collapse

* Artikel Pilihan

Penulis Topik: Manusia, Makhluk Berlogika.  (Dibaca 4144 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Sandy_dkk

Manusia, Makhluk Berlogika.
« pada: Januari 08, 2013, 08:54:46 PM »
berlogika adalah sifat dasar alamiah manusia sebagai makhluk yang berakal.

bahkan, orang gila pun berlogika, walaupun akalnya sedang sakit. percaya gak?

bahkan, balita pun berlogika, walaupun akalnya belum sempurna. percaya gak?


sebelum membahas logikanya orang gila dan balita, akan saya bahas dulu logikanya orang waras dan dewasa.

ketika saya menulis kata "meoong.." apa yang tersirat dalam benak anda?
seekor kucing? atau hanya sekedar suara kucing tanpa ada ekornya (wujudnya maksudnya)? atau yang tersirat malah seorang manusia yang menirukan suara kucing?
apa pun itu, yang jelas pasti ada hubungannya dengan kucing bukan?
apa yang membuat pikiran anda menyiratkan sesuatu yang ada hubungannya dengan kucing?

ketika orang yang ada disamping anda mengeluarkan suara buang angin dari dalam celananya, apa yang akan anda lakukan? menahan nafas? menutup lubang hidung? atau lari menjauh?
apa yang membuat anda menahan nafas, menutup lubang hidung, atau lari menjauh? padahal yang telah anda dengar hanyalah suaranya saja.

ketika seseorang medekati anda, lalu mengeluarkan pisau dan mengarahkan pisaunya ke perut anda, apa yang akan anda lakukan?
menghindar? menangkis? atau mengeluarkan tenaga dalam anda?
apa yang membuat anda berbuat demikian?


jawabannya sama, yaitu karena sadar ataupun tidak, kita sebagai manusia selalu mampu untuk berlogika.
A adalah B, dan B adalah C. maka A adalah C

saya contohkan satu saja yang terakhir,
pisau itu tajam, tajam itu melukai, maka pisau itu akan melukai perut bila ditusukkan.
sebelum pisau menancap diperut anda, ternyata kemampuan berlogika anda lebih cepat daripada lajunya pisau.
ini yang membuat anda akan melakukan tangkisan atau menghindar, tak perlu menunggu perut anda bocor dulu baru sadar bahwa pisau dapat melukai...


ternyata berlogika itu sederhana dan tidak terlalu sulit kok...
Agama tidak berguna bagi orang gila!
 

Offline kang radi

  • Master
  • *
  • Tulisan: 1062
  • Thanked: 3 times
  • Total likes: 21
  • Jenis kelamin: Pria
  • Kemelekatan yang tak terasa
    • Lihat Profil
Re:Manusia, Makhluk Berlogika.
« Jawab #1 pada: Januari 08, 2013, 10:58:47 PM »
Logika berjalan dengan pengetahuan yang dimiliki (praktek/teori)
misalkan ada orang yang tidak mengetahui rupa pisau, apa ketika di sodorkan pisau ia akan menghindar atau menangkis nya atau diam?

sependapat juga dengan kang biru2 bila menemuai sesuatu yang baru pun yang bikin penasaran ia akan bergerak berpikir secara logika
sebagai anekdot

ada org  niii.lg jalan di trotoar jalan
trus pas tengah2 lg jalan dy nemu tumpukan kotoran orang..trus
dy berenti..n jongkok ngeliatin tuh kotoran orang
dy mikir
mmm..ini apa yaa???
mmm kaya kotoran orang nihh kotoran orang bukan yaaa..??
trus dy colek tuh kotoran orang.dy cium aroma-nya..
trus dy cicipi tuh kotoran orang masukin ke lidahnya.
wah ini sih bener kotoran orang .UNTUNG GA NGINJEK
 

Offline Sandy_dkk

Re:Manusia, Makhluk Berlogika.
« Jawab #2 pada: Januari 09, 2013, 12:41:19 AM »
Logika berjalan dengan pengetahuan yang dimiliki (praktek/teori)
misalkan ada orang yang tidak mengetahui rupa pisau, apa ketika di sodorkan pisau ia akan menghindar atau menangkis nya atau diam?

logika hanya berfungsi ketika materi-materi logikanya sudah tersaji.

ketika seseorang tidak mengetahui rupa pisau, maka logikanya terhadap pisau yang disodorkan belum bisa bekerja.
tapi, untuk bisa menghasilkan reaksi menghindar atau menangkis terhadap sodoran pisau, bukan hanya tergantung pada logikanya terhadap pisau, masih ada logika2 lain yang memungkinkannya untuk mengambil kesimpulan bahwa serangan tsb tetap berbahaya sehingga harus dihindari/ditangkis.
misalnya logikanya terhadap gerak tubuh si penyerang.
Agama tidak berguna bagi orang gila!
 

Offline ratna

  • Global Moderator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 1862
  • Thanked: 2 times
  • Total likes: 22
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re:Manusia, Makhluk Berlogika.
« Jawab #3 pada: Januari 09, 2013, 04:33:28 PM »

ada org  niii.lg jalan di trotoar jalan
trus pas tengah2 lg jalan dy nemu tumpukan kotoran orang..trus
dy berenti..n jongkok ngeliatin tuh kotoran orang
dy mikir
mmm..ini apa yaa???
mmm kaya kotoran orang nihh kotoran orang bukan yaaa..??
trus dy colek tuh kotoran orang.dy cium aroma-nya..
trus dy cicipi tuh kotoran orang masukin ke lidahnya.
wah ini sih bener kotoran orang .UNTUNG GA NGINJEK

Sumpah baca reply kang radi ini saya langsung ketawa keras-keras..... :D
 

Offline kang radi

  • Master
  • *
  • Tulisan: 1062
  • Thanked: 3 times
  • Total likes: 21
  • Jenis kelamin: Pria
  • Kemelekatan yang tak terasa
    • Lihat Profil
Re:Manusia, Makhluk Berlogika.
« Jawab #4 pada: Januari 09, 2013, 11:04:50 PM »
logika hanya berfungsi ketika materi-materi logikanya sudah tersaji.

ketika seseorang tidak mengetahui rupa pisau, maka logikanya terhadap pisau yang disodorkan belum bisa bekerja.
tapi, untuk bisa menghasilkan reaksi menghindar atau menangkis terhadap sodoran pisau, bukan hanya tergantung pada logikanya terhadap pisau, masih ada logika2 lain yang memungkinkannya untuk mengambil kesimpulan bahwa serangan tsb tetap berbahaya sehingga harus dihindari/ditangkis.
misalnya logikanya terhadap gerak tubuh si penyerang.

Kalau melihat dari contoh kasus diatas
apa berarti bisa dikatakan logika itu berhubungannya dengan insting bertahan hidup ?
Kalau iya, berarti Allah menciptakan manusia itu luar biasa bisa berpikir logika dengan cepat ,Memang Allah maha besar
 

Offline kang radi

  • Master
  • *
  • Tulisan: 1062
  • Thanked: 3 times
  • Total likes: 21
  • Jenis kelamin: Pria
  • Kemelekatan yang tak terasa
    • Lihat Profil
Re:Manusia, Makhluk Berlogika.
« Jawab #5 pada: Januari 09, 2013, 11:06:02 PM »
Sumpah baca reply kang radi ini saya langsung ketawa keras-keras..... :D

hehe itu cuma itermeso kalo manusia itu berlogika walau otaknya lemot (LOLA)
 

 

GoogleTagged



Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
5 Jawaban
3958 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 09, 2015, 08:11:42 AM
oleh gumalta
10 Jawaban
5261 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 21, 2013, 04:43:23 PM
oleh kang radi
1 Jawaban
3441 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 24, 2015, 12:52:23 AM
oleh Monox D. I-Fly
0 Jawaban
1134 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 01, 2013, 07:03:40 AM
oleh Kang Asep
8 Jawaban
2084 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 13, 2015, 10:10:04 PM
oleh kang radi
0 Jawaban
721 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 09, 2014, 06:36:19 PM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
590 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 24, 2015, 01:56:24 PM
oleh Kang Asep
27 Jawaban
4180 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 19, 2015, 05:55:03 PM
oleh Monox D. I-Fly
0 Jawaban
438 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 09, 2015, 05:48:48 PM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
338 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 27, 2016, 08:56:01 AM
oleh Kang Asep

Ilmu Logika

Proposisi Syllogisme Kupas Logika TTS

Meditasi

Menenangkan Pikiran Mengembangkan Kekuatan-Kekuatan