collapse

* Artikel Pilihan

Penulis Topik: Melompat-lompat Seperti Bajing  (Dibaca 1135 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Online Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9203
  • Thanked: 55 times
  • Total likes: 342
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Melompat-lompat Seperti Bajing
« pada: Pebruari 25, 2014, 11:45:08 AM »
Kutip dari: iyang alfaroeq
Mas +asep rochman semoga anda tidak sedang melakukan propaganda, wahabi adl ajaran "kembali" ke jalan yg murni yaitu hanya alquran dan hadist (begitu saya memaknainya ajaran ini), syiah ajaran menambah nambah, tak ada satupun ulama dari kami dari dahulu hingga sekarang yg bergelar maksum seperti imam imam yg syiah percayai.

Soal kebenaran mas +asep rochman anda tentu masih bisa melihat tanggapan selain dari saya kan dari postingan ini, ada neng +Puspita Savitri mas +nanda arfany yang menulis begitu banyak perbedaan akidah sunni syiah, itu kebenaran mas, coba lihat kembali, kebenaran bisa datang dari siapapun.
Terimakasih.

Saya tidak sedang melakukan propaganda. Saya hanya menceritakan pengalaman sebagaimana adanya. Bahwa seorang wahabi pernah memperlihatkan sebuah buku berjilid hijau berjudul “Surah al Wilayah”, yang dia sebut alQuran syiah. dan saya tidak menuduh wahabi begini dan begitu. Tampaknya Anda agak sensitif, ketika saya menyebut nama wahabi. Apakah Anda seorang wahabi ?

Soal paparan dari kawan-kawan Anda itu, saya sudah membacanya. Dan saya sudah menuliskan tanggapan-tangan saya. Tapi saya belum mempostingnya. Mungkin saya hanya hanya akan mempostingnya di forum kami, dan tidak mempostingnya di sini. Sebenarnya pula, saya sudah dapat menerka penolakan-penolakan Anda semua terhadap argumentasi-argumentasi saya. Jadi, memang saya tidak terlalu berharap Anda akan mengerti apalagi menerima argumentasi-argumentasi saya. Semua yang Anda katakan tentang syiah itu saya gunakan sebagai inspirasi untuk artikel-artikel saya, yang akan berguna untuk melengkapi perbendaharaan artikel di forum kami. Kelak, kalau ada orang menanyakan persoalan-persoalan yang sama, saya tinggal menunjukan artike-artikel tersebut. Jadi, saya mengabadikan pembicaraan kita di forum kami.

Di sini komentarnya terlalu banyak. Banyak orang bersemangat untuk mematahkan argumenasi saya. Padahal saya minta, tolonglah pilih salah saorang diantara kalian yang paling pandai saja untuk debat dengan saya, agar pembicaraan lebih fokus. Dan kalau boleh memilih, saya ingin fokus diskusi dengan iyang. Karena bahasa yang digunakan oleh iyang tampak lebih santun dari pada yang lainnya. Walaupun pembicaraan iyang tampak belum fokus, tapi setidaknya saya melihat niat dan caranya yang lebih baik. 

Coba perhatikan cara diskusi iyang. Pertama-tama Anda mempertanyakan soal keyakinan syiah tentang al Quran yang akan dibawa oleh imam Mahdi. Setelah hal ini saya bantah, dan Anda belum menyampaikan kesimpulan yang jelas, lalu Anda sudah melompat mempertanyakan masalah al Quran syiah yang berbeda dengan al Quran sunni. Lalu saya bantah. Dan Anda belum menanggapi bantahan saya. Kesimpulan dari diskusinya belum Anda kemukakan. Pertanyaan-pertanyaan saya belum dijawab, lalu Anda sudah melompat ke persoalan Imam Maksum. Terlihat Anda kurang terlatih di dalam teknik berpikir logis.

Jika orang terlatih berpikir logis, ia akan fokus pada pengujian “benar” atau “salah”  konklusi, valid atau invalid sebuah argumentasi. Bukan melompat-lompat seperti bajing loncat. Cara melompat-lompat seperti itu, mengesankan bahwa iyang tidak sedang berdiskusi, melainkan hanya mencoba menunjukan kesalahan-kesalahan syiah, dan hanya mengharapkan bahwa saya mengakui kesalahan-kesalahan tersebut. Oleh karena itu, jika Anda gagal meyakinkan saya dengan suatu persoalan, lalu Anda melompat ke persoalan lainnya. Cara diskusi yang tidak intelek. 

Anda juga menghindari pertanyaan saya dengan alasaan bahwa menjawab pertanyaan saya tidak akan ada gunanya. Ya ... karena tampaknya sesuatu yang berguna menurut Anda itu adalah jika orang lain mau mengkaui kesalahan sesuai dengan kamauan Anda, tak peduli apakah orang itu bersalah atau tidak. Seolah Anda berkata kepada saya, “syiah punya al Quran yang berbeda dengan sunni, terdiri dari 17.000 ayat.” Hal ini akan Anda anggap berguna, bila saya mengakuinya. “O iya. Memang benar, syiah itu punya al Quran berbeda dengan sunni, terdiri dari 17.000 ayat”. Tapi kalau saya tidak mengakuinya, maka pernyataan tadi akan Anda anggap tidak berguna. Mengapa Anda tidak peduli, apakah tuduhan Anda itu sesuai dengan fakta atau tidak ? Anda tidak peduli kalau soal “Alquran syiah” itu merupakan kebohongan besar, seolah-olah anda tidak mengerti dosa dari sebuah kebohongan dan menyebarkan kebohongan. Kalau Anda tidak mampu membuktikan bahwa suatu tuduhan itu adalah benar, Anda memilih melompat ke pembahasan lain, sampai ada persoalan yang bisa diakui oleh lawan diskusi Anda.

Ketahuilah, saya bergaul dengan orang-orang syiah tidak hanya mempelajari hal-hal benar dan hal-hal baik pada diri mereka. tapi juga mencatat hal-hal buruk dan salah pada diri mereka. mungkin saja, saya tahu lebih banyak tentang kesesatan syiah dari pada Anda. Tapi pengetahuan saya tentang apa yang salah pada syiah lebih objektif dari pada Anda. Dan sikap saya terahdap kesalahan-kesalahan tersebut adalah memaklumi. Karena kekeliruan-kekeliruan seperti itu ada pada setiap mazhab. Seperti orang yang sangat jeli dengan dosa dan kesalahan saya, menghina dan mencaci maki, tapi ketika saya tanya, “Apakah Anda orang suci ? apakah Anda tanpa dosa?” dia diam dan tidak menjawab. Itu sebenarnya hatinya mengakui bahwa dia bukan orang suci, dan bukan tanpa dosa, hanya dia kurang sadar diri. Kalau dia cukup sadar diri, tentu tidak akan berani menghina dan mencaci maki orang lain. Demikian pula perselisihan antar mazhab, itu karena orang tidak cukp sadar diri, merasa ajaran di dalam mazhabnya tanpa dosa dan kesalahan.

Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

 

GoogleTagged



Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
2 Jawaban
1810 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 25, 2013, 10:48:46 AM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
604 Dilihat
Tulisan terakhir April 08, 2013, 10:11:41 AM
oleh Awal Dj
0 Jawaban
795 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 11, 2013, 07:49:42 AM
oleh Kang Asep
1 Jawaban
4072 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 21, 2013, 08:41:04 PM
oleh comicers
4 Jawaban
2199 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 02, 2015, 12:50:18 AM
oleh Monox D. I-Fly
3 Jawaban
1025 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 19, 2014, 07:29:54 PM
oleh Kang Asep
1 Jawaban
1400 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 04, 2014, 08:24:48 AM
oleh kang radi
0 Jawaban
562 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 16, 2014, 08:46:09 PM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
836 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 19, 2014, 02:06:34 PM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
532 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 31, 2015, 02:22:57 PM
oleh Kang Asep

Ilmu Logika

Proposisi Syllogisme Kupas Logika

Meditasi

Menenangkan Pikiran Mengembangkan Kekuatan-Kekuatan