Penulis Topik: Kesedihan dan Kegembiraan  (Dibaca 1381 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9526
  • Thanked: 61 times
  • Total likes: 481
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Kesedihan dan Kegembiraan
« pada: Agustus 05, 2014, 10:19:12 PM »
Kesedihan adalah faktor mental yang memuat kemurungan, kegelisahan, perasaan membencikan, penolakan, lemahnya semangat, keterikatan terhadap objek yang disenangi, mendorong pada tindakan penarikan diri dari pergaulan dan dorongan bagi terjadinya tangisan. Kesedihan  termasuk kepada faktor mental negatif, bersifat destruktif dan merupakan sumber dari banyak macam penyakit.

Lalu bagaimana dengan sabda Nabi saw kepada Abu Dzar al Ghifari tentang rahmat tangisan ? Rasulullah saw bersabda, “Wahai Abu Dzar, tangisan adalah rahmat dari Tuhan.” Dan banyak ahli yang percaya bahwa menangis itu sehat. Penyakit dapat terbuang bersama mengalirnya air mata. Hal ini juga dikatakan oleh Imam Jakfar Shadiq tentang manfaat tangisan anak. Bukankah itu semua menunjukan bahwa kesedihan tidak selalu bersifat negatif ?

Kesedihan selalu bersifat negatif, yaitu kesedihan yang telah didefinisikan di dalam artikel ini. Jika Anda menganggap ada kesedihan yang bermanfaat, kemungkinan Anda punya definisi lain tentang kesedihan. Bagi saya, jika tangisan merupakan rahmat dan membawa manfaat, maka tangisan itu bukan berasal dari kesedihan. Bisa jadi sebuah tangisan muncul dari rasa belas kasihan, empati, kasih sayang, rasa bersalah, penyesalan bahkan bisa berasal dari rasa bahagia dan kegembiraan. Saking gembiranya, orang bisa menumpahkan air matanya.

Rasulullah tidak bersabda, “Kesedihan adalah rahmat dari Tuhan”. Tapi tangisan itulah yang merupapkan rahmat sebagaimana yang disabdakan Rasul Allah. Sedangkan untuk , Allah sendiri telah berfirman, “Barang siapa yang mengikuti petunjuk Ku, niscaya tidak ada rasa takut dan kesedihan baginya.”

Adapun kegembiraan adalah faktor mental yang memuat keriangan, gairah, perasaan menyenangkan, semangat yang kuat, keterlepasan dari objek yang disenangi,  mendorong terjadinya senyuman, bersifat positif, konstruktif, dan merupakan obat dari banyak ragam penyakit.

Saya teringat kepada pengakuan salah seorang dukun santet terkenal di televisi yang mengatakan “Orang yang tidak bisa disantet itu adalah pelawak.” Ketika ditanya, “kenapa demikian?” dia menjawab, “Karena pelawak ini banyak tertawa, selalu gembira. Sedangkan ilmu santet tidak berpengaruh kepada orang yang selalu gembira.” Walaupun menurut saya sebenarnya tidak demikian juga. Pelawak bisa saja kena santet walaupun sering tertawa. Karena tawa tidak selalu lahir dari rasa gembira. Sebaliknya, orang bisa tertawa karena merasa sakit, geli, bahkan bisa lahir dari kesedihan dan rasa sakit. Saking sedihnya, orang bisa tertawa terbahak-bahak. Bahkan saya sering melihat orang yang kalau merasa kesakitan, ia akan tertawa terpingkal-pingkal. Rasa gembira selalu positif. Tapi tertawa, tidak selalu bersifat positif.

Dalam satu kasus, kita dapat melihat remaja yang terlihat sangat gembira ketika bertemu dengan artis idolanya. Berdasarkan definisi yang saya buat, ini bukanlah kegembiraan, tapi kesenangan. Perasaan menyenangkan ini hampir mirip dengan kegembiraan, karena sama-sama mengandung semangat dan gairah. Bedanya terletak pada faktor “keterikatan pada objek”. Kesenangan berlandas kepada rasa suka yang mengikat pada objek. Sedangkan kegembiraan sebaliknya, lahir akibat lepasnya keterikatan tersebut.

Ketika anak-anak korban Tsunami dihibur oleh para relawan dengan mengajak mereka bernyanyi bersama, sejenak merekapun dapat lupa dengan bencana menyedihkan yang menimpa mereka. dengan lepasnya ingatan akan keterikatan akan objek yang dicintai yang telah pergi meninggalkan mereka, maka mereka menjadi gembira. Ini lah kegembiraan yang terkandung di dalamnya unsur “keterlepasan dari objek yang senangi”.

Kesenangan seperti air laut, yang kalau diminum tidak menghilangkan dahaga, malah semakin dahaga. Tapi kegembiraan seperti air mineral yang bermanfaat. Bila diminum, ia dapat melepaskan dahaga dan bermanfaat bagi tubuh.

Dalam pandangan batin saya, di dunia ini tidak ada orang yang jahat. Tapi hanya ada orang yang bersedih dan orang yang gembira. Jika orang tidak gembira, maka ia akan diramut oleh syaitan dan diajak pada perbuatan syaitan. Mereka berbuat jahat, karena mereka tidak gembira. Mereka yang hidup dalam kegembiraan akan senantiasa berbuat kebajikan. Oleh karena itu, misi dakwah saya adalah bagaimana membuat orang-orang dapat hidup gembira, bagaimana mengeluarkan orang-orang keluar dari kesedihannya, baik yang diungkapkan maupun yang disembunyikan di dalam hati mereka. dan mustahil saya mampu membantu orang-orang untuk dapat hidup gembira, bila saya sendiri tidak hidup dalam kegembiraan.

Bila Anda sakit, maka periksalah, barangkali asal mula penyakit yang Anda derita itu bersal dari kesedihan. Bila Anda bersedih, maka menangislah dengan tangis harapan bahwa Anda akan ditunjukan kepada jalan kegembiraan, dengan tangis kesadaran bahwa kesedihan itu menjadi pertanda bahwa Anda telah melanggar perintah Tuhan, dengan tangisan pertaubatan, dan lalu perbanyaknya berbuat kebaikan. Dengan demikian, jalan kegembiraan akan terbentang bagi Anda. Kita sedih saat kita menyadari bahwa kita telah melalu dosa dan kesalahan. Kita gembira saat kita menyadari kita telah berhasil berbuat kebaikan. Dengan berbuat kesalahan, Anda telah menjerumuskan hidup Anda sendiri ke dalam neraka kesedihan. Dengan memperbayak berbuat kebaikan, berarti Anda memberi peluang lebih banyak untuk dapat hidup gembira. Sesungguhnya, saat-saat kita dapat berpikir benar, berkata benar, berbuat benar, saat itulah kita keluar dari kegelapan, dari kesedihan, dari penderitaan, dan saat itu pula kita memperoleh kesembuhan, menuju alam yang terang, dan  memperoleh kehidupan yang menggembirakan.

Jadikanlah hidup Anda gembira, bukan karena nonton lawakan, tapi karena banyak berbuat kebaikan. Karena lawakan hanya dapat membuat Anda tertawa, bukan gembira. Salam sejahtera dari saya untuk Anda, semoga Anda memperoleh hidup yang menggembirakan!
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Tags:
 

GoogleTagged



Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
15 Jawaban
8082 Dilihat
Tulisan terakhir April 07, 2013, 11:19:00 PM
oleh Sandy_dkk
0 Jawaban
2074 Dilihat
Tulisan terakhir April 25, 2013, 06:18:47 PM
oleh Abu Zahra
0 Jawaban
941 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 24, 2013, 02:49:54 PM
oleh Kang Asep
1 Jawaban
1757 Dilihat
Tulisan terakhir November 13, 2013, 06:31:21 AM
oleh ratna
0 Jawaban
743 Dilihat
Tulisan terakhir November 13, 2013, 11:08:44 AM
oleh Kang Asep
1 Jawaban
799 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 06, 2015, 08:41:15 AM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
174 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 05, 2016, 10:34:40 AM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
317 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 05, 2016, 12:36:01 PM
oleh Sultan
0 Jawaban
108 Dilihat
Tulisan terakhir November 18, 2017, 05:31:43 AM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
136 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 30, 2018, 03:55:58 PM
oleh Kang Asep

Ilmu Logika

Proposisi Syllogisme Kupas Logika TTS

Meditasi

Menenangkan Pikiran Mengembangkan Kekuatan-Kekuatan