Penulis Topik: Rumus Kebahagiaan  (Dibaca 938 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Online Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9585
  • Thanked: 61 times
  • Total likes: 482
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Rumus Kebahagiaan
« pada: Juli 31, 2014, 10:25:29 AM »
Rumus Kebahagiaan adalah menjalankan seluruh perintah Tuhan. Tapi, dari mana manusia mengetahui perintah Tuhan ? yaitu dari Kitab Suci yang diturunkan pada para nabi Nya. Rumus kebahagiaan hidup dunia akhirat itu ada di dalam kitab suci yang berisi wahyu Tuhan. Jadi, menunjukan jalan kebahagiaan kepada orang-orang cukuplah dengan merujuk kepada kitab suci.

Masalahnya, kitab suci itu butuh mubayin, yaitu penjelas, penerjemah atau penafsir. Memang, ada kelompok tertentu yang menyangkal bahwa kitab suci al Quran membutuhkan mubayin, dengan alasan al Quran merupakan kitab suci yang jelas dan terperinci. Mereka itulah yang biasa disebut kelompok inkar sunnah. Tapi anehnya mereka sendiri berusaha untuk menjelaskan tafsir al quran menurut versi mereka sendiri dan memvonis tafsiran orang lain keliru. Kalau memang al Quran tidak butuh penafsir, seharusnya mereka tidak usah berusah payah berdebat dan menjelaskan tasir Quran yang benar versi mereka. Dalam berargumen terhadap sesuatu, cukuplah sudah dengan mengatakan “semua sudah jelas diterangkan dalam al Quran. Anda tinggal membacanya.”

“Apakah manfaat shalat bagi kehidupan sehari-hari ? surah berapa ayat berapa yang menyatakan bahwa syariat shalat telah berlaku sejak zaman nabi adam a.s ? Bagaimana hukumnya orang yang mampu pergi berhaji tapi tidak pergi haji dengan alasan belum siap secara mental ? Bagaimana dengan praktik mencium hajar aswad, apakah ia mengandung manfaat ? apakah yang dimaksud dengan illiyin ? dimanakah Luyana ? apa yang menjadi syarat-syarat ulil amri ?” apakah kaum inkar sunnah dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut ? atau cukup menjawab dengan menyodorkan kitab al quran dan berkata, “semua jawaban pertanyaan Anda ada di dalam kitab ini, silahkan baca!”

Bagi saya, sangat jelas sekali kebodohan kaum inkar sunnah ini. Mereka merasa cukup bagi mereka kitab al Quran tanpa perlu mubayin. Dan mereka menganggap kita bodoh dan keliru dalam menafsirkan al Quran. Itu artinya, mereka mengklaim diri mereka sendiri benar dalam menafsirkan al Quran, suci dari kesalahan tafsir. Tapi anehnya, para kaum inkar sunnah bertentangan penafsiran satu sama lain.

Kita ingat sejarah kaum khawarij yang menentang kepemimpinan Ali bin Abi Thalib maupun Muwaiyah bin Abu sufyan dengan berpegang kepada dalil “laa hukma ilallah” Tidak ada hukum selain Allah. Imam Ali menanggapi, “kalimat yang benar untuk tujuan yang batil.”

Setelah jelas kebodohannya kaum khawarij dan inkar sunnah, tidak perlu lagi kita berdebat dengan mereka. Jika mereka merasa nyaman dan tentram dengan agama yang mereka tafsirkan sendiri dari kitab suci, silahkan pegang tafsiran tersebut sebagai pedoman. Yang terpenting adalah “apakah agama yang mereka pegang tersebut dapat mengantarkan mereka kepada hidup yang bahagia?” jika “ya” berarti agama mereka itu benar. Jika malah membawa mereka kepada penderitaan, berarti mereka telah tersesat jalan. Para nabi menyampaikan ajaran Tuhan adalah demi kebahagiaan umat manusia, agar manusia memperoleh keselamatan dunia dan akhirat. Lakum diinukum waliyahin. Untukmu agamamu, dan untukku agamaku. Mari kita lihat, siapa yang akhirnya sampai pada kebahagiaan. Semua orang akan menuai hasil dari perbuatannya sendiri. Kita tidak punya banyak waktu berdebat. Kita harus segera bekerja secepatnya, untuk memperoleh keuntungan sebanyak-banyaknya.

Jadi, jika isi dari buku “mazhab cinta” adalah kebenaran, maka ia bagian dari tafsiran kitab suci. Karena segala kebenaran itu berasal dari Tuhan. Jika ada yang salah, pastilah bukan dari Tuhan.
« Edit Terakhir: Juli 31, 2014, 10:29:14 AM oleh Kang Asep »
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

 

GoogleTagged



Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
6 Jawaban
2122 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 20, 2016, 09:19:50 AM
oleh Kang Asep
8 Jawaban
2620 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 10, 2013, 12:12:34 AM
oleh Kang Asep
6 Jawaban
1929 Dilihat
Tulisan terakhir April 28, 2013, 06:08:34 AM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
1617 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 01, 2014, 10:12:08 AM
oleh Kang Asep
13 Jawaban
8122 Dilihat
Tulisan terakhir September 26, 2014, 03:22:24 AM
oleh Kang Asep
2 Jawaban
752 Dilihat
Tulisan terakhir April 02, 2015, 02:22:47 PM
oleh Monox D. I-Fly
0 Jawaban
396 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 24, 2015, 09:09:20 AM
oleh kang radi
1 Jawaban
810 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 24, 2016, 12:47:41 AM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
539 Dilihat
Tulisan terakhir September 09, 2016, 01:10:03 PM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
390 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 11, 2017, 10:24:52 PM
oleh Kang Asep

Ilmu Logika

Proposisi Syllogisme Kupas Logika TTS

Meditasi

Menenangkan Pikiran Mengembangkan Kekuatan-Kekuatan