collapse

* Komentar Kajian Ilmiah

Mei 17, 2015, 11:27:44 PM oleh Akang | Views: 4356 | Comments: 8

[16:21 17/05/2015] asepr78: apa bedanya ilmiah dengan alamiah ?
[20:32 17/05/2015] Ratno Golan: Ilmiah dan alamiah, dua kata yang sering dipergunakan
[20:37 17/05/2015] Ratno Golan: Baik dalam perkataan maupun tulisan. Sekilas tampak mudah untuk membedakannya, akan tetapi ketika hendak dituangkan dalam bentuk tulisan menjadi susah untuk melakukannya.

Sepertinya untuk mengetahui perbedaan keduanya terlebih dahulu mesti diketahui definisinya. Sedangkan untuk merumuskan definisi bukanlah hal yang mudah
[20:52 17/05/2015] Ratno Golan: Contoh penggunaan term ilmiah dalam kalimat ;

"Argumentasimu itu tidak ilmiah"

"Karya tulis itu memenuhi standard ilmiah"

'Ilmiah' dalam kedua contoh yg saya buat diatas itu mengandung maksud memenuhi kaidah atau prinsip ilmiah. Kemudian kaidah atau prinsip yang bagaimana yang dimaksud itu.
[21:04 17/05/2015] Ratno Golan: Kaidah atau prinsip ilmiah yang saya maksud adalah sistem Induksi

Sistem induksi itu mengandung 4 hal pokok. 4 hal tersebut menurut buku logika yusuf souyb adalah ;

1. Hubungan sebab   akibat
2. Pembentukan hipotesa
3. Kalkulasi kebolehjadian
4. Menyusun statistik.
[21:13 17/05/2015] Ratno Golan: Jadi definisi ilmiah menurut saya adalah segala sesuatu yang dihasilkan dari proses berpikir dengan sistem induksi.

Bagaimana Kang?
[23:20 17/05/2015] asepr78: Menurut saya, sistem induksi adalah salah satu metoda untuk pengambilan kesimpulan ilmiah, bukan definisi dari ilmiah itu sendiri.
[23:22 17/05/2015] asepr78: Saya mendefinisikan ilmiah sebagai sifat pengetahuan yg kebenarnnya dapat dibuktikan melalui observasi dan atau eksperimen.
[23:23 17/05/2015] asepr78: adapun alamiah merupakan pengetahuan tentang objek alam.
[23:25 17/05/2015] asepr78: setiap ilmu alamiah pasti ilmiah. tapi tidak setiap pengetahuan ilmiah berarti alamiah.
Mei 05, 2015, 07:41:46 AM oleh comicers | Views: 728 | Comments: 1

kita seringkali menyadari, bahwa masa pubertas/akil baligh/reproduksi/remaja/peralihan anak-anak/menuju dewasa semakin lama semakin tak terkendali. jika dulu masa tersebut baru akan dialami oleh org yg sudah pd usia menikah (silahkan aja Anda tanya ke org yg udah umurnya senior. tanyain ke mereka kapan mereka mulai masa pubertas. lagipula, jaman dulu mana ada ceritanya ada org yg jerawatan (efek gara2 org puber gak nikah)), saat ini masa tersebut bisa terjadi pd usia kuliah, SMA, SMP, bahkan SD. kalo dr denger2 yg ane tau katanya masa puber bisa makin cepet datengnya ada faktornya ama makanan yakni jenis2 daging seperti daging ayam kalo dipikir2, emang sih jaman dulu konsumsi daging terbilang jarang & hanya pas ada acara slametan tp sekarang jangankan utk acara slametan, jajanan di jalanan aja banyak banget yg ngejajain daging cuman benarkah mempengaruhi terjadinya masa pubertas ?
Kang Asep
April 14, 2015, 09:02:32 AM oleh Kang Asep
Views: 655 | Comments: 0

Kutip
Berdasarkan faktor genetik, Anda bisa mengira-ngira tinggi anak saat dewasa dengan rumus berikut: Untuk anak laki-laki, rumusnya adalah ((Tinggi badan Papa + 13 cm) + Tinggi badan Mama) : 2 = N +/- 8,5 cm.

Sementara bagi anak perempuan adalah ((Tinggi badan Papa – 13 cm) + Tinggi badan Mama) : 2= N +/- 8,5 cm.
Jadi, misalnya, Papa tingginya 173 cm dan Mama 165 cm, maka anak perempuan, jika tumbuh secara optimal, kemungkinan saat dewasa tingginya kira-kira ((173 - 13) + 165) : 2 =162.5, rentangnya antara 154 cm—171 cm.
Rumus praktis lainnya menyebutkan bahwa tinggi seseorang setelah tumbuh sempurna mencapai dua kali tingginya saat ia berumur 3 tahun.

[1]
 1. http://sumsel.tribunnews.com/2015/04/12/bunda-ini-cara-memperkirakan-tinggi-anak-saat-dewasa
Sandy_dkk
April 05, 2015, 02:30:29 PM oleh Sandy_dkk
Views: 692 | Comments: 0




efek doppler adalah perubahan frekuensi dan panjang gelombang yang diterima oleh pengamat, saat sumber gelombang tsb bergerak relatif terhadap pengamat. jika sumber gelombang bergerak relatif mendekat terhadap pengamat, maka frekwensi yang diterima pengamat menjadi lebih tinggi dan panjang gelombang yang diterima pengamat menjadi lebih pendek dari yang dipancarkan sumber, dan sebaliknya. inilah penjelasan mengapa suara ambulance yang bergerak mendekati kita akan terdengar lebih keras dari pada suara ambulance yang bergerak menjauhi kita.



pergeseran merah dan pergeseran biru

dalam ilmu astronomi, efek doppler digunakan untuk mengetahui apakah suatu galaksi bergerak relatif menjauh ataukah mendekat terhadap pengamat di bumi. apabila frekwensi yang teramati lebih rendah dari frekwensi terpancar itu artinya galaksi bergerak relatif menjauh terhadap pengamat di bumi, dan pergeseran frekwensi yang demikian disebut pergeseran merah. apabila frekwensi yang teramati lebih tinggi dari frekwensi terpancar itu artinya galaksi bergerak relatif mendekat terhadap pengamat di bumi, dan pergeseran frekwensi yang demikian disebut pergeseran biru.

berdasarkan pengamatan tsb, diketahui bahwa galaksi2 yang berada sangat jauh dari pengamat di bumi bergerak relatif menjauh. dan seperti yang dijelaskan dalam hukum hubble, kecepatan menjauhnya pun berbanding lurus dengan jaraknya terhadap pengamat di bumi, semakin jauh, semakin cepat ia meninggalkan kita. ini diambil sebagai bukti bahwa galaksi menjauh dari satu sama lain, bahwa alam semesta berkembang dimulai sejak "ledakan dahsyat".

Sandy_dkk
Maret 22, 2015, 09:50:11 PM oleh Sandy_dkk
Views: 967 | Comments: 1

ada yang istimewa di tahun depan bagi pengamat astronomi Indonesia. akan ada gerhana matahari total yang hanya bisa disaksikan di Indonesia. sekali lagi, hanya indonesia!



beberapa kota yang akan dapat menyaksikan totalitas gerhana adalah Palembang, Tanjung Pandan, Sampit, Palangkaraya, Balikpapan, Palu, Poso, dan Ternate. gerhana ini akan dimulai pagi hari, sekitar pukul 7 waktu setempat. durasi totalitas sendiri bervariasi di kisaran 3 menit. Tempat terbaik untuk mengamati adalah garis biru pada peta di atas, sedangkan batas wilayah yang mendapat totalitas gerhana adalah garis berwarna merah. seluruh wilayah di Indonesia lainnya hanya dapat melihat gerhana matahari sebagian saja.
Kang Asep
Maret 18, 2015, 05:47:10 PM oleh Kang Asep
Views: 950 | Comments: 0




Kadang, melihat soal seperti saya sulit menebak jawabannya. Tapi, untuk soal yang ini hanya dengan membaca 3 soal pertama, saya langsung menemukan angka jawabannya soal yang ke lima, yaitu 2110.

Yang menarik bagi saya itu adalah , mengapa kadang-kadang pikiran itu melek terhadap "sebab" dari suatu "akibat" dan kadang tidak. Empat faktor tersebut adalah fenomena yang berbeda-beda. Tetapi, dari fenomena yang sama itu, ada kesamaaan "Hukum sebab akibat". berarti pada empat fenomena itu sebenarnya ada faktor x yang sama yang menjadi sebab dari faktor y, dimana faktor Y ini  merupakan kesamaan akibat yang ditemui dari seluruh fenomena.

Naluri pikiran dalam menemukan hukum sebab akibat itu adalah naluri ilmiah yang berlandas pada prinsip ilmiah tentang hukum sebab akibat. Dan tampaknya kemampuan dan kecepatan menemukan faktor X dan Y pada seluruh fenomena merupakan salah satu bntuk dari kecerdasan. bagaimana menurut Anda ?

Kang Asep
Pebruari 17, 2015, 11:55:02 PM oleh Kang Asep
Views: 766 | Comments: 1



Sejak kapan gravitasi bumi ada ? sejak bumi terbentuk ? sebelum atau sesudahnya ?

Pages: 1 2 [3] 4 5 ... 8

Kajian Ilmiah

Ilmu Logika

Proposisi Syllogisme Kupas Logika TTS

Meditasi

Menenangkan Pikiran Mengembangkan Kekuatan-Kekuatan