Penulis Topik: Imamah Bathil Ala Syiah  (Dibaca 1369 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Online Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9585
  • Thanked: 61 times
  • Total likes: 482
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Imamah Bathil Ala Syiah
« pada: Pebruari 19, 2015, 11:09:36 AM »
Kutip dari: mushab bin umair;2323422
Pendahuluan

Sebagaimana telah sama-sama diketahui, bahwa salah satu pokok ajaran Syi’ah itu adalah imamah, dan pada dasarnya semua urusan, semua pembahasan, semua hal yang ada pada Syi’ah hanyalah berputar di sekitar masalah imamah.
Tapi, tahukah kita bahwa Imamah inilah yang kemudian menjadikan mereka “harus” membenci, dan memusuhi (bahkan mengkafirkan) Abu Bakar, ‘Umar, ‘Utsman dan sahabat2 Nabi yang lainnya radhiyallaahu ‘anhum ajma’in….
Imamah inilah yang menjadikan mereka membenci, memusuhi (bahkan mengkafirkan) mayoritas sahabat2 Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam….
Imamah inilah yang membuat mereka harus memusuhi Ahlus-Sunnah, dan mengkafirkan semua orang yang mengingkarinya……
Dan atas imamah inilah segala puncak kesesatan Syi'ah berasal.

So, sekarang, insya Allah,  kita akan berusaha untuk lebih mengenal tentang salah satu ushul ‘aqidah Syi’ah ini, berikut sikap ghuluw mereka terhadap imam2 khayalan mereka (yakni orang2 yang mereka anggap sebagai imam padahal ini hanyalah klaim dusta belaka).

1. Imamah adalah Ushul Agama

Kita mulai pembahasan ini dengan pertanyaan mendasar : “Apa itu imamah ?”

Yang dimaksud dengan imamah disini adalah sebagaimana ditegaskan di salah satu situs syi’ah (http://www.haydarya.com/maktaba_moktasah/18/book_39/part2.htm) :
وهي عبارة عن الاعتقاد بأن علي بن أبي طالب أمير المؤمنين هو الإمام والحجة والخليفة لله بعد رسول الله(صلى الله عليه و آله)، وكذلك أبناؤه المعصومون من بعده أئمة وحجج الله على خلقه وخلفاؤه في عبادهِ وسفراؤه في أمره ونهيه.
“Imamah itu adalah ungkapan dari keyakinan bahwa amirul-muminin ‘Ali bin Abi Thalib adalah imam, hujjah dan khalifah Allah sesudah Rasulullah, dan begitupula sesudah ‘Ali, putra2nya yang ma’shum adalah imam dan hujjah Allah untuk makhluk2-Nya, juga khalifah bagi hamba2-Nya, dan perantara dalam perintah-Nya dan larangan-Nya.”

Nah, dengan pengertian seperti ini, saya yakin bahwa tidak ada seorangpun diantara kita disini yang memiliki keyakinan seperti ini kecuali jika diantara kita ada orang2 Syi’ah ataupun orang2 yang baru tertipu oleh Syi’ah ataupun orang2 yang gamang dan bingung dengan ‘Aqidahnya sendiri.

Adapun Imamah ini, maka ia merupakan salah satu Ushul ‘Aqidah utama ajaran Syi’ah.
Imamah menurut Syi’ah adalah fondasi yang pokok, salah satu ushul agama yang utama.
Bahkan sebagian diantara mereka menetapkan bahwa imamah ini merupakan ushul agama yang paling agung melebihi hal2 yang lainnya.

Semua ini sebagaimana ditegaskan oleh ulama2 besar mereka, diantaranya :
1.  Ja’far as-Subhani mengatakan :
الشيعة على بكرة أبيهم اتفقوا على كونها أصلاً من أصول الدين
“Syi’ah sepakat bahwa imamah itu adalah salah satu ushul dari ushul2 agama.”
(Al-Milal wa An-Nihal 1/295. Kitab ini sudah diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia dan bisa kita lihat di http://pustakafatimah.org/product/9/951/Al-Milal-wan-Nihal)

2. Ibrahim al-Musawi al-Zanjani mengatakan :
والإمامة هي الأصل الرابع من معتقدات الشيعة الإمامية الاثنى عشرية. وهي اصل الخلاف بين الشيعة وسائر الطوائف الإسلامية
“Imamah itu adalah ushul ke-4 dari ‘aqidah Syi’ah imamiyah al-‘Itsna ‘Asyariyah, dan imamah ini merupakan ushul ‘aqidah yang membedakan antara Syi’ah dan semua kelompok Islam yang lain.”
(‘Aqaid al-Imamiyah al-‘Itsna ‘Asyariyah 1/72)

3. Shalih al-Wardani mengatakan (dan dia adalah orang yang mengatakan tentang murtadnya Abu Bakar, 'Umar, 'Utsman dan beberapa sahabat besar yang lainnya) :
الإمامة عند الشيعة أصلا من أصول الدين . . وهذا الأصل هو ما يميزها عن أهل السنة وعن الفرق الأخرى
“Imamah bagi syi’ah adalah Ushul dari Ushul2 agama. Ushul agama inilah yang membedakan Syi’ah dari Ahlus-Sunnah dan dari firqah2 lainnya. ”
(‘Aqaid Sunnah wa ‘Aqaid Syi’ah hal.144)

4. Hadi ath-Thaharani mengatakan :
إن أعظم ما بعث الله تعالى نبيه من الدين إنما هو أمر الإمامة
“Sesungguhnya perkara agama yang paling agung yang dengannya para Nabi diutus oleh Allah ta’ala adalah urusan imamah.”
(Wadayi’ an-Nubuwah hal.115)

5. Ath-Thabathaba-i mengatakan:
الأصل الرابع من أصول الدين هو الإيمان بالإمامة
“Ushul ke-4 dari ushul agama adalah iman kepada imamah.”
(http://www.haydarya.com/maktaba_moktasah/18/book_63/01.htm)

6. Asy-Syairazi mengatakan di situsnya :
أصول الدين خمسة:
1 ـ التوحيد.
2 ـ العدل.
3 ـ النبوة.
4 ـ الإمامة.
5 ـ المعاد.
“Ushul agama itu ada 5, yaitu :
1. Tauhid
2. Al-‘Adl
3. Kenabian
4. Imamah
5. Hari Kebangkitan
(http://www.alshirazi.com/rflo/100masalehsharieh/2.htm)

So, karena imamah ini merupakan ushul agama, lalu bagaimana jika sekiranya ada seseorang yang mengingkari salah satu ushul ini, apa yang orang2 Syi’ah ini akan hukumkan baginya?

Insya Allah, nanti kita akan melihat jawabannya.

Kutip dari: mushab bin umair;2323423
2. Imamah adalah seperti kenabian, bahkan lebih tinggi kedudukannya

Kedudukan Imamah menurut Syi’ah adalah seperti kenabian (bahkan sebagian dari mereka menganggap lebih utama dari kenabian, dan telah sharih pernyataan ulama2 besar mereka tentang lebih utamanya imam2 mereka dibandingkan para nabi terdahulu), dan barangsiapa yang mengingkari imamah, maka menurut mereka sama saja dengan mengingkari kenabian.

Al-Muzhafar mengatakan :
كما نعتقد أنها كالنبوة لطف من الله تعالى ، فلا بد أن يكون في كل عصر إمام هاد
“Sebagaimana kami meyakini bahwa imamah itu seperti kenabian yang merupakan pemberian dari Allah ta’ala, maka kami juga meyakini bahwa tidak boleh tidak di setiap masa itu harus ada imam yang memberikan petunjuk.”
(‘Aqaid al-Imamiyah hal.65)

Al-Husaini al-Milani mengatakan :
الاجماع دلّ على أنّ محمّداً كان أفضل من سائر الانبياء، فيلزم أن يكون عليّ أفضل من سائر الانبياء
“Ijma menunjukan bahwa Muhammad lebih utama dibandingkan semua Nabi, maka hal ini melazimkan ‘Ali juga lebih utama dibandingkan semua Nabi.”
(Tafdhilul-Aimah ‘alal-Anbiya hal.11)

Al-Khumaini mengatakan :
و ان من ضروريات مذهبنا ان الائمتنا مقاما لا يبلغه ملك المقرب، ولا النبي المرسل
“Sesungguhnya diantara perkara dharuri dalam madzhab kami adalah bahwa para imam kami memiliki derajat yang tidak bisa dicapai oleh para malaikat yang dekat dan tidak pula oleh nabi yang diutus.”
(Al-Hukumah al-Islamiyah hal.52)

Ath-Thabathaba-i mengatakan (http://www.haydarya.com/maktaba_moktasah/18/book_63/01.htm) :
وكما أنّ النبوّة من أصول الدين التي يجب الإيمان بها عن طريق العقل فكذلك الإمامة
“Sebagaimana kenabian juga termasuk Ushul agama yang mewajibkan iman dengannya berdasarkan akal, maka begitupula imamah.”

Shalih Al-Wardani mengatakan :
يعتبر الشيعة أن الإمامة ضرورة كضرورة الرسل
“Menurut Syi’ah bahwa imamah itu adalah perkara dharurah sebagaimana dharurah-nya kenabian.”
(‘Aqaid Sunnah wa ‘Aqaid Syi’ah hal.145)

Ja’far al-Hadi mengatakan (http://rafed.net/research/ أسئلة-وردود/205-الإمامة/770-ما-هو-الأفضل-مقام-النبوّة-أو-الإمامة-؟ ) :
مقام الإمامة أفضل ، وليس كلّ نبي إماماً ، كما أنّ ليس كلّ إمام نبيّ
“Derajat/kedudukan imamah itu lebih utama dari kenabian, sebab tidak setiap nabi itu adalah imam, sebagaimana tidak setiap imam itu adalah nabi.”

Al-Qummi mengatakan :
واعتقادنا فيمن جحد إمامة أمير المؤمنين علي بن أبي طالب عليه السلام أنه كمن جحد نبوة جميع الأنبياء، واعتقادنا فيمن أقر بأمير المؤمنين وأنكر واحداً من بعده من الأئمة أنه بمنزلة من أقر بجميع الأنبياء وأنكر نبوة محمد صلى الله عليه وآله
“Keyakinan kami terhadap seseorang yang mengingkari imamah Amirul-Mu’minin ‘Ali bin Abi Thalib ‘alaihissalaam bahwa dia adalah seperti menentang kenabian semua Nabi, dan keyakinan kami terhadap orang yang mengikrarkan tentang imamah Amirul-Muminin (‘Ali) tapi mengingkari salah satu diantara imam2 setelahnya, maka orang itu sama kedudukannya dengan orang yang meyakini kenabian semua Nabi tapi mengingkari kenabian Muhammad shallallaahu ‘alaihi wa sallam.”
(Al-I’tiqadat hal. 104)

Imamah diyakini setara dengan kenabian, dan derajat/kedudukan seorang imam itu dianggap lebih utama dibandingkan dengan para Nabi??
Mengingkari salah satu imam sama dengan mengingkari kenabian??
Seorang imam itu lebih tinggi derajatnya/ kedudukannya dibandingkan Nabi Nuh ‘alaihissalaam, Nabi Ibrahim ‘alaihissalaam, Nabi Musa ‘alaihissalaam, dan Nabi ‘Isa ‘alaihissalaam??
Adakah orang2 yang mereka anggap imam itu diberikan wahyu dan kitab sebagaimana hal itu diberikan kepada Nabi Daud ‘alaihissalaam, Nabi Musa ‘alaihissalaam dan Nabi ‘Isa ‘alaihissalaam??
Adakah orang2 yang mereka anggap imam itu diberikan wahyu dan shuhuf sebagaimana hal itu diberikan kepada Nabi Ibrahim ‘alaihissalaam??
Adakah orang2 yang mereka anggap imam itu diberikan mu’jizat sebagaimana hal itu diberikan kepada para Nabi terdahulu ‘alaihimussalaam??

Bukankah ini benar2 ‘aqidah yang konyol??

Allaahul-musta’an.

Alhamdulillah. Ini yang saya harapkan, bahasan mengenai imamah. Insya Allah akan saya pelajari, bagaimana argumentasi2 Mushab bin Umair untuk mematahkan dalili-dalil syiah. Jika argumentasi-argumentasinya benar, saya akan bantu menyebarkannya ke orang-orang syiah agar mereka kembali ke dalam Islam yang benar.
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Online Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9585
  • Thanked: 61 times
  • Total likes: 482
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Re:Imamah Bathil Ala Syiah
« Jawab #1 pada: Pebruari 19, 2015, 11:45:47 AM »
saya sudah simak artikel di atas. tapi uh ..... saya heran. sebenarnya syiah mana yang sedang dibantah oleh Mushab bin Umair ? Mushab mengambil sumber dari internet atau kadang dari "kitab syia" katanya. yang mungkin bis disebut "sumber otentik". Tapi ketahuilah, hal-hal yang kemukakan Mushab itu asing bagi orang-orang syiah sendiri. saya menghadiri banyak majelis syiah, tidak satupun yang mengajarkan aqidah seperti yang diungkapkan di atas. Mushab mengutip dari Alamah Thaba Thabai, dari Imam Khamaeni, atau dari ulama-ulama syiah lainnya. Tidak dipungkiri, orang syiahpun menjadikan ulama-ulama itu sebagai rujukan, tapi ketika dikutip oleh Mushab bin Umair, kok bentuknya jadi beda ? karena itu saya sebut, serangan-serangan Mushab bin Umair saya sebut "tinju makan angin", karena jika orang-orang syiah membaca artikel Mushab, mereka tidak akan merasa sedikitpun kalau pemaparan dari Mushab itu itu menyindir aqidah mereka. mereka tersindirpun tidak. hanya soal kesamaan nama saya "syiah", tapi mereka bingung, syiah mana.

Kalau bersedia, sebaiknya Mushab simak saja konsep imamah ala syiah menurut yang saya pelajari langsung dari majelis-majelis syiah. lalu silahkan bantah ! itu akan lebih mengena dari pada copas sana sini dari blog orang lain. Walaupun dalam pengalaman sebelumnya, selalu saja saya ditinggalkan "ditengah jalan" saat diskusi, tapi saya mau mencoba sekali lagi. Bagaimana kang Mushab, maukah Anda mendiskusikan soal imamah dengan saya ?
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Offline Sandy_dkk

Re:Imamah Bathil Ala Syiah
« Jawab #2 pada: Pebruari 19, 2015, 12:07:51 PM »
saya jadi teringat diskusi disini: Ayatullah Al-Uzhma Ar-Ruhani tentang Imam Ali.
Agama tidak berguna bagi orang gila!
 

Offline wa2nlinux

Re:Imamah Bathil Ala Syiah
« Jawab #3 pada: Pebruari 19, 2015, 09:39:57 PM »
Apakah ada kaitannya dengan hadist2 ini ?

" Jikalau engkau ingin melihat keteguhan dalam diri nabi Nuh, ilmu pengetahuan nabi Adam, kemurahan Nabi Ibrahim, kecerdasan Nabi Musa dan ketaatan Nabi Isa, lihatlah Ali bin Abi Thalib".

"Ali bagian dariku dan aku bagian darinya "
« Edit Terakhir: Pebruari 19, 2015, 09:57:43 PM oleh wa2nlinux »
 

Offline Ziels

Re:Imamah Bathil Ala Syiah
« Jawab #4 pada: Pebruari 20, 2015, 06:07:22 PM »
Saya gak paham, dan semoga ada suatu masa dimana segala suatu perselisihan dan rahasia dijelaskan secara detail olehNYA.
 

Tags: Mushab Imamah syiah 
 

GoogleTagged



Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
10 Jawaban
3131 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 07, 2013, 08:43:01 PM
oleh arya
0 Jawaban
1614 Dilihat
Tulisan terakhir September 29, 2012, 11:44:31 PM
oleh Kang Asep
11 Jawaban
4166 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 20, 2013, 05:41:06 PM
oleh kang radi
4 Jawaban
2997 Dilihat
Tulisan terakhir April 11, 2013, 02:59:17 PM
oleh Kang Asep
16 Jawaban
6126 Dilihat
Tulisan terakhir September 24, 2013, 07:15:56 AM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
927 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 24, 2015, 04:49:57 AM
oleh Kang Asep
Imamah

Dimulai oleh Kang Asep Definisi

0 Jawaban
663 Dilihat
Tulisan terakhir April 10, 2015, 12:58:47 PM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
1144 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 29, 2016, 12:00:03 PM
oleh Kang Asep
1 Jawaban
907 Dilihat
Tulisan terakhir April 11, 2016, 09:50:05 PM
oleh Monox D. I-Fly
0 Jawaban
442 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 01, 2016, 09:04:23 AM
oleh Kang Asep

Ilmu Logika

Proposisi Syllogisme Kupas Logika TTS

Meditasi

Menenangkan Pikiran Mengembangkan Kekuatan-Kekuatan