Penulis Topik: Bereksperimen Dengan Fikiran  (Dibaca 15217 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Sandy_dkk

  • Moderator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 2698
  • Thanked: 14 times
  • Total likes: 82
  • bung.sandy@outlook.com
    • Lihat Profil
Bereksperimen Dengan Fikiran
« pada: Desember 10, 2012, 09:33:31 PM »
bayangkan jika anda bisa berlari secepat putaran rotasi bumi secara terus menerus, namun dengan arah yang berlawanan dengan arah kecepatan rotasi bumi tsb. apa yang akan terjadi??

bayangkan jika anda bisa menggali lubang di bumi sampai terus ke pusat bumi tanpa harus merasakan panasnya inti bumi dan kehabisan udara di bawah sana (karena menggunakan kostum khusus bertekhnologi super), lalu anda terus menggali lagi bumi tsb sampai ke sisi bumi di sebelahnya, apa yang akan terjadi??

bayangkan jika anda bisa mengumpulkan manusia sebanyak mungkin di muka bumi ini, sehingga jumlah massa keseluruhan manusia tersebut menyamai massa bulan. lalu anda mengumpulkan mereka secara berhimpitan pada satu sisi bumi saja untuk melakukan lompatan bersama2 dari sebuah ketinggian menuju permukaan bumi, apa yang akan terjadi??



pernahkah pertanyaan2 'nyeleneh' tersebut singgah di benak anda? atau bahkan anda pernah berfikir tentang suatu eksperimen yang lebih nyentrik lagi dari hal2 diatas??
jika pernah, silahkan tuliskan disini, kita akan bahas bersama2 apa yang akan terjadi...
« Edit Terakhir: Desember 10, 2012, 09:46:29 PM oleh Biru Biru »
Agama tidak berguna bagi orang gila!
 

Offline Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9522
  • Thanked: 61 times
  • Total likes: 480
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Re:Bereksperimen Dengan Fikiran
« Jawab #1 pada: Desember 11, 2012, 07:06:54 AM »
hal-hal demikian tidak pernah terpikirkan oleh saya.

tapi saya pernah memikirkan bahwa apabila benda terkecil bisa dibelah, menjadi bagian A dan B, berarti status benda itu tidak lagi terkecil, karena ada bagian A dan B yang lebih kecil. jika bagian A di belah dua menjadi bagian C dan D, dan C dibelah, teruus, akan sampai pada suatu benda yang yang tidak bisa dibelah, tapi apabila dipaksadibelah, ia akan menimbulkan ledakan besar. ini hanya hipotesa. bagaimana kiranya menurut teori ilmiah, mungkin apa tidak ya?
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Offline kang radi

  • Master
  • *
  • Tulisan: 1062
  • Thanked: 3 times
  • Total likes: 21
  • Jenis kelamin: Pria
  • Kemelekatan yang tak terasa
    • Lihat Profil
Re:Bereksperimen Dengan Fikiran
« Jawab #2 pada: Desember 11, 2012, 11:43:06 AM »
Kalo adie pengen membakar api sampai titik terpanas maximum , pengen tau kalo kata orang jd dingin
 

Offline Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9522
  • Thanked: 61 times
  • Total likes: 480
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Re:Bereksperimen Dengan Fikiran
« Jawab #3 pada: Desember 11, 2012, 11:49:29 AM »
kata kang Irman, dingin dan panas itu seperti timur dan barat.

kalau kita pergi ke barat teruus, maka kita akan muncul di timur.

demikian pula titik panas tertinggi, ia akan bertemu dingin.
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Offline Sandy_dkk

  • Moderator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 2698
  • Thanked: 14 times
  • Total likes: 82
  • bung.sandy@outlook.com
    • Lihat Profil
Re:Bereksperimen Dengan Fikiran
« Jawab #4 pada: Desember 11, 2012, 08:48:19 PM »
wah, ternyata kang Asep dan kang Radi mempunyai pemikiran2 yang sangat menarik nih,, mudah2an semua bisa kita bahas, walaupun pelan2...

saya akan menahan diri dulu untuk menjelaskan lebih jauh apa yang ada dalam fikiran saya, pemikiran teman2 nampaknya akan lebih menarik jika kita bahas duluan...  :)
Agama tidak berguna bagi orang gila!
 

Offline Sandy_dkk

  • Moderator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 2698
  • Thanked: 14 times
  • Total likes: 82
  • bung.sandy@outlook.com
    • Lihat Profil
Re:Bereksperimen Dengan Fikiran
« Jawab #5 pada: Desember 11, 2012, 08:52:01 PM »
hal-hal demikian tidak pernah terpikirkan oleh saya.

tapi saya pernah memikirkan bahwa apabila benda terkecil bisa dibelah, menjadi bagian A dan B, berarti status benda itu tidak lagi terkecil, karena ada bagian A dan B yang lebih kecil. jika bagian A di belah dua menjadi bagian C dan D, dan C dibelah, teruus, akan sampai pada suatu benda yang yang tidak bisa dibelah, tapi apabila dipaksadibelah, ia akan menimbulkan ledakan besar. ini hanya hipotesa. bagaimana kiranya menurut teori ilmiah, mungkin apa tidak ya?


pemikiran kang Asep ini menyerupai pemikiran2 para ilmuan yang bertanggung jawab atas lahirnya bom atom yang begitu fenomenal ketika berhasil meledakkan kota nagasaki dan hirosima tahun 1945 silam.  :D

energi bom ini dihasilkan dari pembelahan inti atom, dimana inti atom terdiri dari partikel penyusun berupa proton dan neutron yang diikat oleh energi dengan kompleksitas yang tinggi. nah, dengan dipisahkannya proton dan neutron, energi tersebut akan melepaskan diri dengan efek yang dahsyat, semakan banyak inti atom terbelah akan semakin banyak pula energi yang dihasilkan.
untuk memisahkan inti atom ini diperlukan bahan bakar khusus berupa uranium.


belakangan diidentifikasi bahwa ternyata dalam partikel2 penyusun inti atom pun masih ada materi yang lebih kecil lagi yaitu quark. mungkinkah pada quark ini terdapat energi yang lebih dahsyat lagi? saya yakin jawabannya adalah YA, hanya saja belum diketahui bagaimana cara membelahnya dan melepaskan energinya...
Agama tidak berguna bagi orang gila!
 

Offline Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9522
  • Thanked: 61 times
  • Total likes: 480
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Re:Bereksperimen Dengan Fikiran
« Jawab #6 pada: Desember 11, 2012, 08:53:16 PM »
wah, ternyata kang Asep dan kang Radi mempunyai pemikiran2 yang sangat menarik nih,, mudah2an semua bisa kita bahas, walaupun pelan2...

saya akan menahan diri dulu untuk menjelaskan lebih jauh apa yang ada dalam fikiran saya, pemikiran teman2 nampaknya akan lebih menarik jika kita bahas duluan...  :)

jangan di tahan-tahan atuh kang! keluarin aja! saya rasa, kami juga tertarik dengan pemikiran-pemikiran Anda yang agak nyentrik itu.
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Offline Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9522
  • Thanked: 61 times
  • Total likes: 480
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Re:Bereksperimen Dengan Fikiran
« Jawab #7 pada: Desember 11, 2012, 08:59:56 PM »
ada lagi hipotesa saya. sebelum saya membaca artikel-artikel ilmiah tentang lubang hitam, saya telah membuat hipotesa bahwa di langit itu ada yang namanya pusat-pusat energi, yang saya menamainya dengan sebutan Cakrasatya. dari pusat energi inilah benda-benda langit mula-mula bermula. lawan dari Cakrasatya  ini adalah Lubanghitam. seluruh makhluk, bergerak dari Cakrasatya menuju lubang hitam. hal ini saya prediksi pada sekitar tahun 1995. dan saya baru membaca artikel ilmiah mengenai lubang hitam pada sekitar tahun 2000 atau 2001. saya tidak tahu, kapan para ilmuwan mulai menemukan adanya lubang hitam di langit.

Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Offline Sandy_dkk

  • Moderator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 2698
  • Thanked: 14 times
  • Total likes: 82
  • bung.sandy@outlook.com
    • Lihat Profil
Re:Bereksperimen Dengan Fikiran
« Jawab #8 pada: Desember 11, 2012, 09:05:59 PM »
jangan di tahan-tahan atuh kang! keluarin aja! saya rasa, kami juga tertarik dengan pemikiran-pemikiran Anda yang agak nyentrik itu.

ya kang, pasti nanti dikeluarin,  :)

gimana kang? tertarik gak untuk mengurai quark dan mengeluarkan energi dahsyatnya??
saya jadi berfikir bagaimana jika salah satu partikel terkecil dalam diri kita bisa kita pecahkan sehingga simpanan energinya bisa keluar dengan sangat dahsyat. saya rasa ilmu2 luar biasa dalam cerita wiro sableng, seperti tenaga dalam yang dapat menghancurkan gunung bisa jadi kenyataan, hehe.



ada lagi hipotesa saya. sebelum saya membaca artikel-artikel ilmiah tentang lubang hitam, saya telah membuat hipotesa bahwa di langit itu ada yang namanya pusat-pusat energi, yang saya menamainya dengan sebutan Cakrasatya. dari pusat energi inilah benda-benda langit mula-mula bermula. lawan dari Cakrasatya  ini adalah Lubanghitam. seluruh makhluk, bergerak dari Cakrasatya menuju lubang hitam. hal ini saya prediksi pada sekitar tahun 1995. dan saya baru membaca artikel ilmiah mengenai lubang hitam pada sekitar tahun 2000 atau 2001. saya tidak tahu, kapan para ilmuwan mulai menemukan adanya lubang hitam di langit.

lagi2, pemikiran mengenai 'lawan' dari lubang hitam ini pun telah terpikirkan juga oleh ilmuan, kalo gak salah namanya Stephen Hawking, nanti saya pastikan lagi orangnya siapa deh,,, dia menyebut lawan dari lubang hitam ini sebagai lubang putih, akan kita bahas juga...
Agama tidak berguna bagi orang gila!
 

Offline Sandy_dkk

  • Moderator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 2698
  • Thanked: 14 times
  • Total likes: 82
  • bung.sandy@outlook.com
    • Lihat Profil
Re:Bereksperimen Dengan Fikiran
« Jawab #9 pada: Desember 11, 2012, 09:23:56 PM »
lagi2, pemikiran mengenai 'lawan' dari lubang hitam ini pun telah terpikirkan juga oleh ilmuan, kalo gak salah namanya Stephen Hawking, nanti saya pastikan lagi orangnya siapa deh,,, dia menyebut lawan dari lubang hitam ini sebagai lubang putih, akan kita bahas juga...

ada juga yang mengistilahkan lubang putih ini sebagai small bang, atau miniaturnya big bang.
sebagai lawan dari lubang hitam yang bersifat menarik semua materi bahkan cahaya pun tak dapat keluar darinya (ini yang menyebabkan sesuatu ini disebut lubang hitam, karena tak ada cahaya yang bisa terpancar), maka pada lubang putih memiliki sifat yang berlawanan, yaitu melepaskan materi dan tidak ada sesuatu pun yang bisa memasukinya, termasuk cahaya.

dari sini juga lahirnya teori lubang cacing, dimana sebuah materi lenyap ditelan lubang hitam dan tiba2 muncul secara tiba2 di tempat yang berbeda melalui lubang putih...
 
Agama tidak berguna bagi orang gila!
 

Offline Sandy_dkk

  • Moderator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 2698
  • Thanked: 14 times
  • Total likes: 82
  • bung.sandy@outlook.com
    • Lihat Profil
Re:Bereksperimen Dengan Fikiran
« Jawab #10 pada: Desember 11, 2012, 09:34:00 PM »
Kalo adie pengen membakar api sampai titik terpanas maximum , pengen tau kalo kata orang jd dingin

kata kang Irman, dingin dan panas itu seperti timur dan barat.

kalau kita pergi ke barat teruus, maka kita akan muncul di timur.

demikian pula titik panas tertinggi, ia akan bertemu dingin.

wah, hal ini benar2 pemikiran yang belum pernah terpikirkan oleh saya sebelumnya,, saya akan meminta waktu malam ini, untuk memikirkan kemungkinan2 yang terjadi secara ilmiah, jika suatu suhu terpanas dipanaskan, dan suhu terdingin didinginkan...  >:
Agama tidak berguna bagi orang gila!
 

Offline kang radi

  • Master
  • *
  • Tulisan: 1062
  • Thanked: 3 times
  • Total likes: 21
  • Jenis kelamin: Pria
  • Kemelekatan yang tak terasa
    • Lihat Profil
Re:Bereksperimen Dengan Fikiran
« Jawab #11 pada: Desember 11, 2012, 09:39:31 PM »
gimana kang? tertarik gak untuk mengurai quark dan mengeluarkan energi dahsyatnya??
saya jadi berfikir bagaimana jika salah satu partikel terkecil dalam diri kita bisa kita pecahkan sehingga simpanan energinya bisa keluar dengan sangat dahsyat. saya rasa ilmu2 luar biasa dalam cerita wiro sableng, seperti tenaga dalam yang dapat menghancurkan gunung bisa jadi kenyataan, hehe.

hehehe iseng2 cari quark malah ketemu ini http://teamposapujagat.blogspot.com/2012/02/apa-itu-q-rak.html

mungkin gak kalo quark di pecah lagi? jadi apa yach ^_^\

 

Offline Sandy_dkk

  • Moderator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 2698
  • Thanked: 14 times
  • Total likes: 82
  • bung.sandy@outlook.com
    • Lihat Profil
Re:Bereksperimen Dengan Fikiran
« Jawab #12 pada: Desember 11, 2012, 09:58:23 PM »
hehehe iseng2 cari quark malah ketemu ini http://teamposapujagat.blogspot.com/2012/02/apa-itu-q-rak.html

mungkin gak kalo quark di pecah lagi? jadi apa yach ^_^\

jika para ilmuan memikirkan bagaimana cara memecah quark sehingga energi di dalamnya bisa dimanfaatkan (yang sampai saat ini belum berhasil), maka menurut link kang Radi di atas, energi quark dapat diaktifkan dengan cara berdo’a kepada Tuhan dan niat menyalurkan energi Q-RAK, lalu santai dan pasrah pada ilahi.
menarik juga untuk dicoba nih... walaupun cara ini tentunya belum diakui di dunia ilmiah (tidak diakui bukan berarti hal tsb tak mungkin, tapi karena dunia ilmiah masih merupakan dunia terbatas. namun batasan2 tersebut semakin lama akan semakin membesar sehingga apa yang tidak diakui dunia ilmiah hari ini mungkin akan diakui esok hari).
Agama tidak berguna bagi orang gila!
 

Offline Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9522
  • Thanked: 61 times
  • Total likes: 480
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Re:Bereksperimen Dengan Fikiran
« Jawab #13 pada: Desember 12, 2012, 12:28:09 AM »
waduh maaf akang akang sekalian. tadi saya ketiduran.
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Offline Sandy_dkk

  • Moderator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 2698
  • Thanked: 14 times
  • Total likes: 82
  • bung.sandy@outlook.com
    • Lihat Profil
Re:Bereksperimen Dengan Fikiran
« Jawab #14 pada: Desember 12, 2012, 01:10:59 AM »
Kalo adie pengen membakar api sampai titik terpanas maximum , pengen tau kalo kata orang jd dingin

kata kang Irman, dingin dan panas itu seperti timur dan barat.

kalau kita pergi ke barat teruus, maka kita akan muncul di timur.

demikian pula titik panas tertinggi, ia akan bertemu dingin.

memanaskan suatu zat, berarti menambahkan energi kalor pada zat tersebut yang membuat molekul2nya bergerak semakin cepat sehingga suhunya meningkat.
sebaliknya, ketika energi kalor terlepas, maka gerakan molekul akan melambat dan suhunya akan menurun.


suhu terendah yang mungkin dicapai, yaitu ketika molekul2 zat tak mampu bergerak lagi karena tak adanya energi kalor, secara teoritis adalah 0 kelvin atau -273,15 celcius.

nah, bagaimana dengan suhu tertinggi?? ini akan kita peroleh bila kita mempunyai energi kalor yang cukup untuk melesatkan molekul zat secepat kecepatan cahaya. saya kesulitan mencari informasi mengenai berapa suhu yang dihasilkan dalam kondisi ini. kalo menurut sumber "katanya" sih suhunya adalah 140×10pangkat1030 kelvin.

bagaimana kalo molekul tersebut kita pasok terus dengan energi kalor?? sayangnya,, tak ada molekul yang mampu melebihi kecepatan tersebut... ketika molekul terurai menjadi neutrino karena saking cepatnya, energi kalor pun akan berubah bentuk menjadi energi lain yang tak diketahui bentuknya...
(silahkan cari2 di google tentang energi yang hilang, sempat menggoyahkan teori kekekalan energi, namun belakangan dipercaya energi yang hilang ini sebenarnya dipakai oleh suatu partikel yang sangat ringan, tidak bermassa, tidak terlihat dan bergerak dengan kecepatan cahaya).

jadi secara teoritis, panas dan dingin yang tak berujung seperti analogi timur dan barat belum terbukti. atau ada pendapat lain?
Agama tidak berguna bagi orang gila!
 

Tags: ikut juga 
 

GoogleTagged



Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
8 Jawaban
5798 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 14, 2012, 05:22:20 PM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
920 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 14, 2014, 02:00:26 PM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
920 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 22, 2016, 01:37:36 PM
oleh comicers
8 Jawaban
2626 Dilihat
Tulisan terakhir April 05, 2017, 03:37:49 PM
oleh Ziels
1 Jawaban
412 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 13, 2016, 11:39:59 AM
oleh Monox D. I-Fly
0 Jawaban
240 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 26, 2016, 08:39:55 AM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
194 Dilihat
Tulisan terakhir September 16, 2016, 01:41:04 PM
oleh Sultan
0 Jawaban
379 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 20, 2016, 04:39:50 PM
oleh Kang Asep
3 Jawaban
478 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 23, 2017, 12:56:30 PM
oleh Mohammad Asran
0 Jawaban
179 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 03, 2018, 01:19:21 PM
oleh Kang Asep

Ilmu Logika

Proposisi Syllogisme Kupas Logika TTS

Meditasi

Menenangkan Pikiran Mengembangkan Kekuatan-Kekuatan