collapse

* Artikel Pilihan

Penulis Topik: Tuduhan Sesat Menyesatkan Dalam Komunitas Buddhis  (Dibaca 8112 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9591
  • Thanked: 61 times
  • Total likes: 482
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Tuduhan Sesat Menyesatkan Dalam Komunitas Buddhis
« pada: Agustus 03, 2012, 11:42:48 PM »
Tuduhan sesat-menyesatkan dari satu kelompok kepada kelompok lainnya dalam satu agama, tidak hanya terjadi dalam komunitas muslim, tetapi dalam agalam lain juga, termasuk dalam komunitas agama Buddha.

salah satu aliran atau mazhab yang dianggap sesat oleh pemeluk mayoritas agama Buddha adalah aliran Maitreya. tuduhan sesat terhadap aliran maitreya ini tergambar dari komentar salah seorang memberi forum DC, sebagai berikut :

Kutip dari: dhammapada
kira2 karma paa yg akan di tanggung oleh pencetus aliran maitreya? yg agak melenceng dr  buddhisy yg asli
menurut sy pribadi karna dana nasehat sgt besar (dhammadana) adalah dana terbesar kebaikan maka sebalik jika yg di sebarkan malah sebalik maka seharusnya karma yg di terima jg ga baik dan besar
adakah suutta yg menerangkan ttg apa yg akan di terima jika mebalikan/menyesatkan ajaran buddha?
tolong tmn2, sdr2 di sni memberikan penjelas yg bs di mengert

sumber : http://dhammacitta.org/forum/index.php/topic,18283.0.html

tetapi tampaknya sebagian umat tidak ingin perbedaan-perbedaan kelompok itu ditonjolkan sampai munculnya tuduhan sesat menyesatkan itu, sehingga ia berkomentar :

Kutip dari: dato tono
bro, aa mau tanya, yg bilang ajaran maitreya itu sesat sapa ? anda sendiri tau ga apa itu ajaran maitreya ? koq berani mengatakan ajaran itu melencengkan ajaran buddha ? anda sudah pernah mempelajari ajaran maitreya ?

jk bro tidak bs menjawab pertanyaan diatas, ga usah buat statment macam" tentang ajaran maitreya, dr pd ntar ribut pula... sy bukan pengikut ajaran maitreya, tp sy menghargai dan menghormati ajaran itu, ajaran itu berasal dr cina daratan, sebenarnya ajaran itu adalah ajaran taoisme (CMIIW), cm di indon tidak bs berkembang, karena masalah pengakuan agama... sehingga mereka menggunakan embel" buddhism, yaitu agama buddha aliran maitreya... ajaran nya pun beda dari buddhism, jd sebenarnya bukan melenceng dr buddhism apalagi menyesatkan, tp memang ajaran yg berbeda.


tapi anggapan sesat dari mayoritas buddhis terhadap kelompok maitreya itu memang ada dan tidak bisa dihilangkan.

Kutip dari: Adhitthana
Aliran maitreya masuk dalam kategori Agama Buddha di Indonesia .... maka ajaran itu menyimpang dan sesat

Ajaran maitreya brani keluar dari Buddhis dan mendirikan sendiri .... maka Ajarannya tidak sesat dan tidak menyimpang .....

itu mirip dengan tuduhan sesat mayoritas muslim kepada kelompok Ahmadiyah, yang menganggap "seandainya Ahmadiyah mau mendirikan agama sendiri, maka tidak akan dianggap menodai agama Islam."

tetapi, sebagaimana dalam komunitas muslim, mayoritas bersifat fanatik dan anti plularisme, tapi ada juga yang bersikap pluralis. demikian dalam komunitas buddhis :

Kutip dari: nepal
Kita seharusnya tidak mengkhususkan Dhamma atau kebenaran itu sebagai agama Buddha, kr****nan, Taoisme, Judaisme, Sikhisme, Zoroastrianisme, atau Islam, sehingga kita tidak membuat ataupun membatasinya dengan label dan konsep.  Perpecahan seperti ini terjadi karena orang masih tidak menyadari kebenaran tanpa nama ini bagi mereka.  Mereka hanya mencapai tingkatan eksternal ...   Sekarang ini, semua doktrin yang disebut '' isme '' di dunia ini, terlalu berbau '' aku''.

Meskipun dilihat dari luar agama-agama nampak berbeda, orang yang bijak akan mengetahui bahwa inti didalamnya adalah sama, tidak perduli perbedaan bentuk luarnya.  Seperti halnya air, inti sifat dasar murni sejati yang penting dari air selalu sama, tidak peduli betapa kotor tampak luarnya.  Ini hanyalah elemen kotoran yang mencemarkan air tersebut.  Kita seharusnya tidak mengambil elemen lain itu.  Ketika kita mengambilnya, berarti kita meminum air kotor, menelan kotoran, air kencing, kotoran badan, atau sejenisnya, bukan air bersih.  Sayangnya, dunia ini akan memiliki berbagai macam agama.  Tidak mungkin hanya satu ....   Untuk kepentingan dunia ini, seseorang harus berusaha keras untuk menyadari inti dari masing-masing agamanya...dan berusaha keras untuk menciptakan saling pengertian atar semua agama.
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Offline comicers

Re:Tuduhan Sesat Menyesatkan Dalam Komunitas Buddhis
« Jawab #1 pada: Desember 11, 2012, 03:18:51 PM »
Sekedar informasi saja. Pertentangan pun juga terjadi pada komunitas Kristen terutama Katolik dan Protestan

http://forumkristen.com/index.php?topic=43414.0

Kutip dari: John Paul III
Setuju-kah anda dengan pengamatan saya ini ?

Saya perhatikan sebagian besar umat katolik di forum ini berusaha keras untuk tetap dalam topik yg dibicarakan. Tapi tidak dengan mereka yg menjawab.

Contoh berikut ini menggambarkan apa yg sering terjadi di forum ini (dan ini sangat menyebalkan dan membuat frustrasi):
---------------------------------

Protestant: "Kalian katolik menyembah Maria!"
Katolik : "Tidak dong, kita menghormati Bunda Maria"

Protestant: "Tapi tahukah anda bahwa tunduk pada Paus adalah kesalahan ?"
Katolik : "Kita tidak tunduk pada paus, melainkan tunduk pada ajaran yg diajarkan paus?"

Protestant:"Iya tapi, anda percaya paus lebih tinggi kedudukannya daripada alkitab,bukan?"
Katolik : "Tidak, Paus tidak lebih tinggi! Tetapi malahan Alkitab bercerita tentang kepausan"

Protestant:"He he , bercanda.. sama dengan pikiranmu yg mengatakan untuk ke surga adalah usaha manusia, kan?"
Katolik : "He he he. Kalau anda apa ?  hanya iman yg menyelamatkan? iya kami setuju juga, asalkan, Dengan iman, kita bisa selalu melakukan perbuatan baik yang adalah bentuk dari "usaha".

Protestant: "Anda setuju ? Bagaimana anda bisa setuju, sementara  anda percaya MISA KATOLIK bisa mengampuni dosa kita?"
Katolik : "Anda salah!, MISA KATOLIK adalah bentuk dari pengorbanan KRISTUS."

Protestant: "bisa tunjukkan ayatnya ? jangan-jangan nanti seperti klaim paus yg infalible yg tidak tertulis di alkitab tapi mengaku-ngaku mana ada orang yg tidak bisa berbuat salah?"
Katolik: "Infalibilatas kepausan bukan seperti itu? Infalibilatas berbicara tentang ajaran. Jadi bukan paus yg tidak bisa berbuat salah/suci"

Protestan : "Kalau paus tidak suci, mungkin benar kata martin luther bahwa kita harus selalu ikut alkitab, jangan ikut ajaran paus"
Katolik : "Tapi ajaran luther tidak berasal dari alkitab, tidak tertulis, bagaimana anda mengikuti sesuatu yg tidak tertulis di alkitab ?

Protestan : "Kalau begitu tunjukkan ayat yang menunjukkan bahwa Ada firman yang TIDAK TERTULIS?"
Katolik : "ada kok, ayat sekian di kitab anu"

Protestant : "Itu hanya tafsir paus saja, seperti halnya tafsir Maria yg tidak berdosa, mana ada manusia tidak berdosa"
Katolik : "Maria immaculate berarti bahwa Maria diselamatkan dari dosa asal, sehingga rahimnya siap untuk sesuatu yg kudus"


Begitu terus... membosankan ...very frustrating..

Dan Rangkuman dalam bentuk gambar mungkin seperti ini :





WHAT AN EPIC FAIL!

http://murtadinkafirun.forumotion.net/t14743-kenapa-lambang-dewa-bulan-ada-di-puncak-menara-masjid#131702

Kutip dari: chriztian power
Kutip dari: Bnei Yishmael Ben Avraham
nih gua kasih juga yg persis...


Vatican


Obelisk mesir

mantap ..justru karena itulah kenapa saya protestan...
@member katolik,kalo ingin bahas lambang itu, di forum kristen boleh lah....

http://forumkristen.com/index.php?topic=39792.20

Kutip dari: bruce
Maka, jika anda membaca Alkitab anda, dan berjumpa pada ayat ayat di atas, cobalah sedikit berpikir, bahwa keberadaan ayat itu di Alkitab bukanlah karena tiba tiba muncul entah dari mana. Tetapi ada pihak yang memiliki otoritas yang menentukan apakah sebuah ayat adalah betul betul adalah ayat yang terinspirasi oleh ROH KUDUS.
Kutip dari: bruce
Saya hanya ingin menyampaikan bahwa; kita bersandar pada Alkitab itu BAGUS. Tetapi sayangnya kita harus menyadari, bahwa Alkitab saja TIDAK CUKUP. Mengapa? Karena memang harus diakui bahwa ALkitab ada karena hasil karya manusia, kita imani terinspirasi oelh ROH KUDUS. Tetapi tetap, bahwa ada tangan manusia yang terlibat. Dan, kepada manusia-manusia itulah kita mempercayakan ke otentisitasan dari sebuah ayat atau bahkan kitab. Tanpa manusia-manusia terinspirasi itu, kita bagai berjalan di lorong gelap, tidak mengetahui mana yang salah, mana yang benar.
Kutip dari: bruce
Jika anda baca dengan teliti post awal saya, sepertinya sih cukup jelas tertulis, bahwa bukan pihak Gereja Katolik yang meragukan ayat ayat itu bro, tetapi justru Gereja Katolik lah yang memutukan bahwa ayat-ayat tersebut adalah ayat yang benar.
Kutip dari: Bruce
Betul bro, kita memang sama, sesama umat Kristen.

Tetapi percayakah anda, bahwa ada orang yang menunjuk umat Katolik sebagai tersesat dan sudah tidak Alkitabiah? Sementara Alkitab yang mereka pegang itu sangat tergantung keotentikannya dari Gereja Katolik? Itu yang saya ingin tampilkan ironi nya.

terus, netter Protestan protes :

Kutip dari: SHIPIROZ PURBA
Broo@bruce

Nahh..satu per satu saya baca dari page to  page dan dari reply to reply...eehhh...kepergok juga disini tah..??
Ternyata apa yang anda tulis ada motivasi tertentu di balik itu yah...??? hihihi style anda bagi saya sudah saya tandai loh..!! Anda broo@bruce ternyata selalu saja menyimpan udang di balik rempeyek...!! ??? Semua tulisan akhirnya yang anda perkenalkan..?? intinya mau bersikap tendensius sekali dan narsis sekali...!!!

Lagi -lagi pihak katolik yang menganggap dirinya lebih cerdas memahami Alkitab..??  hihihi..Tapi...Tapi lagi lagi  sebetulnya  mereka menelanjangi dirinya sendiri . Dan argumen klasik dan klise tsb yang dilontarkan seperti di copas oleh broo@bruce tsb..dimanfaatkan oleh pihak luar Kristen... Dimana pihak katolik katanya lebih jeli melihat ayat-ayat yang ada di Alkitab..dan merasa berkompeten  mewacanakan ke pihak di luar katolik...dan secara faktualnya diinformasikan dng penjelasan yang panjang oleh Broo@bruce di "fk" ini ayat ayatnya mana saja.

Dng fakta seperti penjelasan dari @broo@bruce tsb, secara explisit broo@bruce ( yang membawa nama katolik / on behalf ) menyatakan bahwa dia dan komunitasnya menyangsikan keaslian tulisan dalam Alkitab...?? Tapi tidak dijelaskan dng gamblang Alkitab yang berbahasa apa..?? Apakah dia takut  mnuduh LAI yng salah..?? atau siapa begitu...?? Kalau hanya bisa ngomong tapi tanpa bukti yang jelas..berarti ini sudah merupakan penyebaran suatu fitnah yang keji dan jahat sekali.

Nah kalo seperti itu...sekarang broo@bruce dan komunitasnya pake Alkitab yang mana..?? Alkitab yang lain kah...?? seperti yang diprediksi oleh Rasul Paulus...???

Atau memang sejak dahulu Kekristenan berkambang..maka sebetulnya pihak Katolik sudah punya kesangsian yang serius dan mendalam...?? terhadap isi Alkitab ( sebagaimana ayatayat yang di tampilkan oleh broo@bruce ), sehingga fakta membuktikan sampai sekarang ini, bahwa katolik mengakui / menganut kanonosasi jumlah kitab di katolik  sampe berjumlah "73 ".
Sedang kan Alkitab yang di gunakan oleh pihak diluar katolik ( di protestan ) hanya "66' kitab.

Yahhhh...jadi karena sangsi...?? maka nambah kitabnya bukan...??? Kalau yakin seperti saya .cukup "66" kitab saja dan itu sudah sangat memberkati sekali..Tanpa harus ada MAGISTAERIuM DAN TRADISI  disitu....(supaya bisa dibilang apostolik ..?? )

Salam GBU
 

Offline Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9591
  • Thanked: 61 times
  • Total likes: 482
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Re:Tuduhan Sesat Menyesatkan Dalam Komunitas Buddhis
« Jawab #2 pada: Desember 11, 2012, 03:25:28 PM »
@comicers

sepertinya Anda lebih banyak mengamati agama kristen. kalo saya sering mengamati agama Buddha. kalo mengamati ajaran-ajaran kristen, jarang.
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Offline comicers

Re:Tuduhan Sesat Menyesatkan Dalam Komunitas Buddhis
« Jawab #3 pada: Desember 11, 2012, 07:20:47 PM »
setelah saya cek lebih mendalam link tersebut. rupanya alasan mereka menganggap sesat maitreya cukup mengejutkan.

http://dhammacitta.org/forum/index.php/topic,18283.msg418366.html#msg418366

Kutip dari: godfrey
salah satu teman saya adalah penganut maitreya, saya juga baru 2x ikut ibadah aliran maitreya saya ikut hanya sekedar mau tahu apa sih aliran maitreya itu. Kesimpulan saya ajaran itu bukannlah ajaran Buddha melainkan adalah ajaran gado-gado antara Buddha, Taoisme, Konghucu, kr****n kenapa karena:
1. mereka ngajarin bahwa dalam diri kita ada Roh Kudus ,istilah yang dipakai ama tetangga sebelah padahal jelas2 Buddha menyebut bahwa kita tidak punya roh/jiwa.
2. Mereka mengakui Tuhan Yang Maha Esa padahal Buddha jelas2 menolak tentang sosok Pencipta,
3. Mereka bahkan bilang ke saya kalau sebelum Buddha meninggal Beliau meninggalkan satu dhamma yang rahasia kepada YM Maha Kassapa yang hanya boleh di turunkan kepada mereka yang bijaksana itulah ajaran maitreya (tapi saya ga diksh tahu apa karena mereka mau hanya yg sudah di "Qiu Tao" yang boleh mengetahuinya") seperti kita tahu Buddha tidak pernah menyembunyikan sesuatu ajaran pun kepada dewa dan kepada manusia jika memang hal itu baik untuk kesejahteraan tentu Buddha sudah membabarkannya pada kita.
4. Mereka merubah istilah triratna entah menjadi apa karena itu rahasia hanya yang sudah di "Qiu Tao" boleh mengetahuinya.
5. Ritual mereka jauh dari yang nama nya Buddhisme yang kita ketahui
6. Mereka sangat pintar bicara jadi hati2 untuk yang imannya blom kuat bisa2 ikut memiliki pengertian salah
7. Mereka menggunakan "Dhamma" pada ajaran mereka tetapi jauh sekali dari Dhamma yang dibabarkan sang Buddha karena tidak menyentuh sama sekali 4 Kebenaran Mulia dan 8 Jalan kebenaran.
8. Mereka menolak ajaran meditasi dan pembacaan paritta (mereka menyebutnya jampi-jampi)

saya pribadi sangat menghargai mereka karena mereka baik2 dan bermoral sayang sekali mereka memiliki pandangan salah tentang Dhamma. Ini bisa dibilang agama baru jadi jangan terpengaruh dengan kata "Buddha" dan mengambil nama Sammasambuddha Maitreya ajarannya jauh dari yang namanya Dhamma.

Tolong koreksi jika ada yang salah.

Hhhhhmmmm..... kok bisa menyangkut soal Kristen gitu ya ? Kalo boleh tau, Maitreya itu sebenernya emang kenapa sih ?
 

Offline Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9591
  • Thanked: 61 times
  • Total likes: 482
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Re:Tuduhan Sesat Menyesatkan Dalam Komunitas Buddhis
« Jawab #4 pada: Desember 11, 2012, 07:59:00 PM »
ya, maitreya itu salah satu aliran buddhis yang dianggap sesat oleh mayoritas buddhis sebagaimana dijelaskan pada kutipan tersebut. pertentangan yang pokok adalah soal "ketuhanan". Maitreya mengakui adanya Tuhan Yang Maha Esa, sedangkan mayoritas agama Buddha tidak mengakuinya, walaupun secara formal seluruh organisasi agama Buddha "terpaksa" mengakui ketuhanan yang maha esa, karena harus tunduk pada pancasila. untunglah setelah Pancasila sudang kurang kesaktiannya setelah lengsernya pak Harto, umat Buddha tidak perlu terlalu khawatir lagi untuk berterus terang bahwa mereka memang tidak percaya adanya Tuhan.

ukuran sesat dan menyimpang itu bergantung siapa yang mengukur dan menilai.
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Offline comicers

Re:Tuduhan Sesat Menyesatkan Dalam Komunitas Buddhis
« Jawab #5 pada: Desember 11, 2012, 08:10:33 PM »
lha terus latar belakang terbentuknya Maitreya itu gimana ? kok bisa sampe bawa2 kata Kristen segala ?
 

Offline Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9591
  • Thanked: 61 times
  • Total likes: 482
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Re:Tuduhan Sesat Menyesatkan Dalam Komunitas Buddhis
« Jawab #6 pada: Desember 11, 2012, 08:35:43 PM »
lha terus latar belakang terbentuknya Maitreya itu gimana ? kok bisa sampe bawa2 kata Kristen segala ?

karena ajaran Maitreya itu gado-gado, ada Islamnya, ada Kristennya, ada Buddha, Tao dsb.
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Offline comicers

Re:Tuduhan Sesat Menyesatkan Dalam Komunitas Buddhis
« Jawab #7 pada: Desember 12, 2012, 09:09:42 AM »
Lha, kok bisa gado-gado gitu gimana ceritanya sih ?
 

Offline Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9591
  • Thanked: 61 times
  • Total likes: 482
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Re:Tuduhan Sesat Menyesatkan Dalam Komunitas Buddhis
« Jawab #8 pada: Desember 12, 2012, 01:32:40 PM »
wah, kalo sejarahnya saya juga belum tau, kang! saya cuma tahu sekilas tentang Maitreya dari diskusi umat buddhis di forum Dhammacitta.org. kalau ingin tahu lebih banyak, mungkin bisa meluncur ke sana, dan langsung mewawancarai mereka. pasti mereka dengan senang hati memberikan penjelasannya.
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Offline comicers

Re:Tuduhan Sesat Menyesatkan Dalam Komunitas Buddhis
« Jawab #9 pada: Desember 12, 2012, 01:44:39 PM »
ya udah, kalo gitu mohon dijelasin donk mengenai aliran Maitreya menurut yang Anda tau.
 

Offline Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9591
  • Thanked: 61 times
  • Total likes: 482
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Re:Tuduhan Sesat Menyesatkan Dalam Komunitas Buddhis
« Jawab #10 pada: Desember 12, 2012, 01:50:15 PM »
apa yang saya tahu sudah diposting di atas. tidak ada yang lain yang saya ketahui.

saya memang banyak membaca buku agama Buddha, tapi khusus ajaran mazhab Theravada, bukan Mahayana, bukan Tantrayana dan bukan Maitreya.
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Offline Yayat

Re:Tuduhan Sesat Menyesatkan Dalam Komunitas Buddhis
« Jawab #11 pada: Agustus 03, 2017, 12:07:09 PM »
Menurut pendapat sy. Aliran matreiya berusaha menjabarkan konsep agama atau keTuhanan dan kemanusiaan yg universal, dalam artian apapun agama. Tuhan adalah milik semua umatnya, dan manusia adalah sama dalam kemanusiaan yg Bin  tanpa perlu ada sekat sekte,agama golongan yg mengkotak2an manusia. Dan dasar kemanusiaan adalah saling mengasihi tanpa memandang dari mana asalnya.
 

Tags:
 

GoogleTagged



Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
0 Jawaban
1415 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 18, 2013, 01:31:51 PM
oleh Awal Dj
1 Jawaban
1311 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 17, 2013, 09:54:07 PM
oleh Kang Asep
2 Jawaban
1074 Dilihat
Tulisan terakhir September 27, 2013, 07:48:10 AM
oleh Sandy_dkk
8 Jawaban
2490 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 10, 2013, 03:28:00 PM
oleh Kang Asep
3 Jawaban
1336 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 06, 2015, 12:51:18 AM
oleh Monox D. I-Fly
1 Jawaban
1095 Dilihat
Tulisan terakhir November 22, 2015, 10:17:41 PM
oleh Monox D. I-Fly
1 Jawaban
1020 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 16, 2015, 07:36:33 PM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
1831 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 11, 2015, 03:56:50 PM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
316 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 29, 2016, 05:02:43 PM
oleh comicers
3 Jawaban
328 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 28, 2017, 01:50:39 AM
oleh Kang Asep

Ilmu Logika

Proposisi Syllogisme Kupas Logika TTS

Meditasi

Menenangkan Pikiran Mengembangkan Kekuatan-Kekuatan