Penulis Topik: agar Kalkulus menjadi Bermakna, agar Kalkulus menjadi Berguna  (Dibaca 2627 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Sandy_dkk

  • Moderator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 2698
  • Thanked: 14 times
  • Total likes: 81
  • bung.sandy@outlook.com
    • Lihat Profil
agar Kalkulus menjadi Bermakna, agar Kalkulus menjadi Berguna
« pada: Oktober 30, 2013, 06:42:55 PM »
sebelumnya, saya kumpulkan dulu komentar2 di forum ini yang pernah menyinggung2 soal kalkulus:

... Janganlah ragu untuk mengajak berbicara kepada seekor hewan atau tumbuhan. Jangan takut dianggap gila, karena hal itu bukan kegilaan. Hanya saja anda jangan mengajak sebuah pohon mangga untuk berdiskusi soal kalkulus atau trigonometri. Perhatikan bagiamana cara para orang tua berbicara dengan anak-anak, tentu mereka menyesuaikan dengan taraf berpikir anak-anak. Demikian pula kalau anda berbicara dengan hewan atau pohon-pohon, sesuaikan dengan “daya intelektualitas” mereka. ...

... waktu kuliah, ajaib, nilai kalkulus saya selalu paling tinggi, padahal saya paling gak ngerti pelajaran itu. tapi dosennya bilang, "saya menghargai usaha kerasnya untk belajar". aduh, saya jadi kasihan ama diri sendiri. dikasih nilai A, bukan karena memang nilainya A, tapi dosennya kasihan, saya sampe ngejar-ngejar dosen ke rumahnya, minta di private kalkulus tiap hari, bayar 30 rb rupiah perjam, masih masih gak ngerti juga tuh pelajaran yang satu. moga-moga aja di forum ini, saya bisa tercerahkan soal ilmu-ilmu matematika sama kang biru.

ada terpikir sekarang, sesudah bangkotan gini, pengen menggali lagi pelajaran-pelajaran matematika di masa sekolah dulu.

tapi, saya tidak cukup mengerti, kalau ilmu kalkulus, memang apa gunanya dalam kehidupan sehari-hari?

pertanyaan itu sering saya tanyakan kepada guru kalkulus saya yang cantik itu. tapi saya belum bisa mengerti sampe sekarang. saya bergaul, saya berumah tangga, saya bekerja, saya berdoa, rasanya tidak ada satupun yang menggunakan kalkulus.

... sering saya jelaskan bahwa Logika Filsafat itu berbeda dengan kalkulus. sangat jelas, yang menguasai Logika Aristotels itu belum tentu menguasai Logika matematika. dan saya juga melihat contoh-contoh bahwa orang yng terampil matematika, belum tentu mahir menggunakan Logika Filsafat. ...

... ilmu matematika dikenal sebagai ilmu yang rumit dan butuh ketelitian tinggi. bayangkan cabang2nya seperti geometri, aljabar, trigonometri, kalkulus, pada tingkatan tertentu bukanlah hal yang mudah untuk difahami. ...

... banyak orang yang berlatih meditasi, tapi tidak pernah menerapkan pelajaran meditasi dalam kehidupan sehari-hari. latihan meditasi itu menjadi sia-sia.
banyak orang belajar kalkulus, tapi tidak menerapkan kalkulus dalam kehidupan sehari-hari. kalkulus itu menjadi hal yang sia-sia baginya.
banyak orang belajar logika, tapi tidak menerapkan logika dalam hidup sehari-hari, maka logika itu selain menjadi tumpul juga menjadi sia-sia dalam hidupnya. ...

... Belajar krachtology jangan seprti orang belajar kalkulus, lalu dia bekerja di bidang yang tidak mempergunakan disiplin ilmu kalkulus, maka jangankan ilmunya tersebut menjadi matang, bahkan akan semakin tumpul karena tidak digunakan. ...

... pada kasus lain, ada yang tidak bisa terjawab dengan matematika sederhana, kecuali dengan kalkulus. namun, konsep kalkulus baru ditemukan jauh setelah paradoks ini dibuat. ...


selain turtle paradoks yang membingungkan para matematikawan di zamannya karena belum ditemukannya konsep kalkulus, ada lagi suatu paradoks yang terkait dengan dunia matematika yang dibuat oleh Galileo, yaitu paradoks kuadrat sempurna. ...

... aritmetika adalah pokok dari matematika, karena untuk bisa memahami cabang2 matematika seperti aljabar, geometri, dan kalkulus mutlak diperlukan pemahaman terhadap aritmetika.

lalu, kalkulus sebagai puncak ilmu matematika merupakan pintu gerbang menuju ilmu pengetahuan terapan seperti sains, ekonomi, dan teknik. ...

... secara sederhana kita dapat mengetahui kapan planet2 tsb berada sejajar terhadap sumbu orbit/matahari dengan KPK. namun karena kecepatan orbit planet yang tidak konstan dan bentuk orbit tidak bulat sempurna, maka untuk mengetahuinya dengan tepat diperlukan formula kalkulus. dengan kalkulus, kita dapat mengetahui kapan planet2 tsb berada sejajar dan kapan terjadi gerhana dengan sangat tepat. ...



saat ini, di negeri ini, pendidikan matematika mengalami kekusutan, karena tidak jelasnya filosofi dan semangat bermatematika dalam proses belajar-mengajar. materi yang diajarkan terlalu dipenuhi dengan rumus tapi tanpa penjelasan konseptual yang memadai, rumus2 yang disajikan menjadi tak jelas konteksnya, menjadi kehilangan kaitannya dengan kehidupan nyata, dan matematika seperti hidup dalam dunianya sendiri.

saya yakin, para penyusun kurikulum matematika adalah ahli2 yang jago di bidang matematika yang jelas sudah sangat mapan kecanggihan berpikir matematisnya. namun yang kita butuhkan bukan hanya itu, melainkan juga kita membutuhkan orang2 yang mampu dan hebat untuk menjembatani antara para pelajar dengan dunia matematika yang luas dan dalam itu.

saya memiliki setumpuk buku kalkulus disini, yang berisi kumpulan rumus2 rumit namun tanpa penjelasan yang memadai. para pembaca sepertinya hanya dituntut untuk menghapal rumus, memasukkan angka2 ke dalam rumus, kemudian menghasilkan angka lain dalam proses perhitungan. manusia seperti sebuah mesin yang diberikan sebuah program kerja, dimana angka2 yang masuk diproses melalui program tsb, dan keluarlah sebuah produk. mesin tsb sama sekali tidak berurusan dengan dari mana angka awal tsb diperoleh, dan untuk apa angka hasil tsb digunakan, dan kenapa harus menjalankan program itu.

saya sebagai pemerhati dunia matematika, bermaksud memberikan penjelasan2 filosofis mengenai kalkulus. apa itu kalkulus, bagaimana sejarah kalkulus, untuk apa kalkulus digunakan, dan bagaimana filosofi hadirnya rumus2 yang rumit itu. sehingga kita tak hanya hapal rumusnya, namun juga tahu kenapa harus menggunakan rumus tsb, bahkan mampu menciptakan rumus sendiri tanpa mencontek para penyusun rumus terdahulu. mudah2an akan bermanfaat bagi para pemikir, bagi para pencinta dunia ilmiah, karena kalkulus adalah pintu gerbang yang mengantarkan kita pada dunia sains yang lebih tinggi.

agar kalkulus menjadi bermakna, agar kalkulus menjadi berguna.....
Agama tidak berguna bagi orang gila!
 

Online Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9203
  • Thanked: 55 times
  • Total likes: 342
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Re: agar Kalkulus menjadi Bermakna, agar Kalkulus menjadi Berguna
« Jawab #1 pada: Oktober 30, 2013, 09:25:24 PM »
saya tunggu uraiannya, kang Sandy!

sebagaimana konsep saya dalam belajar, adalah untuk menyelesaikan suatu permasalahan. sehingga, dengan terselesaikannya masalah tersebut, beban seseorang bisa berkurang. dengan ilmu kita menolong diri sendiri dan orang lain. saya sudah melihat, banyak orang tertolong dengan logika. dan sekarang saya ingin melihat, bagaimana kita menolong umat manusia dengan kalkulus.
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Offline Sandy_dkk

  • Moderator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 2698
  • Thanked: 14 times
  • Total likes: 81
  • bung.sandy@outlook.com
    • Lihat Profil
Re: agar Kalkulus menjadi Bermakna, agar Kalkulus menjadi Berguna
« Jawab #2 pada: November 01, 2013, 11:11:25 PM »
saya tunggu uraiannya, kang Sandy!

sebagaimana konsep saya dalam belajar, adalah untuk menyelesaikan suatu permasalahan. sehingga, dengan terselesaikannya masalah tersebut, beban seseorang bisa berkurang. dengan ilmu kita menolong diri sendiri dan orang lain. saya sudah melihat, banyak orang tertolong dengan logika. dan sekarang saya ingin melihat, bagaimana kita menolong umat manusia dengan kalkulus.

logika ilmu yang unik, lain dari yang lain. selain karena kesempurnaannya dan perannya sebagai pondasi ilmu2 lain, ilmu logika merupakan ilmu yang cocok diterapkan diberbagai hal, filsafat,  matematika, teknologi, ekonomi, politik, sosial, budaya, semuanya cocok dan memang harus menggunakan logika. berbeda dengan ilmu2 lain yang salah satunya kalkulus, secara langsung sangat menolong namun hanya pada bidang tertentu saja.

namun demikian, setiap ilmu yang walaupun secara langsung hanya bermanfaat pada bidang tertentu saja, namun secara tidak langsung ada pelajaran yang sama yang dapat diambil dari setiap ilmu tsb, yaitu bagaimana pikiran kita menjadi terasah untuk menganalisa dan menemukan pemecahan suatu masalah. walaupun setiap ilmu bertugas menganalisa dan menemukan solusi atas objek yang berbeda2, namun caranya tetap sama yaitu dengan logika juga.


walaupun kita tak mengerti bahkan membenci kalkulus sekalipun, kita tak bisa lepas dari manfaat kalkulus. karena itu, walaupun tidak semua, namun harus ada orang yang mengerti kalkulus, yang akhirnya manfaatnya dapat dinikmati oleh seluruh umat manusia.
Agama tidak berguna bagi orang gila!
 

Offline Sandy_dkk

  • Moderator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 2698
  • Thanked: 14 times
  • Total likes: 81
  • bung.sandy@outlook.com
    • Lihat Profil
Re: agar Kalkulus menjadi Bermakna, agar Kalkulus menjadi Berguna
« Jawab #3 pada: November 01, 2013, 11:12:50 PM »
kalkulus berawal dari suatu pertanyaan sederhana, yaitu “apa itu kecepatan dan bagaimana cara mengukur/menghitungnya?”.

secara sederhana, untuk menghitung kecepatan adalah dengan membagi jarak yang ditempuh dengan waktu tempuhnya. misalnya selama 2 jam kita telah menempuh jarak 120 km, maka kecepatan kita adalah  120 km / 2 jam = 60 km/jam,  sangat sederhana.

tapi coba perhatikan kehidupan nyata, ketika kita baru saja menarik gas sepeda motor, jika memang benar kecepatan kita adalah 60 km/jam, apakah langsung seketika itu juga kita dan sepeda motor bergerak dengan kecepatan 60 km/jam? kemudian saat di kilometer  120, apakah langsung drastis turun menjadi 0 km/jam alias berhenti mendadak? tentu tidak!

pada intinya, jawaban sederhana tsb hanya memberitahukan kecepatan rata2 secara umum dalam tiap jamnya, namun sama sekali tidak memberitahu kita mengenai berapa sesungguhnya kecepatan gerak dari benda. perhatikan bagaimana fenomena kecepatan itu berlangsung pada benda2 di alam raya ini!

jika kita mengamati kehidupan nyata, kita bisa melihat bahwa kecepatan suatu benda berubah2 setiap waktu. dari pengamatan tsb, bisa kita lihat bahwa penentuan kecepatan yang sesungguhnya sangat ditentukan pada saat kapan kita melihatnya. jadi, ketika muncul pertanyaan “bagaimana cara kita menghitung kecepatan sesungguhnya dari suatu benda yang bergerak?”, maka perlu dipastikan dulu pada waktu kapan atau pada titik waktu yang mana kecepatan yang ingin kita hitung tsb?

tak ada yang tetap di alam raya ini, semuanya bergerak, semuanya berubah. jadi jika kita ingin memahami alam raya ini secara setepat mungkin, kita harus memahami alam raya ini dalam karakter riilnya, termasuk karakter gerak dan perubahannya secara berangsur2...


bersambung..........
Agama tidak berguna bagi orang gila!
 

Online Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9203
  • Thanked: 55 times
  • Total likes: 342
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Re: agar Kalkulus menjadi Bermakna, agar Kalkulus menjadi Berguna
« Jawab #4 pada: November 03, 2013, 06:56:28 AM »
sudah saya simak, dan sejauh ini dapat difahami. silahkan dilanjut..!
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Tags:
 

GoogleTagged



Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
5 Jawaban
1977 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 26, 2013, 07:30:14 AM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
6255 Dilihat
Tulisan terakhir September 25, 2012, 04:20:25 PM
oleh Kang Asep
4 Jawaban
1955 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 02, 2012, 10:53:54 AM
oleh Kang Asep
5 Jawaban
7302 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 08, 2012, 09:24:32 PM
oleh Sandy_dkk
2 Jawaban
1463 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 01, 2013, 07:26:05 PM
oleh comicers
4 Jawaban
2003 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 23, 2013, 12:50:11 PM
oleh Kang Asep
2 Jawaban
892 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 29, 2013, 08:32:34 AM
oleh Awal Dj
1 Jawaban
673 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 28, 2013, 07:53:50 PM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
804 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 25, 2013, 03:23:10 AM
oleh Kang Asep
1 Jawaban
1031 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 07, 2013, 08:11:50 PM
oleh Sandy_dkk

Ilmu Logika

Proposisi Syllogisme Kupas Logika

Meditasi

Menenangkan Pikiran Mengembangkan Kekuatan-Kekuatan