Penulis Topik: LAILATUL QADR [3]  (Dibaca 795 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Abu Zahra

LAILATUL QADR [3]
« pada: Juli 22, 2013, 10:44:01 AM »
LAILATUL QADR [3]

عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ مُسْلِمٍ عَنْ أَحَدِهِمَا ع قَالَ سَأَلْتُهُ عَنْ عَلَامَةِ لَيْلَةِ الْقَدْرِ فَقَالَ عَلَامَتُهَا أَنْ يَطِيبَ رِيحُهَا وَ إِنْ كَانَتْ فِي بَرْدٍ دَفِئَتْ وَ إِنْ كَانَتْ فِي حَرٍّ بَرَدَتْ فَطَابَتْ قَالَ وَ سُئِلَ عَنْ لَيْلَةِ الْقَدْرِ فَقَالَ تَنَزَّلُ فِيهَا الْمَلَائِكَةُ وَ الْكَتَبَةُ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا فَيَكْتُبُونَ مَا يَكُونُ فِي أَمْرِ السَّنَةِ وَ مَا يُصِيبُ الْعِبَادَ وَ أَمْرٌ عِنْدَهُ مَوْقُوفٌ وَ فِيهِ الْمَشِيَّةُ فَيُقَدِّمُ مَا يَشَاءُ وَ يُؤَخِّرُ مِنْهُ مَا يَشَاءُ وَ يَمْحُو وَ يُثْبِتُ وَ عِنْدَهُ أُمُّ الْكِتَابِ
Dari Muhammad bin Muslim dari salah satunya (Abû Ja'far atau Abû 'Abdillâh as) dia berkata: Saya telah bertanya kepadanya tentang ciri-ciri malam lailatul qadr, maka beliau berkata, "Ciri-cirinya terasa nyaman anginnya; bila musim dingin terasa hangat dan jika musim panas terasa sejuk, maka nyamanlah." Dia berkata: Dan beliau ditanya tentang lailatul qadr, maka beliau berkata, "Turun padanya malaikat dan para pencatat ke langit dunia, lalu mereka mencatat apa-apa yang bakal terjadi pada perkara tahun itu dan apa-apa yang akan menimpa para hamba dan urusan di sisi-Nya terhenti. Dan pada Dia ada kehendak, lalu Dia mendahulukan apa yang Dia kehendaki dan Dia mengakhirkan apa yang Dia kehendaki, dan Dia menghapus dan menetapkan dan di sisi-Nya ada in-duk Al-Kitâb." 
 
عَنْ حُمْرَانَ أَنَّهُ سَأَلَ أَبَا جَعْفَرٍ ع عَنْ قَوْلِ اللَّهِ عَزَّ وَ جَلَّ إِنَّا أَنْزَلْناهُ فِي لَيْلَةٍ مُبارَكَةٍ قَالَ نَعَمْ لَيْلَةُ الْقَدْرِ وَ هِيَ فِي كُلِّ سَنَةٍ فِي شَهْرِ رَمَضَانَ فِي الْعَشْرِ الْأَوَاخِرِ فَلَمْ يُنْزَلِ الْقُرْآنُ إِلَّا فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَ جَلَّ فِيها يُفْرَقُ كُلُّ أَمْرٍ حَكِيمٍ قَالَ يُقَدَّرُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ كُلُّ شَيْ‏ءٍ يَكُونُ فِي تِلْكَ السَّنَةِ إِلَى مِثْلِهَا مِنْ قَابِلٍ مِنْ خَيْرٍ وَ شَرٍّ وَ طَاعَةٍ وَ مَعْصِيَةٍ وَ مَوْلُودٍ وَ أَجَلٍ أَوْ رِزْقٍ فَمَا قُدِّرَ فِي تِلْكَ السَّنَةِ وَ قُضِيَ فَهُوَ الْمَحْتُومُ وَ لِلَّهِ عَزَّ وَ جَلَّ فِيهِ الْمَشِيَّةُ قَالَ قُلْتُ لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ أَيُّ شَيْ‏ءٍ عُنِيَ بِذَلِكَ فَقَالَ الْعَمَلُ الصَّالِحُ فِيهَا مِنَ الصَّلَاةِ وَ الزَّكَاةِ وَ أَنْوَاعِ الْخَيْرِ خَيْرٌ مِنَ الْعَمَلِ فِي أَلْفِ شَهْرٍ لَيْسَ فِيهَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ وَ لَوْ لَا مَا يُضَاعِفُ اللَّهُ تَبَارَكَ وَ تَعَالَى لِلْمُؤْمِنِينَ مَا بَلَغُوا وَ لَكِنَّ اللَّهَ يُضَاعِفُ لَهُمُ الْحَسَنَاتِ
Dari Humrân bahwa dia telah bertanya kepada Abû Ja'far as mengenai firman Allah 'azza wa jalla, Sesungguhnya Kami telah menurunkannya pada malam yang diberkahi (lailah mubârakah). Dia berkata, "Ya, malam qadr, dan ia pada setiap tahun dalam bulan Ramadhân pada sepuluh hari yang terakhir, maka Al-Quran tidak diturunkan selain pada lailatul qadr. Allah 'azza wa jalla berfirman, Padanya diputuskan segala perkara yang bijak." Beliau berkata, "Ditentukan pada malam qadr segala sesuatu yang akan terjadi pada tahun itu sampai datang tahun berikutnya; dari kebaikan, keburukan, ketaatan, kedurhakaan, anak manusia yang dilahirkan, ajal, atau rezeki. Apa yang ditentukan dan diputuskan pada tahun itu, itulah yang pasti terjadi, dan bagi Allah 'azza wa jalla padanya ada kehendak." Saya bertanya, "Malam qadr lebih baik dari seribu bulan itu, apa maksudnya?" Beliau berkata, "Amal saleh padanya seperti shalat, zakat dan macam-macam kebaikan lebih baik dari beramal dalam seribu bulan yang tidak ada lailatul qadr padanya. Sekiranya Allah yang maha berkah dan maha tinggi tidak melipatgandakan bagi kaum yang beriman, tentu mereka tidak bakal sampai (ke surga), tetapi Allah melipatgandakan kebaikan-kebaikan untuk mereka." 
 
عَنْ أَبِي بَصِيرٍ قَالَ قَالَ أَبُو عَبْدِ اللَّهِ ع كَانَ رَسُولُ اللَّهِ ص إِذَا دَخَلَ الْعَشْرُ الْأَوَاخِرُ شَدَّ الْمِئْزَرَ وَ اجْتَنَبَ النِّسَاءَ وَ أَحْيَا اللَّيْلَ وَ تَفَرَّغَ لِلْعِبَادَةِ
Dari Abû Bashîr berkata: Abû 'Abdillâh as telah berkata, "Adalah Rasûlullâh saw apabila sepuluh hari terakhir telah masuk, beliau ikatkan kainnya (bersugguh-sungguh), menjauhi istri-istri, menghidupkan malam dan mencurahkan perhatian untuk ibadah." 
 
عَنْ رِفَاعَةَ عَنِ الصَّادِقِ ع أَنَّهُ قَالَ لَيْلَةُ الْقَدْرِ هِيَ أَوَّلُ السَّنَةِ وَ هِيَ آخِرُهَا
Dari Rifâ'ah dari Al-Shâdiq as bahwa beliau berkata, "Lailatul qadr itu ialah awal tahun dan ia akhirnya." 
 
عَنْ عُمَرَ الشَّامِيِّ عَنْ أَبِي عَبْدِ اللَّهِ ع قَالَ إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنا عَشَرَ شَهْراً فِي كِتابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّماواتِ وَ الْأَرْضَ فَغُرَّةُ الشُّهُورِ شَهْرُ رَمَضَانَ وَ قَلْبُ شَهْرِ رَمَضَانَ لَيْلَةُ الْقَدْرِ الْحَدِيثَ
Dari 'Umar Al-Syâmi dari Abû 'Abdfillah as telah berkata, "Sesungguhnya jumlah bulan di sisi Allah dua belas bulan  dalam Kitab Allah pada hari Dia menciptakan langit dan bumi, maka permulaan bulan adalah bulan Ramadhân, dan hatinya bulan Ramadhân adalah lalatul qadr…" 
 
عَنْ رِفَاعَةَ عَنْ أَبِي عَبْدِ اللَّهِ ع قَالَ رَأْسُ السَّنَةِ لَيْلَةُ الْقَدْرِ يُكْتَبُ فِيهَا مَا يَكُونُ مِنَ السَّنَةِ إِلَى السَّنَةِ
Dari Rifâ'ah dari Abû 'Abdillâh as berkata, "Kepala tahun adalah malam qadr, dituliskan padanya apa-apa yang bakal terjadi dari tahun ke tahun." 

Malam qadr terjadi setiap tahun, dianjurkan padanya mandi dan menghidupkannya dengan ibadah, apabila hilâl itu samar, maka dianjurkan mengamalkannya pada malam-malam yang samar semuanya
عَنْ حَسَّانَ بْنِ مِهْرَانَ عَنْ أَبِي عَبْدِ اللَّهِ ع قَالَ سَأَلْتُهُ عَنْ لَيْلَةِ الْقَدْرِ فَقَالَ الْتَمِسْهَا فِي لَيْلَةِ إِحْدَى وَ عِشْرِينَ أَوْ لَيْلَةِ ثَلَاثٍ وَ عِشْرِينَ
Dari Hassân bin Mihrân dari Abû 'Abdillâh as dia berkata: Saya bertanya kepadanya tentang lailatul qadr, maka beliau berkata, "Pada malam dua puluh satu atau malam dua puluh tiga." 
 
عَنْ زُرَارَةَ قَالَ قَالَ أَبُو عَبْدِ اللَّهِ ع التَّقْدِيرُ فِي لَيْلَةِ تِسْعَةَ عَشَرَ وَ الْإِبْرَامُ فِي لَيْلَةِ إِحْدَى وَ عِشْرِينَ وَ الْإِمْضَاءُ فِي لَيْلَةِ ثَلَاثٍ وَ عِشْرِينَ
Dari Zurârah berkata: Abû 'Abdillâh as telah berkata, "Taqdîr pada malam sembilan belas, ibrâm pada malam dua puluh satu dan imdhâ pada malam dua puluh tiga." 
 
عَنْ أَبِي حَمْزَةَ الثُّمَالِيِّ قَالَ كُنْتُ عِنْدَ أَبِي عَبْدِ اللَّهِ ع فَقَالَ لَهُ أَبُو بَصِيرٍ جُعِلْتُ فِدَاكَ اللَّيْلَةُ الَّتِي يُرْجَى فِيهَا مَا يُرْجَى فَقَالَ فِي لَيْلَةِ إِحْدَى وَ عِشْرِينَ أَوْ ثَلَاثٍ وَ عِشْرِينَ قَالَ فَإِنْ لَمْ أَقْوَ عَلَى كِلْتَيْهِمَا فَقَالَ مَا أَيْسَرَ لَيْلَتَيْنِ فِيمَا تَطْلُبُ قَالَ قُلْتُ فَرُبَّمَا رَأَيْنَا الْهِلَالَ عِنْدَنَا وَ جَاءَنَا مَنْ يُخْبِرُنَا بِخِلَافِ ذَلِكَ مِنْ أَرْضٍ أُخْرَى فَقَالَ مَا أَيْسَرَ أَرْبَعَ لَيَالٍ تَطْلُبُهَا فِيهَا قُلْتُ جُعِلْتُ فِدَاكَ لَيْلَةُ ثَلَاثٍ وَ عِشْرِينَ لَيْلَةُ الْجُهَنِيِّ فَقَالَ إِنَّ ذَلِكَ لَيُقَالُ قُلْتُ جُعِلْتُ فِدَاكَ إِنَّ سُلَيْمَانَ بْنَ خَالِدٍ رَوَى فِي تِسْعَ عَشْرَةَ يُكْتَبُ وَفْدُ الْحَاجِّ فَقَالَ لِي يَا أَبَا مُحَمَّدٍ وَفْدُ الْحَاجِّ يُكْتَبُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ وَ الْمَنَايَا وَ الْبَلَايَا وَ الْأَرْزَاقُ وَ مَا يَكُونُ إِلَى مِثْلِهَا فِي قَابِلٍ فَاطْلُبْهَا فِي لَيْلَةِ إِحْدَى وَ عِشْرِينَ وَ ثَلَاثٍ وَ عِشْرِينَ وَ صَلِّ فِي كُلِّ وَاحِدَةٍ مِنْهُمَا مِائَةَ رَكْعَةٍ وَ أَحْيِهِمَا إِنِ اسْتَطَعْتَ إِلَى النُّورِ وَ اغْتَسِلْ فِيهِمَا قَالَ قُلْتُ فَإِنْ لَمْ أَقْدِرْ عَلَى ذَلِكَ وَ أَنَا قَائِمٌ قَالَ فَصَلِّ وَ أَنْتَ جَالِسٌ قُلْتُ فَإِنْ لَمْ أَسْتَطِعْ قَالَ فَعَلَى فِرَاشِكَ (قُلْتُ فَإِنْ لَمْ أَسْتَطِعْ قَالَ) لاَ عَلَيْكَ أَنْ تَكْتَحِلَ أَوَّلَ اللَّيْلِ بِشَيْ‏ءٍ مِنَ النَّوْمِ إِنَّ أَبْوَابَ السَّمَاءِ تُفَتَّحُ فِي رَمَضَانَ وَ تُصَفَّدُ الشَّيَاطِينُ وَ تُقْبَلُ أَعْمَالُ الْمُؤْمِنِينَ نِعْمَ الشَّهْرُ رَمَضَانُ كَانَ يُسَمَّى عَلَى عَهْدِ رَسُولِ اللَّهِ ص الْمَرْزُوقَ
Dari Abû Hamzah Al-Tsumâli berkata: Adalah saya di sisi Abû 'Abndillah as, kemudian Abû Bashîr berkata kepadanya, "Kujadikan diriku tebusanmu, malam yang diharapkan apa yang diharapkan padanya (sebagai lailatul qadr malam keberapa)?" Beliau berkata, "Pada malam dua puluh satu atau malam dua puluh tiga." Dia berkata, "Jika saya tidak kuat atas keduanya?" Beliau berkata, "Apa yang lebih mudah dalam apa yang kamu cari." Saya berkata, "Ada kalanya kami melihat hilâl di sisi kami, lalu ada orang dari tempat lain memberitakan pada kami hilâl yang berbeda dengan kami." Beliau berkata, "Apa yang lebih mudah dari empat malam yang kamu cari padanya." Saya berkata, "Kujadikan diriku tebusanmu, mengapa malam 23 disebut malam Al-Juhanni?" Beliau berkata, "Malam itu dinamakan demikian." Saya berkata, "Kujadikan diriku tebusanmu, Sulaimân bin Khâlid telah meriwayatkan bahwa malam 19 dituliskan orang-orang yang akan menunaikan haji." Maka beliau berkata kepadaku, "Wahai Abû Muhammad, utusan haji dituliskan pada malam qadr, demikian pula keinginan-keinginan, segala bala (musibah), segala rezeki dan apa-apa yang bakal terjadi sampai semisalnya dalam tahun yang akan datang, maka cirilah ia pada malam 21 dan 23, dan shalatlah pada keduanya seratus raka'at dan hidupkanlah kedua malam tersebut, jika engkau bisa sampai cahaya (terbit fajar) dan mandilah pada keduanya." Saya berkata, "Jika saya tidak bisa shalat dengan berdiri?" Beliau berkata, "Shalatlah sedang engkau duduk." Saya berkata, "Bila tidak kuat duduk?" Beliau berkata, "Di atas tempat tidurmu." Saya berkata, "Apabila tidak kuasa?" Beliau berkata, "Tidak mengapa engkau sedikit tidur pada awal malam, sesungguhnya pintu-pintu langit dibuka pada bulan Ramadhân, setan-setan dibelenggu dan amal-amal orang-orang yang beriman diterima, sebaik-baik bulan adalah Ramadhân, dan pada zaman Rasûlullâh saw ia dinamakan Al-Marzûq." 
 
عَنِ الْفُضَيْلِ بْنِ يَسَارٍ قَالَ كَانَ أَبُو جَعْفَرٍ ع إِذَا كَانَ لَيْلَةُ إِحْدَى وَ عِشْرِينَ وَ لَيْلَةُ ثَلَاثٍ وَ عِشْرِينَ أَخَذَ فِي الدُّعَاءِ حَتَّى يَزُولَ اللَّيْلُ فَإِذَا زَالَ اللَّيْلُ صَلَّى
Dari Al-Fudhail bin Yasâr berkata, "Adalah Abû Ja'far as apabila malam dua puluh satu dan malam dua puluh tiga, beliau berdoa hingga lenyap sebagian malam, maka bila telah hilang sebagian malam, beliau shalat." 
 
عَنْ دَاوُدَ بْنِ فَرْقَدٍ قَالَ حَدَّثَنِي يَعْقُوبُ قَالَ سَمِعْتُ رَجُلًا يَسْأَلُ أَبَا عَبْدِ اللَّهِ ع عَنْ لَيْلَةِ الْقَدْرِ فَقَالَ أَخْبِرْنِي عَنْ لَيْلَةِ الْقَدْرِ كَانَتْ أَوْ تَكُونُ فِي كُلِّ عَامٍ فَقَالَ لَهُ أَبُو عَبْدِ اللَّهِ ع لَوْ رُفِعَتْ لَيْلَةُ الْقَدْرِ لَرُفِعَ الْقُرْآنُ
 Dari Dâwud bin Farqad berkata: Ya'qûb telah menyampaikan hadîts padaku, dia berkata: Saya telah mendengar seseorang yang bertanya kepada Abû 'Abdillâh as tentang lailatul qadr, lalu dia berkata, "Kabarkanlah padaku tentang lailatul qadr, apakah ia itu telah terjadi ataukah terjadi pada setiap tahun?" Maka Abû 'Abdillâh as berkata kepadanya, "Kalau lailatul qadr telah diangkat, nicaya Al-Quran diangkat pula." 

عَنْ أَبِي عَبْدِ اللَّهِ الْمُؤْمِنِ عَنْ إِسْحَاقَ بْنِ عَمَّارٍ قَالَ سَمِعْتُهُ يَقُولُ وَ نَاسٌ يَسْأَلُونَهُ يَقُولُونَ الْأَرْزَاقُ تُقَسَّمُ لَيْلَةَ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ قَالَ فَقَالَ لَا وَ اللَّهِ مَا ذَلِكَ إِلَّا فِي لَيْلَةِ تِسْعَ عَشْرَةَ مِنْ شَهْرِ رَمَضَانَ وَ إِحْدَى وَ عِشْرِينَ وَ ثَلَاثٍ وَ عِشْرِينَ فَإِنَّ فِي لَيْلَةِ تِسْعَ عَشْرَةَ يَلْتَقِي الْجَمْعَانِ وَ فِي لَيْلَةِ إِحْدَى وَ عِشْرِينَ يُفْرَقُ كُلُّ أَمْرٍ حَكِيمٍ وَ فِي لَيْلَةِ ثَلَاثٍ وَ عِشْرِينَ يُمْضَى مَا أَرَادَ اللَّهُ عَزَّ وَ جَلَّ مِنْ ذَلِكَ وَ هِيَ لَيْلَةُ الْقَدْرِ الَّتِي قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَ جَلَّ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ قَالَ قُلْتُ مَا مَعْنَى قَوْلِهِ يَلْتَقِي الْجَمْعَانِ قَالَ يَجْمَعُ اللَّهُ فِيهَا مَا أَرَادَ مِنْ تَقْدِيمِهِ وَ تَأْخِيرِهِ وَ إِرَادَتِهِ وَ قَضَائِهِ قَالَ قُلْتُ فَمَا مَعْنَى يُمْضِيهِ فِي ثَلَاثٍ وَ عِشْرِينَ قَالَ إِنَّهُ يَفْرُقُهُ فِي لَيْلَةِ إِحْدَى وَ عِشْرِينَ إِمْضَاؤُهُ وَ يَكُونُ لَهُ فِيهِ الْبَدَاءُ فَإِذَا كَانَتْ لَيْلَةُ ثَلَاثٍ وَ عِشْرِينَ أَمْضَاهُ فَيَكُونُ مِنَ الْمَحْتُومِ الَّذِي لَا يَبْدُو لَهُ فِيهِ تَبَارَكَ وَ تَعَالَى
Dari Abû 'Abdillâh Al-Mu`min dari Ishâq bin 'Ammâr dia berkata: Aku mendengarnya mengatakan sedang orang-orang bertanya kepadanya, mereka berkata, "Rezeki-rezeki dibagikan pada pada malam pertengahan dari Sya'bân." Dia berkata, "Tidak, demi Allah hal itu tidak terjadi selain pada malam 19 dari bulan Ramadhân, malam 21 dan 23, sebab pada malam 19 bertemu jam'ân, pada malam 21 segala urusan dipisahkan dan pada malam 23 ditetapkan apa yang dikehendaki Allah' azza wa jalla dari perkara itu, dan ia adalah lailatul qadr yang Allah 'azza wa jalla telah berfirman, Lebih baik dari seribu bulan." Dia berkata, "Saya bertanya, apakah yang dimak-sud dengan bertemu dua jam'ân?" Dia berkata, "Allah menghimpun padanya apa yang Dia inginkan dari mendahulukan dan mengakhirkan, irâdah-Nya dan qadhâ-Nya." Aku bertanya, "Apa maknanya Dia menetapkan pada malam 23?" Dia berkata, "Dia memisahkannya pada malam 21, imdhâ-Nya dan baginya terjadi al-badâ` (perubaban keputusan), maka jika pada malam 23, Dia menetapkannya, maka menjadi yang pasti yang tidak ada badâ` bagi-Nya padanya, Dia maha berkah dan maha tinggi." 

عَنْ رَبِيعٍ الْمُسْلِيِّ وَ زِيَادِ بْنِ أَبِي الْحَلَّالِ ذَكَرَاهُ عَنْ رَجُلٍ عَنْ أَبِي عَبْدِ اللَّهِ ع قَالَ فِي لَيْلَةِ تِسْعَ عَشْرَةَ مِنْ شَهْرِ رَمَضَانَ التَّقْدِيرُ وَ فِي لَيْلَةِ إِحْدَى وَ عِشْرِينَ الْقَضَاءُ وَ فِي لَيْلَةِ ثَلَاثٍ وَ عِشْرِينَ إِبْرَامُ مَا يَكُونُ فِي السَّنَةِ إِلَى مِثْلِهَا لِلَّهِ جَلَّ ثَنَاؤُهُ أَنْ يَفْعَلَ مَا يَشَاءُ فِي خَلْقِهِ
Dari Rabî' Al-Musli dan Ziyâd bin Abî Al-Hallâl mereka berdua menyebutkannya dari seorang lelaki dari Abû 'Abdillâh as berkata, "Pada malam 19 dari bulan Ramadhân adalah taqdîr (penentuan berbagai perkara), pada malam 21 qadhâ` (keputusan) dan pada malam 23 ibrâm (keputusan yang telah dipastikan) apa yang bakal terjadi dalam setahun ke depannya, bagi Allah maha mulia sanjungan-Nya berbuat menurut yang Dia kehendaki pada makhluk-makhluk-Nya." 
« Edit Terakhir: Juli 25, 2013, 08:01:27 PM oleh Abu Zahra »
 

Tags:
 

GoogleTagged

com


Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
0 Jawaban
815 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 22, 2013, 10:39:47 AM
oleh Abu Zahra
0 Jawaban
800 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 22, 2013, 10:42:16 AM
oleh Abu Zahra
2 Jawaban
1073 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 05, 2015, 08:29:08 PM
oleh Kang Asep

Ilmu Logika

Proposisi Syllogisme Kupas Logika

Meditasi

Menenangkan Pikiran Mengembangkan Kekuatan-Kekuatan