collapse

* Artikel Pilihan

Penulis Topik: Penolakan Kristen terhadap Tradisi Tiongkok  (Dibaca 4786 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline comicers

Penolakan Kristen terhadap Tradisi Tiongkok
« pada: Maret 06, 2013, 06:14:46 PM »
Beberapa orang Nasrani terutama dari kalangan Kristen terlihat sungguh anti terhadap simbol-simbol dan unsur-unsur Chinese yang erat kaitannya dengan Agama Kong Hu Cu. Mereka sebisa mungkin menghindari hal-hal tersebut, karena Agama Kong Hu Cu dianggap Agama sesat oleh mereka.

Bagi saya pemikiran seperti ini sungguh naif dan picik, kenapa ? karena mereka sebisa mungkin menarik umat Agama Kong Hu Cu dengan menggunakan kata sesat dan menawarkan janji-janji keselamatan oleh Yesus, sehingga mau menerima Agama Nasrani. Karena itu mereka menolak semua simbol-simbol dan unsur-unsur chinese tersebut.

Saat ini pemerintah Indonesia mulai menerima budaya Chinese yang erat kaitannya dengan Agama Kong Hu Cu, bahkan Ajaran Kong Hu Cu sudah diterima sebagai salah satu Agama di Indonesia dan hari Imlek dianggap sebagai hari raya dari Agama Kong Hu Cu, hal ini menyebabkan budaya Chinese yang dulu nya sempat dilarang sekarang bisa dilakukan dengan bebas seperti atraksi Barongsai dan diperbolehkan pelajaran Bahasa Mandarin di sekolah-sekolahan.

Lucunya beberapa simbol dan unsur Chinese yang saat ini menjadi tren di kalangan Chinese mulai di terima kalangan Nasrani, walau sebelumnya sempat dilarang dan dianggap sesat oleh pihak Nasrani. Jangan heran jika saat ini, kita bisa menyaksikan suasana Imlek, tarian Barongsai dan penggunaan Bahasa Mandarin di Gereja. Hal ini digunakan untuk menarik minat warga keturunan Chinese agar dapat menerima Agama Nasrani dan menunjukan bahwa di Gereja pun budaya Chinese bisa dilakukan.

Nah ternyata penyakit lama dikalangan Nasrani masih ada, mereka sebisa mungkin menolak pemahaman tentang shio dan tidak mau disamakan dengan sifat-sifat binatang, wah pemikiran yang sungguh sempit.

Apakah pengelompokan tahun kelahiran seseorang dalam shio berarti sesat dan berhala ? Apakah pengelompokan tahun kelahiran seseorang dalam shio berarti menyamakan seseorang dengan sifat binatang ?

Bagaimana dengan pandangan orang Nasrani terhadap pengelompokan bulan kelahiran seseorang dalam zodiak ? Zodiak sendiri berasal dari budaya Yunani dan menggunakan simbol-simbol Dewa-Dewi, apakah juga dianggap sesat dan berhala ?

http://dhanuttono.blogspot.com/2009/03/shio-yesus.html
 

Offline comicers

Re:Penolakan Kristen terhadap Tradisi Tiongkok
« Jawab #1 pada: Maret 06, 2013, 06:15:55 PM »
Pada sebuah gang kecil dekat pelabuhan Peti Kemas, didalam gang itu kebanyakan mayoritas Chinese dan ada 1 gereja. Rumah didalam gang itu sebagian besar berbahan dasar kayu termasuk bangunan gereja.

Beberapa puluh tahun yang lalu, di gang itu banyak orang Chinese melakukan ritual Tung Tung Cep keyakinan Konghucu. Namun sejak ada gereja, banyak yang beralih ke Kristen.

Kejadian yang paling tragis adalah ketika ada salah satu keluarga berpindah keyakinan ke kristen, sang pendeta meminta semua barang di altar (patung, foto, dan tempat hio) di bawa ke gereja, kemudian ditaruh di lantai di depan gereja dan disiram bahan bakar. Setelah di doakan langsung di sulut api, semua barang tersebut dibakar dan dihancurkan dengan alasan berhala.

Namun tidak lama setelah kejadian itu (beberapa bulan kemudian) terjadi kebakaran besar di gang tersebut yang meludeskan semua bangunan kayu termasuk gereja. Saat ini, di gang itu hanya berdiri beberapa rumah beton dan lahan kosong yang ditumbuhi rumput ilalang. tidak ada lagi gereja karena beberapa rumah beton disitu digunakan untuk mess ladies salah satu tempat hiburan malam. Saat ini gereja tersebut menyewa ruangan di salah satu hotel (setelah kebakaran sampai saat ini) untuk melakukan kebaktian.

http://dhammacitta.org/forum/index.php/topic,21575.msg383179.html#msg383179
 

Offline comicers

Re:Penolakan Kristen terhadap Tradisi Tiongkok
« Jawab #2 pada: Maret 06, 2013, 06:16:38 PM »
Ada seorang kakak perempuan 1 yang sudah masuk Kristen dari tahun 2000. dia ndak seheboh kakak perempuan yang kedua.

Pada saat temennya datang ke rumah dan melihat tempat Pai Thi Kong dan dia sengaja masuk ke altar sembayang. dan mengatakan kepada ia dan ibunya bahwa ajaran ia sesat dan bisa dapat masuk neraka. Untunglah, ibunya lagi sibuk, sehingga tidak begitu nanggapin dia.

Kemudian mereka berdebat terus sampai akhirnya dia pulang. Hingga akhirnya sekarang dia tidak pernah datang lagi. Ada 1 kata yang ia bilang ke dia: "Mbak, tentunya orang sekolah kan. Jadi belajar UUD donk. Mbak tau ndak, di salah satu UUD, menyebutkan bahwa setiap warga Indonesia berhak memeluk agama apapun dan tanpa paksaan. Apa yang mbak katakan tentang agama saya, bisa saya perkarakan ke kantor polisi. Apa orang di agama Buddha, sangat mudah dihasut sampai sampai kalian selalu mengganggu banyak orang. Kenapa tidak menghasut atau mewartakan pembenaran ajaran Tuhan kepada orang yang beragama Muslim ?"

Muka ia sampai merah menahan emosi.

http://dhammacitta.org/forum/index.php/topic,14439.msg234653.html#msg234653
 

Offline comicers

Re:Penolakan Kristen terhadap Tradisi Tiongkok
« Jawab #3 pada: Maret 06, 2013, 06:18:29 PM »
Ada 1 keluarga (suami-istri dan 2 anaknya) keturunan chinese datang ke rumah keluarga saya yang kebetulan membuka depot makan. Setelah masuk, si istri duduk dan komat-kamit ga jelas, spontan saya berpikir "apakah ibu ini terganggu jiwa nya ?", setelah saya perhatikan, ternyata si istri tersebut berdoa.

Setelah makanan diantarkan ke meja mereka, si istri lalu bercerita ke 2 anaknya, kalo masuk ke rumah (depot maksudnya) ini harus berdoa dulu untuk menghindari kuasa setan. Ehm, apakah karena di rumah itu banyak ornamen chinese seperti patung-patung khas dewa-dewi chinese dan meja penghormatan leluhur ? Setelah itu si istri mengait-ngaitkan hal yang ada dengan angka 6 dan mengatakan klo angka 666 didalam alkitab berarti Lucifer, ehm...

Ada beberapa kejadian lainnya, seperti kasus pendeta Kristen yang suka memukul umat nya, ada lagi lia eden yang mengaku sebagai nabi dan kasus lainnya. Apakah itu menyatakan seseorang yang krisis akan jatidiri, mencari pertolongan dan pengharapan diluar dirinya, kemudian berspekulasi dan berimajinasi atas pertolongan dan pengharapan itu versi dunia dalam imajinasinya sendiri yang dianggap benar oleh dirinya.

http://dhanuttono.blogspot.com/2009/09/mendalami-agama-bisa-gila.html
 

Offline comicers

Re:Penolakan Kristen terhadap Tradisi Tiongkok
« Jawab #4 pada: Maret 06, 2013, 06:19:28 PM »
Ada teman perempuan saya, (sebut saja A) yang beragama Kong Hu Cu. Si A diajak teman perempuan saya yang lain (sebut saja B) untuk pindah ke Nasrani, tetapi terkendala dengan orang tua si A yang juga beragama Kong Hu Cu. Dalam perbincangan kecil (saya hadir pada saat itu) si B mengatakan kepada si A, bahwa susah orang tua jaman dulu, pemikiran mereka kuno, pemahaman mereka atas agama masih kolot sampai mereka masih bisa melarang anaknya untuk beragama Nasrani.

Saya bertanya, kenapa pemikiran orang tua si A bisa kolot ? si B menjelaskan bahwa agama Kong Hu Cu merupakan agama alam dan kuno yang sudah tidak sesuai, jadi untuk apa masih bertahan pada agama itu, sampai-sampai anaknya mau pindah ke Nasrani pun dilarang, itu kan hak asasi manusia.

Si B menyatakan statment itu karena ia kecewa, sebab orang tua A melarang anaknya untuk pindah dari agama asalnya. Tapi yang tersirat dalam pernyataan si B, bahwa agama Nasrani jauh lebih baik dari pada agama Kong Hu Cu. Saya bertanya kepada si B, memang nya ada masalah apa jika seseorang memeluk agama Kong Hu Cu ? Koq sampai anda bisa mengatakan orang yang mau mempertahankan agama anaknya sendiri, dikatakan kolot ? Kalo dikatakan tegas dan keras, itu baru benar.

Kejadian itu kebetulan terjadi dari sisi Kong Hu Cu, beberapa hari yang lalu ada kerabat jauh saya yang datang ke rumah, mau menginformasikan bahwa anak perempuannya mau dilamar pria dari palembang dan kerabat jauh saya mengatakan "Saya tidak memaksa kamu untuk masuk keagama Kristen, tapi karena keluarga saya Kristen, jadi kamu kalo mau dengan anak saya harus nikah dengan cara Kristen dan menerima Kristen". Lah koq pake acara maksa ? Waktu saya pertanyakan hal itu, kerabat jauh saya mengatakan itu bukan pemaksaan, tapi cuma menyatakan...

Kalo itu bukan memaksa, kenapa memakai kata "Harus" ? Kerabat jauh saya tidak bisa menjawab masalah itu dan saya rasa dia menginginkan anaknya dan calon menantunya memeluk agama Kristen, bukan karena dipaksa masuk ke Kristen, tapi karena suatu keharusan, ehm... apa bedanya ya ? Lah, kalo kita melihat kejadian itu dibandingkan kejadian sebelumnya, apa bedanya ? Jadi siapa yang kolot, siapa yang tidak ?

Jika kekolotan hanya dipandang dari sisi "upaya mempertahankan", maka saya rasa tidak ada beda nya, mau di Nasrani, mau di Kong Hu Cu, sama saja. Jika agama Kong Hu Cu dikatakan kolot dalam hal ini, maka tentunya saya boleh dan berhak mengatakan agama Nasrani juga kolot ! Betul ?


NB. Ini bukan sentimen pribadi, tapi kedewasaan berpikir dan memandang suatu hal dengan kritis. Saya bukan seorang beragama Kong Hu Cu, juga bukan beragama Nasrani. Tapi saya ingin menunjukan betapa kolot-nya orang yang bisa meng-kolot-kan agama orang lain.

http://dhanuttono.blogspot.com/2009/07/agama-kolot.html
 

Offline Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9592
  • Thanked: 61 times
  • Total likes: 483
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Re:Penolakan Kristen terhadap Tradisi Tiongkok
« Jawab #5 pada: Maret 06, 2013, 06:50:57 PM »
dhanuttono itu buddhis yang paling keblinger.

orang tua kristen itu memberikan pilihan bebas kepada calon menantunya. lelaki itu bebas memilih :

1. menikahi anaknya
2. tidak menikahi anaknya
3. tetap dalam agama kong hu cu
4. berpindah ke agama kristen

jika pilih nomor 1, berati pilih no. 4 juga.
bila pilih nomor 3, berarti tidak memilih nomor 1
kalau pilih nomor 2, boleh disertai pihan nomor 3 ataupun 4
kalau pilih nomor 4, boleh sertai pilihan 1 atau 2

memaksa di mananya?

kalau si dhanuttono bersikukuh ingin menikahi gadis nasrani sementara gadisnya maupun keluarganya tak rela gadis itu dinikani kecuali dengan kepindahan di dhanuttono ke kristen, nah itu baru namanya si dhanuttono melakukan suatu paksaan.
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Tags:
 

GoogleTagged



Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
4 Jawaban
2359 Dilihat
Tulisan terakhir November 18, 2015, 09:48:24 PM
oleh Monox D. I-Fly
0 Jawaban
1327 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 18, 2014, 05:01:27 AM
oleh Kang Asep
1 Jawaban
796 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 05, 2015, 08:51:35 PM
oleh Monox D. I-Fly
1 Jawaban
1298 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 11, 2015, 12:43:50 PM
oleh comicers
1 Jawaban
1309 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 15, 2015, 01:29:46 PM
oleh !0A1onsiun
1 Jawaban
729 Dilihat
Tulisan terakhir September 28, 2015, 07:09:04 PM
oleh Ziels
0 Jawaban
420 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 29, 2015, 04:20:39 PM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
544 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 13, 2016, 09:08:48 PM
oleh comicers
0 Jawaban
218 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 30, 2016, 09:01:45 AM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
49 Dilihat
Tulisan terakhir November 05, 2017, 12:34:25 AM
oleh Kang Asep

Ilmu Logika

Proposisi Syllogisme Kupas Logika TTS

Meditasi

Menenangkan Pikiran Mengembangkan Kekuatan-Kekuatan