harus diutarakan pada akhir pembahasan adalah signifikansi dan peran hubungan seseorang dengan Imam Zaman Ajf dalam kehidupannya sehari-hari. Karena tentu saja barangsiapa yang ingin menjalin hubungan dengan seseorang yang lebih tinggi dari sisi tingkatan-tingkatan spiritual dan moral, maka ia harus berupaya sehingga ia serupa dengan orang tersebut. Atau minimal ia mendekatkan dirinya kepada derajat orang tersebut. Hal ini merupakan poin psikologis dimana adanya “panutan” atau “teladan” dalam kehidupan seseorang yang memainkan peran penting dalam kehidupan seseorang. Orang yang merajut hubungan dengan Imam Zaman Ajf secara natural akan berusaha semaksimal mungkin untuk mendekatkan pada apa yang disenangi oleh Imam Zaman dan perkara ini sendiri akan menyebabkan peningkatan spiritualnya sepanjang masa. Dengan demikian, hubungan ini dapat berperan motorik dalam kehidupan seseorang. Tatkala seorang pemuda memahami segala kemurahan, kecintaan dan kemuliaan Imam Zaman Ajf, ia berada pada tataran ingin menjalin hubungan dengannya dalam hati dan jiwanya dan senantiasa mengingatnya. Namun pengaruh demikian tidak terbatas pada hubungan fisikal dan presentif. Semua orang dengan menelaah seluruh tipologi, sifat, karakteristik dan sirah Imam Zaman Ajf, maka ia akan menjadikannya sebagai panutan dan teladan lalu berusaha mendekatkan diri kepadanya. Tentu saja keluasan wujud Imam Maksum sedemikian luas sehingga siapa saja dapat menjalin hubungan dengannya, beliau juga memperhatikan kita. Sebagaimana hal ini disinggung dalam beberapa ziarah, Asyahadu annaka tasma’ kalami wa tasyhud maqami.” (Sesungguhnya engkau mendengarkan ucapanku dan menyaksikan kedudukanku). Atas dasar ini, kita tidak memiliki tugas untuk bersua dan menjumpai Imam Zaman secara fisik, meski perjumpaan dengannya merupakan sebuah kebahagiaan luar biasa. Namun apabila kebahagiaan ini tidak dicapai oleh seseorang, maka hal itu tidak berarti bahwa Imam Zaman tidak memiliki perhatian kepada kita.
     
Sederhana meliputi segala sesuatu
 
The following users thanked this post: Kang Asep

Tags:
 

GoogleTagged



Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
13 Jawaban
6855 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 11, 2013, 05:30:42 AM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
2330 Dilihat
Tulisan terakhir November 07, 2012, 05:10:14 AM
oleh Kang Asep
1 Jawaban
2841 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 24, 2016, 09:00:12 AM
oleh namarana
0 Jawaban
1810 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 22, 2013, 01:03:31 PM
oleh Abu Zahra
4 Jawaban
2281 Dilihat
Tulisan terakhir April 06, 2013, 07:43:30 AM
oleh Abu Zahra
1 Jawaban
1489 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 15, 2015, 11:58:32 AM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
771 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 18, 2015, 03:00:56 PM
oleh Kang Asep
1 Jawaban
1406 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 17, 2016, 08:58:46 PM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
563 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 11, 2016, 02:03:51 PM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
983 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 29, 2016, 12:00:03 PM
oleh Kang Asep

Ilmu Logika

Proposisi Syllogisme Kupas Logika TTS

Meditasi

Menenangkan Pikiran Mengembangkan Kekuatan-Kekuatan