Penulis Topik: Spiral Galaxy M74  (Dibaca 3151 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline ratna

  • Global Moderator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 1862
  • Thanked: 2 times
  • Total likes: 15
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Spiral Galaxy M74
« pada: April 29, 2013, 07:54:39 AM »
Ini adalah gambar Galaxy M74 hasil jepretan telescope Hubble

Assalamualaikum kang Sandy mo nanya nih,

Sebenernya ada berapa banyak galaxy di semesta ini, atau seberapa jauh yang telah diketahui. Kalau melihat besaran dan banyaknya benda-benda langit itu seolah-olah bumi kita ini seperti partikel kecil yang tak kasat mata. Bagaimana pula dengan penghuninya....? Tentu harus pakai mikroskop untuk melihatnya.

Kemudian menurut kang Sandy, koloni species manusia penghuni bumi itu apakah satu-satunya di jagat raya ini, ataukah ada species-species lainnya...?
 

Offline Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9202
  • Thanked: 55 times
  • Total likes: 342
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Re:Spiral Galaxy M74
« Jawab #1 pada: April 29, 2013, 08:53:12 AM »
sungguh alam dipenuhi dengan hal-hal yang menakjubkan akal.

Bagaimana pula orang bisa mengintip lewat teleskop dari atas sana?
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Offline Sandy_dkk

  • Moderator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 2698
  • Thanked: 14 times
  • Total likes: 81
  • bung.sandy@outlook.com
    • Lihat Profil
Re:Spiral Galaxy M74
« Jawab #2 pada: April 29, 2013, 09:55:09 AM »
wa'alaykumussalam kang Ratna...

saya sangat menyukai astronomi, dan sangat senang jika ada teman yang mengajak saya membicarakan tentang astronomi.  :)


Quote (selected)
Sebenernya ada berapa banyak galaxy di semesta ini, atau seberapa jauh yang telah diketahui.

sejauh yang bisa teramati, yang telah teridentifikasi sebagai galaksi baru berjumlah 113. sementara diperkirakan alam semesta teramati ini memiliki 100miliar galaksi.


gambar diatas adalah model dari alam semesta teramati.
bercak2 putih pada gambar tsb adalah supercluster, yang berjumlah 270.000 buah. setiap supercluster mengandung ribuan cluster, dan setiap kluster mengandung ribuan galaksi.
Agama tidak berguna bagi orang gila!
 

Offline ratna

  • Global Moderator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 1862
  • Thanked: 2 times
  • Total likes: 15
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re:Spiral Galaxy M74
« Jawab #3 pada: April 30, 2013, 02:45:52 AM »
wa'alaykumussalam kang Ratna...

saya sangat menyukai astronomi, dan sangat senang jika ada teman yang mengajak saya membicarakan tentang astronomi.  :)


Alhamdulillah gembira rasanya telah membuat kang Sandy senang.. :)

gambar diatas adalah model dari alam semesta teramati.
bercak2 putih pada gambar tsb adalah supercluster, yang berjumlah 270.000 buah. setiap supercluster mengandung ribuan cluster, dan setiap kluster mengandung ribuan galaksi.

Jadi galaksi bima sakti adalah bagian dari satu cluster saja dari sekian ribu cluster ya kang. Dan system tata surya dimana bumi kita berada adalah sebagian dari banyak sytem semacam itu dalam satu galaksi. Lalu dalam satu cluster sudah pasti tak terhitung banyaknya model system yang serupa.

Kok saya punya keyakinan bahwa ada kemungkinan Alloh SWT tidak akan menghancurkan semesta raya ini dalam satu episode hari kiamat sebelum seluruh ciptaanya berhasil di ekplorasi oleh manusia. Sebagai suatu bentuk tidak main-mainya Alloh menciptakan langit dan bumi dengan segala isinya sehingga tidak menjadikanya sebagai suatu yang sia-sia. Seperti dalam firmaNya :

“Dan Kami tidak menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya tanpa hikmah.” (Shad: 27)

“Dan Kami tidak menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya dengan bermain-main.” (Ad-Dukhan: 38)

 “Langit Kami bangun dengan kekuasaan (Kami) dan Kami benar-benar meluaskannya,” (QS Al-Dzariyat(51):47).


Ada saatnya nanti manusia mampu mengembangkan tekhnology sehingga bisa diciptakan wahana yang bisa digunakan untuk menjelajahi semesta raya hingga kebatas-batasnya. Dahulu mustahil berbincang dengan orang lain dalam jarak ribuan mil jauhnya. Tapi sekarang jangankan hanya bicara, bentuk fisiknyapun bisa dilihat nyata. Suatu relevansi dari Pencipta yang ingin dikenal oleh ciptaanya atau sebaliknya.

Dengan diekplorasinya semesta oleh manusia akan semakin diketahui betapa tata kelola dan keteraturanya yang luar biasa adalah membutuhkan suatu kekuatan yang maha besar sehingga bisa diharapkan dapat bermuara kepada kesaksian akan kebesaran dan keagungan Tuhan Yang Maha Tinggi.

Lalu bagaimana dengan firmaNya yang ini :

 Hai golongan jin dan manusia jika kamu sanggup menembus ( melintas ) penjuru langit dan bumi,maka tembuslah,kamu tidak akan mampu menembusnya kecuali dengan kekuatan (dari) ALLAH, “ (QS Al-Rahman(55):33).

Apakah kekuatan dari Alloh yang dimaksud adalah tekhnology?


 

Offline Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9202
  • Thanked: 55 times
  • Total likes: 342
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Re:Spiral Galaxy M74
« Jawab #4 pada: April 30, 2013, 10:46:29 AM »
dahsyat!
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Offline kang radi

  • Master
  • *
  • Tulisan: 1061
  • Thanked: 3 times
  • Total likes: 11
  • Jenis kelamin: Pria
  • Kemelekatan yang tak terasa
    • Lihat Profil
Re:Spiral Galaxy M74
« Jawab #5 pada: April 30, 2013, 11:48:43 AM »
Quote (selected)
saya sangat menyukai astronomi, dan sangat senang jika ada teman yang mengajak saya membicarakan tentang astronomi.  :)

Wah ternyata kesukaan adie sama kang sandy,
 

Offline Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9202
  • Thanked: 55 times
  • Total likes: 342
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Re:Spiral Galaxy M74
« Jawab #6 pada: April 30, 2013, 07:50:28 PM »
Wah ternyata kesukaan adie sama kang sandy,

kesukaan kang Radi sama dengan kesukaan anak saya, si Yoga.

sewaktu kecil, umur 5 s.d 7 tahun,  kalau dia sudah bertanya-tanya soal benda-benda antariksa, itu pertanyaannya banyak sekali, sampai saya bingung menjawabnya. contoh :

"ayah kenapa langit berwarna biru?"

saya jawab, "katanya sih itu batas jarak pandang kita. langitnya sendiri tidak biru."

"kalau langit tidak biru, trus warnanya apa?"

"hitam" jawab saya.

"kenapa bisa hitam?"

"kan gak ada cahaya".

"kalau gak ada cahaya, kenapa kelihatan?"

saya jadi bingung.  melihat saya diam saja, anak saya bertanya lagi, "Ayah, kalau langit itu tiangnya pake apa?"

"gak pake tiang"

"kenapa bisa ada di atas, apa menggantung?"

bingung lagi saya. "gak tau" jawab saya.

"masa ayah gak tau, kan ayah guru?" kata anak saya.

"iya. guru juga tidak tahu semuanya nak. apalagi ayah ini guru olahraga, bukan guru fisika."

"jadi, kalau guru fisika akan tahu gitu yah?"

"ya. pastinya lebih tahu dari pada ayah."


sebenarnya saya ingin mengarahkan anak saya untuk lebih menyukai biologi. soalnya dulu saya lebih tertarik kepada biologi, sosiologi, antropologi dan bahasa Indonesia dari pada matematika dan fisika. eh, ntah kenapa anak saya malah sukanya astronomi dan bahasa inggris. sewaktu kecil saya ajarin lagu-lagu sunda klasik, sampai dia hafal 50 lagu sunda anak-anak. eh sekarang yang diputarnya lagu berbahasa inggris setiap hari. beda banget.

cuma sayang, sejak menginjak kelas dua SD, sepertinya rasa keingin tahuannya menjadi surut. dia tidak lagi banyak bertanya-tanya. kalau saya agak menuduh sistem pendidikan di seklah yang membuat anak-anak sperti itu. semnagat anak untuk belajar menjadi lemah, karena sistem pendidikan kita bersifat materialisme, dan kurang memperhatikan faktor-faktor kebutuhan mental dasar seorang anak. yah walaupun begitu, apalah daya saya, tidak ada bisa saya perbuat. hanya berharap pada bapak-bapak pembuat kebijakan untuk segera membuat kebijakan yang bisa membangkitkan gairah belajar anak, jangan membuat sistem yang justru melelmahkan semangat belajar anak.
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Offline ratna

  • Global Moderator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 1862
  • Thanked: 2 times
  • Total likes: 15
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re:Spiral Galaxy M74
« Jawab #7 pada: Mei 03, 2013, 02:23:21 AM »
cuma sayang, sejak menginjak kelas dua SD, sepertinya rasa keingin tahuannya menjadi surut. dia tidak lagi banyak bertanya-tanya. kalau saya agak menuduh sistem pendidikan di seklah yang membuat anak-anak sperti itu. semnagat anak untuk belajar menjadi lemah, karena sistem pendidikan kita bersifat materialisme, dan kurang memperhatikan faktor-faktor kebutuhan mental dasar seorang anak. yah walaupun begitu, apalah daya saya, tidak ada bisa saya perbuat. hanya berharap pada bapak-bapak pembuat kebijakan untuk segera membuat kebijakan yang bisa membangkitkan gairah belajar anak, jangan membuat sistem yang justru melelmahkan semangat belajar anak.

Sepertinya memang begitu Kang. Anak saya yang sekarang duduk di bangku sd kelas 4 lebih suka kalau saya yang mengajari materi pelajaran yang didapatnya disekolah, daripada bapak/ibu gurunya. Bukan berarti saya lebih pandai mengajar..saya tidak demikian, tapi karena saya mengajaknya untuk bergerak maju berpikir mencari sendiri solusinya dari pr-pr yang diberikan Gurunya. Dan ketika anak saya itu mampu menemukan jawabanya, walau hanya satu soal saja dia akan girang sekali. Ini hanya salah satu contohnya. Sayangnya saya tidak bisa lebih banyak mendampingi kegiatan belajar anak saya.

Kayanya ini sudah keluar dari topik deh Kang...! :)

« Edit Terakhir: Mei 03, 2013, 02:25:16 AM oleh ratna »
 

Offline ratna

  • Global Moderator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 1862
  • Thanked: 2 times
  • Total likes: 15
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re:Spiral Galaxy M74
« Jawab #8 pada: Mei 03, 2013, 02:28:24 AM »
Ada suatu penemuan yang menarik dari apa yang disampaikan oleh badan antariksa amerika serikat NASA ;

Penemuan yang dimaksud adalah penemuan mikroba di danau Mono, California.

Mikroba ini bukan mikroba sembarangan. Ia bisa bertahan hidup dan bereproduksi dengan menggunakan arsenik, sebuah elemen yang sebelumnya dianggap beracun bagi kehidupan.

Selama ini, kita mengenal ada enam elemen utama yang membentuk kehidupan di bumi ini, yaitu: Karbon, Hidrogen, Nitrogen, Oksigen, Fosforus dan Sulfur.

Fosforus sendiri adalah salah satu unsur penting pendukung DNA dan RNA dan dianggap sebagai elemen penting bagi semua sel hidup.
Mikroba yang ditemukan di danau Mono bisa mengganti Fosforus dengan Arsenik di dalam komponen selnya.

Walaupun Arsenik memiliki struktur kimiawi yang mirip dengan Fosforus, namun elemen ini berbahaya bagi bentuk kehidupan di bumi karena ia bisa mengganggu jalur metabolisme.

Felisa Wolfe Simon, salah seorang ahli Astrobiologi dari NASA yang juga kepala tim peneliti yang menemukan mikroba ini mengatakan:

    "Kami tahu kalau memang ada beberapa jenis mikroba yang bisa bernapas dengan Arsenik. Namun apa yang kami temukan ini adalah sesuatu yang baru. Mikroba-mikroba tersebut membangun tubuhnya dengan menggunakan Arsenik."

    "Jika sesuatu di bumi ini bisa melakukan hal yang tidak terduga seperti itu, pasti ada hal lain lagi yang bisa dilakukan oleh kehidupan yang belum pernah kita lihat sebelumnya."

Penemuan ini tentu saja akan mengubah ilmu pengetahuan yang selama ini kita kenal. Selama ini, para peneliti selalu menggunakan patokan sains yang telah dikenal untuk menemukan planet yang memiliki karakteristik yang bisa mendukung kehidupan. Kini patokan itu telah bertambah luas.

"Definisi kehidupan baru saja berkembang," Kata Ed Weiler, Salah seorang pejabat di departemen ilmu pengetahuan NASA.

    "Sementara kita terus berusaha untuk menemukan tanda-tanda kehidupan di sistem tata surya kita, mungkin kita harus berpikir lebih luas, lebih beragam dan mempertimbangkan kehidupan lain yang tidak kita kenal sebelumnya."

Mikroba ini, yang disebut GFAJ-1, adalah anggota dari kelompok bakteri Gammaproteobacteria.


menunggu tanggapan kang Sandy...
 

Offline patriana

Re:Spiral Galaxy M74
« Jawab #9 pada: Mei 20, 2013, 12:36:46 PM »
Sepertinya manusia memang suka dengan hal2 yang WAW ya, saya juga tertarik soal antariksa ini.
Btw anaknya kang asep hebat, ka yoga masih kecil sudah banyak tanya hal2 tentang langit, penuh dengan keingintahuan,
rata-rata memang masa kanak-kanak banyak tanya, tapi kenapa dl saya enggak ya (tanda tanya) he
Memang kang, guru terbaik buat anak adalah orang tua, kadang guru hanya jadi profesi untuk mencari nafkah, tapi
memang tidak sedikit juga guru yang mendidik dengan sepenuh hati, cuman sepengalaman saya, ada guru yang masyaallah
marah terus sama muridnya,,(apa muridnya yg bandel ya tanda tanya).. tapi orang tua the best teacher deh..

Soal antariksa ini saya jadi teringat pertanyaan Neil amstrong ketika baru pertama kali melayang, "Planet bumi ternyata menggantung di area yang sangat gelap, siapa yang menggantungnya?" siapa yang menggantungnya?, seandainya saya yang melayang itu mungkin akan sangat nikmat sekali meresapi ayat ini “Dia menciptakan langit tanpa tiang yang kamu melihatnya dan Dia meletakkan gunung-gunung (di permukaan) bumi supaya bumi itu tidak menggoyangkan kamu…” Al-luqman
 

Offline ratna

  • Global Moderator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 1862
  • Thanked: 2 times
  • Total likes: 15
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re:Spiral Galaxy M74
« Jawab #10 pada: Mei 20, 2013, 01:57:38 PM »
Kalau jaman kanak-kanak dulu saya paling takut kalau langit lagi mendung, kawatir langitnya runtuh! :D



Soal antariksa ini saya jadi teringat pertanyaan Neil amstrong ketika baru pertama kali melayang, "Planet bumi ternyata menggantung di area yang sangat gelap, siapa yang menggantungnya?"


Bukankah langit itu memang sesungguhnya gelap? tapi mengapa ya kalau melihat langit dari bumi  kok nampak biru? kayanya pernah dijelaskan sama kang Sandy, cuma lupa...
 

Offline Monox D. I-Fly

Re:Spiral Galaxy M74
« Jawab #11 pada: Desember 19, 2015, 12:06:42 AM »
saya jadi bingung.  melihat saya diam saja, anak saya bertanya lagi, "Ayah, kalau langit itu tiangnya pake apa?"

"gak pake tiang"

"kenapa bisa ada di atas, apa menggantung?"

bingung lagi saya. "gak tau" jawab saya.

Kalau dilihat dari posisinya, bukannya justru bumi yang menggantung/melayang-layang di langit?
 

Tags:
 

GoogleTagged



Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
2 Jawaban
1055 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 06, 2013, 12:09:00 PM
oleh Sandy_dkk

Ilmu Logika

Proposisi Syllogisme Kupas Logika

Meditasi

Menenangkan Pikiran Mengembangkan Kekuatan-Kekuatan