collapse

* Artikel Pilihan

Penulis Topik: Mental Ketenangan  (Dibaca 151 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline shekinah

Mental Ketenangan
« pada: Januari 15, 2018, 09:32:24 PM »
Mental Ketenangan

disadur dari link : http://yulianidamega.blogspot.co.id/2017/03/mental-ketenangan.html#

ketika dihadapkan dengan kondisi yang pelik, sering rasanya kita merasa kesulitan dalam menjalani keadaan tersebut. Banyak hal yang sudah,telah dan akan terjadi yang perlu kita selami makna-nya.
aku sendiri sering beranggapan sulit untuk menjalani sesuatu jika dalam tekanan, akan tetapi semakin hari aku menyadari, kita perlu menyikapi itu semua dengan cara yang baik dan benar.

disini aku akan menyebutkan bahwa ada 7 pengobatan yang aku dapat dari seorang yang bernama kang asep, dia adalah seorang guru yang aku senangi dengan tata cara penyampaiannya dalam suatu paragraf atau satu artikel disuatu forum.

pada kesempatan ini aku akan menyampaikan apa yang telah ia berikan, kiranya begini ketika seseorang telah mengalami kondisi mental yang payah, atau istilahnya lemah mental mereka yang berada diposisi tersebut sering kali merasakan kegelisahan ataupun kecemasan dalam menjalani hidupnya. Mereka sulit sekali untuk memecahkan permasalahan yang ada karena adanya kondisi tersebut (gelisah & cemas). namun jika ditarik garis permasalahannya, mereka seharusnya menyadari bahwa sebuah keadaan terjadi sudah pasti ada hikmahnya, dan untuk mendapatkan hikmah tersebut kita perlu menggali kembali potensi apa yang perlu dicermati dalam setiap persoalan yang dihadapi. Inti dari persoalan mental adalah ketakutan yang membayangi disetiap langkahnya, kerap kali sering menyalahkan diri karena tidak mampu berbuat apa-apa sehingga kelemahan tersebut kian terpancar dan mereka akan merasa rendah diri.

disini kita akan membahas tata cara untuk menyikapi persoalan lemah mental tersebut.
disebutkan ada 7 pengobatan / cara yang perlu dilakukan yakni:

1. KETENANGAN
2. KESABARAN
3. PENGETAHUAN
4. HARAPAN
5. SEMANGAT
6. KEYAKINAN
7. KEIKHLASAN

dari  7 cara yang dapat dilakukan tersebut ada baiknnya kita perlu memahami satu-persatu makna dari 7 pengobatan tersebut.

yang pertama dengan ketenangan, dalam segala kondisi keadaan yang terjadi sudah selayaknya kita mengambil posisi tenang. dalam arti kita perlu menyadari segala ketentuan baik / buruk telah sudah ditakdirkan oleh Tuhan. sehingga jika kita mampu menyadari bahwa ketentuan tersebut adalah ketetapan dari Tuhan, kita akan mendapatkan kondisi tenang dalam menanggapi sebuah keadaan, kita harus terus mengembalikan semua kepada Sang Pemilik Jiwa. dengan menyadari bahwa kita adalah hamba yang tiada berdaya tanpa kekuatan-Nya. Kita dengan sepenuh hati akan menyadari bahwa semua persoalan tidak akan jauh dari kemampuan kita untuk menyikapi persoalan tersebut. setelah menyadari bahwa persoalan tersebut akan terlewati dengan baik, dengan syarat kita harus mengembalikan permasalahan tersebut kepada Sang Pencipta, sehingga kita tidak jauh dari koridor yang ada, sehingga dalam setiap kejadian jika kita sudah mampu mengatasi hal tersebut kita akan tenang dalam menjalani persoalan hidup.

yang kedua adalah kesabaran, kesabaran adalah sikap yang perlu kita amati baik-baik. kondisi sabar memang kadang pelik untuk dijalani namun jika kita telah tenang dalam menghadapi suatu kejadian maka dengan kesabaran-lah hidup kita akan menjadi lebih menyenangkan dan damai. Sabar juga merupakan suatu tempo yang tiada batasnya, karena jika kesabaran berbatas itu adalah pemakluman.

yang ketiga dengan ilmu pengetahuan, dengan banyaknya ilmu yang kita pelajari sehingga kita akan mengalihkan perhatian kita ke sesuatu yang lebih besar, sehingga kita akan lupa dengan permasalahan dan persoalan yang terjadi.

yang ke empat adalah harapan, dalam hidup kita perlu memiliki harapan, yang pasti harapan yang baik atau dengan tujuan yang baik, dengan adanya harapan kita akan memiliki semangat, atau (pengobatan yang kelima). Harapan dan semangat adalah sebuah cabang yang dilahirkan dari pohon yang sama, ketika harapan dan tujuan hidup telah kita miliki, sehingga kita akan bersemangat  dan bergembira dalam menjalani hidup. lupakanlah kepenatan persoalan yang ada, sehingga dengan sejenak saja kita dapat merasakan kebahagiaan dalam hidup.

hidup ini butuh makna, maka temukanlah makna tersebut, ketika seseorang telah gagal/ kehilangan menemukan kembali makna hidup disitu jiwa/mentalnya mengalami gangguan, dan makna ini semua dapat kita temukan dari belajar yang lahir dari sebuah hikmah suatu keadaan.

yang ke enam dan ketujuh yaitu keyakinan dan keikhlasan adalah dua poin yang tidak kalah pentingnya karena dengan adanya keyakinan bahwa semua akan berjalan dengan baik kita akan menghadapi suatu pola berbahagia dan setelah pola itu terbentuk, keikhlasan akan memuai dan benih kebahagiaan akan muncul.

temukanlah makna hidup dan bergembiralah sehingga ketenangan dalam menjalani hidup kedepannya akan menghasilkan proses pembelajaran yang baik. Sehingga tidak perlu lagi larut dalam kekecewaan.




Tags:
 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
0 Jawaban
2245 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 04, 2012, 04:36:50 PM
oleh Kang Asep
1 Jawaban
2596 Dilihat
Tulisan terakhir September 05, 2015, 12:00:04 AM
oleh gumalta
0 Jawaban
3281 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 20, 2012, 06:54:59 PM
oleh Kang Asep
9 Jawaban
2402 Dilihat
Tulisan terakhir September 07, 2015, 10:16:15 PM
oleh gumalta
mental

Dimulai oleh Kang Asep Filsafat

1 Jawaban
1323 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 14, 2014, 09:29:11 AM
oleh ratna
2 Jawaban
1432 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 01, 2015, 11:26:29 AM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
506 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 27, 2015, 06:22:27 PM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
1729 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 26, 2015, 08:22:50 AM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
535 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 15, 2015, 08:04:31 AM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
43 Dilihat
Tulisan terakhir April 28, 2018, 10:57:57 AM
oleh Kang Asep

Ilmu Logika

Proposisi Syllogisme Kupas Logika TTS

Meditasi

Menenangkan Pikiran Mengembangkan Kekuatan-Kekuatan