collapse

* Artikel Pilihan

Penulis Topik: Gambaran Umum Mazhab Syiah Imamiyah  (Dibaca 13291 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline namarupa

Gambaran Umum Mazhab Syiah Imamiyah
« pada: Desember 23, 2012, 06:55:13 AM »
bisakah dijelaskan lebih lanjut mazhab yg anda tekuni tersebut ? Sejak kegiatan vipassana tersebut, saya bermeditasi tetapi tidak rutin, biasanya hanya saat menderita penyakit. Akhir-akhir ini mulai sering lagi sejak ter-diagnosa hipertensi :) dikombinasikan dengan pemakaian obat. saya lihat ini memberi dampak positif.
 

Online Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9585
  • Thanked: 61 times
  • Total likes: 482
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Re:Gambaran Umum Mazhab Syiah Imamiyah
« Jawab #1 pada: Desember 23, 2012, 07:59:32 AM »
mazhab yang saya tekuni ini adalah mazhab mayoritas di negara Iran, tapi minoritas di negara lainnya, termasuk di Indonesia.

hal yang pokok yang membedakan antara mazhab syiah dan suni (non syiah) terletak pada kepemimpinan. mazhab syiah memiliki pemimpin spiritual dalam skala dunia, seperti Paus dalam kristen atau Dalai Lama dalam Buddha. tentu saja yang tunduk pada pemimpin spiritual tersebut hanya kelompok syiah saja. kelompok syiahpun terbagi menjadi beberap sekte. dan yang sedang saya tekuni itu adalah mazhab syiah imamiyah, atau mazhab 12 imam. pemimpin mereka terdiri dari 12 imam.

selain kelompok syiah imamiyah, kelompok syiah lain atau bahkan sunni pun ada yang memiliki kepemimpinan serupa, menegakan sistem khilafah atau imamiyah. yang membedakan adalah syiah imamiyah memiliki kepempimpinan ideal. 12 orang pemimpin mereka diyakini merupakan "wakil tuhan", yang memiliki "pengetahuan sempurna", yakni "yang mengetahui segala pengetahuan".

Agama Hindu dan Buddha, tentu memiliki banyak pertentngan dengan agama islam, termasuk sunni dan syiah. terutama umumnya mazhab islam tidak mengakui adanya reinkarnasi sebagaimana yang diyakini oleh umat Buddha. berbeda dengan keyakinan syiah imamiyah, mereka membenarkan adanya reinkarnasi yang menurut mereka argumentasinya kuat berdasarkan al Quran dan Hadits. reinkarnasi dalam istilah yang digunakan syiah itu adalah "Roj`ah", yang secara bahasa mengandung arti "yang kembali lagi". dalam istilah agama Buddha, tentu istilah "yang kembali lagi" bukanlah istilah yang asing.
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Offline namarupa

Re:Gambaran Umum Mazhab Syiah Imamiyah
« Jawab #2 pada: Desember 23, 2012, 09:03:31 AM »
Apakah maksud anda mazhab ini mengenali adanya tumimbal lahir ?
 

Online Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9585
  • Thanked: 61 times
  • Total likes: 482
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Re:Gambaran Umum Mazhab Syiah Imamiyah
« Jawab #3 pada: Desember 23, 2012, 10:30:10 AM »
Apakah maksud anda mazhab ini mengenali adanya tumimbal lahir ?

benar sekali.
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Offline comicers

Re:Gambaran Umum Mazhab Syiah Imamiyah
« Jawab #4 pada: Desember 28, 2012, 08:32:25 AM »
hal yang pokok yang membedakan antara mazhab syiah dan suni (non syiah) terletak pada kepemimpinan. mazhab syiah memiliki pemimpin spiritual dalam skala dunia, seperti Paus dalam kristen atau Dalai Lama dalam Buddha. tentu saja yang tunduk pada pemimpin spiritual tersebut hanya kelompok syiah saja. kelompok syiahpun terbagi menjadi beberap sekte. dan yang sedang saya tekuni itu adalah mazhab syiah imamiyah, atau mazhab 12 imam. pemimpin mereka terdiri dari 12 imam.

boleh tau gak, pemimpin spiritual skala dunianya itu siapa ya ?
 

Online Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9585
  • Thanked: 61 times
  • Total likes: 482
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Re:Gambaran Umum Mazhab Syiah Imamiyah
« Jawab #5 pada: Desember 28, 2012, 11:53:48 AM »
boleh tau gak, pemimpin spiritual skala dunianya itu siapa ya ?

nama-nama pemimpinnya dari zaman ke zaman sudah disebut oleh Rasulullah sejak dulu, sebagai berikut :

Yang pertama (1)Ali bin Abi Thalib, kemudian (2)Hasan dan (3)Husain, kemudian (4)Ali bin Husain, kemudian (5)Muhammad bin Ali, yang dalam Taurat dikenal dengan al Baqir dan kamu, hai Jabir, akan menemuinya. Jika kamu menjumpainya, sampaikan salamku atasnya! Kemudian (6)ash Shidiq Ja`far bin Muhammad, kemudian (7)Musa bin Ja`far, Kemudian (8)Ali bin Musa, kemudian (9)Muhammad bin Ali, kemudian (10)Ali bin Muhammad, kemudian (11)Hasan bin Ali, kemudian yang kauniyahnya sama denganku, ia adalah al Hujjah (bukti) Allah di bumi Nya, peninggalan Nya di kalangan (di antara) hamba-hamba Nya, ia adalah (12) Putra Hasan bin Ali, Allah akan menaklukan Timur dan Barat melalui tangannya

hadis selengkapnya ada di sini => http://medialogika.org/diskusi-umum/hadits-nama-nama-dua-belas-imam-suci

Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Offline comicers

Re:Gambaran Umum Mazhab Syiah Imamiyah
« Jawab #6 pada: Desember 28, 2012, 01:50:22 PM »
kalo yang sekarang jadi pemimpin spiritual skala dunia saat ini siapa ?
 

Online Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9585
  • Thanked: 61 times
  • Total likes: 482
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Re:Gambaran Umum Mazhab Syiah Imamiyah
« Jawab #7 pada: Desember 28, 2012, 05:24:26 PM »
^ imam yang ke 12, namanya Muhammad al Mahdi.
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Offline Sandy_dkk

Re:Gambaran Umum Mazhab Syiah Imamiyah
« Jawab #8 pada: Desember 28, 2012, 05:46:58 PM »
kang, apakah para Imam tsb hanya merupakan Imam di bidang spritual saja?

mengingat pengetahuan mereka yang 'diyakini' meliputi segala sesuatu, apakah tidak ada Sang Imam yang terjun sejenak ke dunia kosmologi misalnya, dan menjelaskan apa2 yang sekarang masih menjadi pertanyaan besar bagi para ilmuan tentang alam semesta makro. atau menjelaskan tentang kesatuan konsep tentang alam semesta makro dan alam mikro, karena untuk saat ini masih ada 2 teori yang belum dapat disatukan mengenai alam makro dan alam mikro (teori relatifitas dan teori kuantum).

atau terjun sejenak ke dunia kesehatan untuk menjelaskan tentang penyembuhan berbagai penyakit yang sampai sekarang belum diketahui obatnya.
Agama tidak berguna bagi orang gila!
 

Online Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9585
  • Thanked: 61 times
  • Total likes: 482
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Re:Gambaran Umum Mazhab Syiah Imamiyah
« Jawab #9 pada: Desember 28, 2012, 06:25:23 PM »
para Imam Ahlul Bayt adalah sumber segala pengetahuan. ketika Enstein mempublikasikan teori Relatifitasnya, maka teori ini sudah sempurna diketahui oleh Imam Suci. Bahkan Ayatullah al Udzma Boroujerdi, mengetahui beberapa kesalahan teori Relatifitas yang dipulbikasikan Esntein. kemudian Ayatullah mengirimkan surat kritikan dan meluruskan kekeliruan-kekeliruan teori Esntein. tentu saja Esntein tidak begitu saja menerima krtikan ayatllah Boroujerdi. seperti berbalas pantun, berkali-kali antara ayatullah Boroujerdi dengan Enstein terjadi surat menyurat membicarakan soal teori relatifitas. ini barulah ayatullah Boroujerdi, yang merupakan "wakil imam", bukan imam maksum itu sendiri. maka, bagaimanakah kiranya para imam maksumnya?

kemudian, kalaulah kita menelisik sejarah, kita mungkin akan terkejut, bahwa seluruh kemajuan ilmu dan filsafat ini berasal dari sumber Islam. bedanya, para Imam Suci tidak membutuhkan sesuatu yang disebut dngan "hak paten", "pengakuan manusia" dan dalam mengetahui segala sesuatu tidak membutuhkan penelitian dan esperimen. karena Allah selalu memberi tahu mereka tentang apa saja yang ditanyakan oleh manusia. kemudian, manuskrip-manuskrip Islam ini disalin ke dalam bahasa Eropa, dan jadilah sekan-akan kemajuan IPTEK dikuasai oleh mereka dan mereka yang menjadi tonggak kemajuan teknologi.

ketika menjadi khalifah, Ali bin Abi Thalib naik ke atas mimbar, dan ia berkhutbah, "Wahai sekalian manusia! bertanyalah kalian kepadaku, sebelum kalian kehilangan aku. sesungguhnya aku memiliki pengetahuan orang-orang yang terdahulu dan orang-orang yang akan datang."

Siapa saja di antara para sahabat yang kesulitas memecahkan suatu perkara, maka ia pasti pergi menemui Ali untuk bisa memecahkan masalah itu. sedangkan Ali tidak pernah meminta bantuan orang lain karena ketidak tahuan. ketika sayidina Ali ditanya, ia selalu tangkas dalam menjawab, benar dan tepat, kendatipun si penanya kadang-kadang mengajukan pertanyaan yang super sulit, atau bahkan sekedar mengolok-olok. tapi sayidina jawaban Ali tidak pernah melenceng dari kebenaran. dengan ketangkasan sayidina Ali tersbut, Umar bin Khatab merasa heran, dan ia bertanya, "wahai Abul Hasan (Ali), saya heran, mengapa Anda bisa dengan cepat menjawab setiap pertanyaan."

dengan cepat Ali menjawab sambil merentangkan lima jarinya, "wahai Umar, berapakah ini?"

umar menjawab, "Lima!"

"Bagaimana Anda bisa menjawab dengan secepat itu?" tanya Ali

"karena itu sangat jelas."

"Demikian pula bagiku, semua fakta itu jelas terlihat olehku." demikian jawab Ali.

kalau kita lebih banyak membaca riwayat Ali bin Abi Thalib dan para imam dari keturunannya, maka tidak ada celah bagi kita untuk meragukan kecerdasan mereka. mereka sudah cerdas sejak kecil. sejak usia 7 tahun imam ali Zainal Abidin berdebat masalah fiqih di hadapan khalifah. dan tidak ada satu orang pun yang mampu mengalahkan argumentasi ali zainal Abidin. dan kelak, pada saat Imam Mahdi dhahir, semua pertanyaan manusia tentang ilmu pengetahuan itu akan dijawab tuntas oleh beliau. sehingga kemamuan teknologi akan menjadi pesat. dinding pemisah antara alam manusia dengan alam gaib tersingkap. dan pada waktu itu, manusia bisa bertranportasi antara galaksi dengan cepat.

masih banyak hal yang ingin saya ceritakan. saya belum dpat menyampaikan referensi-referensi, dari kitab apa saja semua itu pernah saya baca. tapi sementara saya menyampaikan narasinya saja,  sekdar untuk menjelaskan konsepsinya terlebih dahulu.

sementara, berita mengenai imam terakhir dapat dibaca dalam link2 berikut :

http://medialogika.org/diskusi-umum/hadits-nama-nama-dua-belas-imam-suci
http://medialogika.org/cerpen/di-malam-kelahiran-al-mahdi
http://medialogika.org/diskusi-umum/kisah-kelahiran-imam-mahdi-a-s-yang-serupa-dengan-kisah-kelahiran-musa-a-s
http://medialogika.org/diskusi-umum/alasan-disembunyikannya-imam-mahdi
http://medialogika.org/diskusi-umum/ramalan-pergolakan-politik-timur-tengah
http://medialogika.org/diskusi-umum/peristiwa-peristiwa-di-negeri-negeri-syam-yang-menandai-kemunculan-imam-mahdi
http://medialogika.org/diskusi-umum/berita-al-quran-mengenai-pertanda-akan-munculnya-gerakan-as-sufyani
http://medialogika.org/diskusi-umum/janji-allah-tentang-gerakan-as-sufyani
http://medialogika.org/diskusi-umum/keluarga-rasulullah-saw-vs-keluarga-abu-sufyan
http://medialogika.org/diskusi-umum/perang-dunia-akan-menandai-kemunculan-imam-mahdi
http://medialogika.org/diskusi-umum/gerakan-al-mahdi-dimulai-setelah-terbnuhnya-raja-abdullah
http://medialogika.org/diskusi-umum/tentara-yang-ditenggelamkan
http://medialogika.org/diskusi-umum/dua-puluh-tujuh-huruf-ilmu
http://medialogika.org/diskusi-umum/tugas-puncak-imam-mahdi
http://medialogika.org/diskusi-umum/perkembangan-ilmu-pengetahuan-di-masa-imam-mahdi
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Offline ratna

  • Global Moderator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 1862
  • Thanked: 2 times
  • Total likes: 22
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re:Gambaran Umum Mazhab Syiah Imamiyah
« Jawab #10 pada: Desember 29, 2012, 01:09:34 AM »
Apakah maksud anda mazhab ini mengenali adanya tumimbal lahir ?

saya belum mengetahui dan memahami tentang  'tumimbal lahir' itu, bisakah namarupa menjelaskan sedikit konsepnya, atau membuat topic baru tentang tumimbal lahir?
 

Online Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9585
  • Thanked: 61 times
  • Total likes: 482
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Re:Gambaran Umum Mazhab Syiah Imamiyah
« Jawab #11 pada: Desember 29, 2012, 05:15:39 AM »
^ tumimbal lahir itu terlahir kembali. mirip dengan reinkarnasi. tapi ada perbedaan. reinkanasi seperti "ruh menitis pada tubuh bayi", sedangkan tumimbal lahir itu adalah seperti proses ulat menjadi kupu-kupu.
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Offline namarupa

Re:Gambaran Umum Mazhab Syiah Imamiyah
« Jawab #12 pada: Desember 29, 2012, 08:30:02 AM »
^ tumimbal lahir itu terlahir kembali. mirip dengan reinkarnasi. tapi ada perbedaan. reinkanasi seperti "ruh menitis pada tubuh bayi", sedangkan tumimbal lahir itu adalah seperti proses ulat menjadi kupu-kupu.
Benar. Hanya saja, saya sendiri masih belum paham bagaimana seseorang melakukan verifikasi, dengan arti kata bagaimana ia tahu bahwa ada kaitan antara dirinya dengan kelahiran lampaunya. Apakah ada semacam penanda yg menjelaskan kepada dirinya dan bukan dihasilkan oleh pikirannya sendiri.
 

Online Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9585
  • Thanked: 61 times
  • Total likes: 482
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Re:Gambaran Umum Mazhab Syiah Imamiyah
« Jawab #13 pada: Desember 29, 2012, 11:27:51 AM »
setiap hari kita bertumimba lahir. setiap pagi kita bangun tidur, kita ingat kehidupan yang telah kita jalani di hari kemarin. saya tidak bisa serta merta pergi bekerja dan masuk kantor, bila tidak ada masa lalu. dua tahun lalu, sebuah perusahaan telah menerima saya untuk sebagai pegawai. itu adalah masa lalu. sehingga hari ini, orang-orang dikantor itu tidak merasa asing dengan kehadiran saya. dan saya tahu apa saja yang harus dilakukan di sana. semua itu berlandaskan kepada masa lalu. dan di masa depan, yaitu akhir bulan ini, ada harapan saya menerima gaji. seperti itulah kita mengaitkan masa lalu, saat ini dan masa yang akan datang.

beratus-ratus tahun yang lalu, saya teringat bahwa saya hidup di sebuah pedesaan. berguru meditasi pada seorang guru buddhis. setelah mengalami kematian dan bertumimbal lahir, saya berguru kepada seorang ahli meditasi. tetapi dari puluhan ribu muridnya, hanya sedikit yang sampai ke puncak. salah satunya adalh saya. kenapa? salah satu yang menjadi alasan adalah, karena di masa lalu saya sudah tekun dan giat berlatih meditasi. sehingga hari, saya sekedar menerus pekerjaan yang lama tertunda. di masa yang akan datang, dapat diharapkan saya menerima buah kebaikan dari ketekunan saya dalam meditasi. demikian, kita mengaitkan kehidupan masa lampu, saat ini dan masa yang akan datang.

ada banyak orang yang meragukan tentang kehidupan di masa lampau, atau kelahiran kembali di masa yang akan datang. kita tidak perlu terlibat di dalam keraguan tersbut, karena kita sibuk menempatkan pikiran kita di dalam hal-hal pasti. ketika kita ingat, kehidupan di masa kecil kita, di mana kita pernah jatuh dari sepeda, lalu menceritakannya kepada orang. maka bagaimana cara orang lain menguji kebenaran cerita kita. apakah tanda luka di kaki kita cukup membuktian kebenaran bahwa kita benar-benar pernah jatuh dari sepeda? padahal, bisa saja kita mengarang, dan luka itu sebenarnya bukan luka karena jatuh dari sepeda. jangankan untuk membuktikan kebnaran kelahiran lampau, membuktikan kebenaran kehidupan kita di masa kecil saja itu sangat sulit, jika semuanya mesti diuji sampai orang lain tidak memiliki celah untuk meragukan. akan tetapi, bila kita benar-benar pernah jatuh dari sepeda, dan kita ingat betul, tidak ragu dan yakin itu bukan mimpi, maka tak peduli kalau orang lain meragukan cerita itu. karena kita yakin dengan apa yang kita ingat dan berpikir bahwa hal ini harus dibuktikan kepada orang lain, dan pula tanpa harus bersikeras bahwa kita telah hidup di masa lampau atau akan terlahir kembali di masa depan, tetapi lebih berfokus pada hidup saat ini. Kelak, apabila kita fokus pada hidup saat ini, ia akan melihat bahwa "setiap saat" yang kita jalani tidak pernah lepas dari hubungannya dengan masa lalu.
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Offline namarupa

Re:Gambaran Umum Mazhab Syiah Imamiyah
« Jawab #14 pada: Desember 29, 2012, 03:38:19 PM »
Analogi yg bagus, tetapi terkadang memory bisa menipu. suatu hal yang menyebabkan salah mengingat sesuatu, apalagi utk masa lampau yang sangat lama
 

Tags:
 

GoogleTagged



Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
0 Jawaban
1880 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 05, 2013, 08:25:32 PM
oleh Kang Asep
5 Jawaban
3548 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 06, 2013, 05:46:21 PM
oleh Abu Zahra
0 Jawaban
1299 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 12, 2013, 07:30:01 PM
oleh Kang Asep
1 Jawaban
1176 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 06, 2015, 10:46:28 PM
oleh Monox D. I-Fly
0 Jawaban
1336 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 26, 2014, 10:16:46 PM
oleh Kang Asep
2 Jawaban
1103 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 06, 2015, 09:52:13 AM
oleh Ziels
3 Jawaban
1134 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 12, 2015, 08:41:24 AM
oleh Kang Asep
5 Jawaban
1237 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 27, 2015, 03:22:39 PM
oleh Sandy_dkk
0 Jawaban
595 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 08, 2015, 09:33:14 AM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
587 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 10, 2016, 09:55:55 AM
oleh Kang Asep

Ilmu Logika

Proposisi Syllogisme Kupas Logika TTS

Meditasi

Menenangkan Pikiran Mengembangkan Kekuatan-Kekuatan