collapse

* Artikel Pilihan

Penulis Topik: Mohon penjelasan dari sudut pandang logika (Tanya Kang asep)  (Dibaca 9816 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline arya

Re:Mohon penjelasan dari sudut pandang logika (Tanya Kang asep)
« Jawab #15 pada: Desember 08, 2012, 09:32:20 PM »
khalifah adalah ulil amri
tapi definisi ulil amri bukan khalifah, sebab ulil amri tidak hanya khalifah, melainkan juga pemimpin (imamah)

jadi, khalifah, ulil amri dan imamah itu merupakan hal yang berbeda.

seperti berbedanya makhluk, benda hidup dan benda mati.

tetapi ulil amri = khalifah dan imamah

seperti halnya makhluk = benda mati dan benda hidup

teman saya yang bermazhab 12 imam berpendapat khalifah = imam, gmn menurut akang
 

Online Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9275
  • Thanked: 55 times
  • Total likes: 355
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Re:Mohon penjelasan dari sudut pandang logika (Tanya Kang asep)
« Jawab #16 pada: Desember 08, 2012, 09:37:55 PM »
teman saya yang bermazhab 12 imam berpendapat khalifah = imam, gmn menurut akang

kalau begitu, saya juga ingin bertanya kepda tman anda itu, kenapa bisa demikian?

di dalam buku berjudul Imamah dan Khalifah, saya menemukan pernyataan "khilafah itu merupakan bagian kecil dari imamah"

dan kemudian, sejarah membuktikan bahwa seorang "imam" tidak selalu menjadi khalifah.
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Offline arya

Re:Mohon penjelasan dari sudut pandang logika (Tanya Kang asep)
« Jawab #17 pada: Desember 08, 2012, 09:39:18 PM »
(1).   “Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kamu (Q.S 4: 59)”

(2).  Aku berkata, “Wahai Rasulullah! Kami telah kenal Allah dan RasulNya.  Akan tetapi siapakah Ulil Amr yang ketaatan kepadanya dihubugkan dengan ketaatan (kepada) Anda?

(3).   Beliau menjawab ,” Hai Jabir! Mereka adalah para khalifah (penggantiku) dan pemimpin umat Islam setelahku

itu kang dah ketemu. hehe..

yang jadi pertanyaan saya skr apakah ke 3 proposisi itu saling bertautan , apa betul proposisi 2 dan 3 merupakan sebab adanya proposisi pertama (asbabun nuzul ayat tersebut).
 

Offline arya

Re:Mohon penjelasan dari sudut pandang logika (Tanya Kang asep)
« Jawab #18 pada: Desember 08, 2012, 09:48:45 PM »
kalau begitu, saya juga ingin bertanya kepda tman anda itu, kenapa bisa demikian?

di dalam buku berjudul Imamah dan Khalifah, saya menemukan pernyataan "khilafah itu merupakan bagian kecil dari imamah"

dan kemudian, sejarah membuktikan bahwa seorang "imam" tidak selalu menjadi khalifah.

ini kang linknya : https://www.facebook.com/groups/KAMI.ALAWIYYIN.PEMBELA.SALAF/permalink/545956135434557/

disitu saya sih cuma pembaca setia aja.

Perlu akang ketahui semenjak tau bahwa di islam ada mazhab syiah, saya banyak mencari banyak informasi mengenai syiah.
 

Online Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9275
  • Thanked: 55 times
  • Total likes: 355
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Re:Mohon penjelasan dari sudut pandang logika (Tanya Kang asep)
« Jawab #19 pada: Desember 08, 2012, 09:49:48 PM »
jelas ketiga proposisi tersebut bertautan.

dan jika benar hadits itu dari Rasullah, berarti benar bahwa propsosi 2 dan 3 itu merupakan Muqodimah Logic (asbabunuzul) dari proposisi 1.
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Online Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9275
  • Thanked: 55 times
  • Total likes: 355
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Re:Mohon penjelasan dari sudut pandang logika (Tanya Kang asep)
« Jawab #20 pada: Desember 08, 2012, 09:55:37 PM »
ini kang linknya : https://www.facebook.com/groups/KAMI.ALAWIYYIN.PEMBELA.SALAF/permalink/545956135434557/

disitu saya sih cuma pembaca setia aja.

Perlu akang ketahui semenjak tau bahwa di islam ada mazhab syiah, saya banyak mencari banyak informasi mengenai syiah.

ya saya sudah baca sekilas. belum bisa lebih dalam menelaah, soalnya agak-agak ngantuk gini, tapi masih belum kepengen tidur nih. masih senang diskusi sama anda. jadi, kalau bisa bantu saya,  point penting yang didiskusikan di sana itu, anda kutipkan saja ke sini!
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Offline arya

Re:Mohon penjelasan dari sudut pandang logika (Tanya Kang asep)
« Jawab #21 pada: Desember 08, 2012, 09:58:59 PM »
jelas ketiga proposisi tersebut bertautan.

dan jika benar hadits itu dari Rasullah, berarti benar bahwa propsosi 2 dan 3 itu merupakan Muqodimah Logic (asbabunuzul) dari proposisi 1.

mengenai hadist 12 imam

saya pernah membaca hadist serupa dimana rosul memelankan suaraya ketika menyebutkan nama imam-imam tersebut, konon katanya hingga gak kedengaran.

===============================
bagaimana sih cara mengecek validitas asbabun nuzul suatu ayat terhadap suatu hadist
« Edit Terakhir: Desember 08, 2012, 10:09:31 PM oleh arya »
 

Offline arya

Re:Mohon penjelasan dari sudut pandang logika (Tanya Kang asep)
« Jawab #22 pada: Desember 08, 2012, 10:01:38 PM »
serius nih blum mau tidur, ato males karna saya masih nol besar dalam hal logika
 

Online Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9275
  • Thanked: 55 times
  • Total likes: 355
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Re:Mohon penjelasan dari sudut pandang logika (Tanya Kang asep)
« Jawab #23 pada: Desember 08, 2012, 10:07:09 PM »
soalnya saya pernah membaca hadist serupa dimana rosul memelankan suaraya ketika menyebutkan nama imam-imam tersebut, konon katanya hingga gak kedengaran.

bagaimana sih cara mengecek validitas asbabun nuzul suatu ayat terhadap suatu hadist

kalau yang dimaksud asbabunuzul itu adalah "sebab turunnya ayat", maka metoda yang digunakan itu mungkin banyak macamnya. tapi kalau yang dimaksud abanuzul itu adalah muqodima logic, maka ya terpaku pada rumusan logika :

jika A adalah B, dan B adalah C, maka pastilah A itu C.

jika imam itu ulil amri, dan ulil amri itu wajib ditaati, berarti imam itu wajib ditaati.

tapi proposisi yang satu berasal dari hadis, dan lainnya dari Quran. keterkaikannya selalu dihubungkan oleh midle term.

dan dengan adanya midle term di dalam hadits tsb berarti valid, bahwa hadits tersebut merupakan muqadimah logic, premisse atau asbab an nuzul dari ayat yang merupakan kesimpulan. jadi, dalam logika "midle term" dalam pertanda keterkaitan yang valid.
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Online Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9275
  • Thanked: 55 times
  • Total likes: 355
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Re:Mohon penjelasan dari sudut pandang logika (Tanya Kang asep)
« Jawab #24 pada: Desember 08, 2012, 10:09:46 PM »
serius nih blum mau tidur, ato males karna saya masih nol besar dalam hal logika

bener. saya masih pengen diskusi, walaupun agak kurang fresh. soalnya, saya pikir Logika anda itu cukup tajam dan jeli.  sama dengan kang Biru Biru. saya jarang menemukan orang sperti Anda. jadi, kalau anda masih ingin diskusi, mari kita lanjut saja.

juga saya pikir, orang-orang yang bergabung di forum ini memang sudah memiliki dasar cara berpikir yang tajam. karena kalau tidak, pasti mereka males gabung di sini, berhubung materi bahasan di forum ini berat-berat menurut beberapa pengaduan kawan saya.
« Edit Terakhir: Desember 08, 2012, 10:11:31 PM oleh Kang Asep »
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Offline arya

Re:Mohon penjelasan dari sudut pandang logika (Tanya Kang asep)
« Jawab #25 pada: Desember 08, 2012, 10:26:00 PM »
ilmu logika saya msh nanggung, ilmu agama saya juga msh cetek.

sepertinya kang asep lg kurang sehat. bagusnya kang asep istirahat dlu.

ntar klu ada kasus lagi aja saya konsultasi sma akang.
 

Online Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9275
  • Thanked: 55 times
  • Total likes: 355
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Re:Mohon penjelasan dari sudut pandang logika (Tanya Kang asep)
« Jawab #26 pada: Desember 08, 2012, 10:31:26 PM »
OK deh kalo begitu!

biasanya saya Online pagi sebelum berangkat kerja dan malam hari sepulang kerja.

kadang-kadang waktu istirahat kerja juga online.

kalau ada hal-hal yang ingin didiskusikan, silahkan posting saja dulu. insya allah, jawaban saya menyusul.

terima kasih Anda telah menemani saya diskusi di forum ini.

selamat malam!

assalamualaikum!
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Offline arya

Re:Mohon penjelasan dari sudut pandang logika (Tanya Kang asep)
« Jawab #27 pada: Desember 08, 2012, 10:34:31 PM »
waalaikum salam warahmatullah wabarakatuh
 

Offline arya

Re:Mohon penjelasan dari sudut pandang logika (Tanya Kang asep)
« Jawab #28 pada: Desember 09, 2012, 02:05:34 AM »
Kenapa dalam proposisi 1 tidak ada kata penekanan/keharusan mentaati kepada ulil amri. Dalam hal ini kata ”taatilah” Cuma di gandengkan dengan kata allah dan rosulnya sedangkan pada kata ulil amri tidak. Apakah ini berarti seorang yang beriman boleh tidak mentaati ulil amri?
Begitu pula dalam kalimat 2 dan 3
 

Online Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9275
  • Thanked: 55 times
  • Total likes: 355
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Re:Mohon penjelasan dari sudut pandang logika (Tanya Kang asep)
« Jawab #29 pada: Desember 09, 2012, 05:41:26 AM »
Taatlah kepada Allah
Taatlah kepada Rasul dan ulil Amri

menurut Habib Abu Bakar, bersandar kepada tafsir Fakhrurazi dan Alamah Tabathabai, hal itu karena Allah membagi ketataatan itu kepada dua jenis saja, yaitu taat kepada A dan B.

A = Allah
B = Rasul & Ulil Amri

jadi, ketataatan kepada ulil amri itu sejajar dengan ketaatan kepada Rasul. sedangkan derajat ketaatan kepada Allah adalah berbeda.
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Tags:
 

GoogleTagged



Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
20 Jawaban
4342 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 18, 2015, 02:18:37 PM
oleh Sandy_dkk
22 Jawaban
3910 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 24, 2013, 06:06:42 PM
oleh Kang Asep
19 Jawaban
6631 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 02, 2013, 03:41:48 PM
oleh Sandy_dkk
2 Jawaban
1120 Dilihat
Tulisan terakhir September 06, 2013, 08:32:56 AM
oleh Sandy_dkk
1 Jawaban
758 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 31, 2014, 03:59:19 PM
oleh Sandy_dkk
1 Jawaban
1199 Dilihat
Tulisan terakhir November 21, 2014, 09:52:22 AM
oleh Sandy_dkk
0 Jawaban
551 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 27, 2016, 08:01:55 AM
oleh Kang Asep
6 Jawaban
1637 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 21, 2016, 08:50:14 PM
oleh Sandy_dkk
0 Jawaban
340 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 23, 2016, 09:35:58 PM
oleh Sultan
0 Jawaban
128 Dilihat
Tulisan terakhir April 30, 2017, 02:14:12 PM
oleh Monox D. I-Fly

Ilmu Logika

Proposisi Syllogisme Kupas Logika TTS

Meditasi

Menenangkan Pikiran Mengembangkan Kekuatan-Kekuatan