collapse

* Artikel Pilihan

Penulis Topik: kiat menulis artikel  (Dibaca 1871 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline aten

  • Tamu
  • *
  • Tulisan: 26
  • Total likes: 1
  • Jenis kelamin: Pria
  • coretan singkat, mudahan manfaat
    • Lihat Profil
kiat menulis artikel
« pada: Agustus 03, 2014, 05:42:52 PM »



Setiap orang mempunyai kenangan, pengalaman tak terlupakan, juga pengetahuan dan ketrampilan yang manfaat. Kadang terlintas di dalam pikiran, ingin mendokumentasikan dalam bentuk tulisan, artikel, untuk koleksi pribadi,  untuk berbagi dengan teman, atau untuk dipublikasikan kepada masyarakat umum.

Berbagi adalah naluri yang melekat pada setiap orang, merupakan pemberian Illahi, oleh karenanya harus diujudkan. Berbagi pengalaman dapat dilakukan melalui kata-kata, bicara lisan, melalui tulisan tentunya  lebih baik. Bagi yang belum biasa, menulis memang jauh lebih sulit dibandingkan dengan berbicara lisan.

Persiapan menulis

Seperti melakukan kegiatan lainnya, menulis artikel jika terencana hasilnya akan lebih baik. Bagi penulis pemula, ada baiknya terlebih dahulu membuat lembar rencana kegiatan (action plan sheet), untuk digunakan sebagai acuan menulis.

Lembar rencana kegiatan yang sederhana seperti contoh ini:

Lembar Rencana kegiatan:
1.   Kegiatan: .....Menulis artikel
2.   Judul/topik: .....pilih yang menarik, yang dibutuhkan pembaca, lebih baik yang belum banyak ditulis oleh orang lain misal: “kiat menulis artikel”
3.   Sasaran:  ......pilih kelompok pembaca yang dituju, karakteristiknya dsb, misal: “penulis pemula pengguna internet”
4.   Media publikasi: .....blog internet........
5.   Berapa lama target baca: ......misal: 5 sampai 10 menit, dibaca sebagai pengisi waktu dalam perjalanan, atau saat santai”
6.   Tujuan/manfaat: ....manfaat praktis setelah selesai membaca, misal: “mempunyai bekal minimal, tertarik untuk menulis, mulai menulis”
7.   Pesan kunci:  .....beberapa pesan pokok yang terkandung dalam tulisan, misal: “menulis adalah ketrampilan” , “terencana” , “bobot”, “ASU (Amati, Simpulkan, Ujudkan”
8.   Dan seterusnya ........

Menulis adalah suatu ketrampilan, makin sering dipraktekkan, akan menjadi makin trampil, jarang praktek, tidak akan trampil. Kemahiran akan datang sendiri, seiring dengan seringnya menulis dan berjalannya waktu.

Bagi penulis pemula lebih lagi yang belum pernah menulis artikel, sebaiknya membiasakan diri menulis, bisa dengan cara sering menulis ulang artikel pendek orang lain (tidak cukup hanya membaca), tentunya artikel yang dirasa baik dan menarik perhatian.

Atau dapat juga dengan cara menulis artikel sederhana, misal tentang pengalaman pribadi, perjalanan ke kantor/sekolah/wisata. Untuk memudahkan, bagilah tulisan menjadi beberapa bagian, misal 3 bagian, yakni saat masih di rumah, selama perjalanan, dan saat tiba di tempat tujuan. Tulislah apa yang dilihat, yang menarik, yang baik untuk diketahui pembaca.

Saat menulis, seringlah melihat lembar rencana kegiatan, bandingkan apakah tulisan sudah sesuai, isi, alur, gaya bahasa, bobot, dst.

Beri bobot

Beri bobot pada tulisan, masukkan perasaan, misal senang, sedih, gembira, dsb, masukkan hubungan sebab akibat suatu kejadian, misal melihat kemacetan lalu lintas, apa penyebab macet, bagaimana saran mengatasinya.
 
Tulisan adalah hasil olah pikir, hasil kerja keras, hasil proses pikir, yakni proses pengamatan mendalam tentang suatu keadaan/kejadian, menarik kesimpulan, dan menuangkan gagasan (ujud).

Saat menulis jangan membayangkan hasil akhir tulisan, fokuskan saja perhatian pada proses menulis, memilih kata, membuat kalimat, membuat paragraf, mengatur alur cerita dsb. Alur tulisan yang enak dibaca adalah seperti cerita perjalanan, maju terus tanpa ada mundur, tidak loncat-loncat maju mundur maju mundur. Baik jika awal suatu kalimat/paragraf merupakan uraian lanjutan dari akhir kalimat/paragraf sebelumnya, ada kesinambungan.

Tulisan yang bagus adalah jika pembaca mendapat manfaat baru dan kemudian tergerak untuk melakukan sesuatu. Untuk memperkaya isi, baca juga informasi atau artikel lain yang terkait, misal menulis tentang bunga perlu baca artikel tentang pupuk, cuaca, dsb.

Tidak usah terburu-buru dalam menulis, lengkapi isinya, ada unsur pengamatan, kesimpulan,  dan gagasan. Baik jika gagasan telah diuji coba, seperti contoh artikel “mengepel lantai ” http://atensuharto.wordpress.com/2013/04/02/effective-steps-to-moping-floor/ dan “merawat rumput” http://atensuharto.wordpress.com/2013/04/19/cara-mudah-merawat-rumput/.

Jangan bosan memeriksa ulang dan memperbaiki, hingga tulisan betul-betul sempurna, siap publikasi.

Saat ini publikasi tulisan begitu mudah, melalui media internet, anda bisa menyimpannya untuk bacaan pribadi atau mempublikasikan untuk umum, untuk dibaca siapapun di seluruh dunia.

Banyak provider internet yang menyediakan ruang internet gratis, blog pribadi, yang paling populer adalah Blogger dan Wordpress.

Membuat blog pribadi mudah, hanya membuka dan mengikuti petunjuknya, misal di:  https://www.blogger.com/home  atau  https://id.wordpress.com  juga http://medialogika.org  (komunitas para pemikir).

Agar efektif, jangan menulis artikel langung di internet, sebaiknya di word processor seperti Microsoft Word, kemudian jika tulisan telah lengkap selesai, pindahkan/copy ke internet.

Orang luar Indonesia / asing, membaca menggunakan mesin penterjemah /translater. Oleh karenanya agar bisa diterjemahkan, pakailah kata-kata yang biasa/sederhana, kalimat pendek, jangan terlalu panjang, jika panjang potong dengan tanda koma, chek menggunakan program translator apakah bisa diterjemahkan.

Selamat mencoba, mudahan manfaat, tidak mencoba tidak mendapat manfaat. Umpan balik bisa kirim ke blog ini http://medialogika.org atau  e-mail atensuharto10@gmail.com
 

Offline Kang Asep

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Tulisan: 9274
  • Thanked: 55 times
  • Total likes: 354
  • Jenis kelamin: Pria
  • Logika = Undang-undang berpikir
    • Lihat Profil
Re:kiat menulis artikel
« Jawab #1 pada: Agustus 03, 2014, 07:40:01 PM »
Terima kasih pak Aten sudah memberikan sumbangan artikelnya di forum ini! apa yang Bapak tulis insya Allah menambah wawasan bagi saya khususnya dan para pembaca umumnya.

Tidak masalah bapak  mempostingnya di board Diskusi Umum. bisa juga di board Pelajaran Bahasa. Bapak bisa memilih lokasi posting pada kotak "mulai topik baru" pada kotak "nama board".
Diskusi adalah usaha saling membantu dalam memahami struktur realitas melalui jalan komunikasi berlandaskan pada rasa hormat dan kasih sayang.
 

Offline retado

Re:kiat menulis artikel
« Jawab #2 pada: Januari 11, 2017, 02:18:47 PM »
Sudah sejak lama saya suka menulis. Tapi meski begitu, teori ini sangat membantu saya untuk membuat tulisan saya lebih menarik.

Nah, apalagi saya sudah mulai untuk membuat berbagai artikel tentang produk Non Woven yang saya jual di blog saya. Yaa hitung2 buat bantu menghasilkan uang  :13:
Produk berbahan Non Woven Indonesia merupakan produk yang sering digunakan dalam dunia industri, baik untuk kepentingan manufaktur dan infrastruktur.
 

Tags: menulis artikel 
 

GoogleTagged



Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
8 Jawaban
1413 Dilihat
Tulisan terakhir April 27, 2013, 05:31:53 AM
oleh Kang Asep
3 Jawaban
1884 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 02, 2013, 10:47:48 AM
oleh Awal Dj
5 Jawaban
1307 Dilihat
Tulisan terakhir November 22, 2013, 07:01:24 AM
oleh Kang Asep
1 Jawaban
695 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 25, 2015, 10:54:37 PM
oleh Monox D. I-Fly
3 Jawaban
1110 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 23, 2014, 03:38:04 PM
oleh ratna
0 Jawaban
647 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 24, 2014, 07:16:43 PM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
319 Dilihat
Tulisan terakhir April 01, 2015, 01:08:30 PM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
454 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 21, 2016, 04:21:24 PM
oleh Kang Asep
0 Jawaban
19 Dilihat
Tulisan terakhir November 11, 2017, 11:24:07 PM
oleh Kang Asep
3 Jawaban
66 Dilihat
Tulisan terakhir November 18, 2017, 03:03:54 PM
oleh Kang Asep

Ilmu Logika

Proposisi Syllogisme Kupas Logika TTS

Meditasi

Menenangkan Pikiran Mengembangkan Kekuatan-Kekuatan