Penulis Topik: Ikhlas karena Allah dalam Beramal  (Dibaca 1735 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Abu Zahra

Ikhlas karena Allah dalam Beramal
« pada: Agustus 01, 2013, 07:47:18 PM »
Ikhlas karena Allah dalam Beramal

Pada bulan Ramadhan di siang hari warung nasi, warung makanan, toko-toko makanan dan restoran sangat boleh buka dan menjajakan makanan dan minuman yang dijualnya, karena memang tidak ada larangan dalam Islam dan juga banyak orang yang memerlukan makanan dan minuman.

Pada bulan Ramadhân banyak sekali orang-orang yang tidak shaum atau puasa: 1. Orang-orang non muslim, 2. Orang-orang muslim yang sedang safar, sebab bagi mereka diharamkan shaum. 3. Anak-anak yang belum terbiasa shaum, sebab bagi mereka belum wajib shaum. 4. Muslimat yang sedang haid. 5. Orang-orang yang sakit yang jika mereka shaum akan lama sembuhnya atau penyakitnya bertambah parah. 6. Orang-orang yang sudah sangat tua yang jika mereka shaum akan kepayahan, maka bagi mereka diganti dengan fidyah. 7. Orang-orang muslim yang memang tidak mau shaum.

Orang-orang yang shaum, jika ikhlas karena Allah shaumnya tidak akan merasa terganggu dengan adanya orang-orang yang makan dan minum pada siang hari dan tidak akan melakukan razia dan mereka tidak akan meminta dihargai ataupun dihormati, misalnya dengan memasang spanduk: Hormatilah Orang yang Berpuausa! Orang-orang yang sedang shaum bila melihat orang yang makan akan bertasbih semua anggotanya, artinya nilai shaumnya menjadi tinggi di sisi Allah. Maka kalau kita beribadah kepada Allah 'azza wa jalla tetapi dalam ibadah tersebut masih saja memerlukan penghargaan dan penghormatan orang, maka ibadah kita tidak IKHLAS.
 

Online Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9585
  • Thanked: 61 times
  • Total likes: 482
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Re:Ikhlas karena Allah dalam Beramal
« Jawab #1 pada: Agustus 01, 2013, 08:13:32 PM »
lalu, kenapa ya ada sekelompok orang yang maen gebuk aja kalau ngeliat warung nasi buka siang hari di bulan ramadhan?  kayaknya sih dia yakin banget, ngacak-ngacak warung nasi punya orang lain seperti itu sebagai bentuk "amalan karena Allah", menegakan syariat Islam.
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Offline Abu Zahra

Re:Ikhlas karena Allah dalam Beramal
« Jawab #2 pada: Agustus 02, 2013, 07:35:17 PM »
Mereka tidak memahami Islam dengan baik, dan memahaminya secara emosional. Kita doakan semua pihak supaya ada dalam kebaikan Islam!!
 

Online Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9585
  • Thanked: 61 times
  • Total likes: 482
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Re:Ikhlas karena Allah dalam Beramal
« Jawab #3 pada: Agustus 07, 2013, 05:03:59 PM »
seringkali tindakan kekerasan yang sering dilakukan oleh organisasi Islam seperti FPI itu dipandang negatif. tapi kadang saya melihat hal positif, dan bersakwasangka, jangan-jangan apa yang dilakukan oleh FPI itu memang baik dan benar. kenapa ? persoalan makan di bulan ramadhan bukan masalah, tapi persoalan pengikaran dan membuat kekacauan, itu yang bikin masalah.

walaupun bulan ramadhan saya sering berolahraga, lari ke pegunungan. di sana, saya sering melihat anak-anak muda, selain bermesraan di muka umum, mereka makan dan minum di siang bolong di bulan ramadhan tanpa rasa malu sedikitpun. buat sama sekali tidak bermasalah, tapi sangat mengkhawatirkan perbuatn mereka mempengaruhi generasi berikutnya yang skarang masih kanak-kanak.

bukan sekedar makan dan minum, mereka mabuk-mabukan. saya melihat mereka membawa botol minuman keras. kalau mau dilaporkan ke polisi, atas pasal apa? apa kita mengerti pasal hukum yang bisa dilaporkan ? dan apakah kita aman sebagai pelapor ? ataukah lebih baik kita biarkan saja ? bayangkan, kalau ada rombongan FPI, apa mereka berani berbuat maksiat di depan umum ? para pemuka agama tidak disegani, mungkin karena dianggap "lembek" oleh para preman ini.

selepas memperhatikan perilaku mereka yang tak punya malu dalam moral, saya bermeditasi. dalam setiap tarikan nafas saya membaca tasbih. dan dalam setap hembusan nafas, saya membaca hamdalah. beberapa lama kemudian, tiba-tiba ada orang mendekat sambil membunyikan motornya dengan keras, disertai dengan klakson. dia berkata, "Mas, mas! kalo meditasi bukan di sini tempatnya, tuh di sana di dalam gua di gunung!" katanya.

sambil tetap duduk, saya membuka mata saya dan lalu berkata kepada orang itu, "saya heran, saya duduk di sini, sambil berdzikir mengingat Allah swt dalam setiap tarikan dan hembusan nafas saya, tapi Anda menghardik saya. di sana, ada sekelompok muda-mudi merokok, pacaran dan mabuk-mabukan, kenapa Anda tidak berani menegur? apa Anda takut pada kejahatan orang kafir dan tidak takut pada doanya orang beriman?"

sekelompok pemuda kadang mencegat saya, meminta uang dari lima ribu rupiah hingga sepuluh ribu rupiah. sekali dua kali saya memberinya. tapi selanjutnya, saya enggan memberinya lagi. karena mereka semakin keenakan, semakin menginjak kepala saya. di kasih hati minta jantung. lagi pula uang yang saya berikan cuma mereka belikan minum-minuman keras, lalu mabuk di muka umum. lebih baik saya berikan uang itu kepada fakir miskin, dari pada kepada berandalan seperti mereka. tapi, karena mereka tidak mendapatkan apa yang mereka inginkan dari saya, mereka mulai mencari gara-gara, merusak motor saya atau kadang menghalangi jalan saya. apa yang bisa saya perbuat ? mau lapor polisi ? atas tuduhan apa ? perusakan motor ? tidak ada bukti. mereka melakukanya sembunyi-sembunyi. kalau saya melaporkan, mereka akan berkilah mereka merusak motor saya. atau, apa bisa saya melaporkan mereka karna menghalangi jalan saya? saya bukan selebritis, yang kalau kena senggol dikit aja bisa jadi perkara besar di kepolisian. tidak ada harapan urusan-urusan seperti itu selesai dengan cara lapor ke polisi.

realitas berbicara, di lapangan "soal makan siang di bulan ramadhan" itu bukan soal "menghormati orang berpuasa saja", tapi sudah merpakan bentuk kekufuran, yang dengan kekufuran itu mereka mencoba "menggoyang" kaum muslimin. mereka coba-coba, makan di siang hari. kalau dikiranya aman, tidak ada yang berani menentangnya, selanjutnya mereka akan makan di muka umum. kalau kaum muslimin diam terhadapnya, lalu mereka akan mabuk-mabukan di muka umum. selanjutnya, kalau kaum muslimin diam terhadap mereka, mereka akan merampok di siang bolong di muka umum. selanjutnya kalau kaum muslimin diam terhadap mereka, mereka merasa bebas, mereka pikir, mereka bisa melakukan apa saja di muka umum, toh kaum muslimin ini kaum yang sabar dan ikhlas, tidak minta dihormati, tidak akan menuntut apa-apa darinya. dengan adanya realita seperti ini, saya mulai menyangsikan pandangan-pandangan negatif terhadap FPI.

Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Offline Monox D. I-Fly

Re:Ikhlas karena Allah dalam Beramal
« Jawab #4 pada: November 19, 2015, 11:38:09 PM »
Pada bulan Ramadhân banyak sekali orang-orang yang tidak shaum atau puasa: 1. Orang-orang non muslim, 2. Orang-orang muslim yang sedang safar, sebab bagi mereka diharamkan shaum. 3. Anak-anak yang belum terbiasa shaum, sebab bagi mereka belum wajib shaum. 4. Muslimat yang sedang haid. 5. Orang-orang yang sakit yang jika mereka shaum akan lama sembuhnya atau penyakitnya bertambah parah. 6. Orang-orang yang sudah sangat tua yang jika mereka shaum akan kepayahan, maka bagi mereka diganti dengan fidyah. 7. Orang-orang muslim yang memang tidak mau shaum.

Haram? Bukannya makruh ya? Bisa minta liat dalilnya? Maaf saya masih awam, setahu saya orang yang diharamkan berpuasa itu hanya wanita haid.
 

Tags:
 

GoogleTagged



Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
11 Jawaban
5257 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 15, 2013, 09:36:56 PM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
1096 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 07, 2013, 11:02:50 AM
oleh Awal Dj
0 Jawaban
1547 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 09, 2013, 10:10:58 AM
oleh Awal Dj
0 Jawaban
972 Dilihat
Tulisan terakhir April 30, 2013, 02:42:31 PM
oleh Abu Zahra
0 Jawaban
927 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 26, 2014, 07:10:31 PM
oleh Kang Asep
5 Jawaban
1445 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 07, 2015, 11:56:51 PM
oleh Monox D. I-Fly
3 Jawaban
774 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 25, 2014, 07:32:25 PM
oleh Sandy_dkk
11 Jawaban
3286 Dilihat
Tulisan terakhir April 24, 2015, 12:39:36 AM
oleh Ziels
3 Jawaban
477 Dilihat
Tulisan terakhir September 11, 2017, 01:48:03 AM
oleh Sultan
0 Jawaban
25 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 09, 2018, 05:12:43 AM
oleh Kang Asep

Ilmu Logika

Proposisi Syllogisme Kupas Logika TTS

Meditasi

Menenangkan Pikiran Mengembangkan Kekuatan-Kekuatan