Penulis Topik: Awal Mula Dibutuhkannya Ilmu Logika  (Dibaca 1014 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9589
  • Thanked: 61 times
  • Total likes: 482
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Awal Mula Dibutuhkannya Ilmu Logika
« pada: Juli 14, 2015, 07:05:19 PM »
kutip dari : Hendra
-------------------
Kang asep, mu tanya.. tadi kepikiran sesuatu : seandainya ada seseorang yg tidak pernah belajar ilmu logika, dan dia tidak pernah tahu apa itu ilmu logika.. seumur hidupnya hanya dihabiskan dengan mencari ikan di laut, memetik buah-buahan di kebun, tiduran di lapangan rumput bermandikan sinar matahari sore, bermain gitar di malam hari, ngobrol dgn tetangga, mendongeng dan bermain bersama anak-anak, bercumbu dengan istri/suami tercinta.. bangun di tengah malam hanya utk mendengar alunan suara burung hantu dan sinar rembulan.. ia tidak tahu apa itu logika, ia juga tidak pernah belajar tentang Tuhan, ia tidak punya agama.. yang ia tahu, ia sangat bahagia menjalani hidupnya, tanpa beban pikiran, tanpa gelisah dan resah, dan ia pun akhirnya meninggal dalam senyuman dan kedamaian.. Nah, orang seperti ini apakah sia-sia hidupnya, kang ? Atau, apakah ia malah lebih bernilai hidupnya daripada kita ? Lalu, apakah sebenarnya tujuan hidup ini ?  apakah cukup hanya sekedar merasakan kebahagiaan ? Ataukah harus mengeksplorasi akal untuk menggali semua kebenaran ?
-------------

Tentu saja kehidupan seperti itu sangat indah dan berharga. Jika kita dapat hidup seperti orang yang Anda gambarkan itu, tentulah kita bahagia. Kita tidak perlu menjad pintar dan menguasai ilmu logika untuk menjadi Bahagia. Tetapi, ada hal-hal yang membuat seseorang tidak dapat menjalani kehidupan sesederhana dan seindah sebagaimana yang Anda gambarkan. kenapa ? karena munculnya pikiran-pikiran yang jahat dan sesat. Ilmu Logika perlu dipelajari untuk melawan kejahatan dan kesesatan pemikiran tersebut.

saya sudah sering membahas hal ini di medialogika.org. dan bersedia membahasnya lagi dengan harapan, jika Anda mengerti kebenarannya, maka bantulah memberikan jawaban kepada orang yang menanyakan hal serupa. Jika Anda yakini ini benar, maka sebarkan !

Untuk hidup bahagia, kita tak perlu pintar dan tidak butuh pula kekayaan yang melimpah, tapi perlu kesucian hati. Tetapi,  Ilmu dan harta benda yang dibutuhkan, pasti akan datang dengan sendirinya kepada mereka yg menjalani hidup suci. Itu yg diajarkan kakek saya, Ki Amar.

Ilmu matematika, ilmu logika, ilmu politik, ilmu komputer,  teknik membuat senjata, teknik perang, ilmu kimia, fisika, biologi, ilmu seni dan sebagainya, pada mulanya tidak dibutuhkan untuk hidup bahagia. Dunia ini dipenuhi dengan kebahagiaan,  kesejahteraan, dan kedamaian dengan kehidupan yang sederhana.  Tuhan menjadikan bumi dapat memenuhi segala yang dibutuhkan manusia, makanan, minuman, tempat tinggal yg nyaman, pertemanan, dan apapun yg diperlukan. seperti gambarannya kehidupan surgawi. Namun, kemudian bermunculan manusia-manusia yang serakah yang mengambil sesuatu dari bumi melebihi keperluannya, sehingga terjadi kerusakan pada alam. lenyaplah tanaman dan buah-buahan. akibatnya manusia harus berpikir dan belajar untuk bercocok tanam. disitulah awal mulanya dibutuhkan ilmu pertanian.

Tadinya tinggal memetik, sekarang harus memutar otak untuk bercocok tanam. ini akibat keserakahan manusia. dan iblis tak pernah berhenti menghasut. Setelah orang-orang bercocok tanam, kejahatan dihmbuskan pada hati manusia. sehingga munculah para pencuri yang mencuri apa yang ditanam orang lain. bukan hanya mencuri, sebagian penjahat mencuri dengan kekerasan alias merampok. para petani berupaya mempertahankan apa yg mereka tanam dari jarahan para pencuri, maka orang berpikir untuk membuat senjata guna melindungi harta benda dan jiwanya. disitulah awal mulanya dibutuhkan teknik membuat senjata.

Pertikaian mulai terjadi dari perorangn hingga kelompok. disitulah awal mulanya muncul ilmu strategi perang.

Karena manusia-manusia ingkar kepada Tuhannya, maka bencana banjir besar akan ditimpakan. tetapi, orang-orang yang beriman harus diselamatkan. karena itu, Allah mengajarkan pada nabi Nuh as, bagaimana caranya membuat perahu besar. itulah awal mulanya, teknik membuat perahu dibutuhkan.

Demikianlah ilmu pengetahuan diturunkan Tuhan yang Maha Tinggi ke dalam hati hamba-hamba yang dikehendakiNya untuk melindungi orang-orang baik yang beriman dan beramal shaleh untuk memenuhi apa yang mereka butuhkan serta melindunginya dari kejahatan para penjahat.

Demikian pula dengan ilmu logika. Jika semua orang di sekitar kita adalah orang-orang berhati bersih, maka ilmu logika ini tak lain hanyalah barang sampah belaka. Tetapi saat ini, disekitar kita banyak sekali serigala berbulu domba yang siap menerkam kita kapan saja, kaum cendikiawan para pengikut iblis yg memutar balikan fakta dengan kata-kata, yg menyulap benar menjadi tampak salah dan salah menjadi tampak benar. Iblis menggunakan Filsafat untuk menyesatkan dirinya sendiri dan orang lain, yaitu dengan Logika Fallacy Iblis. Karena itulah kemudian Ilmu Logika dibutuhkan. Jika iblis datang pada seorang yang bodoh, dengan kepala bersorban putih, tasbih di tangan kiri, kitab suci di tangan kanan, dan dia berbicara agama dengan sangat fasih, maka orang bodoh tadi tidak akan dapat membongkar kedok si iblis. maka Logika akan menjadi sangat penting artinya, karena menjadi perisai dan senjata yg membuat Anda dapat melucuti kedok Iblis satu perasatu hingga tampak jelas wujud aslinya.
« Edit Terakhir: September 17, 2016, 09:00:58 AM oleh Kang Asep »
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Offline Monox D. I-Fly

Re:Awal Mula Dibutuhkannya Ilmu Logika
« Jawab #1 pada: Oktober 08, 2016, 10:15:09 AM »
para petani berupaya mempertahankan apa yg mereka tanam dari jarahan para pencuri, maka orang berpikir untuk membuat senjata guna melindungi harta benda dan jiwanya. disitulah awal mulanya dibutuhkan teknik membuat senjata.

Awal mulanya dibutuhkan teknik membuat senjata bukannya untuk berburu binatang liar?
 

Offline Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9589
  • Thanked: 61 times
  • Total likes: 482
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Re:Awal Mula Dibutuhkannya Ilmu Logika
« Jawab #2 pada: Oktober 10, 2016, 02:16:24 PM »
Awal mulanya dibutuhkan teknik membuat senjata bukannya untuk berburu binatang liar?

mungkin saja. yang saya sampaikan itu hanyalah gambaran bahwa segala ilmu pengetahuan itu ada asal usul kemunculannya.
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Tags:
 

GoogleTagged



Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
6 Jawaban
3850 Dilihat
Tulisan terakhir November 15, 2012, 07:27:10 AM
oleh ratna
0 Jawaban
1615 Dilihat
Tulisan terakhir November 23, 2012, 04:44:03 PM
oleh Kang Asep
4 Jawaban
4720 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 23, 2015, 10:48:14 PM
oleh Ziels
38 Jawaban
6366 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 02, 2013, 06:44:17 PM
oleh Kang Asep
14 Jawaban
3078 Dilihat
Tulisan terakhir November 13, 2015, 10:28:21 PM
oleh Monox D. I-Fly
5 Jawaban
1367 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 02, 2015, 11:49:23 AM
oleh Agate
0 Jawaban
795 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 15, 2015, 04:13:20 AM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
914 Dilihat
Tulisan terakhir September 27, 2015, 07:29:25 AM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
428 Dilihat
Tulisan terakhir April 03, 2016, 11:06:57 AM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
285 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 25, 2017, 06:07:23 AM
oleh Kang Asep

Ilmu Logika

Proposisi Syllogisme Kupas Logika TTS

Meditasi

Menenangkan Pikiran Mengembangkan Kekuatan-Kekuatan